Cara Mengatasi Your Connection Is Not Secure

Sebagian orang kerap mengalami masalah Not Secure di Google Chrome. Sebenarnya apa sih notice your connection is not secure tersebut. Mari kita bahas tuntas dan cara mengatasi your connection is not secure.

Masalah seperti ini umum dijumpai banyak orang, karena penyebab-penyebabnya itu beragam. Mungkin penyebabnya dari server, browser bahkan dari koneksi jaringan yang digunakan.

Apa Itu Your Connection Is Not Secure?

Your connection is not secure adalah sebuah notice atau peringatan error yang memberitahukan bahwa website yang kalian kunjungi tidak aman sehingga yang terjadi adalah website tidak dapat dibuka.

Jika kalian memiliki website mungkin ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya your connection Is not secure salah satunya yaitu website kalian tidak memiliki sertifikat SSL.

Sebagian orang mungkin belum mengerti tentang SSL. Singkatnya SSL atau  Secure Socket Layer adalah sistem keamanan yang ada pada website. Untuk mengetahui website tersebut sudah memiliki SSL yaitu melihat dari url website.

Jika url website hanya http:// belum ada SSL untuk website yang sudah ada SSL urlnya berubah menjadi https://.

Banyak manfaat yang didapat dari SSL, yang pasti untuk keamaan. Namun disisi lain ssl juga bermanfaat bagi website untuk mencegah terjadinya pencurian data.

Bermanfaat untuk keamanan webisite, SSL juga berpengaruh untuk kepentingan optimasi website untuk SEO. Dari sini kita sudah sedikit paham mengenai ap aitu SSL.

Selanjutnya kita Kembali ke topic utama tentang cara mengatasi not secure di website.

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Secure Pada Website

Kalian dapat mengikuti beberapa cara dibawah untuk mengatasi not secure pada website. Berikut cara mengatasi website not secure:

  1. Clear Cache, Data Browsing dan Cookies

Kebiasaan jika ada masalah saat browsing melakukka hapus data dan hapus cache. Kalian dapat mencoba membersihkan cache dan data browsing kalian untuk mengatasi masalah is not secure ini.

Kenapa menghapus cache dan data browsing? Mudahnya begini, jadi saat kalian melakukkan browsing secara tidak langsung browser akan menyimpan beberapa data sementara seperti gambar. Ini dilakukkan agar loading website dapat lebih cepat dan pengurangan penggunaan bandwith.

Itu bertujuan agar Ketika kalian membuka Kembali website yang sama, data yang tersimpan sementara tadi dimuat ulang untuk ditampilkan ke layar. Hal-hal tersebut yang memungkinkan memicu error not secure.

  1. Mensetting Ulang Pengaturan tanggal

Hal lain yang menyebabkan terjadinya masalah your connection is not secure yaitu tanggal pada laptop atau komputer kalian. Jika tanggal dan waktu di komputer kalian tidak sesuai browser seperti google chrome, mozila dan yang lainnya mendeteksi SSL sudah expired.

Kalian dapat merubahnya ke tanggal dan waktu yang sesuai.

  1. Gunakan Private Mode/Mode Incognito

Menggunakan private mode berarti data pribadi kalian tidak akan tersimpan di browser. Private mode tidak akan menyimpan history penelusuran, cookies dan data-data yang kalian masukkan pada browser.

Cobalah akses website menggunakan mode incognito jika tetap tidak bisa gunakan cara yang lain untuk bisa mengaksesnya.

  1. Mematikan Fitur Scan SSL di Software Antivirus

Software antivirus yang terinstall pada komputer juga bisa jadi penyebab masalah not secure di google chrome. Terkadang memberikan keamaan yang terlalu ketat membuat antivirus memblokir semua website bahkan yang sudah ada sertifikat SSL.

  1. Hapus Sertifikat Cert8.db Mozila Firefox

Cert8.db berfungsi menyimpan berbagai sertifikat keamaan yang sudah terinstall di browser. File ini juga bisa mengalami korup yang menyebabkan masalah your connection is not secure.

Berikut cara menghapusnya:

  • Tutup browser kalian, lalu buka Task Manager pada komputer kalian. Atau tekan tombol Ctrl + L + Shift + Esc pad keyboard.
  • Jika sudah pilih Firefox, kemudian pilih End Task.
  • Selanjutnya buka aplikasi RUN bisa tekan Windows Key + R.
  • Masukkan %appdata% lalu tekan enter.
  • File manager akan terbuka, lalu cari file Bernama cert8.db. Hapus file tersebut.
  • Restart komputer kalian lalu buka kembali browser kalian.
  1. Restart Router atau Modem

Your connection is not secure mungkin bisa disebabkan dari jaringan wifi kalian. Kalian bisa melakukkan restart pada router atau modem wifi. Lalu buka Kembali website apakah masih ada pesan your connection is not secure. Jika masih ada jaringan kalian tidak menjadi penyebab masalah.

  1. Memasang SSL Pada Website

Jika kalian pemilik website kalian dapat menginstall dan memasang sertifikat keamanan berupa SSL untuk mengatasi your connection is not secure ini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas pemicu utama dari masalah ini mungkin tidak adanya SSL pada website.

Mungkin sekian dan sampai disini dulu pembahasan kali ini terkait cara mengatasi your connection is not secure. Kalian juga dapat memperbaiki masalah your windows license will expire soon dengan mudah di laptop kalian.

Sebelum mengakhiri pembahasan kali ini, buat kalian yang memiliki website atau mungkin ingin membuat website hal yang paling penting yang wajib kalian perhatikan yaitu website sudah terisntall SSL.

Supaya website kalian tetap aman dan bisa diakses. Terlibih itu pemasangan SSL sangat mudah di layanan hosting dan domain yaitu domainesia.com.

Harga hosting murah dengan kualitas yang mewah bisa kalian dapatkan di domainesia. Apalagi dengan layanan customer service 24 jam, kalian dapat menghubungi tim dari domainesia dan menyelesaikan masalah yang ada seperti pemasangan SSL pada website.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA