8 Cara Menghilangkan Sadapan Pinjaman Online

LACI USANG – Pinjaman online memang sangat menggiurkan sekali, dengan iming-iming bunga rendah. Banyak orang ingin menghapus data dari pinajam online karena kontak sudah disadap. Berikut beberapa tips cara menghilangkan sadapan pinjaman online.

Siapa yang tidak tahu pinjol atau pinjaman online. Ratusan aplikasi pinjaman online sering kali bisa kalian temukan dari iklan di instagram, youtube, facebook danplatform sosial media lainnya. Banyak aplikasi pinjaman online yang sudah mendapat ijin akses dari OJK namun lebih banyak juga yang belum mendapatkan ijin dari OJK yang penawaran pinjamannya mudah sehingga banyak yang tergiur.

Pinjaman online yang tidak legal sangat beresiko sekali, karena cara mereka yang tidak sopan dalam menagih angsuran baik melalui sms, wa atau lainnya bahkan semua kontak yang tersimpan di smartphone kalian di hubungi satu persatu. Tidak hanya itu mereka juga menyadap bahkan menyebarkan data-data yang terdapat di smartphone.

Tentu saja hal tersebut sangat membuat tidak nyaman, terlebih jika kalian sudah berusaha menjadi nasabah yang bertanggung jawab. Bahkan terkadang mereka mengirim debt collector ke rumah dan menagih secara bruntal. Sangat kejam sekali memang pinjaman online itu, juga membuat peminjamnnya menjadi ketakutan dan mental down.

Maka dari itu banyak dari nasabah pinjaman online yang mengeluh karena hal-hal tersebut dan memilih untuk tidak memperpanjang pinjamannya. Banyak juga dari mereka memilih untuk menghilangkan data-data yang di sadap oleh pinjaman online.

Bagaimana cara untuk menghilangkan sadapan tersebut? Padahal ketika setelah di instal kemudian untuk bisa menggunakannya aplikasi pinjaman online meminta untuk bisa mengakses kontak, aplikasi sosial media, lokasi, internet banking dan lain sebagainya sebelum kalian mendaftarkan diri untuk meminjam. Memang bisa kalian melewati ijin akses tersebut, namun aplikasi akan langsung menolak pengajuan pendaftaran kalian serta aplikasi tidak bisa digunakan secara maksimal.

8 Cara Menghilangkan Sadapan Pinjaman Online

Jika kalian sudah terlanjur memberikan ijin akses aplikasi pinjaman online ya mau tidak mau seluruh data yang ada di smartphone kalian dipakai sebagai jaminan selain dari KTP. Maka dari itu jika kalian merasa tidak nyaman lakukan cara berikut ini untuk menghilangkan sadapan pinjaman online.

Baca Juga: Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Bayar Beneran Boleh

  1. Lunasi terlebih dahulu semua Tagihan Pinjaman

Cara pertama kalian tentu saja harus melunasi semua sisa tagihan pinjaman online kalian. Yang namanya meminjam tentu saja tanggung jawabnya ya mengembalikan. Tanyakan berapa nominal pelunasannya termasuk dengan bunganya juga.

  1. Hapus Data di aplikasi Pinjaman Online

Kakian bisa menghapus semua data yang ada di aplikasi pinjaman online kembali seperti awal mula. Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka Pengaturan pada Smartphone kalian lalu tab menu
  • Cari nama pinjaman online yang kalian pakai.
  • Tab Hapus Data and
  1. Uninstall Aplikasi Pinjaman Online dari Smartphone

Cara ketiga untuk mengilangkan sadapan pinjaman online yang beresiko kalian tidak hanya sekedar menghapus data di aplikasinya saja tetapi harus menghapus atau menguninstall aplikasi tersebut.

Caranya kalian tekan lama pada ikon aplikasi lalu tab Uninstall selesai. Bisa juga melalui pengaturan dengan pilih menu aplikasi lalu cari nama aplikasi pinjaman online terakhir tab uninstall.

  1. Hapus Semua Akun Sosial Media

Karena juga aplikasi pinjaman online mendapat akses sosial media kalian, hal tersebut tentu akan sangat menganggu. Jadi lebih baik kalian menghapus atau menonkatifka semua akun sosial media kalian yang terhubung dengan aplikasi pinjaman online.

Untuk sosial media kalian bisa membiat yang baru lagi, jadi tidak perlu khawatir dan relakan saja aplikasi yang sudah tersadap pinjaman online.

  1. Ganti SIM Card Baru

Pihak pinjaman online tidak akan menyerah untuk menghubungi kalian, bahkan dengan berganti-ganti nomor pun tetap akan menghubungi kalian. Membuat risih nggak sih? Padahal nomor sim card atau telephone juga salah satu privasi.

Saya sarankan lebih baik kalian menggantinya dengan yang baru, atau jika kalian tidak bersedia ganti nomor baru kalian bisa memasukkan nomor ilegal pinjaman online ke dalam daftar hitam atau blacklist saja.

  1. Reset Smartphone ke Pengaturan Pabrik

Saat akan mereset ke pengaturan pabrik alangkah lebih baik kalian pindahkan data-data atau file penting ke laptop atau smartphone kalian yang lain. Karena jika sudah di reset maka smartphone akan kembali ke keadaan semula ketika pertama kali buka kardus.

Termasuk aplikasi pinjaman online yang sudah kalian unduh sebelumnya juga akan hilang. Tidak hanya itu saja beberapa aplikasi lain juga akan ikut hilang juga.

  1. Hubungi Call Center Pinjaman Online

Jika kalian merasa semua tagihan angsuran pinjaman telah kalian lunasi dan semua bukti-bukti pelunasan lengkap, kalian bisa langsung menghubungi call center pinjaman online untuk menghapus semua data kalian. Sertakan juga bukti pelunasan kepada petugas agar segera di proseskan.

Beberapa pinjaman online mungkin akan mempersulit kalian atau menawarkan pinjaman baru lagi dengan nominal lebih banyak sehingga kalian harus mematangkan niat dengan benar jangan sampai tergoda.

  1. Laporkan ke OJK

Cara terkakhir, jika sebelum cara-cara diatas tidak bisa menghilangkan sadapan pinjaman online yaitu kalian bisa melaporlan aplikasi pinjaman online tersebut ke OJK. Terlebih apabila aplikasi pinjaman online ilegal OJK akan memblokir aplikasi tersebut.

Kalian bisa langsung menghubungi OJK melalui nomor telephone resmi di 157, whatapps resmi di nomor 0811-5715-7157, website resmi OJK www.ojk.go.id terakhir menggunakan email [email protected] .

Itu tadi cara menghilangkan sadapan Pinjaman Online yang wajib kalian coba ya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian terlepas dari jeratan pinjaman online. Ingat bahwa pinjaman online itu meskipun sudah berapa sudah dibawah pengawasan OJK tentu tetap perlu kewaspadaan dan hati-hati.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Rekening Pribadi

Apakah Pinjol Bisa Sadap IMEI?

Tentunya sangat bisa, Ketika kalian sudah melakukkan penginstallan sebuah aplikasi pinjaman online. Secara langsung IMEI kalian sudah terdaftar di data mereka. Dengan memanfaatkan IMEI saja mereka sudah bisa mengakses hp kalian untuk dapat melihat gallery, kontak dan lain-lain yang ada di hp kalian..

Teliti dan jika perlu aplikasi terlihat mencurigakan jangan lanjutkan untuk melakukan pinjaman online. Selesai sampai disini pembahasan kali ini, apabila ada pertanyaan kalian tinggal tuliskan ke dalam kotak yang sudah tersedia. Terima kasih dan Jangan lupa Share ya.

Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA