Cara Partisi Hardisk Windows 10 Lengkap + Gambar

Hardisk adalah komponen yang sangat penting pada komputer yang digunakan untuk menyimpan semua file data yang ada pada komputer. Pada postingan kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai tutorial cara partisi hardisk pada windows 10.

Berdasarkan thelastsurvivors pengguna PC/Laptop menggunakan hardisk berukuran 500GB lantaran ukurannya yang pas dan harganya tidak mahal.

Istilah-istilah partisi mungkin sudah umum dibicarakan dalam dunia komputer. Partisi merupakan sebuah cara untuk membagi perangkat keras penyimpanan seperti hardisk untuk dijadikan penyimpanan virtual.

Cara Partisi Hardisk Pada Windows 10

Banyak yang menggunakan cara ini untuk membedakan tempat penyimpanan misalnya untuk membuat dual boot sistem operasi windows dan linux pada satu komputer atau untuk penyimpanan yang lain seperti penyimpanan khusus untuk tugas kuliah.

Bagi kalian yang ingin membuat partisi hardisk, tepat sekali karena dipostingan kali ini saya ingin memberikan beberapa tutorial mengenai cara partisi hardisk pada windows 10.

Cara Membuat Partisi Hardisk Pada Windows 10

Cara ini bisa kalian lakukkan untuk komputer atau laptop kalian yang masih menggunakan sistem operasi windows 7 dan 8. Mungkin ada beberapa perbedaan sedikit.

Berikut cara membuat partisi hardisk pada windows :

  1. Buka File Explorer, dibagian kiri ada This PC klik kanan lalu pilih Manage

cara partisi hardisk windows

  1. Jendela Computer Management akan terbuka klik menu Disk Management
  2. Untuk membuat partisi baru kalian bisa mengurangi space pada partisi yang sudah terbuat. Disini saya mengurangi untuk Disk D klik kanan pada Disk D lalu klik kanan pilih Shrink Volume

cara membagi partisi hardisk pada windows

  1. Selanjutnya tentukan berapa besar kapasitas yang ingin buat misalnya 500 Gb. Contoh saya membuat 20 GB jadi 20000 lalu klik Shrink

cara mempartisi hardisk windows

  1. Pada disk Management akan ada partisi baru dengan nama Unallocated. Klik kanan pilih New Simple Volume

membuat partisi hardisk

  1. Klik Next pada jendela yang muncul

menambah partisi hardisk

  1. Selanjutnya tentukan kapasitas yang ingin kalian pakai. Disini saya menggunakan semua 20GB lalu klik Nextcara menambah partisi hardisk
  1. Selanjutnya kalian dapat memilih drive letter pada partisihardiks baru. Drive letter ini sebagai identitas. Jika sudah klik Next

cara shrink hardisk

  1. Selanjutnya kalian dapat memberikan nama, lalu klik Next

tambah kapasitas partisi hardisk windows 10

  1. Partisi yang kalian buat sudah selesai klik Finish

Membuat partisi pada hardisk juga memudahkan kita dalam memanagement file-file penting yang ada di komputer. Misalnya disk C untuk sistem Disk D untuk pekerjaan dan E untuk tugas kuliah.

Baca Juga: Perbandingan dan Perbedaan SSD SATA vs NVMe vs M.2

Kalian juga dapat mengurangi partisi yang sudah ada apabila ingin menambahkkanya ke disk E atau yang lain.

Cara Mengurangi Partisi Hardisk (Shrink Volume)

  1. Buka File Explorer, dibagian kiri ada This PC klik kanan lalu pilih Manage
  2. Jendela Computer Management akan terbuka klik menu Disk Management
  3. Untuk membuat partisi baru kalian bisa mengurangi space pada partisi yang sudah terbuat. Disini saya mengurangi untuk Disk D klik kanan pada Disk D lalu klik kanan pilih Shrink Volume
  4. Selanjutnya tentukan berapa besar kapasitas yang ingin buat. Contoh saya membuat 320 Gb jadi 320000 lalu klik Next. Akan ada partisi lagi yang Bernama Unallocated. Kalian dapat menambahkannya ke partisi yang sudah ada atau membuat partisi baru.

Untuk menambah kapasitas partisi ikuti cara berikut ini

Cara Menambah Ukuran Partisi Hardisk (Extend Volume)

Jika kalian mengikuti tutorial diatas akan ada Unallocated pada Disk management. Jika tidak ada kalian dapat mengecilkan ukuran partisi yang sudah ada atau yang disebut Shrink Partisi.

Untuk menambahkan ke partisi ikuti cara berikut ini:

  1. Klik kanan pada Partisi yang ingin ditambah kapasitasnya
  2. Kemudian pilih Extend Volume
  3. Jendela baru terbuka klik Next
  4. Kemudian tentukan kapasitas yang ingin kalian tambahkan, klik Next untuk melanjutkan
  5. Klik Finish, dan kalian sudah bisa menambah kapasitas partisi hardisk.

Mengingat beberapa pengguna komputer menggunakan hardisk berkapasitas kecil. Hal ini membuat penggunanya perlu memformat hardisk tersebut guna menggantinya yang baru.

Kalian juga dapat membaca tentang cara format hardisk. Memformat hardisk juga bisa menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi pada komputer seperti adanya error, terinfeksi virus dan lain-lain.

Cara Menghapus Partisi Hardisk (Delete Volume)

Apabila kalian ingin juga menghapus partisi Hardisk, kalian juga bisa melakukkannya dengan mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka File Explorer, dibagian kiri ada This PC klik kanan lalu pilih Manage
  2. Jendela Computer Management akan terbuka klik menu Disk Management
  3. Klik kanan pada partisi yang ingin kalian hapus lalu pilih Delete Volume
  4. Akan ada notif pilih saja Yes, Partisi yang kalian hapus akan jadi Unallocated. Kalian dapat menambahkannya ke partisi yang sudah ada.

Mungkin cukup sampai disini informasi yang dapat saya berikan mengenai cara partisi hardisk windows 10, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam membuat partisi hardisk.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA