3 Cara Menghapus Akun Shopee Permanen Terbaru

Apabila kalian sudah masuk di google dan mencari cara menghapus akun shopee. Tentunya kalian sudah memikirkan ingin hapus akun shopee mungkin yang sudah tidak kalian pakai. Saya disini akan memberikan infomasi yang semoga saja berguna buat kalian yaitu tentang hapus akun shopee.

Di era serba digital ini kita semakin dimudahkan dalam segala hal. Semua serba online, termasuk berbelanja pun sudah dilakukan melalui e-commerce. Banyak sekali e-commerce dengan fasilitas dan keunggulannya masing-masing.

Salah satu e-commerce yang cukup ramai dan keberadaannya cukup menarik perhatian saat ini yaitu Shopee. Aplikasi orange ini sangat mudah digunakan dan juga sering memberikan keuntungan-keuntungan kepada pengguna setianya, seperti voucher gratis ongkir hingga voucher diskon puluhan persen.

Tapi diantara ratusan ribu pengguna Shopee tentu ada beberapa orang yang merasa kurang atau tidak puas hingga ingin menghapus akun Shopee mereka setelah penggunaan dalam jangka beberapa waktu.

Namun yang perlu kalian ketahui, bahwa penghapusan akun ini sifatnya permanen. Jadi kalian harus memikirkannya dengan matang, Dan juga jika kalian memiliki toko di akun Shopee, penghapus akun ini juga akan menghapus toko Shopee.

Cara Menghapus Akun Shopee Permanen

Sebelum lanjut ke tahap penghapusan akun shopee secara permanen, Saya ingin memberikan informasi tambahan terkait alasan pengguna shopee saat ingin menghapus akunnya.

Alasan Pengguna Ingin Hapus Akun Shopee

Berikut beberapa alasan pengguna ingin menghapus akun Shopee mereka:

  • Toko Tidak Aktif

Bagi penjual yang sudah tidak aktif lagi, misalnya saja produk susah laku sehingga memutuskan untuk menutup tokonya.

  • Penjualan Tidak Mendapatkan Hasil Maksimal

Berjualan di Shopee memang gampang-gampang susah apalagi untuk small business yang masih merintis. Persaingan harga yang sangat ketat membuat mereka gulung tikar segera karena merasa tidak ada hasil maksimal.

  • Tidak Pernah Mendapat Voucher

Ada beberapa akun yang tidak mendapatkan voucher yang sering diberikan oleh Shopee. Saya sendiri pernah mengalami. Sudah menghubungi Customer Service tapi tidak mendapatkan solusi.

  • Tidak Bisa Checkout

Namanya system buatan manusia tidak ada yang sempurna. Ketidaksempurnaan ini salah satunya yaitu masalah tidak bisa checkout. Fungsi dari e-commerce sendiri adalah untuk bertransaksi, berbelanja. Akan tetapi checkout saja tidak bisa. Merasa kesal sudah pasti. Menghubungi CS tidak ada solusi.

  • Sering Error

Error di aplikasi yang digunakan oleh banyak sekali orang menjadi hal yang sangat wajar. Tapi jika error sudah terlalu sering terjadi hingga mengganggu transaksi, hapus akun menjadi salah satu pilihan.

  • Akun Dibatasi

Yang terjadi pada akun yang dibatasi yaitu hanya bisa melihat-lihat produk saja tapi tidak bisa melakukan transaksi. Sama seperti tidak memiliki akun ya kalau seperti ini.

  • Tidak Bisa Ganti Username

Mengganti username biasanya hanya dibatasi beberapa kali saja. Setelah batas maksimal habis tentu tidak bisa lagi diganti. Hal ini cukup merugikan bagi seller atau penjual. Terkadang mereka ingin mengganti username sesuai dengan produk yang dijual tetapi sudah tidak bisa. Akhirnya memutuskan untuk menghapus akun.

  • Ingin Membuang Akun

Pernah mengalami penipuan di Shopee? Beruntunglah kalau belum pernah. Semoga saja tidak akan pernah ya. Rupanya cukup banyak penipu yang ada di Shopee. Mereka menghapus akun dengan tujuan untuk membuang dan menghilangkan jejak. Tetapi sebenarnya riwayat akun masih bisa dilihat oleh pihak Shopee meskipun sudah tidak bisa dilihat oleh pengguna Shopee.

  • Akun dibajak atau dihack.

Di dalam akun Shopee banyak sekali data-data penting. Dikhawatirkan data tersebut disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Ada baiknya akun segera dihapus.

Cara Hapus Akun Shopee Permanen

Setelah semua persiapan sudah selesai dan sudah mempertimbangkan resikonya, mari kita lanjut untuk menghapus akun. Kalian bisa mengikuti cara dibawah ini untuk menonaktifkan akun shopee kalian.

Cara Menghapus Akun Shopee Melalui Aplikasi.

Berikut langkah-langkah menghapus akun shopee lewat aplikasi:

  1. Silahkan Log in terlebih dahulu ke akun Shopee yang ingin didelete atau dihapus
  2. Klik icon Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Lanjut scroll, cari dan klik Pengaturan Akun.
  4. Klik Ajukan Penghapusan Akun yang ada di bagian bawah.
  5. Klik OK pada dialog box

Cara Menghapus Akun SHopee

  1. Kemudian klik Lanjutkan.
  2. Akan dikirimkan kode OTP ke nomor HP yang digunakan untuk mendaftar. Masukkan kode verifikasi OTP yang sudah diterima. Lalu, klik Lanjut.

Cara Hapus Akun SHopee

  1. Pilih alasan penghapusan akun. Kalau perlu jelaskan lebih detail pada bagian kotak.
  2. Kemudian masukkan alamat email yang masih bisa digunakan. Alamat email berguna untuk menerima pesan dari Shopee terkait penghapusan akun tersebut.
  3. Centang kotak kecil jika setuju dengan Syarat dan Ketentuan. Lanjut klik Kirimkan.
  4. Tinggal tunggu apakah penghapusan akun disetujui atau ditolak.

Cara Hapus Akun Shopee Melalui Email.

Berikut langkah-langkah menghapus akun shopee lewat Email:

  1. Log in ke akun email kalian
  2. Tulis email dengan alamat email tujuan [email protected]. Isi bagian Subyek dengan “Permohonan Hapus Akun Shopee
  3. Kemudian pada bagian pesan tulis username, nomor HP, dan jelaskan alasan ingin menghapus akun Shopee.
  4. Lampirkan juga screenshot masalah yang dialami (jika ada).
  5. Klik Send / Kirim dan tunggu balasan dari Shopee.
  6. Kemudian ikuti instruksi selanjutnya sesuai petunjuk dari pihak Shopee
  7. Tunggu hingga akun berhasil dihapus.

Cara Hapus Akun Shopee Melalui Call Center Shopee

Penghapusan akun melalui Customer Service Shopee dapat dilakukan jika dalam keadaan darurat, misalnya akun dihack dan tidak bisa log in. Kalian bisa menghubungi CS Shopee melalui Call Center 021-39500300 dan 1500702. Jelaskan secara lengkap alasan penghapusan akun dan ikuti instruksi yang diberikan Shopee.

Meskipun akun tidak langsung dihapus, tetapi Shopee akan mengamankan akun kalian dari orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Apa yang terjadi jika akun Shopee dinonaktifkan?

Setiap perbuatan pasti akan ada konsekuensi yang harus diterima. Demikian juga dengan menghapus akun Shopee. Sebelum memutuskan menghapus akun Shopee lebih baik pertimbangkan dulu akibatnya. Konsekuensi yang akan diterima setelah menghapus akun Shopee berikut perlu diperhatikan:

  • Bersifat permanen dan tidak bisa dipulihkan kembali. Pihak Shopee tentu saja tidak mau direpotkan dan dirugikan. Kalau sudah dihapus ya jangan mengharapkan akunmu bisa dipulihkan kembali.
  • Tidak dapat log in dan melihat riwayat transaksi.
  • Koin dan saldo Shopee yang masih tersisa akan hangus. Sebelum menghapus akun dipastikan semuanya sudah kosong.
  • Berpotensi ditolak saat mengajukan pembuatan akun di masa yang akan datang. Oleh karena itu lebih baik dipikirkan secara matang dulu sebelum berniat menghapus akun.

Selain akibatnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum menghapus akun Shopee. Shopee bebas untuk menerima atau menolak pengajuan hapus akun. Pastikan akun sudah benar-benar bersih dan tidak ada tanggungan. Berikut yang perlu diperhatikan:

  • Menghapus akun Shopee hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee, tidak bisa dilakukan di web maupun PC atau komputer.
  • Bagi penjual pastikan sudah menghapus semua produk yang masih terdaftar.
  • Pastikan pesanan telah selesai semua.
  • Pastikan tidak ada saldo yang masih tersisa. Jika ada, tarik segera.
  • Nomor HP dan email yang digunakan untuk mendaftar akun Shopee dulu usahakan masih aktif. Akan mempersulit proses penghapusan kalau sudah tidak aktif karena prosesnya nanti memerlukan kode OTP yang akan dikirimkan melalui email atau nomor HP.

Kenapa saya tidak bisa menghapus akun Shopee?

Adapun diantara kalian yang sudah mengajukan penghapusan akun baik langsung lewat aplikais, telp customer service shopee atau bahkan ada melalui email. Namun pengajuan mereka ditolak. Ada beberpa yang menyebabkan penghapusan akun shopee kalian tidak disetujui.

Penghapusan akun Shopee tidak selalu disetujui oleh pihak Shopee sendiri karena ada beberapa alasan, diantaranya:

  • Akun Dibatasi

Akun yang melanggar syarat dan ketentuan di Shopee bisa diubah menjadi akun yang dibatasi oleh Shopee. Melanggar aturan misalnya:

  1. Pemalsuan informasi penjualan
  2. Penyalahgunaan penggunaan voucher / gratis ongkir / spam
  3. Melakukan penipuan
  4. Mengunggah produk duplikat
  5. Menulis yang mengarahkan pembeli untuk bertransaksi di luar Shopee

Akun yang dibatasi akan secara otomatis dihapus setelah 30 hari jika tidak melakukan naik banding atau naik banding ditolak oleh Shopee. Jadi tidak perlu repot menghapus akun.

  • Nomor HP terdaftar di akun Shopee lain.

Kalian bisa menghubungi Customer Service dan jelaskan alasan nomor HP ada dibanyak akun dan jelaskan juga alasan ingin penghapusan akun.

  •  Ada pesanan yang belum diselesaikan

Jadi sebelum mengajukan penghapusan akun dipastikan dulu tidak ada pesanan yang belum terselesaikan.

  • Masih ada saldo Shopeepay yang tersisa

Saldo Shopeepay dan koin dikosongkan dulu untuk menghindari penolakan pengajuan.

Mengembalikan Akun Yang Tidak Sengaja Dihapus

Bagaimana kalau tidak sengaja menghapus akun? Tenang, kalian bisa menghubungi Customer Service Shopee melalui email maupun Call Center.

Melalui email:

  1. Silahkan log in dulu ke akun email kalian
  2. Tulis pesan dengan alamat email tujuan [email protected]
  3. Isi bagian subyek dengan “Tidak Bisa Log In Ke Akun” atau “Permohonan Pengembalian Akun Shopee”. Bisa diisi sekreatif kalian.
  4. Pada bagian pesan, tulis dengan jelas bahwa kalian ingin mengembalikan akun yang tidak sengaja terhapus. Kemudian sertakan juga data-data seperti username, KTP, email, nomor telepon yang terkait serta tangkapan layar / screenshot ke-error-an yang muncul di akun Shopee kalian.
  5. Kemudian Send/Kirim. Tunggu balasan dari Shopee dan ikuti instruksi selanjutnya.

Melalui Call Center:

Lakukan panggilan ke nomor Call Center Pusat Bantuan Shopee 021-39500300 atau 1500702. Jelaskan masalah kalian dan ikuti instruksi yang diberikan. Pastikan data diri seperti KTP, email, nomor HP sudah disiapkan.

Nah itu tadi mengenai cara menghapus akun Shopee sekaligus cara menghapus akun Shopee. Sangat mudah, bukan? Tetapi jika tidak ada masalah serius dan masih bisa diselesaikan dengan Customer Service alangkah baiknya jangan terburu-buru menghapus akun.

Mungkin sampai disini dulu informasi yang dapat saya bagikan buat kalian yang ingin hapus akun shopee.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA