8 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar dan Cara Memperbaikinya

Masalah yang sering dialami oleh pengguna mesin cuci salah satunya adalah pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung. Berikut akan kami berikan informasi penyebab dan cara mengatasinya.

Kebanyakan orang setelah selesai mencuci pakaian pasti akan langsung dikeringkan di mesin pengering. Memang tidak akan kering secara optimal tetapi penggunaan pengering setidaknya membantu mengurangi kadar air pada pakaian sehingga tidak terlalu lama dijemur.

Terlebih jika tiba masa penghujan yang sulit sekali ditemukan panas matahari, iya memang ada tetapi tidak seterik ketika musim panas sehingga jika tiba musim penghujan baju yang dijemur bisa membutuhkan waktu lebih dari 2 hari sampai benar-benar kering.

Maka dari itu keberadaan mesin pengering pada mesin cuci sangatlah membantu menjadi solusi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Tetapi yang namanya alat elektronik pasti ada masalah yang terjadi, yang sering terjadi adalah pengering mesin cuci tidak berputar.

Lalu kenapa pengering mesin cuci tidak berputar? Berikut akan kami jelaskan secara detail tentang penyebab beserta cara mengatasinya.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Wajar saja jika pengering mesin cuci tiba-tiba tidak berfungsi seperti semestinya. Tidak ada yang bisa menghindari kerusakan yang terjadi pada alat elektronik.

Namun jangan panik terlebih dahulu jika hal itu terjadi, cari dulu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Apa penyebab pengering mesin cuci tidak berputar?

  1. Mesin Pengering Terlalu Banyak Diisi Pakaian atau Overload

Jika memasukkan terlalu banyak pakaian pada pengering mesin cuci membuat mesin tidak bisa berputar secara sempurna atau lemah.

Overload pada mesin pengering bisa menyebabkan mesin berputar dengan lemah dan juga akhirnya beberapa pakaian keringnya tidak sempurna.

  1. Pintu Penutup Pengering Tidak Tertutup dengan Baik

Hal ini termasuk hal kecil atau sepele namun ternyata memiliki pengaruh pada pengering mesin cuci tidak berputar. Pada beberapa model mesin cuci tertentu hal ini juga memiliki pengaruh.

Jika pintu pengering tidak tertutup dengan sempurna maka mesin tidak akan bekerja. Tidak menutupnya dengan sempurna pintu pengering juga bisa disebabkan karena ada kotoran yang menempel dan menumpuk pada sekitar pintu.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

  1. Ada Kabel Mesin yang Putus

Jika kabel mesin putus tentu saja mesin cuci maupun pengering tidak akan bisa bekerja. Bahkan bisa jadi mati total dan tidak bisa digunakan.

Putusnya kabel pada mesin biasanya disebabkan karena dimakan tikus atau serangga lainnya yang masuk ke sela-sela mesin.

  1. Elemen Pemanas Tidak Berfungsi dengan Baik

Jika elemen pemanas pada mesin pengering tidak berfungsi, maka proses pengeringan pakaian akan terhambat.

Jika komponen ini rusak maka pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering dan akan lebih banyak waktu dibutuhkan untuk mengeringkan pakaian.

 

  1. Ventilasi Pengering Tersumbat

Ventilasi pada pengering menjadi sirkulasi jalannya udara pada pengering. Saat telah memasukkan pakaian pada mesin pengering namun pakaian tidak kunjung kering hal ini disebabkan karena ventilasi tersumbat.

Ventilasi yang tersumbat memicu terperangkapnya udara panas di dalam tabung secara berlebih. Jika terlalu lama bisa menyebabkan kebakaran. Tersumbatnya ventilasi dikarenakan ada benang kain dari pakaian yang menumpuk akhirnya menyumbat ventilasi.

  1. Dinamo Mesin Cuci Rusak

Sebagai penggerak utama mesin cuci dan pengering, dinamo sudah seperti jantung dalam tubuh. Jika dinamo ini rusak mesin akan seketika tidak berfungsi.

Rusaknya dinamo dikarenakan terlalu banyak terkena tetesan air terus menerus hingga akhirnya konslet dan terbakar.

Baca Juga: Penyebab Mesin Cuci Lambat Berputar

  1. Timer pengering Rusak

Timer juga ada pada komponen pengering pakaian, berfungsi sebagai pengatur waktu berapa lama waktu yang diperlukan saat mesin akan digunakan.

Timer mesin cuci atau pengering sangat rentan rusak jika terlalu sering digunakan akibatnya komponen pegasnya aus. Juga disebabkan adanya hewan kecil seperti semut dan kecoa.

 

  1. Tali Rem Pengering putus atau rusak

Tali rem pengering memiliki fungsi sebagai pembuat sistem otomatisasi saat pengering bekerja dengan baik. Tetapi jika tali rem mengalami kerusakan atau putus maka mesin otomatis tidak akan bisa bekerja juga.

Maka dari itu sangatlah diperlukan pemeriksaan setiap saat, sehingga bisa langsung segera diperbaiki.

Baca Juga: Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak atau Berisik

Lumayan banyak yang menjadikan penyebab pengering mesin cuci tidak berputar, lalu bagaimana cara mengatasi pengering mesin cuci tidak berputar.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Ada beberapa solusi yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal tersebut, yang penting jika kalian bisa memperbaiki sendiri itu akan sedikit lebih hemat. Berikut cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar.

  1. Jika tabung overload, maka kurangi jumalah pakaian yang dimasukkan. Bisa juga kalian memasukkan berdasarkan warna atau kualitas kain atau juga jumlahnya.
  2. Pintu tidak tertutup degan sempurna karena ada kotoran disekitar pintu maka kalian haris segera membersihkannya.
  3. Untuk kabel yang putus kalian bisa melakukan penyambungan sesuai dengan warna kabel.
  4. Ventilasi tersumbat bisa dilakukan pemebersihan pada ventilasi.
  5. Untuk beberapa komponen mesin yang mengalami kerusakan tentu saja perlu dilakukan penggantian yang baru sehingga lebih baik jika diperbaiki oleh teknisi ahli.

Baca Juga: Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

Cukup mudah sekali bukan cara mengatasi pengering mesin cuci tidak berputar? Sangat sederhana bisa diperbaiki sendiri dahulu jika termasuk ringan masalahnya. Jika termasuk parah maka kalian harus memanggil teknisi ahli.

Sampai disini dulu pembahasan tentang pengering mesin cuci tidak berputar. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Jangan lupa bagikan sesuai platform sosial media yang kalian miliki. Tinggalkan komentar dikolom yang telah kami sediakan jika ada yang ditanyakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA