Kenapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca [100% Berhasil]

Kartu SD yang tidak terbaca merupakan sesuatu yang sangat menjengkelkan. Tenang saja, kami akan memberikan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca agar permasalahan kalian terselesaikan.

Kartu memori memang tersedia untuk smartphone dimana memiliki jenis, kecepatan dan kapasitas yang berbeda-beda. Biasanya orang-orang menggunakan kartu SD karena memori internal sudah penuh.

Sehingga agar penyimpanan tetap ada, harus memakai kartu SD sebagai pengganti memori internal. Tetapi sebelum membahas cara mengatasi kartu SD tidak terbaca, kalian perlu tahu dahulu jenis-jenis kartu SD berdasarkan kapasitas serta kompatibelnya dengan Smartphone yang kalian gunakan.

Jenis Jenis Kartu SD

Jenis kartu SD terbagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut.

  • SDSC (Secure Digital Standard Capacity)

Jenis ini hanya tersedia dengan kapasitas 2GB saja, mungkin untuk smartphone keluaran lama akan cocok dengan jenis ini. Namun sekarang sudah sangat jarang ditemukan.

  • SDHC (Secure Digital High Capacity)

Jenis ini tersedia mulai dari 4GB sampai dengan 32GB yang cocok untuk smartphone jenis baru saat ini.

  • SDXC (Secure Digital eXtended Capacity)

Jenis ini termasuk menawarkan kapasitas penyimpanan 32GB sampai dengan 2TB. Cukup besar sekali bahkan mau diisi banyak jenis file akan sanggup. Penyimpanan ini akan cocok dengan smartphone kaluaran paling terbaru.

  • SDUC (Secure Digital Ultra Capacity)

Jenis ini sangat besar sekali kapasitasnya yaitu sampai dengan 128TB dan kecepatan transfernya mencapai 938 MB/s hampir 1GB. Jenis ini juga baru diperkenalkan, jadi ukurannya terlalu besar untuk smartphone biasa.

Dalam memilih kartu SD tersebut, kalian harus benar-benar menyesuaikan dengan kemampuan penyimpanan smartphone kalian. Jika kalian hanya asal memilih haya bisa jadi merusak smartphone atau kartu SD tersebut.

Kembali ke permasalahan kenapa kartu SD tidak terbaca.

Timbulnya masalah kartu SD tidak terbaca tentunya disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini penyebab kartu SD tidak terbaca.

Baca Juga: Cara Memindahkan File ke Kartu SD

Penyebab Kenapa Kartu SD Tidak Terbaca

Biasnya penyebab utama kerusakan kartu SD dikarenakan usia pemakaiannya. Hal tersebut menjadi penyebab umum kerusakannya, namun pengguna kartu SD juga mengungkapkan bahwa ada penyebab lainnya selain faktor usia.

Berikut penyebab kenapa kartu SD tidak terbaca lainnya yang perlu kalian untuk ketahui :

  1. Usia Pemakaian Melebihi Batas Waktu

Usia pemakaian kartu SD rata-rata waktu terbaiknya adalah 4 sampai 6 tahun, tetapi juga tergantung dari merk yang dipakai. Pemakaian lebih dari 5 tahun membuat kartu SD rentan mengalamai kerusakan.

  1. Kuningan Pada Kartu SD Tergores

Kuningan pada kartu SD ini sifatnya sangat sensitif sekali, jika tergores sedikit saja bisa menyebabkan kartu SD tidak terbaca. Goresan yang terjadi bisa saja karena ketidaksengajaan ataupun hal lainnya. Selain itu kuningan pada kartu SD menjadi konektor sehingga kartu bisa terbaca.

  1. Pemasangan Kartu SD yang Kurang Pas

Pemasangan kartu SD yang kurang pas juga bisa menjadi penyebab kartu SD tidak terbaca, terkadang pemasangan kurang pas dan sesuai ini menjadikan proses pembacaan kartu SD tidak maksimal.

  1. Kartu SD Mengalami Corrupt

Selain itu, file di dalam kartu SD juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan/Corrupt nya file tersebut akhirnya kartu SD menjadi tidak terbaca. File tersebut harus diatur ulang agar bisa terbaca.

  1. Kartu SD Tidak Support

Memang ukuran kartu SD saat ini sangat beragam sekali, mulai dari 2GB sampai 2TB yang sangat besar sekali. Ukuran kartu SD juga harus disesuaikan dengan kapasitas smartphone yang kalian gunakan. Jika tidak sesuai, maka kartu SD jadi tidak terbaca.

  1. Sering Memindah-mindahkan Kartu SD ke Perangkat Lain

Sering ganti smartphone menyebabkan kartu SD juga harus ikut dipindahkan. Akibatnya malware smartphone tersebut bisa mengubah/merusak konfigurasi file pada kartu SD.

Selain itu juga bisa menyebabkan kuningan pada kartu SD tergores cukup banyak.

  1. Partisi Memori Mengalami Kerusakan

Penyebab kartu SD tidak terbaca terakhir, partisi memori mengalami kerusakan sehingga kartu SD tidak bisa terbaca. Partisi kartu SD harus diatur ulang agar bisa terbaca.

Penyebab kartu SD tidak terbaca bisa saja dikarenakan hal-hal di atas. Kerusakan file yang ada di kartu SD juga rentan terjadi sebenarnya, sehingga tidak bisa terbaca ketika dipakai. Dan untuk memperbaiki file yang rusak diperlukan aplikasi khusus.

Karena jika kartu SD nya yang rusak total kemungkinan tidak bisa diperbaiki. Kalian mau tidak mau mungkin harus mengganti baru, atau jika masih ada kemungkinan untuk diperbaiki lakukan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di bawah ini.

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

Kalian bisa memilih salah satu cara mengatasi kartu SD yang tidak terbaca karena disebabkan hal-hal yang saya sebutkan sebelumnya.

  1. Bersihkan Kartu SD

Cara mengatasi kartu SD tidak terbaca pertama ini sering kali dilakukan bagi para pengguna smartphone dan termasuk yang paling mudah di antara cara-cara yang lain. Langkah-langkahnya cukup sederhana :

  • Matikan terlebih dahulu Smartphone kalian.
  • Keluarkan kartu SD dari slot penyimpanan di Smartphona kalian, hati-hati ketika melepasnya jangan sampai kartu SD mengalami lecet atau tergores.
  • Bersihkan kotoran pada kuninga kartu SD biasanya ada banyak debu yang menempel. Pakai pembersih atau tisu supaya lebih bersih.
  • Jika terlihat sudah bersih kalian bisa memasangkan kembali kartu SD ke penyimpanan smartphone kalian.
  • Cek dahulu apakah sudah kembali normal, jika sudah berarti cara mengatasi kartu SD tidak terbaca ini berhasil.
  1. Cek Error Melalui PC atau Laptop

Jika kartu SD tetap tidak terbaca di Smartphone kemungkinan karena adanya error. Maka cara agar kartu SD terbaca kalian bisa mencoba untuk cek error tersebut menggunakan PC atau Laptop. Ada fitur Error Checking pada Windows yang bisa kalian gunakan memperbaiki. Langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  • Pasangkan kartu SD pada Card Reader lalu hubungkan pada PC atau Laptop kalian.
  • Buka File explorer atau Windows Explorer lalu pilih Kartu SD.
  • Klik kanan pada Kertu SD pilih Properties kemudian klik Tools dan terakhir klik Check Now.
  • Centang pada automatically fix file systems errors dan scan for and attempt recovery of bed sector.
  • Klik Start dan tunggu hingga proses selesai.
  • Jika sudah selesai pasangkan kembali ke Smartphone kalian. Cek apakah sudah normal kembali atau belum.

 

  1. Cek Pakai Smartphone Lain

Cara mengatasi kartu SD tidak terbaca ketiga kalian bisa untuk mencoba cek kartu SD kalian menggunakan smartphone lain. Coba cek menggunakan Smartphone keluaran terbaru supaya tahu kompatibilitas kartu SD tersebut. Akan ada dua opsi yang kemungkinan bisa terjadi :

  • Jika kartu memori bisa terbaca pada Smartphone terbaru kemungkinan kartu SD tersebut tidak support pada Smartphone kalian.
  • Jika tidak terbaca pada Smartphone lainnya kemungkinan memang kartu memori mengalami kerusakan total.
  1. Format Kartu SD

Cara mengatasi kartu SD tidak terbaca ini jika benar-benar terpaksa harus dilakukan, maka kartu SD harus di format untuk memperbaikinya. Format ini dilakukan dengan menggunakan Smartphone kalian dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka smartphone kalian lalu buka menu Pengaturan atau Settings.
  • Pilih fitur Penyimpanan atau Storage dan akan ditampilkan dua pilihan yaitu Penyimpanan Internal dan Penyimpanan Eksternal.
  • Kalian pilih opsi kedua yaitu Penyimpanan Eksternal.
  • Pilih Format Kartu SD kemudian Konfirmasi Format.

Tunggu sampai proses format selesai dan cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca di hp selesai. Setelah itu semua file akan hilang. Dan kalian dapat mencoba melihat apakah kartu SD sudah terbaca atau belum.

 

  1. Format Kartu SD Melalui PC atau Laptop

Ini bisa menjadi cara mengatasi kartu SD tidak terbaca terakhir jika kartu SD tetap tidak terbaca setelah kalian format menggunakan smartphone.

Kemungkinan kartu SD masih bisa terbaca di PC atau Laptop kalian, maka kalian bisa melakukan format melalui PC atau Laptop untuk memperbaikinya dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pasangkan kartu SD pada Card Reader kemudian hubungkan pada PC/Laptop kalian.
  • Buka File Explorer atau Windows Explorer dan Pilih Kartu SD.
  • Klik kanan pada kartu SD kemudian pilih Format.
  • Atur File sistem terlebih dahulu menjadi FAT. Beri tanda centang pada Quick Format.
  • Klik Start untuk memulai proses format kartu SD, jika muncul dialog klik OK.
  • Tunggu proses format selesai.
  • Eject kartu SD dan pasang kembali ke Smartphone kalian.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca ini. Kalian tidak perlu bingung karena masih bisa diatasi ketika kartu SD tidak bisa terbaca kecuali memang benar-benar rusak.

Sampai disini pembahasan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di HP ini. Semoga bisa membantu kalian. Jika ada pertanyaan tinggal komentar di kolom yang tersedia. Jangan lupa share ya, Terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA