Cara Menghilangkan Bau di Kulkas dengan Bahan Alami

Sering kali kita menjumpai kulkas bau,entah bau amis, busuk atau aneh. Lalu bagaimana cara agar kulkas tidak bau? Berikut akan kami berikan cara menghilangkan bau kulkas yang sangat ampuh.

Bau-bau tersebut tentunya sangat mengganggu dan tidak nyaman ketika membuka pintu kulkas. Bau yang tidak sedap bahkan bisa juga menyebar di ruangan tempat menaruh kulkas padahal hanya dibuka sebentar saja pintu kulkasnya.

Di dalam kulkas banyak tersimpan bahan-bahan makanan, yang terkadang hanya sembarangan di letakkan di dalam kulkas. Padahal seharusnya ada bahan-bahan tertentu yang harus di tempatkan di tempat khusus supaya baunya tidak menyebar di dalam kulkas.

Bahkan beberapa untuk daging dan ikan harus dibekukan di freezer supaya baunya tidak kemana-mana.

Hal-hal yang Menyebabkan Bau Kulkas

Ternyata ada lo penyebab kulkas bisa menjadi bau dan kalau bisa kalian harus menghindari penyebab tersebut. Berikut beberapa penyebab kulkas menjadi bau:

  • Kulkas Kotor

Membersihkan kulkas adalh hal wajib, terlebih ketika sudah banyak bunga es menumpuk. Kulkas kotor biasanya dibersihkan setiap beberapa bulan sekali.

Padahal seharusnya setiap 2 minggu atau 1 minggu sekali harus dibersihkan supaya jika ada bahan makanan yang sudah busuk atau basi bisa di keluarkan supaya kulkas tidak bau.

Ada juga bekas seperti susu, kopi, teh, kecap dan lainnya yang menempel menimbulkan bekas lengket. Dan lupa untuk di seka.

 

  • Makanan Busuk

Yang namanya makanan busuk tentu saja menimbulkan bau tidak sedap. Di simpan dikulkas pun tetap bisa menyebarkan aroma busuknya.

Tetapi makanan disimpan di dalam kulkas kan supaya awet dan tidak busuk? Kok bisa busuk disimpan di kulkas? Tidak menutup kemungkinan makanan yang di simpan di dalam kulkas tidak bisa busuk, karena disimpan terlalu lama akhirnya melewati masa kadaluarsanya.

  • Saluran Pembuangan Kotor

Saat kalian telah selesai membersihkan kulkas, tetapi masih mencium bau busuk mungkin saja ini disebabkan saluran pembuangan kotor.

Saluran pembuangan ini terdapat di bawah lemari es dan bisa kalian akses atau bersihkan melalui depan atau belakang kulkas tergantung dari modelnya.

Setelah kalian mengetahui apa saja penyebab kulkas menjadi bau, kini saatnya kami akan memberikan informasi cara menghilangkan bau pada kulkas.

Cara Menghilangkan Bau Kulkas

Bau yang ada di kulkas jangan dibiarkan begitu saja. Jika kalian menemui kulkas kalian bau, segera bersihkan jangan dibiarkan saja. Ada lo bahan-bahan dapur atau bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan bau kulkas, berikut beberapa bahan yang bisa kalian coba:

  1. Teh

Kalian bisa menggunakan teh celup yang diletakkan didalam mangkuk. Lalu masukkan mangkok yang berisi teh celup ke dalam kulkas selama beberapa jam sampai bau kulkas diserap teh celup.

Bisa kalian gunakan teh celup baru atau bekas. Bau teh yang ringan juga bisa mentralisir bau kulkas yang cukup menganggu.

  1. Kopi

Selanjutnya bahan dapur yang paling disukai bapak-bapak yaitu kopi. Meskipun warnanya hitam legam tapi kopi merupakan penyerap bau yang cukup baik.

Cara agar kulkas tidak bau cukup mudah yaitu ambil beberapa sendok kopi kemudian letakkan di piring kecil atau lépek lalu masukkan kedalam kulkas dan diamkan selama beberapa hari sampai bau kulkas lenyap.

  1. Cuka

Berikutnya ada cuka cairan berwarna  bening dengan bau khas. Kalian bisa menggunakan cairan ini untuk mengelap atau menyeka untuk membersihkan noda yabg ada di dalam kulkas.

Tapi terlebih dahulu keluarkan semua isi kulkas agar bisa leluasa dalam membersihkan kulkas. Diamkan selama 30 menit setelah di lap lalu bau kulkas akan hilang.

  1. Lemon

Buah yang banyak manfaatnya selain vitamin C ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kulkas. Hal ini karena bau lemon yang menyegarkan.

Caranya peras air lemon lalu letakkan di wadah kemudian masukkan kedalam freezer selama 30 menit, bau segar lemon akan memyebar menggeser bau tidak sedap dalam kulkas.

Baca Juga: Cara Mengatasi Freon Kulkas Bocor

  1. Garam

Bumbu dapur yang tidak bisa dipisahkan dalam masak memasak ini juga sangat bisa membantu menghilangkan bau kulkas yang menyengat.

Cukup sederhana saja caranya yaitu ambil garam secukupnya lalu larutkan dengan beberapa liter air hangat campurkan sampai merata. Gunakan campuran air garam untuk menyeka dan membersihkan permukaan kulkas dengan menggunakan spons.

  1. Baking Soda

Baking soda bahan pengembang kue yang sangat bisa membantu juga dalam hal menghilangkan bau-bau kulkas.

Cukup larutkan baking soda dengan air lau masukkan ke dalam kulkas tutup kulkas selama beberapa saat. Lalu bau kulkas akan hilang.

  1. Arang

Kinerja arang hampir sama dengan kopi yaitu bisa menyerap bau dengan baik. Tapi gunakan arang aktif yang sudah dihaluskan.

Cara menghilangkan bau dalam kulkas menggunakan arang yaitu ambil beberapa sendok arang halus lalu letakkan di dalam piring kecil kemudian masukkan kedalam kulkas selama beberapa hari agar bau di serap arang.

  1. Vanili

Siapa yang tidak suka aroma vanili, yang tentunya unik dan segar. Terlebih banyak sekali makanan yang beraroma vanili bisa meningkatkan selera makan.

Vanili juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kulkas, tapi gunakan vanili yang sudah di ekstraksi dalam bentuk cairan lalu teteskan diatas kapas lalu masukkan kedalam kulkas diamkan semalaman, besok bau kulkas akan segar aroma vanili ketika dibuka.

  1. Oatmeal

Selain makanan yang menyehatkan, oatmeal ternyata juga bisa menghilangkan bau tidak sedap dalam kulkas.

Cara agar kulkas tidak bau yaitu ambil oatmeal lalu letakkan di mangkuk kecil aluminium. Masukkan di dalam kulkas beberapa saat sampai bau menghilang.

  1. Kentang

Bahan makanan ini juga bisa menyerap bau tidak sedap dalam kulkas. Caranya ambil kentang kupas bersih lalu potong sesuai selera. Letakkan di daerah yang muncul bau busuk diamkan beberapa saat. Jika kentang sudah kering ambil dan ganti.

  1. Jus Tomat

Sayur yang kaya akan vitamin ini juga bisa menghilangkan bau kulkas. Caranya juga cukup mudah dengan menyiapkan tomat segar lalu jus kemudian rendam ke dalam spons.

Bersihkan permukaan kulkas dengan spons yang direndam jus tomat segar lalu diamkan beberapa saat sampai bau hilang. Dan bersihkan lagi permukaan kulkas.

Bahan-bahan diatas cukup mudah untuk didapatkan di sekitar. Jadi jika sekiranya kulkas kalian bau segera saja gunakan bahan-bahan alami diatas untuk cara menghilangkan bau kulkas.

Ada juga cara menghilangkan bau di kulkas yang cukup mudah dan simple untuk menghilangkan bau busuk dalam kulkas. Cara ini juga termasuk praktis tanpa memerlukan banyak bahan.

  • Tisu Gulung

Tisu gulung ternyata juga penyerap bau yang baik. Benda yang bertekstur lembut ini bisa menyaring bau-bau tidak sedap di dalam kulkas.

Cukup letakkan satu buah tisu gulung di dalam kulkas yang sudah di kosongkan, lalu diamkan beberapa saat sampai bau busuk hilang.

  • Bersihkan Kulkas Pakai Sabun

Selanjutnya kalian bisa membersihkan kulkas dengan menggunakan sabun cuci piring merk apapun. Yang penting memiliki aroma yang segar.

Cara menghilangkan bau di kulkas adalah dengan kosongkan kulkas cabut stopkontak pastikan kondisi kulkas off, siapkan air yang sudah dicampur sabun cuci piring lalu lap permukaan kulkas dengan air sabun tersebut menggunakan spon. Bersihkan semua permukaan sampai bau tersamarkan. Bersihkan lagi sampai busa hilang dan selesai.

Banyak solusi yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam kulkas. Bisa pakai bahan alami atau bahan yang praktis.

Semua tergantung dari kalian intinya jangan lupa menjaga kebersihan kulkas kalian. Supaya tidak timbul bau busuk jika ada bahan makan tertentu yang menimbulkan bau simpan dahulu di wadah yang kedap udara.

Terima kasih sudah membaca, semoga artikel cara menghilangkan bau kulkas bisa membantu dan bermanfaat.

Jangan lupa bagikan tips ini ke teman-teman kalian. Tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan jika ada yang kurang kalian pahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA