Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala dan Cara Mengatasinya

Kulkas tidak dingin padahal lampu menyala adalah kejadian yang umum terjadi pada kulkas. Lalu apa penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Berikut kami akan memberikan informasinya.

Kulkas dijadikan sebagai barang elektronik yang cukup membantu dalam menyimpan makanan supaya tetap segar dan tidak busuk. Tetapi yang namanya barang elektronik tentu saja semua pasti akan mengalami masalah.

Sedangkan kulkas sendiri yang sering terjadi adalah kulkas tidak dingin yang disebabkan karena beberqpa faktor bisa jadi karena usia kulkas sendiri atau komponen-komponennya yang tidak berfungsi karena rusak.

Tetapi pernahkan kalian melihat kulkas tidak dingin tetapi lampu menyala? Ya memang hal ini bisa saja terjadi tetapi dalam segi fungsinya lampu yang ada di dalam kulkas tidak ada hubungan atau sangkut paut dengan dingin kulkas.

Lampu tersebut hanya berfungsi sebagai penerang saja, jadi lampu menyala atau tidak tidak ada hubungan dengan kulkas tidak dingin.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Kenapa kulkas tidak dingin padahal lampu menyala. Berikut akan kami berikan penjelasan penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala :

  1. Kompresor Tidak Menyala atau Rusak

Kompresor sendiri memiliki batas ampere sesuai dengan besar kecilnya PK kompresor. Jika batas ampere melebihi batasnya maka kompresor sudah dalam keadaan tidak normal.

Hal ini sering disebabkan karena tegangan listrik naik turun tidak stabil dan tekanan freon yang terlalu banyak.

  1. Termistor Rusak

Termistor yang berfungsi sebagai pengontrol suhu pada kulkas, namun jika komponen ini rusak maka suhu dalam kulkas bisa tidak dingin atau bahkan tambah dingin terus menerus sehingga suhu di dalam kulkas menjadi tidak terkendali. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

  1. Terjadi Penyumbatan Sirkulasi Freon

Penyumbatan yang terjadi bisa dikarenakan ada kotoran pada pipa penyalur freon. Akibatnya freon tidak bisa disrikulasikan dan suhu dalam kulkas tidak bisa dingin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Kulkas

  1. Kebocoran Freon dan Jumlah Freon tidak Cukup

Freon itu ibaratnya seperti darah dimana jika terjadi kebocoran atau jumlahnya yang tidak cukup bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

Karena freon sendiri mengandung zat yang bisa mendinginkan suhu di kulkas. Tanpa freon kulkas tidak akan bisa dingin.

 

  1. Evaporator Tertusuk Benda Tajam

Di dalam kulkas pasti ada peringatan dilarang menggunakan benda tajam seperti pisau dan sejenisnya, hal ini karena dikhawatirkan akan melukai salah satu komponen kulkas yaitu evaporator.

Karena jika evaporator rusak bisa mengganggu kinerja komponen lainnya sehingga memicu penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

  1. Menyimpan Makanan Panas di Dalam Kulkas

Selain benda tajam selanjutnya adalah larangan menyimpan makanan panas di dalam kulkas. Karena makanan panas bisa menaikkan suhu kulkas sehingga menjadi tidak dingin.

  1. Meletakkan Barang yang Cepat Panas dekat Kulkas

Jika kalian memiliki barang elektronik yang menghasilkan panas seperti microvawe atau magicom jauhkan letaknya dari kulkas. Karena barang tersebut bisa mempengaruhi kulkas menaikkan suhunya jadi tidak dingin.

Barang yang menghasilkan panas menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Jadi alangkah baiknya jauhkan dari kulkas.

  1. Kipas atau Fan Sirkulasi tidak Menyala atau Rusak

Fan berfungsi sebagai pengalir udara di dalam kulkas. Ada dua komponen yang memiliki fan atau kipas yaitu dibawah ini:

  • Kipas Kondensor

Kipas kondensor berfungsi mengalirkan udara panas dari dalam kulkas supaya keluar. Jika kipas kondensor rusak maka udara panas tidak bisa keluar sehingga suhu kulkas berkurang suhu dinginnya.

  • Kipas Evaporator

Kipas evaporator berfungsi mengalirkan udara dingin dari freezer ke komponen lainnya. Jika kipas tidak menyala suhu dingin akan tetap bertahan di freezer dan tempat makanan suhunya tidak dingin.

Penyebab rusaknya fan atau kipas dikarenakan mesinnya rusak. Atau bilahan dari kipas rusak.

  1. Sistem Defrost mengalami kerusakan

Sistem defrost berfungsi sebagai sistem yang membantu pencairan dalam kulkas. Jika sistem ini memgalami kerusakan bunga es tidak akan bisa dicairkan sehingga akan banyak menumpuk pada koli evaporator.

Namun jika sistem ini terus dinyalakan dan tidak dialihkan ke mode pendingin maka suhu di dalam kulkas tidak bisa dingin dan menjadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala.

  1. Pintu Kulkas Rusak

Jika pintu rusak bisa jadi suhu dalam kulkas tidak akan bisa stabil, karena suhu dari luar kulkas akan ikut masuk ke dalam kulkas.

Jangankan pintu rusak, pintu kulkas tidak ditutup dengn rapat juga bisa mempengaruhi suhu dalam kulkas.

Jadi itu tadi penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, tekankan bahwa penyebab tidak dinginnya kulkas tidak ada hubungan denga nyala lampu. Karena lampu akan menyala ketika kulkas dibuka dan mati ketika ditutup dikarenakan pintu kulkas menekan saklar lampu.

Beberapa kerusakan yang terjadi tersebut, kalian bisa meminta bantuan pada teknisi atau tukang service untuk memperbaikinya. Jika rusak parah komponen yang rusak harus siap untuk diganti dengan yang baru.

Terima kasih sudah membaca aritikel penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Jangan lupa share kepada teman kalian. Jika ada yang kurang kalian pahami tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA