30+ Ide Usaha Yang Cocok Di Desa Pinggir Jalan

Saat ini banyak ditemui jenis usaha baik di kota maupun di desa. Siapa juga yang tidak tertarik membuka usaha jika hasil yang akan didapatkan menjanjikan, dan juga lokasi usaha yang strategis berada di pinggir jalan tentunya akan banyak orang yang lalu lalang. Kali ini saya akan memberikan informasi tentang usaha yang cocok di desa pinggir jalan.

Membangun usaha di desa juga tidaklah mudah, harus memiliki tekad yang sungguh-sungguh dan bagaimana cara mempertahankan agar konsumen tetap terus ada sehingga pemasukan tetap stabil.

Umumnya yang namanya usaha memang memerlukan modal yang tidak sedikit, tetapi membuka usaha yang cocok di desa pinggir jalan mungkin akan sedikit lebih murah daripada membuka usaha di kota.

Banyak usaha yang bisa kalian coba untuk dikembangkan di desa pinggir jalan, berikut ini adalah rekomendasi dari laci usang usaha yang  cocok di desa pinggir jalan untuk kalian jalankan.

30+ Usaha Pinggir Jalan di Desa Pinggir Jalan

  1. Toko Kelontong

Toko kelontong memang paling banyak ditemui di sudut-sudut desa, ya memang keberadaan mereka sangat sering dibutuhkan masyarakat.

Usaha ini juga termasuk usaha keluarga, dimana kalian bisa membuka usaha ini dimulai dari rumah dengan skala kecil terlebih dahulu lalu dikembangkan jika konsumen bertambah banyak.

Toko kelontong lebih banyak menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat sehingga pasti lakunya. Mulai dari sabun mandi, sabun cuci, kopi, gula, telur, dan lainnya bisa kalian dapatkan di toko kelontong.

Apabila kalian memliki lokasi yang tepat di pinggir jalan kalian bisa menjalankan usaha toko kelontongan ini.

  1. Toko Sembako

Selain toko kelontong, ada usaha sembako yang juga sangat diperlukan masyarakat. Bedanya toko sembako hanya menyediakan kebutuhan pokok pangan seperti beras, tepung, dan lainnya.

Tetapi toko sembako kebanyakan melayani jual beli beras dengan berbagai jenis merk beserta kualitasnya. Dan berbagai macam ukuran mulai dari eceran kiloan sampai ukuran 1 kuintal.

  1. Bengkel Motor dan Mobil

Bengkel memang sangat sering dibutuhkan, terlebih di daerah desa tentu tidak banyak ahli permesinan motor dan mobil. Bahkan dalam dua desa sekalipun hanya ada satu buah bengkel.

Sehingga jika kalian memiliki keahlian dalam memperbaiki mesin motor dan mobil, peluang untuk membuka usaha ini sangat besar apalagi belum ada banyak ditemui bengkel.

  1. Salon Kecantikan

Salon kencantikan mungkin bisa dilihat hanya ada satu salon dalam 2 atau 3 desa. Hal ini memang terjadi jika di desa, karena memang membuka salon diperlukan keterampilan.

Tetapi jika banyak para ahli salon memilih untuk berkarir di kota sehingga sangat jarang da ditemui salon di desa. Sehingga akan lebih sedikit pesaing jika kalian membuka jasa salon kecantikan.

  1. Toko Bahan Bangunan

Toko bangunan juga sangat jarang ada di desa, kebanyakan ditemui di daerah perkotaan. Sehingga jika orang desa akan melakukan pembangunan harus pergi berbelanja bahan bangunan ke kota dahulu.

Padahal tidak semua penduduk desa punya waktu untuk berpergian dan juga diperlukan uang ongkos kirim barang. Namun jika ada toko bahan bangunan di desa kalian bisa menjual dengan menyediakan berbagai bahan dan alat yang dibutuhkan masyarakat.

  1. Warung Makan Sederhana

Warung di desa pinggir jalan biasanya menjual makanan sederhana seperti nasi pecel, bakso, lontong sayur, nasi sayur dan lain sebagainya. Semua makanan yang dijual harganya selalu ramah dikantong mulai dari 3000 an saja.

Ya karena memang pembelinya ya orang-orang desa yang rata-rata berprofesi sebagai petani atau orang luar yang kebetulan lewat. Dengan harga yang sangat terjangkau pasti banyak yang akan membeli.

Tetapi jika kalian menjual aneka kuliner makanan yang berbeda dan unik dengan citarasa yang berbeda itu juga tidak masalah, yang terpenting rasa dari makanan tersebut enak dan cocok dengan lidah masyarakat sekitar.

  1. Jual Bensin Eceran

Di desa biasanya jauh dengan yang namanya SPBU, jika akan membeli di SPBU harus pergi keluar kota dahulu. Karena saat ini tidak hanya motor yang memerlukan bensin tetapi mesin diesel juga memerlukan bensin. Sehingga jika para orangtua yang akan ke sawah tidak ada waktu untuk membeli bensin di SPBU.

Mereka lebih memilih membeli bensin eceran saja meskipun ada sedikit selisih harga. Modal untik membuka usaha ini adalah botol saja. Dan harga jual perbotol dengan isi 1 liter lebih sedikit adalah 10.000 untuk pertalite dan untuk pertamax tinggal menyesuaikan saja. Saat ini untuk premiun sangat sulit dicari sehingga ketika dijual eceran harganya bisa lebih mahal dari pertalite atau pertamax.

  1. Jual Sayur Segar

Jualan sayur juga banyak membawa keuntungan, karena memang ibu-ibu di desa tidak semuanya ada waktu untuk pergi ke pasar. Sehingga lebih banyak memilih untuk membeli sayur di penjual sayur keliling.

Dengan membuka usaha jual sayur mayur yang lengkap maka kalian akan sangat banyak pelanggan. Meskipun hanya membawa sedikit sayur tetapi macamnya lengkap tentu akan lebih menarik para ibu-ibu. Dan harga jual sayur sesuai harga pasaran juga menambah nilai daya tarik.

Usaha kecil seperti ini sangat cocok sekali jika dibuka di desa seperti pinggir jalan. Dengan bermodal tidak besar kalian bisa untung sesuai hitungan kalian.

  1. Jual Ikan Segar dan Asap Keliling

Di desa memang jauh dengan pantai, sehingga jika tidak ada yang menjual ikan maka mereka tidak bisa menikmati ikan segar. Maka dari itu kalian bisa memanfaatkan kondisi ini untuk berjualan ikan segar dan asap keliling.

Ikan segar memang sedikit lebih mahal tetapi tidak masalah pasti ada yang mau membeli, biasanya pembeli yang cocok akan tetap berlangganan bahkan sebelum kalian berbelanja akan memesan dahulu. Dan juga ikan tidak akan membuat bosan terlebih yang masih segar.

Usaha ini memang cocoknya berkeliling namun kalian juga bisa membuka usaha ini dipinggir jalan. Jika tempatnya sering dilewati orang pasti banyak yang mampir.

  1. Pengepul Hasil Pertanian dan Perkebunan

Jika panen banyak pasti diperlukan pengepul untuk dijualkan. Bukan tidak mampu menjual sendiri, biasanya pengepul sudah memiliki agen dan distributor.

Keahlian yang perlu kalian kuasai adalah keterampilan komunikasi yang baik serta negoisasi harga.

  1. Jasa Penggilingan Padi

Di desa jika petani panen padi setelah selesai dijemur pasti membutuhkan jasa penggilingan padi. Karena di desa sangat jarang ditemui jasa penggilingan padi, terkadang perlu menunggu momen-momen tertentu menunggu jasa penggilng padi keliling.

Kebanyakan hasil pertanian di desa banyak yang untuk dikonsumsi sendiri dan sebagian untuk dijual. Jasa penggilingan padi pasti selalu dibutuhkan setiap harinya jadi kalian bisa membuka jasa dirumah atau dengan juga berkeliling antar desa.

  1. Jasa Jahit Pakaian

Jasa yang sangat diperlukan juga di desa adalah jasa jahit pakaian. Karena menjahit juga diperlukan keterampilan dan bahkan diperlukan kursus juga.

Sekali jahit baju di desa minimal harganya 50.000 terlebih jika ada request model baju biaya jahit bisa bertambah. Selain itu kalian juga bisa mencoba membuat model baju menarik kemudian dijual secara online.

Jasa jahit akan ramai pelanggan pada saat mendekati hari raya idul fitri. Salah satu usaha yang cocok di desa pinggir jalan yaitu jasa jahit pakaian seperti ini.

  1. Usaha Penggergajian Kayu dan Mebel

Di desa masih sangat jarang di temukan usaha penggergajian, karena dalam mengergaji diperlukan keahlian tidak sembarang orang bisa melakukannya. Dalam usaha ini jika kalian membuka usaha dengan menawarkan jasa penggrajian dan mebel.

Untuk kayunya bisa dari kalian sendiri atau dari konsumen tergantung dari permintaan.

  1. Bengkel Las

Bengkel las melayani jasa sambung besi atau membuat barang yang terbuat dari besi. Dalam praktiknya las diperlukan keterampilan menyambungkan besi sehingga menjadi benda atau alat yang dibutuhkan.

Di desa sendiri tidak banyak yang bisa menawarkan jasa las ini, peluang sekali untuk membuka jasa ini. Kalian selain melayani penduduk desa juga bisa membuka order untuk daerah lain.

  1. Jasa Tukang Pijat

Saat badan  lelah dan penat karena lelah bekerja maka biasanya akan mencari tukang pijat. Jasa tukang pijat juga tidak mudah ditemui di desa, dalam satu desa mungkin hanya ada 2-3 orang tukang pijat.

Dan hampir setiap hari tukang pijat selalu dapat permintaan, bahkan satu hari bisa 2-3 orang dengan fee per 1 jamnya mulai dari 35.000 sampai 50.000. Jika kalian memiliki keahlian dalam memijat maka usaha ini sangatlah berpeluang untuk di coba.

  1. Jasa Fotocopy dan Print

Bagi rumah kalian yang dekat dengan sekolah bisa sekali untuk membuka jasa fotocopy, karena selain memudahkan anak-anak sekolah juga bisa membantu orang sekitar. Jasa fotocopy selaku diperlukan karena hampir setip harin ada saja orang yang akan fotocopy berkas mulai ktp, kk, atau berkas lainnya.

Satu lembar fotocopy di desa biasanya mulai dari 200-500 rupiah, jika fotocopi satu buku berap keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Selain jasa fotocopy kalian juga bisa menambahkan jualan seperti ATK dan kebutuhan sekolah lainnya.

Bisnis seperti ini bisa juga dilengkapi dengan menambah barang seperti alat tulis menulis dan sejenisnya. Usaha di pinggir jalan yang menguntungkan namun sedikit membutuhkan modal yang lebih untuk membeli mesin fotocopy, komputer dan juga printer.

Jika desa kalian ada tempat penyewaan ruko kalian bisa menyewa ruko tersebut dan membuka usaha fotocopy dan print document seperti ini.

  1. Jual Pulsa Online dan Paket Internet

Jual pulsa dan paket internet juga bisa melalui online, dimana lebih mudah dan praktis. Terlebih jika banyak pelanggan orang dewasa yang belum tahu tentang ini.

Jasa ini sangat diperlukan dengan modal yang tidak terlalu banyak kalian bisa berjualan pulsa dan paket data dengan mengambil untung 1000 sampai 2000 sekali transaksi.

  1. Jasa Pembayaran Listrik dan PDAM

Saat ini banyak platform dompet digital dan online shop yang bisa kalian manfaatkan untuk membuka jasa pembayaran listrik dan PDAM.

Jasa ini sangat memudahkan orang-orang desa karena tanpa perlu lagi keluar kota jauh-jauh. Hanya dengan menggunakan smartphone transaksi pembayaran sukses. Kalian bisa mengambil biaya admin tergantung transaksi.

  1. Jasa Potong Rambut Pria

Memotong rambut diperlukan keterampilan yang cukup, karena dalam memotong rambut juga diperlukan teknik agar potongan keren dan bagus.

Usaha ini cocok bagi kalian yang ahli dalam memotong rambut, selain itu usaha ini tidak terlalu membutuhkan banyak modal dan juga penghasilan akan lebih banyak daripada pengeluaran biaya operasional.

Apabila kalian memiliki kentrampilan dalam memotong rambut kalian bisa membuka usaha ini secepatnya. Karena didesa usaha ini sangat cocok terlebih jika di pinggir jalan banyak desa lain yang lalu-lalang.

Kalian dapat menggunakan ruko maupun mendirikan tempat sendiri jika memiliki lokasi yang ada dipinggir jalan. Jika kalian mencari jenis usaha ruko di desa, jasa potong rambut cocok kalian coba.

  1. Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam yang biasa di desa adalah ayam kampung, selain untuk konsumsi sendiri banyak juga yang menjualnya karena memang rasa daging ayam kampung lebih gurih.

Harga ayam kampung memang sedikit lebih mahal meskioun kecil tetapi memang rasanya sangat berbeda dari ayam potong. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak hanya sepasang ayam kampung lalu bisa berkembang biak menjadi banyak. Asalkan telaten dalam merawatnya. Dan juga pakan ayam kampung tidak ribet dan mudah.

  1. Ternak Kambing

Selain ternak ayam, ternak kambing juga menjadi usaha yang menjanjikan untuk di kembangkan di desa. Selain itu juga kambing perawatannya tidak terlalu sulit yang terpenting pakannya tetap diperhatikan.

Dalam setahun kambing sudah bisa dijual, bahkan untuk anaknya saja yang berusia 3 bulan juga sudah bisa dijual. Harga kambing akan semakin mahal ketika mendekati hari raya idul adha.

  1. Bimbingan Belajar

Di desa masih sangat jarang yang memiliki keterampilan mengajar, bagi kalian yang baru lulus kuliah bisa banget membuka jasa bimbingan belajar.

Bimbingan belajar sangat diperlukan sekali apabila orang tua tidak bisa mengajar anaknya dikarenakan sibuk atau mata pelajaran anaknya yang tidak dikuasai.

Kalian bisa menawarkan bimbingan belajar secara private atau datang ke rumah.

  1. Jual Jajanan Pasar

Jajanan pasar memang enak untuk dijadikan camilan atau untuk sarapan. Tetapi di desa masih sangat jarang ditemui usaha rumahan membuat jajanan pasar.

Bagi kalian yang biasa membuat jajanan pasar dirumah bisa membuka usaha ini, melayani baik pesanan atau untuk dijual setiap harinya.

  1. Usaha Pembuatan Tempe

Tempe sudah seperti lauk pokok, karena harganya yang terlampau terjangkau dan rasanya yang juga enak. Jika makan tanpa lauk tempe rasanya seperti ada yang kurang.

Saat ini banyak industri keluarga rumahan yang membuat tempe untuk dijual. Kebanyakan kalau di desa tempe dibuat dengan bungkus pelepah pisang, daun jati, daun pisang  sehingga rasanya masih ontentik.

Tetapi saat ini ada juga ditemui yang dibungkus dengan plastik, tetapi untuk rasanya agak sedikit berbeda. Kebanyakan tempe dijual dalam keadaan mentah dengan harga mulai dari 1000 saja.

  1. Jual Minuman Jamu Segar

Penggemar jamu memang masih banyak terutama kalangan orang tua, karena memang minuman jamu sangat menyehatkan dan berkhasiat. Jamu saat ini pun rasanya tidak seperti dulu yang dominan pahit, sekarang rasa jamu sudah bisa diterima semua orang karena tidak pahit.

Jamu biasanya dijual di kemasan plastik dan juga botol dengan harga mulai dari 1000 sampai belasan ribu. Harga juga menyesuaikan jamu apa yang di beli karena beda bahan harganya juga beda. Jamu yang sangat diminati adalah jamu beras kencur, kunyit asam, daun sirih, temulawak dan masih banyak lainnya.

  1. Jual Susu Kedelai Segar

Usaha susu kedelai juga bisa kalian buka tetapi untuk yang masih segar bukan yang sudah dalam bentuk kemasan. Karena banyak yang suka susu kedelai dengan keadaan segar dan masih hangat.

Selain melayani untuk dijual sendiri kalian juga bisa menjualnya dengan dititipkan di penjual sayur keliling. Harga satu plastik kecil susu kedelai dihargai 1000 rupiah dengan rasa original, coklat, melon dan strawberry.

  1. Usaha Pemancingan Ikan

Memancing ikan bisa menjadi sarana menghilangkan stress, memang jika sedang tidak ada kegiatan memancing bisa jadi salah satu solusi. Terlebih di desa yang banyak penduduk laki-lakinya. Usaha pemancingan sangat cocok untuk dibuka, dengan harga masuk mulai dari 5000 bisa memancing 3 sampai 4 jam.

Baca Juga :

Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

Cara Mengatur Keuangan Usaha Dagang Kecil

  1. Jual Pakan Ternak

Pakan ternak yang sangat diminati untuk kambing dan sapi adalah rumput gajahan, sedangkan untuk unggas adalah jagung. Terkadang jika musim kemarau sangat susah sekali ditemukan pakan untuk kambing dan sapi. Tidak hanya kemarau saja saat ini juga banyak yang kesulitan cari pakan untuk ternak.

Sehingga kalian bisa membuka usaha jual pakan ternak rumput gajahan. Harga satu iket besar itu mulai dari 20.000 sampai 35.000, tentu itu bisa naik harga tergantung kondisi. Jika dalam sehari bisa menjual 5-7 ikat berapa penghasilan yang bisa kalian dapatkan.

Jika untuk pakan ternak unggas pada waktu jagung langka bisa kalian ganti dengan pakan konsentrat atau bekatul. Namun jangan terfokus pada itu saja, kalian bisa melengkapinya dengan menjual pakan ternak burung dan juga ikan.

  1. Jasa Tambal Ban dan Tambah Angin

Tambal ban juga sangat diperlukan keberadaanya baik di desa maupun di kota. Usaha jasa ini jika dibuka di desa pinggir jalan tentu akan sangat ramai.

Selain pengguna jasa masyarakat sekitar tentu jika ada seseorang yang sedang lewat dan ban kendaraannya bocor kemana lagi kalo bukan ke jasa tambal ban.

Harga jasa tambal ban di desa kebanyakan terjangkau hanya dengan 7000 untuk jasa tambal ban dan 2000 untuk tambah angin ban depan dan belakang.

  1. Jual Gorengan

Gorengan makanan ringan murah yang sangat digemari masyarakat desa. Selain itu juga dimakan untuk lauk juga sangat enak. Gorengan itu jenisnya banyak mulai dari tempe, tahu, ketela, weci, menjes,bakwan dan masih banyak lagi.

Makan 3 gorengan saja bisa jadi pengganti makan nasi. Rata-rata jika di desa gorengan di jual dengan harga mulai dari 500 an perbiji. Bahkan gorengan juga di sajikan di acara-acara kumpul keluarga atau teman.

Usaha seperti ini cocok dibuka Ketika habis maghrib. Biasanya banyak orang desa yang mencari gorengan ini seperti tempe goreng, ubi goreng dan lainnya. Bisnis kecil yang lumayan menguntungkan jika kalian membuka dipinggir jalan yang stategis.

  1. Warung Kopi pakai Wifi

Jika kalian memasang wifi dan hanya di gunakan anggota keluarga saja maka kalian bisa membuka warung kopi dengan free wifi. Kalian bisa menjual minuman serba kopi atau minuman racikan dari susu dan menjualnya mulai dari harga 3000 atau 4000.

Syaratnya jika ingin menyambung dengan wifi harus beli atau ngopi di tempat. Biasanya akan banyak anak-anak muda dan orang dewasa yang akan menjadi pelanggan. Bahkan mereka bisa sampai dini hari hanya untuk tersambung dengan wifi.

Usaha warung kopi free wifi ini akan sangat cocok sekali untuk saat ini. Banyak anak kecil sampai anak muda saat ini kegiatnya bermain sosmed dan game online.

Dengan adanya wifi mereka dapat terbantu koneksi dan bermain bisa menjadi lancar. Kalian perlu mempertahankan kecepatan koneksi yang baik supaya pelanggan selalu datang ke warung kopi kalian.

  1. Jasa Wifi dan Koneksi Internet

Saat ini wifi menjadi barang yang sangat dicari, karena memang tidak semua orang mampu membeli paket data. Karena memang harga data yang tidak murah serta butuhnya koneksi internet untuk sekolah atau mengerjakan tugas bahkan juga untuk main game.

Dengan menentukan harga tarif koneksi wifi 2000 atau 3000 perjamnya pasti akan banyak yang tertarik. Karena harganya yang sangat terjangkau bagi anak-anak tetapi juga remaja dan orang dewasa. Terlebih saat ini banyak yang sudah memiliki smartphone sehingga akan lebih banyak lagi yang berminat.

Kalian bisa membuka ide bisnis usaha ini di ruko maupun dipinggir jalan. Usaha yang cocok di desa pinggir jalan salah satunya yaitu jasa wifi dilengkapi dengan warung kopi dan makanan ringan seperti usus dan sejenisnya.

  1. Jual Minuman dan Snack Kekinian

Menjual makanan dan snack kekinian memang sedang trend, tetapi kali juga harus benar-benar memikirkan minuman dan snack apa yang akan kalian jual. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan karena pembeli biasanya hanya akan penasaran satu kali dan jika tidak cocok dengan rasanya maka tidak akan pernah untuk kembali beli.

Maka dari itu masukkan rasa-rasa yang benar-benar disukai oleh pembeli kalian, rasa yang cukup familiar jangan yang terlalu strong dan aneh untuk lidah pembeli.

Masih banyak usaha atau bisnis yang bisa dijalankan di pinggir jalan yang bisa kalian coba, tetapi dalam membuka usaha perhatikanlah dengan seksama usaha apa yang sekiranya cocok dan bisa bertahan lama. Dan juga pikirkanlah berapa lama waktu agar modal cepat kembali.

Itu tadi beberapa rekomendasi usaha di desa pinggir jalan yang mungkin akan laris manis ditempat kalian. Mungkin sampai sini dulu informasi yang bisa kami berikan mengenai usaha di desa pinggir jalan ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat buat kalian. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di kolom yang kami sediakan. Jangan lupa share kepada teman-teman kalianm Terima Kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA