Cara Mengganti dan Mengubah Nada Dering WA (WhatsApp)

Nada dering atau ringtone WhatsApp dapat kalian ganti sesuai dengan keinginan kalian. Untuk mengubah nada dering WA (WhatsApp) perhatikan cara mengganti nada dering WhatsApp berikut ini.

WhatsApp merupakan aplikasi chat yang saat ini banyak digunakan karena praktis. Saat ini WhatsApp semakin populer dengan pengguna hampir seperempat jumlah penduduk di seluruh dunia.

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi WhatsApp juga sangat beragam. Selain bertukar pesan, WhatsApp juga bisa digunakan untuk video call baik secara individu atau kelompok (dengan maksimal 8 orang dalam sekali video call).

WhatsApp juga dilengkapi dengan sticker yang membuat bertukar pesan menggunakan WhatsApp lebih seru dan berwarna. WhatsApp juga menyediakan status yang dapat kalian gunakan untuk membagikan cerita yang dapat bertahan hingga 1 hari (24 jam).

Saat menerima panggilan dan berbagi pesan secara personal atau pribadi dan grup, kalian akan mendapatkan notifikasi yang dapat diberi nada dering yang berbeda beda.

Berbedanya nada dering tersebut agar mudah dibedakan pesan mana yang masuk. Apakah pesan tersebut berasal dari grup atau pesan pribadi.

Untuk itulah kalian perlu mengetahui cara mengganti nada dering WA (WhatsApp). Cara mengubah nada dering WhatsApp ini sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Mengganti Nada Dering WA (WhatsApp)

Bagaimana cara mengganti nada dering atau ringtone WhatsApp? Berikut saya akan berbagi bagaimana langkah-langkah cara mengubah nada dering WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik tombol titik tiga
  3. Pilih Settings (Setelan)
  4. Pilih Notifications (Notifikasi)

Cara Mengubah Nada Dering WhatsApp

  1. Pada Notifications ada menu Message (Pesan), Group dan Call (Pangilan) dimana masing-masing memiliki Notification Tone (Nada Notifikasi) yang berbeda.
  2. Untuk menggantinya kalian tinggal klik Notification Tone (Nada Notifikasi) pada Message (Pesan), Group dan Call (Panggilan) lakukan secara bergantian.
  3. Misal akan mengganti nada dering pesan, klik Notification Tone (Nada Notifikasi) pada pesan
  4. Lalu akan ditampilkan pilihan Custom atau System Sound. Pilih saja dari System Sound
  5. Jika sudah sesuai kalian tinggal memilih nada dering tersebut dan pilih OKE, lalu kembali ke menu Notifications untuk mengatur nada dering Group dan Call (Panggilan).

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp

Nada dering atau ringtone WhatsApp akan otomatis aktif sesuai yang kalian inginkan, saat kalian menerima panggilan, pesan personal dan pesan grup.

Langkah dari cara ganti nada dering WA (WhatsApp) ini cukup mudah sekali. Akan tetapi nada dering panggilan WhatsApp tidak bisa disamakan dengan nada dering panggilan operator biasa, karena beda pengaturan.

Cara Mengganti Nada Dering WA (WhatsApp) Dengan Lagu

Terkadang memakai nada dering yang tersedia pada sistem smartphone sangat membosankan. Atau mungkin kalian yang ingin mencoba nada dering yang berbeda. Misalnya memakai nada dering dari lagu favorit kalian.

Berikut langkah-langkah cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik tombol titik tiga
  3. Pilih Settings (Setelan)
  4. Pilih Notifications (Notifikasi)

Nada Dering WhatsApp

  1. Pada Notifications ada menu Message (Pesan), Group dan Call (Pangilan) dimana masing-masing memiliki Notification Tone (Nada Notifikasi) yang berbeda.
  2. Untuk menggantinya kalian tinggal klik Notification Tone (Nada Notifikasi) pada Message (Pesan), Group dan Call (Panggilan) lakukan secara bergantian.
  3. Misalkan kalian ingin mengganti nada dering pesan WhatsApp, klik pada Notification Tone (Nada Dering) pada bagian pesan
  4. Lalu geser ke bawah dan pilih Tambahkan Notifikasi

Cara Mengganti Nada Dering WA Dengan Lagu

  1. Pilih lagu yang ingin kalian jadikan sebagai nada dering WhatsApp.
  2. Otomatis nada dering tersebut akan ada dalam daftar nada dering WhatsApp kalian
  3. Pilih nada dering tersebut dan pilih OKE

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp Dengan Lagu

Cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu ini angat mudah sekali untuk dicoba. Hampir semua smartphone caranya hampir sama, mungkin yang membedakan hanya bahasa saja.

Perlu diketahui tidak semua lagu bisa kalian jadikan nada dering. Hanya bagian beberapa detik saja, kurang lebih sekitar 20 detik saja dari keseluruhan lagu. Biasanya dari seluruh lagu hanya bagian chorus atau reff saja yang sering digunakan.

Jadi kalian harus memotong terlebih dahulu bagian lagu tersebut. Berikut saya rekomendasikan beberapa aplikasi untuk edit lagu menjadi nada dering:

  1. Online MP3 Cutter

Kalian bisa memotong bagian lagu yang kalian inginkan dengan menggunakan web online MP3 Cutter, caranya cukup mudah sekali kalian hanya perlu mengupload file lagu di website tersebut kemudian tinggal mengatur dengan menarik garis interval yang ada disebelah sisi kanan dan kiri untuk mengatur part lagu yang kalian inginkan.

Setelah selesai mengatur part lagu kalian tinggal save dan download secara otomatis sudah biasa dijadikan nada dering di WhatsApp. Selain itu kalian juga bisa mengatur lagu menjadi cepat atau lambat, menjadi suara yang berbeda dan masih banyak lagi.

Setelah menerapkan cara ini, kalian dapat melakukan cara mengganti nada dering WhatsApp dengan lagu yang ada di atas.

  1. Ringtone Maker and MP3 Cutter

Aplikasi ini bisa membuat nada dering untuk notifikasi pesan, alarm, panggilan suara atau video dengan format lagu yang berbeda-beda mulai WAV, FLAC, OGG dan MP3.

Cara memotong lagu pada aplikasi akan ditampilkan gelombang bunya audio dari file lagu yang kalian masukkan lalu ada tanda panah dimana panah pada bagian kiri sebagai nada awal dan panah bagian kanan sebagai nada akhir. Jika sudah kalian atur tinggal simpan saja dan gunakan sebagai nada dering WhatsApp.

  1. Pemotong MP3 dan Pembuat Nada Dering

Untuk aplikasi ini caranya juga sama yaitu dengan memasukkan file lagu ke aplikasi kemudian pilih part yang ingin kalian potong lalu tinggal save atau simpan. Bahkan kalian juga bisa menggunakan suara google untuk dijadikan nada dering dengan menggunakan aplikasi ini.

  1. Pemotong MP3

Untuk aplikasi ini bisa kalian download terlebih dahulu di PlayStore. Format lagu yang disediakan di aplikasi ini cukup banyak mulai dari ACC, WAV, M4A dan MP3. Di bagian Ringtone Maker kalian bisa membuat nada dering secara langsung menggunakan lagu dengan memilih bagian lagu yang kalian inginkan.

Setelah menggunakan aplikasi ini, kalian dapat menerapkan cara mengubah nada dering WhatsApp dengan lagu yang kalian inginkan.

  1. MP3 Cutter

Untuk aplikasi MP3 Cutter hampir sama dengan Online MP3 Cutter bedanya hanya digunakan secara online dan offline saja. Cara juga sama yaitu menambahkan file lagu yang akan dijadikan nada dering lalu potong bagian yang ingin dijadikan nada dering dengan menarik interval garis bagia kiri dan kanan menyesuaikan bagian yang ingin dipotong.

Jika sudah selesai tinggal simpan dan kalian bisa menjadikannya untuk nada dering WhatsApp.

5 aplikasi merubah lagu menjadi nada dering WhatsApp tersebut dapat kalian pilih sesuai keinginan kalian. Setelah kalian menggunakan aplikasi tersebut, kalian dapat melakukan langkah-langkah cara ganti nada dering WhatsApp dengan lagu yang sudah kami tuliskan di atas.

Cara Reset Pengaturan Nada Dering WA (WhatsApp)

Setelah kalian mengetahui cara mengganti nada pesan, grup dan panggilan WhatsApp. Kalian perlu mengetahui cara reset pengaturan nada dering WhatsApp. Cara ini dapat kalian gunakan ketika tidak cocok dengan nada dering yang telah kalian rubah sebelumnya.

Tetapi tidak semua orang tahu cara untuk mengembalikan nada dering WhatsApp kembali seperti awal mula. Berikut saya akan membagikan cara mereset pengaturan nada dering WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik tombol titik tiga
  3. Pilih Settings (Setelan)
  4. Pilih Notifications (Notifikasi)

Nada Dering WhatsApp

  1. Pilih tombol titik tiga
  2. Lalu pilih Reset Notification Settings atau Setel Ulang Setelan Notifikasi.
  3. Kemudian akan muncul notifikasi informasi mengenai Reset Nada dering apakah kalian yakin atau tidak, jika yakin klik Reset atau Setel Ulang dan tunggu sampai proses selesai.

Cara Mereset Nada Dering WhatsApp

Pengaturan nada dering dan notifikasi WhatsApp akan secara otomatis kembali seperti semula.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang cara mengganti nada dering WhatsApp. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Jika ada yang kurang kalian pahami tentang cara mengubah nada dering WA (WhatsApp) silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share kepada teman-teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA