Kenapa Pengajuan Akulaku Ditolak? Berikut Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Ketika akan daftar aplikasi pinjaman online Akulaku, ada beberapa pendaftar yang mengalami penolakan ketika melakukan pengajuan.  Berikut akan kami jelaskan kenapa pengajuan di akulaku selalu ditolak.

Sebagai platform pinjaman online tanpa rekening pribadi dengan bunga yang ringan. Akulaku mewajibkan pagi para calon peminjam kredit untuk menyiapkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Karena Akulaku berada langsung di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Maka bukan sembarang orang yang bisa mendaftarkan diri sebagai peminjam ataupun mitra merchant Akulaku

Sebenarnya persyaratan utama yang paling diperlukan hanya kartu identitas diri yaitu KTP saja, dan cara daftar Akulaku yang benar dengan proses verifikasi hanya butuh waktu 5 menit saja.

Tetapi jika ada beberapa persyaratan tidak lolos pada saat verifikasi. Maka pihak Akulaku tidak akan menyetujui pengajuan kalian.

Sebenarnya ada penyebab atau alasan kenapa pengajuan Akulaku ditolak. Berikut akan kami jelaskan penyebab beserta cara mengatasinya.

Penyebab Pengajuan Akulaku Ditolak

Mengapa pengajuan akulaku selalu ditolak? Berikut beberapa penyebab yang menjadikan pengajuan Akulaku ditolak:

  1. Foto KTP Kurang Jelas atau Blur

Hal ini disebabkan waktu pengambilan foto tangan bergetar sehingga tidak fokus hasil fotonya. Pencahayaan yang kurang tepat sehingga tulisan ataupun foto di KTP tidak jelas terpotret.

  1. Lokasi Berada di Luar Jangkauan Akulaku

Mengapa hal ini menyebabkan pengajuan Akulaku ditolak? Hal tersebut dikarenakan Akulaku hanya bisa diakses di daerah yang ditentukan oleh Akulaku yaitu sekitar Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jogjakarta. Dimana jika domisili kalian diluar dari yang saya sebutkan diatas otomatis pengajuan akan ditolak.

  1. Usia Calon Peminjam Belum Mencukupi

Kriteria usia memang menjadikan syarat penentu diterima atau ditolak pengajuan di Akulaku. Meskipun sudah bekerja menjadi karyawan dan mampu melampirkan slip gaji, tetapi jika usia belum mencukupi pihak Akulaku pasti akan menolak untuk menyetujui pengajuan.

Karena usia juga tidak bisa berbohong dan pihak Akulaku pasti akan mencocokkan dengan data di kartu identitas kalian. Usia minimal mendaftar Akulaku adalah 17 tahun, sedangkan maksimal 65 tahun.

  1. Tidak memiliki NPWP

NPWP merupakan kartu wajib yang harus dimiliki oleh karyawan sebagai bukti karyawan yang berkontribusi dalam perpajakan. Dengan mempunyai NPWP bisa menjadikan nilai tambah bahwa kalian adalah warga negara yang taat hukum.

  1. Mendaftar Lagi dengan Data Diri yang Sama

Hal ini tentu akan ditolak oleh Akulaku karena Akulaku menolak untuk calon peminjam mengajukan akun dengan data yang sama.

  1. Nama Facebook dan Linkedin Tidak Sesuai dengan Nama di Kartu Identitas Diri atau KTP

Beberapa aplikasi memang meminta akses untuk bisa terhubung dengan sosial media yang kalian punya. Bahkan jika akan bergabung dengan aplikasi sejenis Akulaku bisa mendaftar dengan menggunakan akun sosial media.

Jika akun kalian tidak disertai foto, maka pihak Akulaku tidak dapat mengenali akun kalian dan hal tersebut dapat menyebabkan pengajuan Akulaku ditolak.

  1. Penghasilan Belum Masuk Kriteria

Pihak Akulaku memberlakukan minimal penghasilan untuk mengajukan diri di Akulaku. Hal ini juga merupakan syarat penting karena untuk melihat dan memastikan kemampuan bayar pinjaman kalian.

Beberapa penyebab kenapa pengajuan kredit di Akulaku ditolak di atas memang terlihat umum dan biasa saja. Tetapi kalian jangan meremehkan hal ini karena meskipun hanya hal kecil tetapi pihak Akulaku juga sangat teliti untuk proses pengajuan.

Hal ini dilakukan pihak Akulaku untuk menghindari calon peminjam atau mitra yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Akulaku

Cara Mengatasi Pengajuan Akulaku Ditolak

Setelah kalian mengetahui penyebab kenapa pengajuan di Akulaku selalu ditolak. Maka kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi pengajuan Akulaku ditolak.

Terlepas dari itu memang mematuhi persyaratan yang ada juga menjadikan kalian aman dan nyaman menggunakan aplikasi tersebut.

Berikut cara mengatasi pengajuan Akulaki ditolak:

  1. Foto Jelas dan Tidak Blur

Untuk foto kartu identitas diri yang tidak jelas atau blur, pastikan waktu kalian memotret gambar foto kalian fokuskan pada gambar dan tangan jangan sampai bergerak.

Fokuskan dengan mengunci gambar yang akan di foto pada kamera. Cari tempat dengan pencahayaan yang bagus agar foto tampak lebih jelas.

  1. Lokasi Berada dalam Jangkauan Akulaku

Karena belum semua wilayah di Indonesia menjadi bagian dari Akulaku. Pastikan kalian melihat domisili mana saja yang sudah menjadi daerah pemasaran Akulaku.

Jika masih belum masuk di daerah jangkauan Akulaku maka jangan mendaftar. Pada saat mendaftar hidupkan GPS di smartphone kalian agar pihak Akulaku bisa membaca posisi lokasi kalian.

  1. Usia 17 sampai 65 Tahun

Usia minimal yang bisa melakukan pengajuan di Akulaku adalah 17 tahun. Jadi jika kalian berada di usia di bawah syarat yang diminta jangan mendaftar terlebih dahulu sampai usia kalian memenuhi syarat.

Dan begitu juga jika usia kalian sudah melebihi 65 tahun, maka kalian tidak akan diperbolehkan mendaftar Akulaku.

  1. Mempunyai NPWP

Bagi kalian yang sudah bekerja sebagai karyawan meskipun penghasilan belum memenuhi syarat pajak kalian wajib untuk mempunyai NPWP.

Jika kalian belum mempunyai kalian cukup melakukan pengajuan di kantor pajak terdekat dengan berbekal kartu identitas diri dengan proses yang cepat tidak sampai 1 jam kalian sudah bisa memiliki kartu NPWP.

Tetapi kalian wajib untuk melaporkan pertanggungjawaban satu tahun sekali setiap 3 bulan awal tahun. Dengan kartu NPWP kalian dianggap sebagai pekerja atau memiliki pekerjaan.

  1. Jangan Mendaftar dengan Data yang Sama

Karena setiap satu kartu identitas diri berlaku untuk satu akun saja. Jadi jika kalian sebelumnya sudah mendaftarkan diri tetap gunakan akun Akulaku kalian yang sudah terdaftar.

  1. Sesuaikan Nama Media Sosial

Untuk nama sosial media yang tidak sesuai dengan nama di kartu identitas diri. Segera ganti terlebih dahulu namanya dan sesuaikan dengan nama yang ada di kartu identitas diri kalian.

  1. Berpengasilan Minimal 2 Juta Perbulan

Penghasilan minimal juga sangat menentukan pengajuan kalian. Saat mendaftar Akulaku kalian harus berpenghasilan minimal 2 juta dan untuk menunjukkannya kalian perlu menyertakan foto slip gaji kalian.

Itulah cara mengatasi pengajuan limit Akulaku ditolak dan kenapa daftar Akulaku ditolak.

Sebenarnya setiap aplikasi memiliki kriteria yang di ajukan masing-masing dan tentunya juga berbeda. Maka dari itu, kalian tidak bisa sembarangan dalam mengajukan diri.

Jika ada salah satu persyaratan yang sudah ditentukan tidak bisa kalian penuhi, jangan memaksakan diri untuk tetap mendaftar. Bersabar dulu saja sampai semua persyaratan yang diminta bisa kalian penuhi.

Selain itu prinsip dalam meminjam atau kredit adalah tanggung jawab dalam mengembalikan pinjaman. Hal tersebut juga menjadi penilaian dari pihak Akulaku untuk melihat apakah limit kredit berikutnya bisa naik atau bahkan turun dan juga bisa tetap sama dengan sebelumnya.

Nah itu tadi pembahasan tentang pengajuan Akulaku ditolak. Semoga ini bisa membantu kalian. Jika ada yang kurang kalian pahami silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang sudah kami sediakan. Jangan lupa share ke teman-teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA