Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Bingung cara mengecek tagihan bpjs kesehatan? gampang kok, jangan bingung-bingung terus. Diartikel ini laciusang.com akan membagikan tips bagaimana cara mengecek jumlah tagihanmu bulan ini.

Bukan hanya bisa mengecek tagihan BPJS bulan ini, kamu juga bisa mengecek history pembayaranmu juga. Bagaimana caranya? kamu bisa menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan yang resmi dan berikut ini penjelasan lengkapnya.

Peserta BPJS Kesehatan memiliki kewajiban untuk membayar iuran atau tagihan bulanannya yang sesuai dengan kelas yang dipilih. Jangan sampai kamu tidak membayar dengan alasan jarak yang jauh kantor BPJS Kesehatanny, karena ada cara bayar bpjs di alfamart, indomaret ataupun cara yang lebih mudah yaitu bayar via mobile banking.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

cara cek tagihan bpjs kesehatan

Berikut ini cara cek tagihan BPJS Kesejatan yang cepat langsung dari HP Androidmu. Cara ini cocok untuk yang mendaftarkan semua anggota keluarganya untuk menjadi peserta BPJS.

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba, diataranya adalah :

Cek Tagihan via Aplikasi Mobile JKN

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan iuran BPJS kesehatan adalah melalui aplikasi resminya yaitu Mobile JKN, berikut ini panduannya :

Download dan instal aplikasi Mobile JKN [ Download Disini ]
Setelah terinstal, buka aplikasinya dan login dengan akun yang kamu punya.
Jika belum memiliki akun, bisa klik tombol Daftar untuk membuat akun terlebih dahulu
Jika sudah login, kamu bisa cek tagihan di menu “Premi”
Jika kamu klik menu Premi, maka dilayar akan muncul informasti tagihan BPJS Kesehatanmu.

Cek Tagihan via SMS

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa cek melalui Whatsapp. Caranya adalah sebagai berikut :

Pertama-tama simpan Nomor Call center SMS BPJS Kesehatan : 08777 5500 400
Setelah itu ketik pesan dengan format berikut ini : TAGIHAN Nomor Kartu BPJS Kesehatan. Contoh: TAGIHAN 0001264309757445 dan kirim ke nomer 08777 5500 400.

Jika ada pesan salah, maka kamu bisa kirim SMS bantuan dengan format “HELP” dan kirim ke nomor tadi. Maka nanti akan dijelaskan bagaimana format yang benar untuk mengecek tagihan BPJS via SMS ini.

Cek Tagihan Via Whatsapp

layanan Whatsapp ini dikenal dengan sebutan layanan Chika Whatsapp. Adapun format untuk cek tagihannya adalah sebagai berikut :

  • Simpan nomor Whatsapp Layanan Chika BPJS Kesehatan –> 08118750400 <–
  • Kirim pesan apapun ke nomor Layanan itu
  • Secara otomatis akan merespon dan ada pilihan layanan yang bisa dicek
  • Kamu bis ketikkan angka “2” untuk masuk ke menu cek tagihan iuran bpjs
  • Lanjut dengan mengetikkan nomor peseta BPJS Kesehatan atau NIK (Nomor induk kependudukan) yang terdaftar sebagai peserta.
  • Lanjut lagi menginputkan tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd (tahun – bulan – tanggal lahir)
  • Setelah itu tunggu beberapa saat, maka akun layanan CHika ini akan langsung mengirimkan informasi tagihan iuran BPJS Kesehatan beserta status pembayarannya.

Seperti itulah penjelasan tentang bagaimana cara mengecek tagihan bpjs kesehatan langsung dari rumah menggunakan HP android ataupun iPhone. Cara ini tentu akan memudahkan kamu yang ingin mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar bulan ini tanpa harus keluar rumah.

error: This content is protected by DMCA