Cara Mengubah Umur dan Tanggal Lahir di Tiktok Terbaru 2022

Saat membuat akun Tiktok, pastinya kalian disuruh untuk menambahkan umur dan tanggal lahir. Lalu bagaimana cara mengubah umur di Tiktok dan tanggal lahir di Tiktok? Berikut informasi lengkapnya.

Aplikisasi Tiktok saat ini menjadi salah satu aplikasi video yang terpopuler, jumlah penggunanya lebih dari ratusan juta di seluruh dunia.

Tiktok merupakan aplikasi video musik durasi pendek (hanya 15 detik) buatan negara China yang rilis secara global sejak 2017, namun di negara asalnya Tiktok dikenal dengan Douyin.

Tujuan dirilisnya secara global adalah untuk mendukung penggunanya menjadi video kreator versi mereka sendiri dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Tiktok.

Sebelum sangat populer di Indonesia, Tiktok dianggap sebagai aplikasi musik video yang kurang mendidik bahkan pernah diblokir oleh Kominfo.

Tetapi sejak awal masuk era pandemi penggunanya semakin bertambah bahkan di Indonesia hampir mayoritas pemilik smartphone memiliki aplikasi Tiktok terutama anak-anak muda.

Video yang ada di Tiktok sangat beragam sekali mulai dari tutorial hingga video-video unik bisa kalian temui di Tiktok. Tetapi mungkin tetap ada juga ditemui video-video rate 18+ sehingga jika ada anak usia di bawah umur sangat tidak layak untuk ditonton.

Lalu jika pada waktu mendaftar Tiktok ada kesalahan memasukkan usia atau tanggal lahir bagaimana? Apakah Tiktok menyediakan fitur untuk mengganti usia?

Mari kita bahas dahulu tentang ketentuan usia pengguna aplikasi Tiktok dahulu.

Ketentuan Usia Pengguna Tiktok oleh Kominfo

Mengapa ada batasan usia pengguna di setiap aplikasi? Hal ini bukan tanpa alasan karena tidak semua video atau gambar yang ditayangkan di aplikasi ramah kepada anak dibawah umur.

Terlebih di Indonesia Kominfo sangat ketat sekali tentang pembatasan minimal usia pengguna aplikasi.

Tidak hanya itu, Google sendiri juga menerapkan batasan usia minimal penggunanya yaitu tidak boleh di bawah usia 13 tahun. Batasan usia ini berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia atas kerja sama Kominfo dan Google yang merupakan saran dari KPAI.

Sebelum menjadi 13 tahun awalnya minimal usia pengguna akun Google adalah 12 tahun. Namun ketentuan tersebut sudah diubah menjadi minimal 13 tahun.

Jika pihak aplikasi tahu bahwa usia kalian berada di bawah 13 tahun. Maka kemungkinan aplikasi kalian akan dibekukan dan harus membuat akun baru lagi.

Jadi jika kalian akan menggunakan aplikasi apapun kalian bisa melihat rate usia minimal yang bisa akses aplikasi tersebut di Play Store atau App Store sebelum kalian mengunduh aplikasinya.

Cara Mengubah Umur di Tiktok

Sebenarnya Tiktok sendiri tidak menyediakan fitur untuk mengganti usia, hal ini menjadi antisipasi agar pengguna tidak mengubah tanggal lahir sembarangan.

Usia di aplikasi Tiktok mengikuti akun yang kalian gunakan ketika mendaftar dan ada konfirmasi persetujuannya. Jadi kalian memang harus menggunakan akun untuk mendaftar dengan usia diatas 13 tahun minimal.

Berikut ini cara mengubah umur di Tiktok.

  1. Buka Tiktok
  2. Masuk ke menu Profil
  3. Pilih titik tiga pada bagian kanan atas.
  4. Scroll ke bawah dan pilih Dukungan
  5. lalu pilih Laporkan Masalah.
  6. Pilih bagian Icon Umpan Balik
  7. Lalu pilih sampaikan umpan balik anda kepada kami dibawah.
  8. Laporkan masalah kepada Tiktok dengan membuat permohonan penggantian usia/umur kepada Tiktok.
  9. Selesai membuat permohonan, pilih Laporkan

Cara Mengubah Umur di Tiktok

Setelah menerapkan cara mengubah umur di Tiktok di atas, kalian harus menunggu selama kurang lebih 3 hari kerja untuk mendaptkan respon dari Tim Tiktok pusat.

Balasan dari tim Tiktok akan berupa email yang dikirimkan ke email kalian. Pastikan juga kalian menggunakan akun email aktif agar ketika ada balasan dari tim Tiktok kalian bisa segera mengaksesnya.

Cara Mengubah Umur di Tiktok dengan Google

Berikutnya kalian bisa mencoba cara mengubah umur di Tiktok kedua ini jika cara di atas belum mendapatkan respon dari tim Tiktok pusat lebih dari 3 hari kerja.

Kalian bisa mengganti tanggal lahir di akun Google kalian. Berikut langkah-langkah cara mengubah umur di Tiktok dengan Google.

  1. Buka akun google yang kalian pakai saat mendaftar Tiktok
  2. Pilih bagian Profil
  3. Kemudian pilih Kelola Akun.
  4. Pilih menu Personal Info atau kalian bisa buka melalui link berikut https://myaccount.google.com/personal-info
  5. Cari menu tanggal serta tahun lahir dan ganti minimal menjadi usia 17 tahun.
  6. Setelah kalian ganti, pilih Save (Simpan)
  7. Selesai mengganti tanggal lahir kalian bisa menuju Tiktok untuk membuat permohonan bahwa telah mengganti tanggal serta tahun lahir.
  8. Buka Tiktok
  9. Masuk ke menu Profil
  10. Pilih titik tiga pada bagian kanan atas.
  11. Scroll ke bawah dan pilih Dukungan
  12. lalu pilih Laporkan Masalah.
  13. Pilih bagian Icon Umpan Balik
  14. Lalu pilih sampaikan umpan balik anda kepada kami dibawah.
  15. Laporkan masalah kepada Tiktok dengan membuat permohonan penggantian usia/umur kepada Tiktok.
  16. Selesai membuat permohonan, pilih Laporkan.

Kalian juga harus tetap menunggu keputusan dari Tim Tiktok pusat. Penggantian tanggal serta tahun lahir harus benar-benar kalian perhitungkan.

Tetapi perlu kalian ketahui juga, jika kedua cara mengubah umur di Tiktok di atas sudah kalian lakukan dan tidak ada perubahan maka pihak pusat Tiktok memang tidak merespon permohonan kalian.

Jadi jika karena memang murni kesalahan dari awal ya mau tidak mau kalian harus mengikuti kebijakan dari aplikasi.

Cara Mengubah Tanggal Lahir di Tiktok

Tanggal lahir di Tiktok dapat dirubah sesuai keinginan kalian. Akan tetapi kalian harus membuat akun baru terlebih dahulu.

Berikut cara mengubah tanggal lahir di Tiktok.

  1. Buka aplikasi Tiktok
  2. Pilih Profil
  3. Lalu pilih nama kalian di bagian atas.
  4. Pilih Tambah Akun
  5. Pilih salah satu metode pendaftaran yaitu nomor HP, akun Google, FB, Twitter, dan lain lain (pastikan akun belum mendaftar Tiktok sebelumnya)
  6. Masukkan tanggal lahir kalian.
  7. Buat nama akun Tiktok kalian.
  8. Selesai

Itulah cara mengubah umur di Tiktok dan cara mengubah tanggal lahir di Tiktok yang bisa kalian coba. Tiga pilihan di atas bisa kalian lakukan sesuai dengan keadaan akun Tiktok kalian.

Ketentuan usia ini diterapkan demi kebaikan penggunanya yaitu akses konten yang layak dan tidak layak sesuai rate usia. Pada awalnya juga sudah ada persetujuan tentang tayangan konten negatif atau rate 18+ namun jika diketahui usia pengguna dibawah 18+ maka tayangan videonya akan difilter oleh aplikasi Tiktok.

Pengubahan umur ini juga ada beberapa pengguna tidak bisa melakukan live streaming atau menonton live di Tiktok jika usia dibawah 16 tahun. Mungkin pengubahan umur bisa menjadi salah satu alasan ini.

Sampai disini pembahasan kita kali ini tentang cara mengubah umur di Tiktok dan cara mengubah tanggal lahir di Tiktok serta kebijakan umur di Tiktok. Semoga bisa membantu kalian.

Jika ada pertanyaan tinggalkan pertanyaan di kolom yang telah tersedia. Jangan lupa share melalui semua platform media yang kalian punya.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA