Begini Cara Membuka Task Manager Windows 11

Ketika pertama kali menggunakan laptop dengan sistem operasinya sudah menggunakan windows 11 update terbaru, biasanya itu akan mengalami kesulitan untuk mencari menu atau pengaturan seperti task manager Windows 11.

Nah, pada kesempatan kali ini laciusang.com ingin berbagi pengalaman saat pertama kali menggunakan OS Windows 11. Memang ada banyak perubahan dari windows 7 ataupun windows 10. Kamu akan sedikit canggung ketika menggunakannya.

Contohnya saja ketika ingin membuat task manager di windows 11, yang biasanya cukup dengan klik kanan pada dekstop, sekarang cara itu tidak bisa digunakan lagi pada windows terbaru ini. Untuk yang belum mengerti cara-cara membuatnya, bisa simak 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke pengaturan task managernya.

Bagaimana Cara Akses Task Manager di Windows 11

task manager windows 11

Pengertian task manager adalah alat pemantauan sistem yang bisa menampilkan informasi tentang proses dan program yang sedang berjalan di komputer, dan juga bisa untuk melihat kondisi umum perangkat komputernya.

Dikutip dari techcommunity.microsoft.com, ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengakses task manager. Apa saja itu? berikut ini ulasan lengkapnya:

Cara 1: Run Window

Untuk membuka jendela program Run, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi dengan cara menekan Windows + R, setelah itu pada kolomnya ketik “taskmgr” lalu klik OK atau tekan Enter. Maka task managernya akan secara otomatis terbuka/muncul.

Cara 2 : Tombol Kombinasi Ctrl + Shift + Escape

Cukup dengan menekan tombol kombonasi antara Ctrl + Shift + Escape di keyboard Anda, maka langsung akan muncul taskmanagernya.

Cara 3 : Search Star Menu

Cara selanjutnya adalah dari star menu windows. Klik icon logo windows dibawah dan kada kolom pencarian / search ketikkan  “Task Manager” , maka akan  muncul dengan nama View Running Processes with task manager dibagian control panel.

Klik icon tersebut maka secara otomasik masuk ke task manager windows 11.

Cara 4 : Command Prompt Perintah

Buka Command prompt perintah, ketik “taskmgr”, dan tekan Enter. Secara langsung taks managernya akan muncul.

Fungsi Task Manager

Secara garis besar itu ada 3 fungsi task manager yang bisa kamu lihat, diantaranya adalah :

  • Untuk memantau seberapa banyaknya memori / RAM laptopnya digunakan oleh suatu program yang sedag dibuka
  • Bisa juga beralih fungsi menjadi alat untuk menghentikan program
  • Bisa melihat sistem recources yang sedang tersedia.

Seperti itulah pembahasan tentang cara membuka task manager windows 11 untuk melihat program apa saja yang sedang berjalan, seberapa besar jumlah memori yang digunakan dan juga bisa digunakan untuk alat menghentikan program secara otomatis.

error: This content is protected by DMCA