Freon Kulkas Bocor: Ciri-Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apakah kalian sedang mengalami freon kulkas bocor? Berikut akan kami berikan ciri-ciri, penyebab dan cara mengatasi freon kulkas bocor.

Tahukah kamu zat yang berfungsi sebagai pending baik kulkas atau AC adalah Freon. Freon merupakan zat kimia yang tidak berwarna digunakan untuk menyerap beban pendingin ruangan selain itu juga tidak berbau.

Namun sebagai senyawa kimia tentu harus berhati-hati dalam menggunakan senyawa ini karena juga bisa berbahaya. Ada beberapa jenis freon yang perlu kalian tahu yang dibagi berdasarkan jenis fluida yang digunakan, yaitu :

  • RI34A dengan harga sekitar Rp.30.000 sampai dengan Rp.40.000 yang merupakan jenis freon ramah lingkungan, tidak mudah terbakar, cenderung stabli dan tidak menyebabkan penipisan ozon.
  • R410A dengan harga sekitar Rp.100.000 sampai dengan Rp.200.000 yang merupakan jenis freon dengan kualitas cukup baik sehingga tidak mudah untuk didapatkan di toko-toko.
  • R32 dengan harga sekitar Rp.125.000 sampai Rp.150.000 yang merupakan jenis freon dengan kualitas yang baik lebih ramah lingkungan dari 2 jenis sebelumnya dan nilai indeks pemanasan global yang cukup rendah. Selain digunannuntik lemari es freon jenis ini juga bisa dipakai di AC.
  • R22 dengan harga sekitar Rp.350.000 yang merupakan jenis freon yang di dalamnya terkandung zat perusak ozon atau ODS sehingga cukuo berbahaya jika dipakai. Selain itu harganya yang mahal saat ini jenis freon ini tidak bisa di temukan di toko-toko dan jarang bahkan tidak dipakai karena sudah dilarang untuk doperjualbelikan karena berbahaya bagi ozon.
  • R290 dengan harga sekitar Rp.650.000 yang merupakan jenis freon dengan tingkat ramah lingkungan yang sangat baik tetapi sayangnya indeks dibginnya sangat kecil dan tentu saja mudah sekali terbakar. Sehingga banyak brand tidak memakai jenis ini.

Keberadaan freon sendiri untuk mesin atau barang pendingin sangat diperlukan sekali, dahulu sebelum adanya zat pendingin yang disebut freon ini para penemu mesin pendingin menggunakan zat lain yang lebih berbahaya seperti amonia.

Dan karena terjadi kecelakaan kerja akibat zat amonia tersebut akhirnya ditemukan zat yang lebih aman untuk mesin pendingin yaitu freon.

Jangka waktu pemakaian freon juga cukup lama yaitu bisa mencapai 5 tahun tergantung dari penggunaan serta bocor atau tidak.

Penyebab Freon Kulkas Bocor

Saat digunakan dalam kulkas terkadang ada saja masalah yang bisa kalian alami, yaitu jika freon tersebut bocor sehingga bisa menyebabkan kulkas tidak dingin atau dingin tetapi tidak bisa merata akibatnya kulkas jadi tidak nyaman untuk dipakai.

Bahkan bisa jengkel juga jika mesin pendingin yang seharusnya suhunya dingin tetapi biasa aja. Tetapi perlu kalian ketahui freon kulkas bocor bisa disebabkan faktor dibawah ini:

  1. Tidak Sempurnanya Sambungan

Yang namanya sambungan tentu terkadang beberapa tidak sempurna sehingga bisa ditemui sedikit lubang kecil yang menyebabkan freon bocor. Meskipun lubang kecil tetapi jika tidak segera diperbaiki atau ditembel maka freon bisacepat habis.

  1. Pipa Sirkulasi Retak atau Berlubang

Dalam menyalurkan freon ke evalorator menggunakan pipa sirkulasi, sehingga bisa tersalurkan dengan baik. Namun apa yang terjadi jika pipa retak atau berlubang? Freon tentu saja akan bocor. Penyebab berlubangnya bisa disebabkan karena pada ssat pengelasan di pabrik tidak sempurna.

Komponen diatas sangat berperan sekali dalam menyalurkan sirkulasi freon di dalam kulkas. Sehingga jika terjadi kerusakan wajib untuk segera kalian perbaiki agar kulkas tetap dingin.

Ciri-Ciri Freon Kulkas Bocor

Freon kulkas yang bocor bisa menyebabkan freon cepat habis dan akhirnya kulkas tidak dingin atau suhu dingin kulkas tidak sesuai yang diinginkan.

Bocornya freon dapat ditandai dengan ciri-ciri berikut ini:

  1. Kompresor Kulkas Rusak

Kompresor merupakan komponen yang berfungsi layaknya jantung. Jika komponen ini rusak maka kinerja komponen lain akan ikut terhenti juga.

  1. Freezer atau Evaporator Tidak Bisa Beku

Saat kalian meletakkan air putih di freezer untuk dibuat es batu atau minuman lainnya dan ternyata setelah beberapa jam tidak kunjung membeku , apakah kakian tahu penyebabnya?

Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan yaitu bocornya freon sebagai zat pendingin.

  1. Kipas atau Fan Berputar Terus

Untuk menjaga kestabilan suhu di dalam kulkas maka kompresor akan tetap terus bekerja menggunakan freon.

Namun jika kandungan freon habis maka kipas akan terus berputar untuk menjaga kestabilan suhu kulkas. Fan akan bekerja atau berputar cukup lama.

  1. Munculnya Bau yang Tidak Sedap pada Kulkas

Karena suhu kulkas semakin berkurang akibat freon kulkas bocor, maka buah atau sayur yang disimpan di dalam kulkas bisa menyebabkan muncul bau.

Akhirnya di dalam kulkas ketika dibuka muncul bau yang tidak sedap.

  1. Tagihan Listrik Bertambah Banyak

Jika freon tidak bocor kulkas akan bekerja sesuai semestinya, namun jika freon bocor maka komponen lain kulkas akan terus bekerja untuk menjaga kestabilan suhu kulkas.

Sehingga karena hal ini tagihan listrik menjadi bertambah dari bulan-bulan berikutnya.

Jika kalian menemukan salah satu ciri-ciri diatas maka kalian bisa tahu bahwa freon kulkas bocor dan akhirnya habis. Kalian melkaukna isi ulang freon agar kulkas bisa tetap dingin seperti biasanya.

Cara Mengatasi Freon Kulkas Bocor

Saat kalian mengetahui penyebab freon bocor, maka kalian juga perlu tahu solusi cara memperbaiki freon kulkas bocor. Caranya cukup mudah untuk bisa kalian lakukan sendiri.

Jika ada kebocoran dan freon masih agak trsisa banyak maka kalian hanya perlu melakukan perbaikan yaitu menembel kebocoran tersebut.

Namun jika freon benar-benar habis kalian bisa melakukan isi ulang freon yang bisa kalian lakukan sendiri atau juga bisa menggunakan jasa tukang service jika tidak bisa sendiri.

Akibat dari Freon Kulkas Bocor

Meskipun aman bagi mesin pendingin, namun freon bisa menjadi racun bagi manusia. Hal ini jika freon bocor dan mengenai makanan yanh disimpan di dalam kulkas lalu makanan tersebut dimakan.

Jika keracunan freon kesehatan kalian bisa terganggu dan gejalanya seperti sakit kepala, mual dan gejala lainnya. Karena freon yang tidak berwarna dan berbau sehingga ketika sudah menempel pada makanan tidak akan ada yang tahu.

Maka dari itu kebocoran freon sangatlah berbahaya sehingga harus diwaspadai jika ciri diatas kalian alami. Dan jangan meremehkan kebocoran freon.

Bagaimana? Tahukan penyebab, ciri dan cara mengatasi jika freon kulkas bocor? Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian jika dirasa bermanfaat. Tinggalkan pertanyaan atau komentar jika ada yang kurang dipahami di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA