Kenapa Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul? Berikut Cara Mengatasinya

Ada beberapa alasan yang membuat kita harus memasukkan kode verifikasi ke WhatsApp. Tapi kadang kode verifikasi yang biasanya dikirim melalui SMS tidak diterima. Kira-kira kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul atau tidak masuk ke SMS dan apa solusinya? Yuk simak artikel ini sampai selesai.

WhatsApp atau yang lebih sering disebut dengan singkatan WA merupakan salah satu aplikasi chatting yang pasti dimiliki dan paling banyak digunakan. Dengan menggunakan WhatsApp kita bisa kirim pesan tulisan, pesan suara, panggilan suara, panggilan video, hingga bisa update status, dimana status hanya dapat dilihat oleh orang yang ada di daftar kontak WhatsApp.

Hanya dengan satu aplikasi sudah bisa melakukan komunikasi dengan orang yang jaraknya jauh. Kekurangannya WhatsApp tidak bisa digunakan tanpa adanya jaringan internet. Tapi itu bukan menjadi masalah. Di jaman sekarang siapa sih yang tidak punya kuota internet.

Ada saat-saat tertentu kita perlu memasukkan kode verifikasi untuk bisa menggunakan WhatsApp. Kode verifikasi ini dikirim melalui SMS ke nomor yang didaftarkan di WhatsApp berupa 4 digit angka. Kode verifikasi atau kode OTP sangat penting untuk menjaga akun WhatsApp kita supaya lebih aman. Ini juga merupakan salah satu cara pihak WhatsApp untuk melihat apakah pengguna tersebut memang benar si pemiliknya.

Saat-saat yang memerlukan kode verifikasi 6 digit WhatsApp yaitu:

  1. Pengguna log out dari WhatsApp dan ingin log in lagi. Disini sudah pasti akan membutuhkan kode WhatsApp. Kalau tidak bisa menerima kode WhatsApp berarti tidak akan bisa masuk ke akun WhatsApp lagi.
  1. Pengguna ingin memindahkan WhatsApp dari satu HP ke HP lain. Biasanya ini terjadi ketika pengguna ganti HP dan tetap ingin menggunakan nomor WhatsApp yang sama.

Penyebab Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Apa saja ya kira-kira yang menyebabkan kode verifikasi 6 digit wa tidak bisa muncul. Berikut ini penyebab kemungkinan yang terjadi kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul:

  1. Kartu tidak aktif

Karena kode verifikasi WhatsApp dikirim melalui SMS atau telepon yang otomatis membutuhkan kartu yang aktif untuk bisa menerima SMS atau panggilan telepon.

  1. Ada pemblokiran panggilan

Kemungkinan ada pengaturan pemblokiran panggilan yang aktif. Lihat di pengaturan dan nonaktifkan pemblokiran panggilan supaya bisa menerima kode yang dikirim melalui telepon.

  1. Nomor telepon salah

Kesalahan satu angka saja sudah berbeda tujuan. Usahakan jangan sampai salah memasukkan nomor telepon.

  1. SMS penuh

Banyak sekali SMS tidak penting seperti SMS mendapatkan hadiah atau undian yang tidak jelas. Atau SMS promo dari operator yang sudah tidak berlaku. Pesan-pesan seperti ini sudah pasti membuat kotak pesan penuh kalau tidak segera dihapus. Kosongkan untuk bisa menerima SMS baru

  1. WhatsApp tidak update

Aplikasi semacam WhatsApp melakukan perbaikan demi perbaikan dalam setiap jangka waktu tertentu. Mereka mengupdate fitur terbaru. Kalau pengguna tidak rajin mengupdate maka bisa saja ketinggalan fitur baru tersebut yang mengakibatkan kode verifikasi WhatsApp tidak muncul.

  1. Nomor telah ditandai oleh pihak WhatsApp sebagai spam atau dibanned oleh WhatsApp

WhatsApp memiliki aturan, syarat dan ketentuan untuk para penggunanya. Mungkin saja nomor WhatsApp kamu terdaftar sebagai nomor yang melanggar aturan atau merugikan WhatsApp tidak menutup kemungkinan nomor WhatsApp mu akan ditandai sebagai spam atau dibanned.

  1. Server WhatsApp sedang penuh

Karena banyaknya pengguna sangat mungkin kalau server mengalami overload. Coba dan coba lagi sampai berhasil.

  1. Provider sedang gangguan

Provider juga seringkali mengalami gangguan. Untuk mengecek sedang gangguan atau tidak, lakukan cara mengecek pulsa. Kalau saat mengecek pulsa loadingnya lama, itu kemungkinan provider sedang gangguan. Pancing terus sampai berhasil.

  1. Tidak ada koneksi internet / jaringan tidak stabil

Untuk menerima SMS cukup dengan menggunakan jaringan 3G, dan tidak perlu 4G. Karena tidak semua wilayah stabil dengan jaringan 4G. Jadi cukup 3G saja sudah bisa menerima SMS.

Cara Mengatasi Whasapp Tidak Bisa Kirim Kode Verifikasi

Setelah tahu penyebabnya, usahakan untuk menghindari penyebab-penyebab kode WhatsApp tidak muncul tersebut. Kalau terlanjur gimana? Begini cara yang dapat kalian lakukan untuk memunculkan kode verifikasi WhatsApp

  1. Periksa ulang nomor yang dimasukkan

Penting untuk memastikan nomor WhatsApp kalian benar sesuai dengan nomor yang kalian daftarkan. Karena kalau salah satu angka saja sudah berbeda dan pasti tidak akan menerima kode verifikasi. Selain nomor harus benar, nomor itu harus dalam kondisi masih aktif.

  1. Cek pemblokiran panggilan

Lihat di pengaturan apakah pemblokiran panggilan sedang aktif. Kalau iya, segera matikan dan ulangi lagi pengiriman kode verifikasi

  1. Kirim SMS percobaan

Untuk mengecek koneksi telepon kalian bisa mengirim SMS percobaan dari nomor HP lain ke nomor HP yang kalian masukkan ke WhatsApp.

  1. Hapus cache WhatsApp

Kalau cara-cara diatas belum berhasil untuk memunculkan kode verifikasi, hapus cache WhatsApp mungkin menjadi solusi. Hapus cache WhatsApp dengan cara masuk ke menu Pengaturan, lalu Manager Aplikasi, cari WhatsApp dan bersihkan cache / hapus data

  1. Koneksi internet tersedia

Koneksi internet jadi salah satu kunci penting. Pastikan koneksi internet tersedia lancar supaya proses pengiriman kode verifikasi juga segera masuk. Jika tidak punya paket data atau paket data kalian lelet, coba gunakan jaringan melalui WiFi.

  1. Aktifkan mode pesawat

Mengaktifkan mode pesawat Ketika jaringan lelet hal yang biasa dilakukkan banyak orang. Tapi dengan keadaan tidak bisa menerima kode verifikasi whatasapp bisa dicoba untuk mengaktifkan mode pesawat pada hp kalian.

  1. Uninstall dan instal kembali

Silahkan coba uninstall aplikasi WhatsApp dan install lagi WhatsApp versi terbaru. Tidak mengupdate ke versi terbaru juga kemungkinan bisa menjadi salah satu penyebabnya. Karena kadang versi lama sudah tidak kompatibel, jadi harus dilakukan pembaruan.

  1. Restart HP

Cara lainnya yaitu restart HP. Siapa tahu aplikasi SMS tidak berjalan di latar belakang. Restart berguna untuk merefresh aplikasi yang berjalan di latar belakang.

  1. Verifikasi dengan panggilan suara

Kalau cara tersebut diatas masih tetap belum memunculkan kode verifikasi, silahkan verifikasi dengan panggilan suara. Kalian akan dihubungi melalui telepon dan catat kode yang diberikan.

  1. Merubah setting LTE Only

Mungkin jaringan kalian sedang kalian gunakan menggunakan kode 4g yang kalian setting di LTE Only. Ada beberapa hp yang tidak bisa menerima sms saat jaringan sudah di setting ke LTE Only, kalian dapat merubahnya agar kode verifikasi whatsapp bisa terkirim ke nomor kalian.

Kalian dapat mengganti setelan 4GLte only tersebut ke pengaturan lain. Misalnya dari 4GLte Only ke LTE/TD-CDMA/UMTS. Untuk mengubah itu kalian dapat memasukkan kode dial *#*#4636#*#*.

  1. Tidak menebak-nebak

Jangan sekali-kali menebak kode verifikasi WhatsApp karena kode ini sama sekali tidak tertebak. Kalau memaksa menebak, justru bisa jadi akun akan terkunci beberapa waktu. Beberapa kali melakukan kesalahan memasukkan kode, maka dianggap bukan sebagai pemilik akun dan akun WhatsApp kalian dianggap akan diretas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

  1. Cek nomor pusat pesan

Nomor pusat pesan dalam nomor telepon sangatlah penting, apabila terharus 1 digit saja kalian tidak akan bisa menerima sms atau juga telpon di nomor yang kalian gunakan.

Namun tenang saja di Laci Usang sudah membahas semua nomor pusat pesan beberapa provide kalian dapat membacanya sesuai dengan nomor yang kalian gunakan.

Banyak yang menjadi sebab akibat dari tidak munculnya kode verifikasi Whatsapp di nomor kalian. Ada penyebabnya dari si provider itu sendiri atau mungkin juga dari hp yang kalian gunakan.

Dan yang perlu kalian pastikan jangan menggunakan jaringan yang di setting hanya di LTE Only saja. Karena ada beberapa hp yang tidak bisa menerima sms Ketika mengaktifkan jaringan 4G LTE Only bahkan tidak bisa menerima panggilan melalui nomor telepon.

Baca juga: Nomor indosat tidak bisa menerima sms

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini terkait kode verifikasi Whatsapp tidak muncul. Jika terdapat cara lain mungkin bisa kalian tambahkan di kolom komentar. Sekian dan selamat mencoba.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA