Kenapa Notifikasi SMS Banking BRI Tidak Masuk? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyaknya pengguna dari layanan perbankan dari BRI banyak orang yang mungkin mengalami masalah yang berbeda. Kerap dialami masalah yaitu notifikasi sms banking BRI tidak masuk. Apa sih penyebabnya dan bagaimana solusi mengatasinya? Mari kita bahas.

Sebagai pengguna jasa perbankan, tentu saja kalian memerlukan berapa saja uang yang masuk atau keluar dari rekening kalian. Bagi beberapa orang ada yang memilih menggunakan Internet Bangking atau Mobile Banking dan juga SMS Banking.

Ketiganya sama-sama penting tetapi tidak semua nasabah perbankan bisa mengoperasikan Internet Banking atau Mobile Banking. Jadi kebanyakan lebih memilih yang simple yaitu SMS Banking.

Hampir semua perbankan menyediakan layanan SMS Banking termasuk bank BRI. Layanan SMS Banking menjadi pilihan karena hanya melaporkan setiap dana yang masuk atau keluar dari rekening.

Untuk bisa menikmati layanan ini kalian bisa mendaftarkan aktivasi SMS Banking melalui CS. Kalian bisa juga mendaftar melalui ATM atau EDC kemudian aktivasi tetap melalui CS Unit atau Cabang BRI terdekat.

Jadi saran saya, lebih baik ketika pertama kali membuka rekening baru langsung saja ajukan aktivasi SMS Banking kepada CS. Prosesnya tidak lama kok, hanya memerlukan nomor telephone aktif saja setelah itu CS akan memproses pengajuan SMS Banking kalian.

Penyebab Notifikasi SMS Banking BRI Tidak Masuk

Yang namanya layanan perbankan baik online atau offline tentu saja semua akan mengalami kendala. Meskipun tidak menutup kemungkinan hal tersebut menjadikan penggunanya merasa tidak nyaman.

Terkadang SMS Banking juga tidak masuk notifikasinya setelah kalian selesai melakukan transaksi baik transfer atau tarik tunai uang. Mengapa hal tersebut terjadi? Berikut beberapa penyebab yang perlu kalian ketahui:

  1. Nomor Telephone Belum Terdaftar

Bagaimana bisa hal itu terjadi? Ada kemungkinan pemohon hnya mendaftarkan saja tetapi tidak melakukan aktivasi di unit atau cabang BRI terdekat. Sehingga SMS Banking tidak bisa masuk, meskipun kalian sebagai pengguna merasa nomor kalian sudah terdaftar.

  1. Transaksi Perbankan di Bawah Nominal yang Ditentukan

Ada nominal minimal yang ditetapkan bank BRI untuk setiap transaksi agar nasabah mendapatkan notifikasi SMS Banking yaitu Rp.100.000. Jadi jika kalian tidak mendapatkan notifikasi SMS Banking transaksi yang kalian lakukan nominalnya dibawah ketentuan.

  1. Jaringan Bermasalah atau Ada Gangguan

Jaringan bermasalah atau ada gangguan juga bisa menjadi penyebab notifikasi SMS Banking BRI tidak masuk. Sebenarnya pihak BRI sudah mengirimkan SMS Banking tetapi jaringan sedang ada gangguan hal tersebut jadi terpending.

  1. Provider Sedang Bermasalah atau Ada Gangguan

Tidak hanya jaringan, provider juga bisa mengalami gangguan apalagi sedang dalam tahap maintenance. Biasanya gangguan ini tidak terjadi di semua wilayah, hanya beberapa wilayah tertentu saja. Bisa jadi juga provider yang kalian gunakan saja yang benar-benar bermasalah.

  1. Perangkat Tidak Kompatibel

Beberapa perangkat telephone biasanya tidak menampilkan jika ada pesan yang masuk. Ada juga memang sengaja dibuat seperti itu, karena beberapa notifikasi memang sedikit menganggu ketika muncul.

Atau bisa juga disebabkan karena pengaturan yang kurang tepat pada smartphone atau ponsel kalian.

Cukup banyak penyebab kenapa notifikasi SMS Banking BRI tidak masuk. Tetapi tenang saja kalian tetap bisa mengatasi hal tersebut.

Solusi Notifikasi SMS Banking BRI Tidak Masuk

Jika ada penyebab tentu ada solusi untuk mengatasinya termasuk SMS Banking BRI tidak masuk. Berikut beberapa solusi sesuai dengan penyebab diatas :

Baca Juga: Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

  1. Pastikan Nomor SMS Banking BRI Sudah Terdaftar

Jika kalian tahu bahwa nomor telephone kalian belum terdaftar karena belum aktivasi. Sebaiknya kalian segera mengurus aktivasi tersebut dengan datang ke unit atau cabang BRI terdekat.

Kalian bisa langsung mengatakan kepada CS bahwa akan mengaktivasi nomor telephone SMS Banking. Tidak menunggu lama, CS akan memproses aktivasi SMS Banking kalian.

  1. Lakukan Transaksi sesuai batas Minimal

Kalian akan otomatis menerima apabila transaksi yang kalian lakukan sama dengan Rp.100.000 atau lebih dari Rp.100.000. Sehingga jika kalian hanya transfer atau tarik tunai dibawah nominal diatas tidak akan ada notifikasi SMS Banking yang masuk.

  1. Tunggu Jaringan Kembali Normal

Menunggu jaringan normal kembali tidaklah lama, hanya beberapa jam saja. Kaena pihak BRI sudah mengirimkan SMS Banking, notifikasi akan otomatis masuk ke pesan kalian. Jadi kalian bisa langsung untuk cek ke layanan pesan kalian. Jika belum masuk juga tunggu saja, kalian bisa lagi untuk cek ulang nanti.

  1. Tunggu Provider Kembali Normal

Maintenance provider biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama lebih dari satu hari. Jadi kalian harus bersabar sampai mantenance selesai dan provider kembali normal kembali. Jika sudah kembali normal notifikasi SMS Banking akan langsung masuk ke pesan kalian.

  1. Periksa Pengaturan Perangkat Pesan

Kalian perlu untuk mengecek pengaturan perangkat pesan kalian. Kalian bisa merubah pengaturan agar jika ada SMS Banking BRI notifikasinya bisa muncul. Langsung saja meluncur ke Pengaturan lalu aktifkan notifikasi bar.

Jika kalian sudah melakukan semua hal diatas dan notifikasi SMS Banking tetap belum masuk kalian bisa langsung saja menuju Unit atau Cabang BRI terdekat bisa juga menghubungi Call Center 14017/ 1500017 untuk solusi yang lebih tepat.

Apa Manfaat SMS Banking BRI dan Berapa Biayanya?

SMS Banking memberikan manfaat kepada kalian bahwa setiap transaksi mutasi rekening kalian akan teriwayat dalam bentuk pesan singkat (SMS). Kalian jadi tahu berapa saja nominal yang telah masuk atau keluar dari rekening kalian.

Untuk biaya ada setiap satu SMS Banking, senilai Rp. 550. Dulu kalian harus ada saldo pulsa jika ingin notifikasi SMS Banking masuk. Namun sekarang kebijakan tersebut sudah tidak berlaku, pihak BRI akan memotong biaya SMS Banking dari saldo rekening kalian. Jadi jika kalian tidak ada saldo pulsa sama sekali tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Cara Cek Transferan Masuk Lewat ATM BRI

Cara Mudah Daftar SMS Banking BRI

Bagi kalian yang ingin mendapatkan notifikasi pesan ketika selesai transaksi penarikan tunai atau transfer. Cara mudah sekali, ada dua pilihan yang bisa kalian pilih yaitu :

  1. Daftar SMS Notifikasi melalui CS BRI

Cara pertama ini adalah cara umum dan cukup mudah untuk dilakukan nasabah asalkan sudah menyiapkan semua persyaratan yang diperlukan untuk proses pengajuan sms notifikasi.

Kalian hanya perlu mendatangi kantor unit atau cabang BRI terdejat dengan membawa persyaratan berikut :

  • Identitas diri seperti KTP atau KITAS.
  • Buku Tabungan BRI.
  • Kartu ATM BRI.
  • Nomor ponsel aktif dan saldo pulsa serta ponsel.

Lalu ambil nomor antrian CS atau langsung saja ke CS jika situasi sepi dan katakan tujuan kalian bahwa akan mendaftar sms notifikasi BRI. CS akan mempersilahkan duduk kalian dan akan segera memproses pengajuan kalian dalam waktu 10-15 menit selesai.

Biasanya akan ditanyakan minimal nominal transaksi notifikasi dan jawab saja nominal Rp.100.000.

Selain itu biasanya pada waktu awal pembuatan buku tabungan kalian akan ditanyakan tentang ini juga yaitu sms notifikasi dan tersedia pilihannya di form pendaftaran jadi tinggal centang saja lalu akan diproseskan pendaftaran sms notifikasi kalian.

  1. Daftar SMS Notifikasi melalui Internet Banking BRI

Cara kedua ini berlaku jika kalian punya akun internet bangking. Karena akses untuk bisa masuk ke internet bangking harus mempunyai ID dan password untuk login. Baru kalian bisa mendaftar untuk sms notifikasi.

Berikut ini cara daftar SMS notifikasi melalui internet banking BRI:

  1. Kunjungi laman website https://ib.bri.co.id/ lalu login dengan akun kalian.

kenapa notifikasi sms banking tidak masuk

  1. Masuk ke menu Layanan lalu Layanan Lain akan ditampilkan beberapa pilihan.
  2. Pilih menu Daftar SMS Notifikasi berikutnya Pilih Nomor Rekening yang akan kalian daftarkan dan tentu juga pastikan nomor telephone yang terdaftar di Internet Banking aktif digunakan sehari-hari.
  3. Setelah selesai isikan nominal minimal notifikasi ( untuk ini opsi yang paling sering dipakai adalah Rp.100.000). Jangan lupa terlebih dahulu memilih nomor rekening.
  4. Masukkan nomor rekening dan minimal nominal lalu klik
  5. Cek terlebih dahulu kesesuaian informasi yang baru saja kalian masukkan.
  6. Konfirmasi data SMS Notifikasi melalui Internet Bangking.
  7. Terakhir masukkan password internet banking kalian dan mToken yang dikirimkan ke nomor aktif kalian yang sudah terdaftar. Jika mToken belum masuk ke nomor aktif kalian kalian tinggal klik permintaan mToken pastikan juga saldo pulsa kalian masih cukup.
  8. Jika sudah selesai kalian hanya perlu klik kirim dan pengajuan sms notifikasi kalian selesai. Kalian hanya perlu menunggu notifikasi masuk ketika melakukan transaksi sama dengan atau lebih dari Rp.100.000.

Apabila tetap tidak menerima SMS banking kalian harus mengecek setelan pada hp kalian. Kalian bisa membaca mengenai cara mengatasi hp tidak menerima sms.

Baca Juga: 

Nah itu tadi beberapa informasi terkait notifikasi SMS Banking tidak masuk dan solusi mengatasinya. Semoga bermanfaat dan membantu kalian para pengguna layanan SMS Banking BRI. Jika ada pertanyaan tinggalkan saja komentar dikolom yang sudah tersedia. Jangan lupa share ya. Terima kasih sudah mampir membaca.

Semoga informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu kalian yang tidak menerima sms saat ada uang masuk maupun uang keluar.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA