Inilah Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasinya

AC mempunyai komponen indoor dan outdoor. Keduanya harus berjalan secara normal agar AC dapat digunakan. Jika outdoor AC mati, maka AC tidak dapat digunakan. Berikut penyebab outdoor AC mati dan bagaimana cara mengatasinya.

AC tersusun atas dua unit yaitu indoor dan outdoor dimana keduanya memiliki fungsi yang saling berhubungan dalam mendinginkan ruangan. Dalam unit indoor maupun outdoor tersusun atas beberapa komponen. Dan komponen tersebut adalah sebagai berikut :

Komponen Unit Indoor AC

  • Evaporator

Di dalam komponen ini terjadinya proses pendinginan suhu yang di dalamnya juga terdapat zat pendingin refrigant.

  • Air Filter

Dari namanya sudah bisa ditebak yaitu menjaga udara agar tetap bersih dari kotoran dan debu.

  • Blower Indoor

Berfungsi menyerap udara dari dalm ruangan kemudian dihembuskan kembali.

  • Motor Blower Indoor

Blower indoor bisa bergerak dengan adanya komponen ini.

  • Printed Circuit Board (PCB)

Komponen ini memiliki fungsi sebagai pemegang kendali atas keseluruhan komponen AC lain supaya bekerja dengan baik.

  • Thermistor

Sebagai sensor udara dari dalam maupun luar sehingga bisa menganalisa suhu dingin dalam ruangan seperti pada pengaturan remot AC. Cara kerja Thermistor sama dengan Termometer.

Komponen Unit Outdoor AC

  • Kondensor

Kondensor berfungsi mendinginkan refrigant untuk menurunkan tekanannya dan juga membantu proses kondensasi dimana air dari proses kondensasi akan dialirkan melalui pipa kapiler.

  • Kompresor

Kompresor berfungsi sebagai sirkulator dan memompa refrigant.

  • Overload

Komponen ini memiliki fungsi sebagai sensor aliran listrik pada motor listrik kompresor.

  • Pipa Kapiler atau Office Tube

Sebagai penyambung aliran refrigent dari kondensor menuju evaporator.

  • Driyer

Driyer berfungsi sebagai penyaring udara dari debu dan kotoran.

  • Fan Outdoor

Komponen ini berfungsi sebagai pendingin kondensor yang merupakan komponen terpanas pada AC.

AC sendiri jika tidak dirawat dengan baik bisa mengalami eror bahkan rusak. Jika salah satu unit bermasalah tentu AC tidak akan bisa berfungsi dengan normal.

Tetapi memang semua merk AC pasti akan mengalami masalah. Lalu apa penyebab outdoor AC mati hidup sendiri?

Penyebab Outdoor AC Mati dan Cara Mengatasi

Berikut penyebab Outdoor AC Mati, pastikan kalian memahami apa penyebabnya sehingga bisa segera diperbaiki jika hal itu terjadi.

  1. Overload Rusak

Overload bertugas sebagai sensor atau saklar pada motor listrik kompresor. Overload yang secara berangsur akan memutus aliran listrik yang mengalir pada kompresor terlalu tinggi sehingga tidak terjadi overheating pada kompresor.

Jika overload rusak maka tidak akan ada yang menjadi sensor untuk kompresor, akhirnya kompresor mengalami overheating dan unit outdoor akhirnya mati.

  1. Kompresor Rusak

Kompresor yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi dan memompa refrigant yang memudahkan dalam proses kondensasi. Jika komponen ini mengalami kerusakan tentu AC tidak akan bisa dingin.

Terhambatnya sirkulasi freon bisa menyebabkan kompresor rusak karena tidak bekerja dengan semestinya terlebih juga naik turunnya tegangan serta kurangnya oli juga bisa memicu kompresor rusak.

Baca Juga: Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

  1. Thermistor Unit Outdoor Rusak

Thermistor memiliki tugas mengirim sinyal dari remote untuk mengatur suhu sesuai pengaturan. Dan sinyal tersebut akan diteruskan oleh PCB Control sehingga unit indoor bisa mengirimkan tegangan pada unit outdoor supaya kompresor bekerja. Kompresor bekerja sampai suhu ruangan terpenuhi dan jika sudah terpenuhi akan berhenti bekerja. Kompresor akan bekerja kembali jika suhu ruangan naik.

Namun jika thermistor mengalami kerusakan maka unit indoor tidak busa mengirim tegangan pada unit outdoor akibatnya kipas dan kompresor tidak bekerja hingga akhirnya unit outdoor mati.

  1. Kabel Input Power unit Indoor Putus

Jika kabel yang berfungsi sebagai penghubung daya putus apa yang akan terjadi? Tentu saja mesin akan mati termasuk juga pada AC. Jika kabel unit indoor putus tentu unit ourdoor akan mati secara otomatis.

  1. Start Kapasitor Kompresor Rusak

Start kapasitor kompresor terdiri dari dua yaitu start kapasitor untuk fan dan start kapasitor untuk kompresor. Kapasitor kompresor bertanggung jawab menggerakkan kompresor agar mau bekerja.

Jika kapasitor kompresor rusak secara otomatis kompresor tidak bisa bekerja, tanda jika kapasitas kompresor rusak biasanya mengeluarkan bunyi dengung lumayan keras.

 

  1. PCB Modul Rusak

Jika PCB Modul mengalami kerusakan bisa ditandai dengan mesin Outdoor AC sering mati. Penyebab rusaknya PCB juga bisa dikarenakan tegangan listrik yang mengalami konslet, tegangan yang mengalami lonjakan dan sambaran petir yang terjadi tiba-tiba.

Diperlukan alat stibilizer untuk menghindari tegangan listrik yang berubah-ubah. Selalu cek kondisi sekering listrik untuk menghindari terjadinya konslet.

Baca Juga: Penyebab AC Mati Sendiri

  1. Tekanan pada Freon Berkurang

Freon AC yang berkurang menyebabkan tekanan pada kompresor berkurang. Bahkan bisa menyebabkan mesin on off dengan sendirinya. Maka dari itu perlu sekali melakukan pengecekan pada freon unit outdoor dengan menggunakan alat gauge manifold.

Berkurangnya freon bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada pipa instalasi, evaporator atau kondensor. Tanda yang bisa dilihat jika terjadi kebocoran freon apabila timbul bercak atau cairan oli pada bagian yang terindikasi bocor.

Selain itu beberapa masalah yang sering dialami adalah outdoor ac mati tapi indoor hidup. Kemungkinannya adalah kondisi kompresor yang memang rusak. Selain karena usia, kompresor yang rusak ini juga bisa disebabkan oleh hal lainnya seperti sirkulasi freon yang terhambat, kekurangan oli, tegangan listrik yang tidak sesuai, kelebihan tekanan dan masih banyak lagi.

Lalu ada juga masalah lainnya seperti kompresor AC mati tapi kipas hidup. Biasanya hal tersebut disebabkan karena kapasitor kipas yang sudah mulai rusak. Lakukan penggantian kapasitor kipas AC. Jika masih saja kipas tidak hidup, maka kerusakan pada motor kipas outdoor.

Penyebab Outdoor AC mati bisa saja disebabkan karena hal sepele, bahkan terkadang karena salah menentukan pengaturan pada remot AC juga bisa menyebabkan Outdoor AC mati, terutama timer.

Jika beberapa komponen inti rusak maka kalian harus menservice kepada ahlinya, atau memang rusak karena komponen AC sudah tua maka sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru gar AC tetap bisa bekerja dengan normal lagi.

Sampai disini pembahasan penyebab outdoor AC mati, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian. Jika ada yang ditanyakan tinggalkan komentar pada kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share kepada teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA