Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta Per Bulan

Menerima penghasilan dengan gaji 3 juta bagi kebanyakan orang sudah sangat banyak dan lebih dari cukup. Akan tetapi kalian juga harus mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan.

Gaji 3 juta perbulan dapat didapatkan jika seorah kepala rumah tangga bekerja pada sebuah instansi, pabrik, atau perusahaan besar. Biasanya gaji 3 juta dapat diperoleh jika berada di kota-kota besar.

Sebenarnya ada beberapa kota yang memberikan UMR senilai 3 juta. Akan tetapi jika dibandingkan dengan rata-rata UMR di wilayah Indonesia masih banyak yang memberikan UMR dibawah 3 juta.

Jika untuk memenuhi kebutuhan pokok tentunya sisa untuk ditabungkan akan lebih banyak. Bisa diasumsikan 30% atau 40% dari total gaji bisa untuk ditabungkan jika tidak ada tanggungan cicilan bulanan yang besar. Dan separuhnya lagi bisa kalian gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Tetapi masih juga ditemukan beberapa orang masih belum bisa mengatur keuangan mereka dengan gaji 3 juta perbulan. Bahkan gaji tersebut bisa habis dengan cepat jika tidak diatur dengan baik.

Untuk mengelola keuangan keluarga, kalian perlu mengetahui tips atau cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Dalam mengatur keuangan rumah tangga diperlukan kecermatan dan ketelitian agar tidak ada sesuatu yang terlewatkan. Juga diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam semua langkah-langkah yang dijalani dalam rangka mengatur keuangan rumah tangga.

Berikut cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta:

  1. Membuat Skala Prioritas Bulanan

Menyusun skala prioritas adalah salah satu cara mengatur gaji 3 juta untuk ibu rumah tangga dan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena di dalam skala prioritas terdapat semua hal-hal penting yang harus dilakukan selama satu bulan. Skala prioritas juga menjadi acuan jika akan mengeluarkan uang, apakah pengeluaran tersebut nantinya masuk ke kebutuhan atau tidak.

Kalian dapat membuat buku khusus untuk mencatatkan setiap kebutuhan kalian agar lebih mudah mengalokasikan dana. Setelah terhitung jumlah dana yang dihabiskan untuk kebutuhan satu bulan, maka siapkan dana tersebut dan jangan sampai uang tersebut terpakai untuk hal lainnya.

  1. Mencatat Setiap Pengeluaran

Mencatatkan setiap pengeluaran yang telah kalian lakukan memang tidaklah mudah. Akan tetapi ini merupakan salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang sangat sederhana.

Dengan mencatat setiap pengeluaran yang kalian lakukan, maka akan mempermudah kalian untuk mengecek apakah pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan.

Jika keberatan setiap hari membuat cacatan pengeluaran, kalian bisa melakukannya setiap 2 atau 3 hari sekali dengan catatan setiap kali melakukan pembelian apapun mintalah struk atau nota bukti disertai dengan tanggal sehingga akan lebih mudah dalam mencatatkan pengeluaran.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

  1. Batasi Pengeluaran dengan Alokasi yang Jelas

Membatasi pengeluaran juga salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta. Ini hal yang tidak mudah, apalagi jika sudah terbiasa dengan pengeluaran yang banyak. Tetapi jika kalian ingin keuangan kalian mencukupi sekaligus bisa menabung, kalian harus bisa membatasi pengeluaran kalian.

Lakukan dengan kombinasi skala prioritas dengan alokasi pengeluaran yang jelas. Catatkan setiap hal yang harus diprioritaskan sehingga alokasi dana akan jelas.

Misalkan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi  adalah kebutuhan tempat tinggal, kebutuhan makan, transportasi, dan tagihan harus kalian penuhi. Dan juga kebutuhan kondisional juga seperti pendidikan, hutang, jatah orang tua dan sebagainya juga harus disiapkan semua dananya setiap bulan.

  1. Tetap Hidup Sederhana dan Konsisten

Menjalani hidup sederhana bukanlah hal yang sulit, tetapi diperlukan kosistensi diri dan juga kesabaran. Hidup sederhana berarti hidup dengan apa adanya, tidak berlebihan serta sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Memang bukan hal yang sulit tetapi juga tidak mudah bagi beberapa orang karena hidup sederhana harus siap dengan tidak selalu terbawa dengan tren yang ada.

Walau sebenarnya mengikuti tren memang diperlukan tetapi tidak semua tren baik untuk diikuti.

Tempatkan diri pada tren yang sesuai dengan kalian saja tidak perlu memaksakan diri. Intinya hidup sederhana sesuai dengan prinsip yang kalian miliki dan sederhana.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

  1. Menabung dan Investasi untuk Masa Depan

Menabung dan Investasi sebagai bekal di masa depan juga sangat diperlukan. Jangan melewatkan kesempatan jika kalian bisa menabung dan berinvestasi dalam waktu bersamaan. Walaupun kalian harus membutuhkan waktu dengan jangka yang panjang, tetapi menabung dan investasi tidak akan sia-sia.

  1. 50-30-20

Cara mengelola gaji 3 juta dapat dilakukan menggunakan pembagian 50-30-20. Tips ini merupakan cetusan dari Elizabeth Warren dalam mengatur keuangan dari gajinya. Dimana untuk 50 digunakan untuk kebutuhan pokok maupun kondisonal, 30 untuk hiburan atau senang-senang dan 20 untuk menabung serta investasi.

Untuk prosentase 20 jangan pernah menganggu gugat atau mengurangi. Jika menurut kalian 30 terlalu banyak untuk hiburan atau senang-senang kalian bisa menukarnya dengan 20, dan 30 digunakan untuk menabung dan investasi.

  1. Menambah Penghasilan

Kalian juga bisa menambah penghasilan dengan memanfaatkan keahlian yang kalian miliki jika masih mempunyai waktu senggang yang banyak. Bagi kalian yang tidak terlalu suka berpergian atau menghabiskan waktu senggang untuk keluar rumah, kalian bisa menggunakannya untuk berjualan online atau jasa bimbingan belajar atau jasa MUA atau jasa sesuai dengan keahlian yang kalian miliki.

Beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan di atas bisa kalian coba untuk mengelola keuangan rumah tangga kalian.

Akan tetapi selain tips diatas tentunya kalian juga tetap bisa menambahkan tips yang kalian miliki sendiri. Karena setiap orang juga tetap memiliki tipsnya sendiri, dan tips di atas merupakan beberapa rekomendasi yang bisa juga kalian pakai atau kombinasikan dengan tips kalian sendiri.

Keberhasilan dalam mengatur keuangan rumah tangga juga tidak selalu harus menekankan gaya hidup, tetapi lebih ke pemasukan dan pengeluaran yang kalian atur dengan baik.

Cara Menabung dengan Gaji 3 Juta

Tidaklah mudah bagi sebagian orang untuk menabung dengan gaji 3 bulan. Hal itu disebabkan karena banyak faktor seperti hidup boros atau tidak bisa mengatur keuangan rumah tangga.

Atur keuangan kalian terlebih dahulu sebelum berniat untuk menabung. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta sudah kami berikan penjelasan di atas. Jika kalian sudah merasa dapat mengelola keuangan keluarga, maka perhatikan cara menabung dengan penghasilan 3 juta berikut ini:

  1. Langkah pertama lakukan pembagian porsi gaji 50 – 30 – 20.
  2. 50 % untuk kebutuhan pokok (Rp. 1.500.000)
  3. 20 % untuk kebuhan hiburan (Rp. 600.000)
  4. 30 % untuk tabungan (Rp. 900.000)
  5. Atur skala prioritas kebutuhan kalian seperti di atas.

Setelah itu kalian dapat menabung atau menyimpan uang tersebut ke bank. Untuk cara menabung di Bank, caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu membuka rekening baru dan mengisinya menggunakan uang yang telah kalian sisihkan tersebut.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank BRI

Perlu diketahui, saat menabung kalian jangan menggunakan rekening yang biasa kalian gunakan sehari-hari. Melainkan kalian harus mempunyai rekening sendiri yang khusus untuk menabung.

Rekomendasi Asuransi dengan Gaji 3 Juta Per Bulan

Sebenarnya menabung maupun investasi sama saja. Yang membedakan hanyalah yang satu dalam bentuk uang dan satunya lagi dalam bentuk barang atau benda. Untuk asuransi kalian bisa mencoba beberapa rekomendasi berikut.

  1. Prudential

Asuransi ini meliputi asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Prudential ini sudah cukup amat terkenal di bidang asuransi. Tagihan asuransi Prudential ini juga tidak terlalu mahal, jadi sisa gaji kalian dapat disisihkan untuk asuransi prudential ini.

Asuransi juga diperlukan karena dapat dimanfaatkan untuk keperluan di masa depan. Dan jika sewaktu-waktu terjadi masalah kesehatan kalian juga bisa menggunakan klaim asuransi untuk biaya pemeriksaan kesehatan kalian tanpa harus mengeluarkan uang lagi.

Baca Juga: Cara Cek Saldo Prudential

  1. Allianz

Allianz juga merupakan perusahaan penyedia jasa asuransi internasional yang sudah melayani nasabah hampir 100 juta jiwa baik personal maupun perusahaan di 70 negara seluruh jaringan Allianz.

Jadi jika kalian mempunyai uang yang lebih, kalian dapat mendaftarkan asuransi ke pihak Allianz. Untuk cara daftar asuransi Allianz sudah kami tuliskan sebelumnya.

Investasi Emas dengan Gaji 3 Juta Per Bulan

Investasi yang nilainya cenderung lebih stabil adalah Emas. Emas memang tidak diragukan kestabilan nilainya, kalian bisa membeli emas pada waktu harga mas turun dan murah sehingga pada waktu nilainya naik kalian bisa menjualnnya sehingga banyak mendapatkan keuntungan.

Investasi emas bisa emas batangan atau emas perhiasan. Keduanya sama-sama menguntungkan hanya berbeda pada segi kegunaannya saja. Bagi yang suka memakai perhiasan emas silahkan investasikan pada perhiasan emas, bagi yang tidak suka bisa membeli emas batangan untuk disimpan.

Pembelian emas pun juga tidak sembarangan, setiap emas memiliki ukuran beratnya masing-masing. Kalian juga bisa membeli emas sesuai dengan uang yang kalian miliki, tetapi untuk perhiasan emas ukuran dimulai kurang dari 1 gram dan karat yang berbeda-beda sedangkan emas batangan mulai dari 1 gram dengan karat 24 atau kandungan emas 99,99 %.

Beberapa rekomendasi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta per bulan di atas bisa kalian coba. Manfaatkan dengan baik sisa gaji kalian untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan membelanjakan untuk hal-hal yang tidak berguna agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sampai disini pembahasan kali ini, semoga bisa membantu kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca. Jika ada yang kurang kalian pahami silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share kepada teman-teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA