Kenapa Video di Telegram Tidak Bisa Di Download dan Diputar? Berikut Cara Mengatasinya

Bagi kalian yang saat ini sedang menguduh video pada Telegram dan mendapatkan sebuah masalah, maka kalian perlu mengetahui kenapa video di telegram tidak bisa di download dan bagaimana cara mengatasinya.

Telegram saat ini menjadi aplikasi dengan jumlah pengguna mencapai 1 milyar di seluruh dunia. Aplikasi ini juga serba di lengkapi dengan fitur yang lebih menarik dari aplikasi chat populer lainnya.

Ditambah lagi aplikasi ini dalam satu grup obrolan bisa menampung hampir juataan anggota. Ukuran aplikasinya juga tidak terlalu besar. Salah satu kelebihan fiturnya mampu mengirim pesan apapun dengan ukuran besar, termasuk juga video.

Banyak grup juga channel yang banyak mengupload video di telegram, mulai dari film hingga drama dari berbagai negara.

Selain itu video bisa dengan mudah diakses disana dengan mengunduhnya terlebih dahulu bisa langsung ditonton melalui telegram langsung atau file manager.

Tetapi pernah nggak sih kalian saat akan mengunduh video di telegram tetapi tidak bisa? Pasti sangat jengkel sekali jika hal itu terjadi, padahal videonya sangat ingin sekali ditonton.

Selain itu setelah berhasil terunduh video tidak bisa diputar. Lalu kenapa video di telegram tidak bisa di download dan di putar? Untuk itu kalian perlu mengetahui penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus

Penyebab Kenapa Video di Telegram Tidak Bisa Di Download dan Diputar

Tidak bisa diunduh dan berputarnya video pada Telegram tersebut bisa dikarenakan beberapa sebab. Berikut ini penyebab-penyebabnya.

  1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Kestabilan koneksi jaringan internet juga memiliki pengaruh dalam lancarnya pemutaran streaming video. Jika koneksi jaringan internet sedang bermasalah atau down tentu video tidak bisa diputar atau loading terus sampai keadaan jaringan kembali stabil dan normal kembali.

  1. Telegram Down atau Gangguan Server

Hal ini bisa terjadi bagi semua aplikasi termasuk Telegram, penyebabnya karena fitur di dalam telegram tidak berfungsi semestinya dikarenakan eror sehingga telegram tidak diakses.

Atau disebabkan server telegram sedang down sehingga sementara waktu tidak bisa diakses seperti biasanya.

  1. Sistem Smartphone Bermasalah

Sistem smartphone yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab telegram tidak bisa mengunduh dan memutar video. Biasanya karena spesifikasi smartphone yang rendah meski tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada smartphone spesifikasi tinggi.

Dan juga bisa karena sistem smartphone terlambat atau belum diupdate ke versi terbaru sehingga kinerjanya lambat akibatnya juga mempengaruhi kinerja aplikasi yang ada di smartphone.

  1. Telegram Belum Diupdate

Versi lama Telegram juga bisa menyebabkan video tidak bisa diputar atau pemutaran video tersendat-sendat. Karena versi lama biasanya tidak cocok dengan fitur terbaru pada versi baru.

Maka dari itu selalu pastikan aplikasi telegram kalian sudah terupdate ke versi terbaru agar tidak ada gangguan pada saat memutar video.

  1. File Cache Sudah Menumpuk

File cache atau file sampah setiap hari akan bertambah banyak, semakin banyak akan menggangu kinerja aplikasi. Semakin lama menggunakan aplikasi juga menyebabkan file sampah banyak.

Sebenarnya ini sudah menjadi masalah umum penyebab aplikasi yang dijalankan mengalami gangguan saat akan digunakan. Maka dari itu harus sering-sering menghapus file cache.

  1. Sistem Smartphone Diroot

Mengroot sistem smartphone termasuk dalam kegiatan ilegal, karena mengubah sistem standar yang ditetapkan pabrik tanpa ijin. Sebenarnya beberapa orang melakukan root sistem smartphone dikaenakan suatu hal.

Akibatnya juga bisa mempengaruhi kinerja aplikasi-aplikasi yang ada di dalam smartphone. Beberapa aplikasi akan tidak cocok dengan sistem yang sudah dimodifikasi, sehingga seperti Telegram tidak bisa mengunduh dan memutar video.

 

  1. File Video Corrupt

Video corrupt disebabkan sender mengirim atau mengupload video pertama kali eror. Telegram belum memiliki fitur validasi video corrupt atau tidak. Sehingga akhirnya video di telegram tidak bisa diputar.

 

  1. Format Video Tidak Support dengan Sistem Telegram

Telegram sendiri masih belum membuat pernyataan secara resmi tentang format video yang sesuai dengab sistemnya. Tetapi memang tidak semua format video bisa diputar di telegram, pasti ada beberapa format tertentu yang tidak bisa diputar di telegram.

Itulah kenapa video di telegram tidak bisa di download dan diputar. Setelah kalian mengetahui penyebabnya, kini kami akan memberikan cara mengatasi video Telegram tidak bisa di download dan diputar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Mengunduh dan Memutar Video

Jika kalian sudah mengetahui penyebab kenapa video di telegram tidak bisa di download dan diputar. Berikutnya adala solusi atau cara mengatasi penyebab telegram tidak bisa mengunduh dan memutar video.

  1. Untuk koneksi jaringan yang tidak stabil maka kalian harus menunggu bebrapa saat sampai kondisi jaringan kembali normal dan stabil. Biasanya membutuhkan waktu beberapa jam. Jika sudah kembali normal video akan otomatis kembali berputar dengan normal.
  2. Jika sistem telegram yang mengalami eror dan down tunggu sebentar dahulu, sementara jangan gunakan dahulu aplikasi. Diamkan beberapa jam sampai aplikasi bisa dipakai seperti biasanya.
  3. Lakukan update sistem smartphone ke versi terbaru. Dengan cara berikut ini Masuk ke menu Pemgaturan atau Settings →  Cari Tentang Ponsel → Klik Tentang Ponsel lalu Update → Tunggu beberapa menit proses pengunduhan sistem baru → Jika sudah selesai lakukan update dan sistem akan mengupgrade ke versi terbaru. Atau kalian juga bisa melakuan restart atau pengaturan ulang pabrik, lalu diamkan kurang lebih selama 10 menitan dan kalian bisa menyalakan ulang smartphone kalian.
  1. Setiap kali aplikasi selalu mengalami pembaharuan sistem dikarenakan ada penambahan fitur-fitur baru. Untuk mengupdate aplikasi telegram sangat mudah sekal. Cukup 2 langkah saja

Kunjungi toko aplikasi online Playstore/Appstore →Cari Telegram lalu klik Update → Tunggu sampai proses update selesai. Selesai update versi terbaru kalian bisa menggunakan telegram untuk memutar video.

  1. Untuk melakukan penghapusan file canche berikut langkah-langkahnya :
  • Buka ke menu Lalu pilih Semua Aplikasi.
  • Cari aplikasi Telegram lalu klik.
  • Akan ditampilkan detail aplikasi, cari Hapus Cache lalu klik.
  • Tunggu sebentar dan file cache akan terhapus.
  • Kalian sudah bisa dengan nyaman memutar video di telegram
  1. Bagi kalian yang sudah melakukan root sistem smartphone kalian, lalukan unroot dengan menggunakan firmware yang sesuai.
  2. Untuk video corrupt kalian bisa meminta sender untuk mengirim ulang videonya lagi. Atau bisa juga mengconvert video ke dalam format video yang kompatibel dengan telegram. Berikut daftar format yang kompatibel dengan telegram : Mkv, Mp4, Mpeg, Webm, dan lainnya.
  3. Gunakan Aplikasi Pemutar Video Eksternal yaitu kalian harus lebih dahulu mengunduh video di telegram dan file akan tersimpan otomatis di file manager. Kalian bisa dengan mudah menonton video tersebut menggunakan aplikasi pemutar video eksternal.

Bisa juga menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Telegram sendiri yaitu Telegram Media Player.

 

Ada banyak cara untuk mengatasi telegram tidak bisa mengunduh dan memutar video. Gunakan salah satu cara terlebih dahulu jika tidak berhasil bisa pakai cara yang lain.

Sampai disini pembahasan kali ini tentang kenapa video di telegram tidak bisa di download dan diputar. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jangan lupa share ya, tinggalkan komentar di kolom tersedia jika ada yang ingin kalian tanyakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA