10 Tips Cara Mengatur Keuangan Pribadi Pelajar atau Mahasiswa

Keuangan pribadi pelajar dan mahasiswa umumnya sangat terbatas. Untuk itu agar dapat mencukupi semua kebutuhan, kalian perlu mengetahui cara mengatur keuangan pribadi pelajar atau mahasiswa.

Sebagai mahasiswa atau pelajar kalian sudah harus belajar untuk hidup mandiri. Mampu mengatur keuangan merupakan salah satu wujud dari hidup mandiri.

Kebanyakan dari kalian mungkin masih mengandalkan uang bulanan dari orangtua karena memang tujuan utama kalian adalah belajar. Selain sibuk belajar kalian harus bisa benar-benar membagi keuangan sesuai anggaran dan jangan terlalu boros.

Karena tidak semua dari kalian berasal dari orangtua berada, sehingga kalian juga harus menyadari bagaimana kondisi keuangan keluarga kalian. Dengan menyadari kondisi keuangan keluarga, kalian harus berfikir terlebih dahulu jika akan membelanjakan uang. Kalian harus benar-benar mengelolanya dengan baik serta bijaklah dalam membelanjakannya.

Selain itu kebiasaan mengatur keuangan tidak hanya berdampak baik saat kalian berkuliah atau sekolah  saja, akan tetapi bisa juga kalian terapkan ketika kalian nanti sudah bekerja dan berkeluarga.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa agar dapat mencukupi semua kebutuhan dapat tercukupi, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Pelajar atau Mahasiswa

Apabila kalian mampu mengatur keuangan pribadi dengan bijak, maka pasti semua kebutuhan akan terpenuhi. Karena pada dasarnya orang tua akan memberikan kalian uang sesuai kebutuhan dan tidak akan kuran.

Yang menyebabkan uang saku kalian terasa kurang adalah kalian hidup terlalu boros sehingga uang yang diberikan orang tua akan terasa kurang. Maka dari itu kalian perlu untuk mengetahui cara mengelola keuangan pribadi pelajar dan mahasiswa ini.

Ada banyak tips atau cara mengatur keuangan pribadi pelajar atau mahasiswa yang dapat kalian lakukan. Berikut ini adalah tipsnya:

  1. Membuat Daftar Anggaran Kebutuhan Prioritas

Pelajar atau mahasiswa saat ini lebih senang membelanjakan uanganya tanpa mengatur anggaran terlebih dahulu. Membelanjakan uang tanpa berpikir terlebih dahulu itu bukanlah kebiasaan yang baik. Kalian akan cenderung memiliki pola hidup yang boros. Maka dari itu perlu sekali kalian membuat daftar anggaran kebutuhan prioritas.

Cara mengatur keuangan pribadi pelajar dengan membuat anggaran kebutuhan prioritas adalah hal yang sangat efektif dan sangat kami rekomendasikan.

Daftar anggaran tersebut nantinya berisi kebutuhan bulanan yang sifatnya prioritas dan harus diutamakan. Seperti kebutuhan pokok makan, bayar kost (bagi yang kost bulanan), kebutuhan kebersihan, bayar tagihan (listrik, air, dan wifi), kebutuhan kecantikan (bagi perempuan), kebutuhan ATK beserta lainnya, dan masih banyak kebutuhan lainnya yang bersifat kondisional serta darurat.

Selain itu nominal uangnya juga harus kalian tentukan, sehingga nantinya akan memudahkan kalian dalam menggunakan atau membelanjakannya. Dan perlu kalian ingat yaitu jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pemasukan.

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Terkadang saat berbelanja jika tidak memiliki daftar belanjaan terlebih dahulu akan kalap sehingga membeli barang-barang yang tidak perlu bahkan kebutuhan yang seharusnya dibeli malah kelupaan.

Maka dari itu cara mengatur keuangan pribadi pelajar atau mahasiswa adalah dengan menyiapkan daftar belanjaan kebutuhan yang sangat dibutuhkan selama satu bulan kedepan. Buat daftar yang benar-benar betul kalian butuhkan, sehingga kalian ketika berbelanja hanya terfokus pada daftar yang sudah kalian siapkan sebelumnya.

Jangan terlalu menuruti keinginan yang tidak perlu, sesuaikan gaya hidup dengan budget keuangan yang kalian miliki. Tidak perlu mengikuti gaya hidup yang konsumtif dan hedonis yang dampaknya tidak baik bagi kesehatan uang kalian.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

  1. Mencatat Setiap Transaksi Pengeluaran

Pengeluaran bagi pelajar atau mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu prioritas dan kondisional. Untuk pengeluaran prioritas nilai nominalnya pasti sudah jelas seperti bayar kos, uang makan, uang transportasi, uang kuliah, uang Buku beserta ATK, uang tagihan bulanan (listrik, air, wifi), dan dana darurat untuk disisihkan.

Untuk pengeluaran kondisional biasanya tergantung kondisi yang kalian jalani, misal kalian sakit maka kalian perlu membeli obat dan masih banyak keadaan kondisional lainnya.

Dengan pengeluaran tersebut kalian perlu melakukan cara mengatur keuangan bulanan bagi pelajar atau mahasiswa dengan mencatat transaksi setiap pengeluaran.

Siapkan buku khusus untuk mencatatkan semua pengeluaran kalian. Dan setiap akhir bulan lakukan perekapan semua pengeluaran yang telah kalian lakukan. Perekapan dilakukan untuk membandingkan dengan pengeluaran di bulan-bulan berikutnya atau sebelumnya.

  1. Memanfaatkan Berbagai Sumber Pemasukan

Pemasukan utama kalian adalah dari orangtua, sehingga selain kalian harus benar-benar membaginya dengan benar agar kalian tidak mengalami kesulitan keuangan kemudian hari.

Tetapi bagi kalian yang memiliki waktu senggang ketika sedang tidak kuliah atau sekolah, kalian bisa memanfaatkan kesengganggan waktu itu untuk menambahkan pemasukan.

Baca Juga: Cara Membagi Gaji Bulanan

Saat ini banyak sekali tempat yang menawarkan sistem kerja part time atau shift sehingga tidak akan terlalu menggangu kegiatan belajar kalian. Yang terpenting lagi kalian bisa membagi waktu antara belajar dan bekerja dengan pas.

Jika kalian tidak suka ikut bekerja dengan orang lain, kalian bisa membuka usaha kecil-kecilan seperti jualan online, jasa menjahit, jasa tulis dan masih banyak lagi lainnya.

Sumber pemasukan lain itu juga bisa untuk membantu kuliah kalian jika sewaktu-waktu orang tua terlambat mengirimkan uang untuk kalian.

  1. Menjaga Pola Makan

Biasanya anak kost pola makannya tidak dijaga dengan baik karena lebih suka makan makanan instan atau cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan. Memang dengan ini kalian di anggap seperti hidup hemat, tetapi jangan terlalu sering.

Kalian tetap harus memperhatikan kondisi kesehatan kalian dengan tetap makanan yang menyehatkan seperti sayuran, protein (tahu, tempe tidak harus daging atau ayam), buah (minimal pisang atau pepaya) dan susu atau air putih tidak apa-apa.

Kalian juga bisa memasak sayur sendiri sehingga kesehatan dan kebersihannya kebersihannya. Dan hindari jajan makanan sembarangan apalagi di tempat yang tidak higenis.

Jika kalian ingin lebih sehat lagi ditambah dengan berolahraga 2 atau 3 hari dalam satu minggu.

Dengan menerapkan pola hidup hemat kalian sudah dapat menerapkan cara mengelola keuangan pribadi pelajar atau mahasiswa.

  1. Menabung uang Sisa Bulanan

Menabung dilakukan biasanya karena ada sesuatu yang diinginkan, tetapi bisa juga digunakan untuk berinvestasi. Kalian bisa menabungkan uang dari sisa pemasukan setelah dikurangi pengeluaran bulanan.

Meskipun tidak banyak itu tidak masalah, asalkan kalian konsisten lama-lama juga akan menjadi banyak dan bisa kalian gunakan untuk membeli sesuatu yang kalian inginkan.

Kalian bisa menabung dengan memasukkan uang di dalam celengan atau langsung menabung di rekening bank.

  1. Ikut Kerja Part Time

Kerja parttime yang tidak terikat waktu juga bisa menambah pemasukan bulanan kalian, meskipun tidak sebanyak dari kerja fulltime.

Jika kalian mengerjakannya dengan disiplin dan telaten meskipun hanya parttime itu juga bisa mengasah skill kalian serta menambah pengalaman dalam dunia kerja.

  1. Tidak Sering Berpergian

Jiwa muda memang tidak bisa untuk diam, cenderung lebih suka untuk melakukan banyak aktivitas diluar rumah. Seperti berpergian bersama teman di tempat-tempat tertentu. Dan juga biasa untuk meetup atau nongkrong di cafe.

Tidak salah kalian melakukan itu, tetapi alangkah baikknya jika kalian membatasinya dan tidak terlalu sering berpergian. Karena kalian perlu uang untuk itu, meskipun tidak banyak jika terlalu sering uang tersebut bisa kalian gunakan untuk hal penting lainnya.

Kalian juga berhak menolak ajakan teman kalian, jika kalian memang benar-benar tidak ingin melakukan berpergian cukup berkata jujur saja apa alasan kalian menolak.

  1. Hemat dan Tidak Boros

Cara mengatur keuangan pribadi pelajar atau mahasiswa dapat dilakukan dengan menerapkan hidup hemat. Hidup hemat dan tidak boros harus dilakukan sejak dini.

Hemat dalam membelanjakan uang bisa kalian lakukan dengan hidup sesuai dengan keuangan yang kalian miliki. Misalkan kalian dalam satu hari menganggarkan uang 15.000 untuk satu kali makan, kalian harus mencukupkan dana tersebut jangan ditambahkan.

Terlalu boros dalam membelanjakan uang juga bukan aktivitas yang baik apalagi kalian yang masih menggatungkan diri dari uang orangtua, tidak etis jika kalian seenaknya menghabiskan uang yang diberikan padahal orangtua bekerja dengan keras demi bisa mengirimkan uang kepada kalian.

  1. Siapkan Dana Darurat

Jika ada sesuatu terjadi secara tiba-tiba dan harus mengeluarkan uang apa yang harus kalian lakukan? Apa harus lari ke hutang? Tidak jangan terlalu membiasakan diri berhutang apalagi kalian masih pelajar atau mahasiswa.

Dengan menyiapkan dana darurat, kalian sudah menerapkan cara mengatur keuangan pribadi pelajar atau mahasiswa dengan baik, karena dana darurat masuk ke dalam prioritas utama.

Berapapun nominal dana yang kalian siapkan untuk dana darurat itu tidak masalah, yang terpenting kalian sudah menganggarkan dana darurat tersebut.

Seberapa sulit kalian menerapkan tips atau cara mengatur keuangan pribadi untuk pelajar atau mahasiswa di atas? Semuanya demi kebaikan kalian sendiri.

Jika kalian hidup sembrono dan tidak teratur, maka dampak negatif juga kalian sendiri nantinya yang akan merasakan. Jadikan diri kalian bijak, disiplin dan konsisten dalam menjalankan setiap aktivitas.

Kapan Mengatur Keuangan Pribadi Dilakukan?

Tentu saja kalian harus belajar dari kecil, paling tidak kalian mulai belajar mengatur keuangan ketika kalian masih SD. Di masa ketika sudah masuk SMA, kalian harus sudah bisa mengatur keuangan pribadi dan semakin lama kalian harus semakin mahir.

Jadikan kebiasaan ini agar menjadikan pola hidup kalian lebih teratur dan disiplin.

Itulah cara mengatur keuangan pribadi pelajar atau mahasiswa yang dapat kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian dalam mengatur keuangan pribadi.

Jika ada yang kurang kalian pahami tentang cara mengatur uang bulanan mahasiswa atau pelajar, silahkan tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share kepada teman-teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA