Cara Mengirim Barang Lewat GoJek

Berbicara kirim-kirim barang sekarang sudah banyak ekspedisi yang dapat membantu kita dalam kirim barang. Bahkan layanan jasa ojek seperti Grab dan juga Gojek bisa untuk antar barang. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengirim barang lewat Gojek.

Saat ini layanan pesan antar barang memang sedang menjamur, apalagi ditambah jadwal kesibukan sesorang saat ini adanya jasa ini sangatlah membantu. Terlebih tidak semua orang memiliki tanggung jawab jika dimintai tolong untuk mengambil atau mengantar barang.

Nah kalian pasti mengenal aplikasi layanan pesan antar online. Siapa yang saat ini tidak mengenal aplikasi ojek online Gojek? Gojek menjadi salah satu aplikasi ojek online terbaik kedua di Indonesia yang dibuat oleh anak asli Indonesia.

Saat ini gojek sudah berkembang melebarkan sayapnya untuk menawarkan jasa logistik disamping layanan lainnya yang terlebih dahuku ada seperti transportasi, pembayaran dan lainnya. Sangat banyak sekali layanan yang ditawarkan.

Dengan banyaknya layanan yang tawarkan, mari kita bahas tentang layanan logistik yang ditawarkan oleh Gojek. Sistem layanan ini juga sangat canggih, kalian bisa dengan mudah melacak driver mulai dari titik penjemputan barang sampai barang tiba di lokasi tujuan.

Jenis Pengiriman Barang GoJek

  1. Instan Delivery

Buat kalian yang ingin mengirim secara kilat di GoJek sekarang sudah bisa yaitu menggunakan instan delivery. Dengan ini kalian dapat mengirim barang, dokumen atau makanan secara cepat 1-2 jam setelah barang kalian diambil oleh driver.

  1. Instan Same Day Delivery

Jenis pengiriman yang lain dari GoJek yaitu instan same day delivery. Ini berbeda dengan yang lain karena pengiriman ini hanya bisa digunakan di wilayah Jabodetabek dari jam 8 sampai jam 3 sore.

Dan yang paling mudahnya, layanan ini sudah terintegrasi dengan e-Commerce sebagai metode pengiriman barang.

  1. Intercity Delivery

Namun untuk intercity delivery ini khusus buat yang ingin melakukkan kirim barang lewat Gojek untuk luar kota. Jadi buat kalian yang akan mengirim barang melalui GoJek ke luar kota bisa menggunakan jenis pengiriman intercity delivery.

Namun yang perlu kalian catat yaitu kalian harus memesan sebelum jam 17:00 karena jika setelah jam tersebut penjemputan barang akan dilakukkan keesokan harinya.

Barang Yang Tidak Boleh Dikirim

Kalian juga harus tau barang-barang apa yang tidak boleh dikirim lewat GoJek. Berikut ini beberapa barang yang tidak boleh dikirim.

  1. Benda Hidup (Contoh: Burung Kakatua)
  2. Mudah Terbakar/Meledak (Contoh: Kembang Api)
  3. Bernilai lebih dari 10 juta (Contoh: Cincin Berlian)

Setelah mengetahui banyak hal terus bagaimana sih cara mengirim barang lewat GoJek? Tenang saja, dibawah sudah kami paparkan dengan jelas ringkas buat kalian yang mau kirim barang di GoJek.

Cara Mengirim Barang Lewat Gojek Via GoSend

Salah satunya layanan pesan antar barang atau GoSend dengan visi kirim barang nggak pake lama. Barang yang bisa dikirim menggunakan GoSend adalah barang berskala kecil adalah seperti paket atau barang atau dokumen. Jika kalian meminta untuk mengantarkan barang selain itu tentu saja driver akan mengalami kesulitan.

Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Kirim Barang Lewat GoSend

Sebelum kalian melakukkan pemesanan untuk kirim barang di GoJek kalian harus tau beberapa hal yang sangat penting berikut ini:

  1. Jangkauan Layanan GoSend

Kalian harus tau apakah daerah kalian sudah terjangkau oleh GoSend untuk memastikan daerah kalian sudah terjangkau kalian dapat melihatnya disini. Namun tenang saja jangan kawatir, GoSend sudah menjangkau di 75 daerah yang dari sabang sampai Merauke.

  1. Jarak Pengiriman

Batas jarak pengiriman dari GoSend yaitu 40 km. Selamat jarak pengiriman kurang dari batas maksimal, pengiriman akan tiba dihari yang sama.

  1. Ukuran dan Berat Barang

Ukuran barang yang ditetapakan yaitu 70 x 50 x 50 cm dan juga untuk berat barang sekitar 20 kg. Hal tersebut dilakukkan karena untuk keamaan saat mengirim barang dengan sepeda motor.

Layanan GoSend ini juga menawarkan asuransi barang yang kalian kirimkan senilai Rp.10.000 setiap pengiriman barang, jadi kalian tidak perlu khawatir jika barang kalian yang dianyar mengalami kerusakan atau hilang karena pihak GoSend akan mengganti barang tersebut sesuai harga normalnya.

Jadi kalian bisa dengan nyaman dan aman dalam mengirimkan barang melalui jasa GoSend. Bagi kalian yang belum bisa menggunakan layanan aplikasi Gojek ini, bisa sekali untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pastikan kalian sudah menginstal aplikasi Gojek di smartphone kalian. Jika sudah terinstal maka buka saja aplikasi Gojek kalian jangan lupa juga nyalakan pengaturan lokasi kalian.
  2. Jika sudah masuk ke akun Gojek kalian, pada halaman utama silahkan pilih
  3. Berikutnya tentukan titik lokasi penjemputan barang dilanjutkan lokasi pengiriman barang yang akan kalian kirimkan. Pastikan alamat tersebut sudah benar dan sesuai.
  4. Jika sudah selesai menentukan titik lokasi silahkan klik Lanjut pada bagian yang paling bawah.
  5. Kemudian akan ditampilkan detail informasi untuk kalian iso mengenai detail barang yang akan kalian kirimkan pada Deskripsi Barang. Tambahkan detail barang juga kontak penerima barang.
  6. Scroll sampai bagian bawah lalu klik
  7. Kalian akan mendapatkan pesan dari driver bahwa harus menunggu beberapa menit sampai driver sampai di lokasi penjemputan barang.
  8. Jika driver telah sampai kalian hanya perlu menyerahkannya kepada Driver.

Cukup mudah sekali untuk dilakukan, yang terpenting lagi ketelitian kalian dalam mengisi detai barang juga kontak penerima barang dari kalian. Kontak tersebut harus yang aktif sehingga driver akan lebih mudah menghubungi penerima jika sudah berada di dekat lokasi antar barang.

Cara Mengirim Barang Lewat Gojek Via GoBox

Selanjutnya sama juga pada bagian layanan logistik Gojek, tetapi ini dikhusukan mengirim barang dengan skala yang lebih besar dan lebih banyak. Biasanya sih yang dibutuhkan ketika orang akan pindahan, dan ini tentu akan menyulitkan kalian jika kalian sendiri yang melakukannya.

GoBox sendiri sama juga dengan jasa mengangkut barang, dan kendaraan yang digunakan untuk mengantar barang juga tidak sembarang hanya kendaraan khusus angkut barang.

Untuk masalah harga tentu pihan GoBox sudah menentukan berapa harga bayar sesuai dengan jenis kendaraan angkut juga jarak antar barang jadi kalian tidak perlu bernegoisasi.

Sebelum itu saat akan mengirimkan barang kalian juga perlu untuk memikirkan barang yang akan kalian kirim tahan air atau tidak sehingga saat memilih kendaraan bisa menyesuaikan memakai kendaraan bak terbuka atau bak tertutup.

Untuk jenis kendaraan yang ditawarkan GoBox ada 4 dengan kriteria seperti dibawah ini:

  1. Pickup Bak Terbuka dengan ukuran 200x130x120 cm dengan kapasitas angkutan maksimal 1000 kg.
  2. Pickup berbentuk Box dengan ukuran 200x130x130 cm dengan kapasitas angkutan maksimal 1000 kg.
  3. Truk Engkel Bak Terbuka dengan ukuran 300x160x130 cm dengan kapasitas angkutan maksimal 2000 kg.
  4. Truk Engkel berbentuk Box dengan ukuran 300x160x130 cm dengan kapasitas angkutan maksimal 2000 kg.

Selanjutnya kalian hanya perlu mengikuti langkah dibawah ini untuk melakukan pemesanan GoBox :

  1. Buka aplikasi Gojek kalian, setelah masuk ke akun kalian pada halaman awal silahkan pilih
  2. Setelah kalian mengklik menu GoBox selanjutnya kalian memilih jenis kendaraan yang akan mengangkut barang kalian. Langkah ini sangatlah penting kalian harus benar-benar memilih sesuai dengan jumlah barang yang akan dikirim dan kapasitas kendaraan. Untuk jenis kendaraan dan kapasitasnya sudah saya jelaskan diatas.
  3. Berikutnya tentukan titik lokasi penjemputan barang dilanjutkan lokasi pengiriman barang yang akan kalian kirimkan. Pastikan alamat tersebut sudah benar dan sesuai.
  4. Kalian juga bisa menentukan Rute yang harus ditempuh driver supaya sesuai dengan estimasi waktu yang kalian harapkan.
  5. Selanjutnya kalian harus mencantumkan spesifikasi barang yang akan kalian kirimkan. Hal ini juga akan memudahkan driver untuk memilih apakah kendaraan sesuai dengan barang yang akan dikirim.
  6. Tentukan apakah memerlukan helper atau tidak untuk bongkar muat barang. Biasanya jika barang banyak tentu akan membutuhkan helper karena jika hanya driver sendiri akan memerlukan waktu lama untuk bongkar muat barang.
  7. Terakhir jika sudah sesuai yang kalian inginkan, konfirmasi pesanan. Konfirmasi akan berhasil jika informasi yang kalian input benar. Tarif akan otomatis muncul sesuai ditentukan sistem tergantung dari jenis barang dan jarak antar.
  8. Sistem akan memindai lokasi driver terdekat.
  9. Kalian hanya perlu menunggu driver sampai di lokasi jemput yang sudah kalian tentukan.

Perlu juga yang harus kalian noted untuk metode pembayaran kalian bisa memilih untuk bayar langsung ke driver atau dengan menggunakan saldo GoPay kalian.

Untuk alamat penjemputan barang kalian bisa menginputkan alamat kalian sendiri atau lokasi lain tetapi harus kalian masukkan detail alamat dengan jelas dengan kontak nomor yang aktif.

Bagaimana? Layanan ini cukup membantu kalian bukan? Dengan adanya GoSend atau GoBox kalian bisa mengantar barang lebih cepat dan lebih hemat waktu.

Sampai disini pembahasan kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih sudah membaca , jangan lupa share ke teman-teman kalian. Jika ada yang kurang kalian pahami tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA