Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci dan Cara Mengatasinya

Apakah kalian mengalami AC Bocor setelah dicuci? Berikut kami akan memberikan informasi tentang penyebab AC bocor setelah dicuci beserta cara mengatasinya.

Komponen AC memang sudah didesain dengan komponen yang mayoritas bahannya water proof sehingga jika AC sudah kotor memang harus dicuci dengan air.

Tetapi sadarkan jika setelah dicuci AC ada yang bocor sehingga ada tetes-tetes air berjatuhan, tidak perlu panik kebocoran ini adalah hal yang wajar dan tidak akan merusak AC.

Tetapi jika bocor terus menerus akan sangat menganggu terlebih jika di sekitarnya terdapat barang-barang yang tidak tahan air.

Sebelum itu kita bahas darimana tetes-tetes air itu berasal yang biasanya berwarna bening seperti embun pada pagi hari. Tetes-tetes air tersebut disebabkan dari proses kondensasi atau pengembunan, munculnya karena udara di dalam AC outdoor lebih dingin dari udara disekitar AC outdoor sehingga menyebabkan udaranya menempel menjadi uap air.

Pada saat melihat tetesan air banyak yang mengira AC mengalami kerusakan, padahal sebenarnya itu normal-normal saja terjadi pada AC. Komponen outdoor AC ketika dicuci langsung disemprot dengan air tanpa harus diturunkan atau dibongkar karena komponennya terbuat dari bahan anti air sehingga aman.

Beberapa merk AC yang berbeda jika komponen outdoor AC lebih dingin kemungkinan proses kondensasi lebih tinggi sehingga menyebabkan tetesan air lebih banyak.

Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

Ada beberapa faktor penyebab AC Bocor setelah dicuci berikut ini:

  1. Tersumbatnya Filter AC

Filter AC yang tersumbat menyebabkan sirkulasi udara menjadi terhambat sehingga menimbulkan pembekuan udara.

Saat kalian mendapatkan suhu udara yang kalian inginkan atau kalian akan mematikan AC makan es yang terdapat pada filter AC akan mulai mencair. Es yang mencair tersebut akan mengalir menemukan jalan keluarnya dan akhirnya terjadi kebicoran pada AC.

  1. Tersumbatnya Saluran Pembuangan

Tersumbatnya saluran pembuangan akibat dari penumpukan debu, kotoran dan spesies jamur yang berlebihan pada saluran. Akibatnya jalan keluar air dari AC menjadi terhambat, saluran menjadi penuh dan akhirnya terjadi tumpahan atau kebocoran air.

Baca Juga: Penyebab Outdoor AC Mati

  1. Tersumbatnya Saluran Kondensasi

AC menyerap udara lembab dari dalam ruangan kemudian meniupnya ke arah pipa pembeku. Karena diisi refrigeran dingin kompresor menjadi lebih dingi daripada udara. Uap air disekitar kompresor mengembun dan menjadi tetesan air, hal ini yang menyebabkan AC meneteskan air.

  1. Filter AC Kotor

Filter air yang kotor disebabkan kareena banyaknya debu sehingga menyebabkan aliran udara pada evaporator terhambat dan suhu udara menjadi turun. Jika kumparan terlalu dingin menyebabkan pembekuan.

Saat AC dimatikan suhu akan naik sehingga terjadi pemanasan yang menyebabkan es mencair. Es yang mencair ini akhirnya memenuhi kapasitas baki tetesan akhirnya terjadi kebocoran air.

  1. Koil Kondesor AC Bocor

Kebocoran yang terjadi disebabkan karena, komonen unit luar seperti kondensor, kompresor, dan motor blower menumpuk debu dan kotoran.

Baca Juga: Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

  1. Koil Kondensor AC Beku

Filter yang tidak bekerja dengan baik akibat dari tersumbat kotoran, sehingga udara hangat tidak bisa melewati dan suhu akhirnya suhu menjadi turun. Mengakibaykan terjadi pembekuan pada koil AC.

 

  1. Kompresor AC Rusak

Kompresor berfungsi mengalirkan air secara menyeluruh sehingga bisa mencegah kebocoran. Jika pompa tidak bekerja dengan baik karena disebabkan adanya debu atau kotoran bisa menyebabkan air menetes.

  1. Perawatan AC Sembarangan

Dalam merawat AC pastikan kalian merawatnya dengan benar seperti jika memang sudah kotor segera bersihkan dengan menyemprot air. Jika kalian merawatnya dengan buruk AC akan cepat rusak.

  1. Pemasangan AC Kurang Pas

Pemasangan AC yang kurang tepat juga menjadi penyebab terjadinya kebocoran AC. Kemiringan yang tidak pas pada saat memasang AC bisa menyebabkan tidak bisa mengalirkan air ke saluran pembuangan dengan benar.

Saat memasang AC pastika juga AC bagian depan lebih dingin daripada AC bagian belakang.

 

  1. Suhu Di Luar yang Lebih Dingin

Saat suhu diluar lebih dingin daripada suhu didalam ruangan bisa menyebabkan AC kalian membeku dan akhirnya mempengaruhi kinerja Koil Pendingin.

Hal ini biasanya terjadi pada malam hari dan suhu udara dibawah 60 derajat Fahrenheit.

Selain itu pada AC Indoor juga bisa terjadi kebocoran, apa saja yang menyebabkan kebocoran itu terjadi?

  • Pada drain pembuangan indoor terjadi penyumbatan. Penyumbatan disebabkan karena saluran sudah terlalu kotor ataupun berlumut.
  • Saluran pipa dipasang kurang pas karena kurang miring atau terlalu rata sehingga saluran air seperti menanjak sehingga akhirnya mampet. Karena sudah terlalu penuh akhirnya air menjadi menetes.
  • Kebocoran pada freon sehingga menyebabkan munculnya bunga es pada evaporator. Bunga es yang mencair ini akan menetes dan akhirnya terjadi kebocoran.
  • Kondensasi yang berlebihan danjalur pipa tidak terbungkus insulasi karena robek atau ac yang digunakan sudah terlalu lama.
  • Terjadi kerusakan pada evaporator.

Ac sendiri memang terbagi dua komponen unit indoor dan outdoor. Dapat disimpulkan bahwa penyebab umumnya karena memang terjadi oada bagian komponen-komponen penting pada AC.

Cara Mengatasi AC Bocor Setelah Dicuci

Setelah kalian mengetahui apa penyebab AC bocor setelah dicuci, lalu bagaimana cara mengatasi AC bocor setelah dicuci tersebut?

  1. Langkah pertama dalam mengatasinya adalah sementara kalian cek terlebih dahulu saluran pembuangan air.
  2. Tadahkan tetesan air pada ember atau ditampung memakai corong lalu dimasukkan pada galon.
  3. Jika kebocoran berlebihan maka lebih baik matikan AC terlebih dahulu untuk sedikit menghambat kebocoran air.
  4. Jika kalian tidak cukup ahli untuk membenarkan kebocoran, segera panggil teknisi untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu lalu diperbaiki.
  5. Untuk komponen yang memang sudah tidak bisa dipakai lagi maka lakukan penggantian saja yang baru agar kebocoran tidak terjadi lagi.
  6. Jika terjadi kebocoran yang perlu kalian lakukan adalah hal diatas terlebih dahulu, jangan panik dan khawatir AC akan rusak.

Sudah tahukan apa yang menyebabkan kebocorn AC dan cara mengatasinya? Semoga ini bisa membantu kalian. Jangan lupa bagikan keteman-teman kalian jika bermanfaat. Tinggalkan komentar atau pertanyaan jika ada bagian yang kalian tidak paham.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA