Penyebab AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin dan Cara Mengatasinya

AC kalian terasa tidak dingin dan hanya keluar angin? Berikut akan kami berikan informasi tentang penyebab AC tidak dingin hanya keluar angin beserta cara mengatasinya.

Air Conditioner memang sudah menjadi peralatan yang sangat dibutuhkan, terlebih jika sudah memasuki musim panas. Suhu yang gerah dan panas membuat banyak orang suka menyalakan AC agar suhu sejuk.

Tetapi ketika kalian ketika menyalakan AC malah tidak dingin melainkan hanya mengeluarkan angin saja, tentu ini bisa membuat kalian tidak nyaman karena suhu udara di ruangan menjadi ampek.

Hal itu bisa saja disebabkan karena ada komponen dari AC yang tidak bekerja dengan baik karena ada kerusakan. Ada beberapa faktor lain juga yang menjadi penyebab AC tidak dingin hanya keluar angin.

Penyebab AC Rumah Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Saat ini sangat banyak ditemui rumah yang dilengkapi dengan AC terutama rumah yang ada di kota-kota besar. Saat AC kalian menyalakan tetapi hanya keluar angin saja dan suhu yang tidak dingin akan sangat membuat tidak nyaman.

Lalu apa yang penyebab AC tidak dingin hanya keluar angin. Berikut faktor penyebabnya:

  1. Freon Kurang atau Habis

Didalam freon terkandung zat yang bisa membuat AC menjadi dingin. Jika freon kurang atau habis bisa habis AC tidak bisa menghasilkan suhu dingin.

Berkurangnya freon juga bisa disebabkan karena ada kebocoran pada pipa sirkulasi. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan pada pipa sirkulasi.

  1. Filter AC Kotor

Filter AC berfungsi menyaring udara dari debu dan kotoran, jika terlalu banyak debu dan kotoran pada udara bisa menyebabkan filter menjadi kotor akhirnya tersumbat.

Kotornya filter AC juga bisa menyebabkan sirkulasi udara pada AC mengalami gangguan.

Baca Juga: Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

  1. Kondensor AC Kotor

Kondensor yang kotor juga bisa menjadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor sendiri berfungsi memanaskan gas freon agar mencapai suhu tertentu.

Jika kondensor kotor dan akhirnya rusak maka gas freon tidak akan bisa panas dan akhirnya AC tidak menjadi dingin.

  1. Ampere Kompresor Melebihi Batas

Jika ada ampere kompresor sudah melebihi batas maka AC bisa rusak akhirnya tidak bisa digunakan. Untuk mengecek apakah sudah melebihi batas atau tidak bisa kalian cek menggunakan clamp meter.

Baca Juga: Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

  1. Komponen PCB AC Rusak

Komponen ini berfungsi memberikan arus listrik untuk menyalakan kompresor AC. Jika PCB rusak maka kompresor tidak akan bisa berfungsi dan AC tidak menjadi dingin.

  1. Posisi Unit Outdoor Kurang Pas

Pemasangan unit outdoor yangvkurang tepat juga bisa menyebabkan AC tidak dingin, hal ini karena unit outdoor membutuhkan space ruang yang cukup agar bisa bekerja secara optimal.

Maka dari itu pasanglah ditempat yang sesuai pada paduan.

  1. Kondisi Ruangan yang Dipasangi AC

Kondisi ruangan juga berpengaruh pada AC, jika ruangan yang terpasang AC terkena langsung sinar matahari serta tembok yang mudah menyerap panas dan PK AC tidak sesuai bisa menyebabkan AC tidak dingin.

Baca Juga: Penyebab Outdoor AC Mati

  1. Luas Ruangan yang tidak sesuai kapasitas AC

AC memiliki kaoasitas tertentu untuk luas ruangan, jika ruangan tidak imbang dengan kapasitas AC bukan dingin yang akan kalian dapatkan tetapi hanya angin saja.

Ukuran yang pas adalah sebagai berikut:

  • Ruangan dengan ukuran 3 m x 3 m maka AC yang dipasang ukuran ½ PK
  • Ruangan dengan ukuran 3 m x 6 m maka AC yang dipasang ukuran 1 PK
  • Ruangan dengan ukuran 6 m x 6 m maka AC yang dipasang ukuran 2 PK.
  1. Jendela dan Pintu Ruangan Sering Terbuka

Ruangan yang sudah terpasang AC memang tidak boleh dibiarkan jendela serta pintunya sering terbuka. Hal ini karena bisa menyebabkan AC hanya mengeluarkan angin karena tidak bekerja secara optimal.

Bahkan terbuka jendela sedikit saja suhu dalam ruangan bisa berubah dan tidak sejuk.

  1. Pengaturan Remot AC

AC sendiri memiliki beberapa mode yang bisa dipakai. Terkadang karena pengaturan mode yang kurang sesuai bisa menyebabkan AC tidak dingin hanya keluar angin karena mode cool tidak diaktifkan. Sehingga AC menjadi tidak dingin.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Selain AC rumah hal tersebut juga biasa terjadi pada AC mobil juga. AC mobil sendiri juga berbeda dengan AC rumah. Bahkan terkadang AC mobil mengeluarkan suhu panas sehingga suhu di dalam mobil hangat.

AC tersebut terjadi karena bisa saja kesalahan sistem pada pendingin mobil. Selain itu juga dikarenakan beberapa factor penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin berikut ini:

  1. Freon Pada Pendingin Habis

Freon befungsi sebagai penghasil suhu dingin pada AC dan tentu jika sudah habis bisa diisi ulang. Joad waktu menyalakan AC tetapi tidak dingin bisa kalian cek apakah freon masih ada atau sudah habis.

  1. Kondensor AC Kotor

Kondensor berfungsi sebagai pembuang suhu panas yang telah dilepaskan oleh kompresor. Jika komponen ini kotor dan dipenuhi debu bisa mengganggu sirkulasi pembuangan suhu panas.

Akhirnya suhu panas tidak bisa terbuang, udara dalam kabin mobil tidak dingin.

  1. Kompresor AC Rusak

Jika kondisi komoponen AC lainnya tidak bermasalah tetapi AC tidak dingin hanya mengeluarkan angin maka bisa dipastikan ada kesalahan pada kompresor.

Lakukan pengecekan pada kompresor, jika sight glassnya berwarna hitam berarti kompresor sudah aus atau rusak dan perlu diperbaiki.

  1. Sistem AC Mobil kelebihan Tekanan

Saat setelah pengisian oli pada kompresor coba cek dahulu apakah berlebihan atau tidak, karena jika berlebihan bisa menyebabkan peningkatan tekanan berlebihan pada freon AC.

Meningkatnya tekanan tersebut menyebabkan kompresor menjadi sangat panas akibatnya menghambat proses kondensasi. Terhambatnya proses kondensasi menyebabkan suhu tidak bisa turun, AC mobil menjadi tidak dingin.

  1. Penyumbatan Evaporator

Tersumbatnya evaporator akibat debu dan kotoran yang terhisap blower sehingga sirkulasi udara AC akhirnya terganggu.

Karena gangguan ini bisa menyebabkan komponen pada AC tidak bekerja secara maksimal sehingga AC tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin.

  1. Extra Fan Mati

Jika komponen yang berada di depan kompresor ini mati bisa mengakibatkan terganggunya proses kondensasi.

Jika extra fan mati dan tidak mau berputar maka penurunan suhu tidak akan berjalan, akibatnya suhu di kabin mobil menjadi panas.

  1. Fan Belt Putus

Fan Belt memiliki fungsi sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Jika fan belt mengalami kerusakan dan putus menyebabkan kompresor tidak bisa bekerja secara optimal karena tidak ada aliran pada mesin.

Kompresor yang tidak bekerja secara optimal juga menyebabkan freon tidak dapat bersikulasi sehingga AC mobil hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin.

  1. Thermistor AC Rusak

Komponen ini berfungsi untuk mengirim sinyal pada kompresor untuk berhenti bekerja jika suhu didalam kabin mobil sudah sesuai dengan pengaturan AC.

Jika komponen ini mengalami kerusakan maka tidak akan ada yang mengirim sinyal pada kompresor, sehingga kompresor terus bekerja sampai evaporator beku. Jika evaporator beku maka AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin.

Kerusakan pada beberapa komponen memang akan mengganggu kinerja dari AC. Jika hanya karena kotor maka bisa untuk dibersihkan sendiri dengan melepas komponen untuk dibersihkan lalu dipasang lagi. Namun jika komponen rusak maka harus segera dibawa ke teknisi untuk di service atau diganti dengan yang baru.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan pada komponen AC kalian setidaknya seminggu sekali.

Itu tadi penyebab AC tidak dingin hanya keluar angin. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Jika ada yang kurang kalian pahami tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share jika bermanfaat.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA