Kenapa Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Youtube mempunyai fitur yaitu save offline. Akan tetapi masih terdapat masalah Ketika video tersebut tidak bisa diputar. Lalu kenapa video offline youtube tidak bisa dibuka.

Siapa yang tidak tahu youtube, aplikasi yang menyediakan berbagai macam video dari seluruh dunia. Mulai dari musik video, tutorial, hiburan, film pendek dan masih banyak lainnya.

Apalagi saat ini banyak juga yang menggeluti bidang youtube dengan banyak mengupload video receh, komedi, mukbang, aksi sosial dengan menjadi youtuber.

Tidak hanya sedikit pengguna youtuber, bahkan dari usia masih balita sudah banyak yang dikenalkan video youtube tetapi sesuai dengan usia mereka. Dengan adanya youtube mempermudah bagi banyak orang untuk mencati video yang mereka butuhkan.

Bahkan genre videonya juga sangat banyak sekali, membuat semakin banyak orang yang berminat untuk menonton dan menikmatinya. Bahkan hampir setiap hari penggunanya kan terus bertambah.

Menonton video juga menjadi bagian dalam berinternet, terlebih jika koneksi sedang lancar-lancarnya dalam beberapa jam pun akan tetap betah menonton video. Bahkan usia tua atau muda pun tetap tertarik untuk menonton video di Youtube.

Kenapa Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka?

Untuk menghemat kuota saat menonton youtube, kalian dapat menggunakan salah satu fitur dari Youtube yaitu save offline.

Akan tetapi terdapat masalah pada beberapa pengguna yaitu video tidak diputar atau dibuka. Lalu kenapa video offline youtube tidak bisa dibuka? Berikut penjelasannya.

Penyebab Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

Youtube memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, salah satunya download, atau video di youtube bisa kalian download untuk ditonton secara online maupun offline hanya saja khusus melalui platform youtube saja tidak bisa jika kalian melihat video di selain aplikasi youtube.

Hanya video tertentu juga yang bisa kalian download, sehingga tidak sembarangan video ya. Pada saat kalian akan menonton video offline hasil download kalian, apakah pernah terjadi gangguan? Tentu saja yaitu videonya tidak bisa terputar padahal sudah di download.

Lalu apa penyebab video offline Youtube tidak bisa dibuka? Berikut ini beberapa penyebabnya :

  1. Belum Update versi Terbaru

Versi outdate akan menjadi penyebab juga karena ada beberapa fitur baru yabg bisa mendukung kinerja youtube tetapi youtube lemu di update jadi akan sering muncul eror.

  1. Koneksi tidak stabil

Koneksi dibutuhkan ketika akan mendownload video. Jika konekso tidal stabil maka video tidak akan muncul gambar tetapi hanya gambar hitam saja. Koneksi tidak stabil disebabkan karena sedang down atau ada maintenance pada jaringan.

  1. File Cache Penuh

Setiap aktivitas yang kalian lakukan di aplikasi akan tersimpan dalam bentuk cache. Jadi cek dahaulu apakah file cache sudah terlalu penuh dan perlu untuk dibersihkan.

  1. Video Diprivate Uploader

Tidak semua video diupload untuk publik, banyak juga video memang sengaja di private uploader. Jika video di private akan muncul pemberitahuan This Video is Private.

 

  1. Memori RAM Penuh

Kenapa video offline youtube tidak bisa dibuka? RAM bisa menjadi penyebabnya. Youtube termasuk aplikasi yang banyak memakan RAM, hal ini terjadi karena youtube memuat banyak video. Jika RAM terlalu penuh akan mengganggu kinerja Youtube dan jadi lemot.

  1. File Video Terhapus

Banyak juga video yang dihapus karena beberapa alasan tertentu. Bisa juga dikarenakan terhapus secara sengaja atau tidak sengaja.

  1. Mencopot Memori Card

Jika video yang kalian download berada di memori card, saat memori card kalian lepas atau copot maka video offline tersebut tidak bisa diputar.

  1. Mengubah Lokasi Penyimpanan File Video

Saat mendownload video ada dua tempat penyimpanan yang bisa kalian pilih penyimpanan internal atau eksternal. Namun jika kalian memindahkannya ke penyimpanan lain bisa jadi video tidak bisa diputar.

  1. Menggunakan Koneksi Internet VPN

Koneksi internet VPN tidak bisa digunakan untuk memutar video offline youtube karena video tersebut hanya bisa diputar menggunakan koneksi internet lokal.

Sangat banyak hal yang menyebabkan kenapa video offline youtube tidak bisa dibuka atau diputar baik error dari aplikasi itu sendiri atau smartphone kalian yang bermasalah.

Cara Mengatasi Video Offline Youtube Tidak Bisa Dibuka

Jika kalian sudah tahu penyebab kenapa video offline youtube tidak bisa dibuka atau diputar maka selajutnya kalian tentu harus tahu juga bagaimana solusi cara mengatasinya.

Sangat mudah sekali, tanpa harus meminta bantuan ahli kalian bisa mengatasinya sendiri. Berikut cara-cara yang bisa kalian coba lakukan :

  1. Lakukan Update Youtube versi terbaru

Cara ini menjadi solusi yang sangat mudah, terkadang versi outdate menjadi penyebab video offline kalian tidak bisa diputar. Jadi langsung saja update dengan masuk ke Playstore atau Appstore untuk mengupdatenya.

  1. Periksa Koneksi Jaringan Internet

Video offline memang tidak perlu koneksi internet untuk memutarnya, tapi perlu koneksi internet yang lancar untuk mendownload video offline tersebut.

Jadi periksa berapa kecepatan jaringan internet kalian ya, kalian bisa pakai aplikasi atau aktifkan speed network pada menu notification di Pengaturan.

  1. Hapus File Cache jika sudah penuh

Bagaiman cara menghapus file cache yang sudah penuh? Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Pengaturan lalu Cari dan masuk ke menu Aplikasi.
  • Cari dan buka Youtube lalu pilih Hapus Cache dan Data.
  • Tunggu proses selesai setelah itu Restart
  1. Periksa Apakah Video Diprivate Uploader

Jika video diprivate oleh uploader maka kalian harus meminta ijin akses pada uploader. Namun jika video terhapus tentu video tidak bisa diputar lagi dan solusinya cari saja video lain yang hampir sama dengan yang kalian download offline sebelumnya.

 

  1. Periksa Memori RAM yang Tersisa

Lakukan pemeriksaan memori RAM yang tersisa, berikut cara-caranya :

  • Periksa RAM kalian, lihat serta pastikan masih ada sisa kurang lebih space 300MB. Jika lebih 300MB juga lebih baik.
  • Untuk cek berapa RAM yang tersisa bisa pakai aplikasi Memory Info.
  • Tutup aplikasi lain yang sedang berjalan selain youtube.
  1. Reset Smartphone kalian

Mereset smartphone juga menjadi solusi yang paling ampuh dan dijamin berhasil. Hal ini dilakukan jika smartohone yang sedang bermasalah. Apalagi sudah sangat lama dipakai sehingga menjadi lemot dan berpengaruh di aplikasi lain seperti youtube.

Saat mereset smartphone kalian seluruh data yang ada akan terhapus jadi lebih baik lakukan backup terlebih dahulu data-data penting kalian. Setelah itu lakukan reset factory dan berikut langkah-langkah.

  • Buka Pengaturan atau Settings.
  • Cari dan buka Backup & Reset
  • Pilih Factory Data Reset.
  • Baca Informasi terlebih dahulu jika yakin tap Reset Phone.
  • Akan muncul pemberitahuan bahwa langkah selanjutnya akan menghapus semua data di memori internal.
  • Selesai proses penghapusan, pilih opsi Restart
  1. Reinstall Youtube kalian

Satu lagi solusi yang bisa kalian pakai nih, solusi ini melakukan dua langkah sebelumnya sekaligus yaitu hapus canche dan update youtube jadi praktis deh.

Reinstall juga berarti seluruh file canche yang ada di youtube akan terhapus dan eror-eror yang mengganggu akan hilang. Berikut langkah-langkah mudahnya :

  • Buka Pengaturan atau Settings lalu cari menu Aplikasi
  • Temukan nama Youtube lalu klik dan klik Copot Pemasangan.
  • Hapus Youtube Sementara di Smartphone kalian.
  • Berikutnya buka Playstore atau Appstore cari aplikasi Youtube
  • Klik Install dan tunggu beberapa saat sampai proses install selesai.
  • Selesai kalian bisa menggunakan youtube dan mendownload vudeo yang kalian mau.
  1. Download Ulang Video

Biasanya video yang didownload memiliki batas waktu aktif bisa diputar offline selama 48 jam saja setelah itu akan otomatis terhapus atau kadaluarsa dan harus di download ulang lagi.

Tetapi itu lebih baik sih hanya perlu mendownload ulang, hanya perlu koneksi internet yang lancar dan kalian bisa lagi menonton video offline kalian.

  1. Beralih ke Youtube Premium

Jika video yang kalian download sebelumnya masuk ke dalam Youtube Premium, maka kalian hanya bisa mengakses video itu menggunakan Youtube Premium. Jadi beralih saja untuk langganan di Youtube Premium.

 

Nah itu tadi penyebab dan solusi kenapa video offline youtube tidak bisa dibuka atau diputar. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Tinggalkan komentar jika ada yang kurang dipahami pada kolom yang tersedia. Terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA