Shopee Pinjam Tidak Muncul? Penyebab dan Cara Memunculkan SPinjam

Apakah kamu termasuk salah satu pengguna Shopee yang mengeluhkan permasalahan terkait SPinjam Shopee tidak muncul? Kalau iya, yuk baca artikel ini supaya kamu tahu kenapa Shopee Pinjam tidak muncul.

Peminjaman online di era yang serba digital ini semakin menjamur. Shopee menjadi salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai layanan mulai dari jual beli barang dengan berbagai metode pembayaran hingga memiliki layanan pinjam uang tunai yang disebut dengan Shopee Pinjam atau lebih singkatnya SPinjam.

SPinjam merupakan layanan peminjaman uang tunai secara online di aplikasi Shopee. Syaratnya tentu saja lebih mudah jika dibandingkan dengan peminjaman offline. Peminjam tidak perlu memberikan jaminan dan persyaratan yang rumit. Bermodalkan data pribadi lengkap saja uang tunai akan langsung ditransfer ke rekening bank.

Namun rupanya tidak semua customer bisa menggunakan layanan SPinjam ini. Shopee mempunyai syarat dan ketentuan siapa-siapa saja customer yang layak untuk mendapatkan layanan SPinjam. Kalau kamu termasuk pengguna Shopee yang belum bisa menggunakan SPinjam kemungkinan ada beberapa alasan yang menyebabkan akun Shopee kamu belum memenuhi syarat untuk memperoleh layanan SPinjam.

Kenapa Shopee Pinjam Tidak Muncul?

Berikut ini beberapa alasan yang mungkin terjadi di akun Shopee kalian yang belum bisa menggunakan SPinjam sehingga menu SPinjam Shopee tidak muncul.

  1. Lokasi Tidak Memenuhi Syarat dan Ketentuan Shopee

Shopee membutuhkan alamat dan lokasi yang jelas serta mudah dijangkau. Hal ini berguna untuk pihak Shopee melakukan penagihan ke rumah jika suatu saat peminjam tidak membayar tagihannya.

  1. Pengguna Baru

Bagi pengguna baru tentu saja layanan yang mereka dapatkan lebih sedikit jika dibandingkan dengan pengguna yang sudah banyak bertransaksi. Shopee akan kesulitan menilai jika pengguna masih baru. Karena kaitannya dengan uang, jadi pihak Shopee pun harus benar-benar menyeleksi penggunanya yang bisa membayar tagihan tepat waktu.

  1. Transaksi Sedikit

Masih berkaitan dengan pengguna baru, biasanya pengguna baru belum banyak bertransaksi sehingga ini akan menyulitkan Shopee menilai riwayat pembayarannya. Karena tidak sedikit juga pengguna yang masih coba-coba membuat akun dan mencoba bertransaksi tanpa tahu konsekuensinya dan tidak bertanggung jawab.

Transaksi pengguna Shopee sangat jelas trackingnya. Shopee membuat sistem member untuk penggunanya. Ada 3 jenis member yang ada di Shopee yaitu silver, gold, dan platinum. Platinum adalah jenis member yang paling banyak bertransaksi yaitu minimal 75 kali transaksi dalam 6 bulan terakhir. Dan member platinum ini yang kemungkinan akan diutamakan mendapatakan layanan SPinjam. Setiap tingkatan member akan mendapatkan loyalitas yang berbeda-beda.

  1. Akun Belum Diverifikasi

Verifikasi akun sangat penting dan pasti sering dijadikan syarat untuk transaksi online. Karena tidak bertatap muka secara langsung, pihak pemberi pinjaman menjadikan verifikasi akun ini sebagai ganti jaminan.

Untuk memverifikasi pengguna harus memasukkan nama lengkap sesuai KTP atau kartu identitas lain, NIK, foto kartu identitas, dan foto selfie bersama kartu identitas. Tidak lupa email dan nomor HP wajib disertakan karena untuk menghubungi jika terjadi keterlambatan pembayaran atau masalah lainnya.

  1. Akun Sedang Dibatasi

Ada akun-akun yang terpaksa dimoderasi atau dibatasi. Biasanya akun-akun ini melakukan pelanggaran atau kecurangan hingga terindikasi penipuan. Aktivitas mencurigakan juga menjadi alasan akun tiba-tiba dibatasi, misalnya sering membatalkan pesanan tanpa konfirmasi dan terdeteksi log in di banyak perangkat, atau aktivitas mencurigakan lainnya.

Jika akun kamu sedang dibatasi, perbaiki dulu masalah kenapa akunmu dibatasi. Setelah selesai bisa dilanjutkan mengurus SPinjam.

  1. Riwayat Pembayaran SPayLater Buruk

SPayLater adalah pembelian barang dengan pembayaran secara kredit atau cicilan. Jika punya tagihan SPayLater harus dibayarkan sebelum jatuh tempo setiap bulannya dan tidak boleh terlambat. Jika terlalu sering telat membayar maka pengguna akan memiliki riwayat pembayaran kredit yang buruk.

Ini berpengaruh untuk proses pinjaman-pinjaman lainnya. Bisa saja akan sulit mencari pinjaman online di tempat lain. SPinjam juga kemungkinan besar tidak akan diaktifkan oleh Shopee sehingga SPinjam Shopee tidak muncul.

  1. Aplikasi Shopee Belum Diupdate Ke Versi Terbaru

Jika akun Shopee  tidak memiliki masalah tetapi SPinjam Shopee tidak muncul, salah satu kemungkinan penyebabnya yaitu masih menggunakan aplikasi versi lama. Aplikasi versi lama tentu saja tidak support dengan fitur atau layanan terbaru. Jadi penting untuk selalu mengupdate aplikasi ke versi terbaru.

Nah setelah tahu alasan kenapa SPinjam Shopee tidak muncul, harusnya sudah ada bayangan apa yang harus dilakukan supaya bisa mendapat layanan SPinjam.

Cara Memunculkan Shopee Pinjam Yang Tidak Muncul

Berikut ini beberapa cara untuk memunculkan SPinjam:

  1. Tingkatkan Transaksi

Semakin banyak bertransaksi, maka kredibilitas akunmu semakin bagus. Shopee akan lebih percaya bahwa akunmu bukan akun abal-abal atau akun yang hanya coba-coba. Buat akunmu menjadi member minimal gold hingga platinum untuk memperbesar peluang mendapatkan layanan SPinjam. Caranya yaitu dengan cara banyak bertransaksi.

  1. Jangan Melanggar

Sebisa mungkin hindari pelanggaran supaya akun tetap baik sehingga bisa menikmati semua layanan yang ada di Shopee. Kalau sudah terlanjur ada pelanggaran, segera perbaiki.

  1. Gunakan Layanan SPayLater

Semakin sering menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran, kemungkinan kesempatan akan lebih besar untuk bisa mendapatkan layanan SPinjam.

  1. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Berkaitan dengan SPayLater, pembayaran SPayLater harus selalu tepat waktu dan jangan lewat tanggal jatuh tempo. Selain mendapatkan denda, hal ini akan menurunkan kredibilitas akunmu. Akun Shopee akan tercatat sebagai akun yang memiliki riwayat pembayaran buruk sehingga akan sulit meminta layanan cicilan atau pinjaman lagi, salah satunya SPinjam.

  1. Verifikasi Akun

Isi data selengkap mungkin. Ingat, isi data secara jujur ya. Semakin jelas data pribadi, semakin mudah Shopee memberikan layanan SPinjam karena akunmu dapat dipercaya.

  1. Update Aplikasi

Tidak kalah penting yaitu update aplikasi ke versi terbaru supaya tetap bisa menikmati layanan-layanan terbaru dari Shopee.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan untuk solusi dari permasalah kalian yang mengalami masalah shopee pinjam tidak muncul. Jika Shopee pinjam kalian sudah bisa kalian juga memerlukan informasi terkait cara bayar Shopee pinjam. dan juga yang wajib kalian ketahui yaitu cara mengaktifkan Shopee pinjam terbaru 2021.

Demikianlah artikel terkait SPinjam Shopee tidak muncul. Jika tidak mengalami masalah apapun di akun Shopee, tetapi pengajuan SPinjam ditolak, kamu bisa langsung menghubungi CS Shopee.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA