10 Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Munculnya notifikasi Telegram terlalu banyak mencoba cukuplah menggangu bagi banyak orang. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba.

Aplikasi chat yang sangat populer dengan banyak fitur yang lebih menarik daripada aplikasi chat lainnya yaitu Telegram.

Semenarik apapun fitur yang disediakan, setiap aplikasi pasti mengalami eror atau permasalahan. Seperti tidak bisa kirim pesan atau terlalu banyak mencoba.

Error ini muncul ketika kalian sudah mencoba beberapa kali untuk login ke akun tetapi tidak bisa. Hal ini terjadi dikarenakan sistem keamanan dari telegram mengalami permasalahan.

Seperti sistem google, Telegram juga memberlakukan pembatasan keamanan dimana yang masuk perangkat adalah benar-benar kalian sendiri bukan orang lain.

Jadi jika ada orang lain yang terus mencoba untuk bisa masuk ke dalam akun sampai berhasil sehingga Telegram memunculkan pemberitahuan peringatan terlalu banyak mencoba.

Saat muncul notifikasi tersebut, tentunya sangat menggangu. Lalu bagaimana cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba? Berikut beberapa cara yang bisa kalian coba lakukan.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Status Online di Telegram

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Bagi kalian yang mengalami permasalahan tersebut kalian dapat mencoba mengatasi dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Tunggu Dalam Waktu 1 atau 2×48 Jam

Saat terjadi eror tentu hal yang perlu dilakukan adalah dengan menunggu minimal 1×24 jam atau 2 x24 jam sampai telegram mengijinkan kalian untuk login lagi. Tetapi lama waktu juga dipengaruhi dari sedikit banyaknya kesalahan yang kalian lakukan.

Jika waktu pembatasan sudah terlewati tentu Telegram akan kembali normal dan stabil kembali seperti semula.

  1. Periksa Kestabilan Jaringan

Pengaruh jaringan internet juga sangat penting, tanpa mereka kalian tidak akan bisa untuk menggunakan telegram kalian. Karena sistem kerja mereka harus tersambung dengan koneksi internet.

Koneksi internet bisa kalian akses melalui paket data atau wifi, namun jika keduanya bermasalah bisa mengakibatkan aplikasi eror. Seperti peringatan terlalu banyak mencoba.

Jadi ketika jaringan internet tidak stabil, kalian cek dahulu dengan menggunakan aplikasi Speedtest yang bisa kalian download di Appstore atau Playstore.

Menunggu jaringan internet stabil tidak membutuhkan waktu lama, paling lama biasanya setengah hari atau 12 jam. Namun ketika menggunakan koneksi internet pastikan tersambung  dengan benar.

  1. Restart Smartphone

Restrat Hp juga menjadi salah satu cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan atau memulihkan ponsel ke pengaturan semula.

Restart sendiri hampir sama dengan merefresh ponsel pada kondisi tertentu sehingga kembali normal kembali. Caranya mudah sekali kalian hanya perlu menekan tombol power agak lama, lalu ketikan muncul opsi pilih saja Restart.

  1. Update Telegram Versi Terbaru

Saat versi telegram yang kalian pakai terlalu kuno karena belum diupdate ke versi terbaru, itu juga bisa menganggu kinerja dari aplikasi. Kinerja aplikasi menjadi tidak maksimal sehingga muncul peringatan terlalu banyak mencoba.

Maka dari itu cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba ya tentu saja kalian perlu mengupdate telegram ke versi terbaru.

Caranya kalian hanya perlu menuju toko aplikasi kalian mendownload telegram, ketik pada kolom pencarian Telegram, ketika muncul klik Update dan proses update akan berlangsung tunggu saja sampai selesai.

  1. Lakukan Penghapusan File Cache pada Telegram

File cache yang terlalu penuh juga bisa menjadi penyebabnya, telegram termasuk penghasil file cache yang lumayan banyak terlebih lagi jika aplikasi sering dipakai.

Menghapus file cache juga sangat mudah, kalian hanya perlu ke Pengaturan/ Settings lalu Manjemen Aplikasi pilih saja Telegram dan klik akan muncul penggunaan memori/Storage Usage dan hapus saja Canche/File sampah.

Baca Juga: Cara Main Anonymous Chat Telegram

  1. Buat Space Memori Internal Lega

Space memori internal yang penuh bisa menganggu kinerja ponsel jadi lemot sehingga tidak maksimal. Biasanya memori internal menjadi tempat menyimpan file foto, dokumen, video, dll.

Jika space yang tersedia sangat kecil atau hampir habis maka ini juga bisa jadi penyebabnya. Cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba adalah kalian menghapus beberapa aplikasi atau berkas file yang tidak penting agar space memori cukup ukuran minimalnya.

Sehingga kinerja aplikasi bisa kembali normal dan tidak muncul peringatan terlalu banyak mencoba.

  1. Lihat Space RAM Smartphone

Coba kalian cek apakah masih ada sisa space RAM, ukuran RAM yang besar membuat kinerja aplikasi menjadi lancar. Jika RAM yang penuh bisa kalian lakukan dengan mengeluarakan semua aplikasi yang berjalan dibalik layar.

Hal ini bertujuan agar aplikasi bisa bekerja debmgan normal seperi sedia kala. Agar kalian tetap nyaman berkomunikasi kalian perlu memilih merk ponsel dengan RAM minimal anam dimasuki beberapa aplikasi tanpa ada gangguan.

 

  1. Gunakan Telegram Versi Lama

Jika ukuran space RAM tidak cukup, kalian tidak perlu kecewa karena kalian beberapa ponsel memang memiliki RAM kecil tidak mencukupi jika aplikasi di update.

Maka dari itu cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba adalah dengan update aplikasi Telegram pada Play Store atau App Store.

  1. Instal Ulang Telegram

Jika cara-cara sebelumnya kalian coba tapi masih belum berhasil, maka kalian bisa untuk mencoba cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba ini. Aplikasi telegram kalian hapus dan uninstall dahulu.

Setelah itu kalian install ulang kembali dengan mengunduhnya terlebih dahulu di toko aplikasi. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi telegram terlalu banyak mencoba.

  1. Gunakan VPN

Cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba terakhir ini cukup beresiko daripada pada cara-cara sebelumnya, karena kalian harus melakukan penggantian IP Address ponsel kalian agar bisa login.

Kalian akan seolah-olah mengakses internet di negara lain. Saat proses login kalian harus hati-hati jangan sampai terjadi kesalahan, karena jika tetap terjadi kesalahan yang sama dalam 48 jam, akun kalian tidak akan bisa login dalam jangka waktu berminggu-minggu.

Maka dari itu cara ini lebih baik kalian hindari saja, kecuali jika kalian sudah profesional menggunakan VPN sebelumnya.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Jangan lupa share artikel ini. Jika ada pertanyaan tinggalkan komentar di kolom yang tersedia.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA