6 Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Membeli HP

Uang jajan 2000 terlihat kecil, akan tetapi jika kalian telaten menabung sebanyak 2000 per hari maka kalian dapat mengumpulkan uang yang cukup banyak. Berikut ini cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP.

Ketika menginginkan sesuatu tetapi uang untuk membelinya belum ada, tentu yang harus kita lakukan adalah menabung terlebih dahulu.

Seperti saat ini handphone menjadi barang yang sangat diperlukan, tidak hanya sekolah bahkan bekerjapun juga memerlukan handphone. Dahulu memang tidak banyak yang memiliki HP karena harganya yang sangat mahal.

Tetapi karena sudah menjadi kebutuhan, maka hampir jarang ditemui orang yang tidak memiliki HP. Lalu bagaimana jika sama sekali belum memiliki uang untuk membeli handphone? Tentu saja kalian harus menabung terlebih dahulu.

Bagi kalian sebagai pelajar atau pekerja tetap perlu menabung dahulu untuk membeli handphone yang kalian inginkan, karena tidak semua orang dilahirkan dengan kelebihan materi. Terlebih juga kalian memiliki kebutuhan yang juga harus dipenuhi terlebih dahulu.

Menabung bukan masalah berapa nominal yang akan ditabungkan, akan tetapi tentang ketlatenan. Menabung dengan uang jajan 2000 adalah hal yang cukup baik.

Bagi kalian pelajar yang ingin menabungkan uang jajan sebesar 2000, maka perhatikan tips dan cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP berikut ini.

Cara Menabung Uang Jajan 2000 Untuk Membeli HP

Dalam menabung memang sangat berat, karena tidak semua orang bisa tetap konsisten menabung terus menerus sampai nominal target tabungan tercapai.

Terlebih jika disekitar kalian banyak godaan yang sewaktu-waktu kalian pasti akan tergiur dan akhirnya mengeluarkan uang yang harus ditabung.

Nominal uang di Indonesia sendiri banyak mulai dari 100 perak sampai 100.000. Tetapi ada salah satu nominal uang yang cukup kecil tetapi jika dikumpulkan atau ditabungkan lama-lama akan bertambah banyak. Yaitu uang dengan nominal 2000.

Uang 2000 tentu cukup receh dan sudah menjadi uang jajan terkecil bagi anak-anak jaman sekarang. Tetapi jangan salah walupun hanya 2000 saja, jika kalian bisa menyisihkan untuk membeli HP dalam waktu setengah tahun kalian bisa membeli HP.

Lalu bagaimana cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP agar dapat memenuhi target tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa kalian terapkan.

  1. Tentukan Harga HP yang Akan Dibeli

Yang pertama kalian harus menentukan harga handphone yang akan dibeli, karena jika kalian sudah mengetahui harga handphone maka kalian sudah bisa menentukan nominal target menabung.

Handphone sekarang dengan harga 1 juta spesifikasinya sudah lumayan bagus, maka dari itu pilihlah dan lihat harga handphone apa yang sesuai dengan yang kalian butuhkan.

Dengan harga yang tidak terlalu mahal sehingga kalian bisa menabung dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama.

 

  1. Buat Daftar Tabel untuk Menabung

Cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP ini merupakan tips menabung yang cukup banyak prosentasi keberhasilannya.

Dengan berbekal daftar tabel nominal, kalian dapat merencanakan menabung hingga target tercapai. Misal target menabung 1 juta rupiah dengan nominal menabung 2000, maka berapa tabel yang akan dibuat?

Mari kita buat sedikit contoh perhitungannya, 1 juta : 2000 = 500.

Anggap kalian harus menabung sebanyak 500 kali dengan nominal 2000, maka kalian harus membuat 500 kotak dalam satu tabel dengan 1 kotak dituliskan nominal 2000 atau 2K kemudian simpan tabel tersebut.

Setiap kalian menabungkan nominal 2000 maka kalian harus mencoret 1 kotak dan dianggap semakin banyak kotak yang dicoret maka akan berkurang waktu menabung.

Baca Juga: Cara Menabung Untuk Membeli HP bagi Pelajar

  1. Prosentasekan dari Uang Saku atau Gaji

Biasanya prosentase digunakan agar bisa membantu menentukan nominal yang akan ditabung supaya tidak mengganggu uang kebutuhan lainnya.

Cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP dengan menentukan prosentase ini bisa membantu nominal uang yang akan ditabung sedikit lebih banyak.

Maksudnya seharusnya yang ditabung adalah nominal 2000 tetapi karena dibantu dengan prosentase uang saku atau gaji sekian persen, maka uang yang ditabung lebih banyak dari 2000.

Baca Juga: Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

  1. Simpan Uang Kembalian 2000

Saat kalian membeli atau membayar sesuatu tidak jarang akan sering menerima kembalian nominal 2000. Jika kalian mendapatkan uang 2000 tersebut langsung saja kalian menyisihkan uang tersebut untuk segera ditabungkan.

Jangan lupa juga untuk segera dimasukkan ke dalam celengan supaya aman dan tidak kalian gunakan untuk membeli jajan.

 

  1. Tentukan Berapa Kali Menabung sesuai Target

Karena nominal 2000 adalah nominal yang cukup kecil maka jangka waktu untuk menabung tidaklah sebentar. Sebenarnya bisa saja dibuat cepat tetapi apakah kalian sanggup menabung lebih dari 3 atau 4 kali sehari?

Bagi beberapa orang memang ada yang sanggup ada juga yang keberatan. Karena 2 kali dalam sehari saja mungkin masih banyak yang keberatan walaupun hanya 2000 saja.

Jika harga handphone yang ingin kalian beli harganya sekitar 1 juta, dan kalian ingin dalam 4 bulan target tersebut terpenuhi. Maka berikut cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP.

Asumsi harga HP 1 juta. Perhitungannya 1 juta : 2000 = 500 kali, dalam empat bulan ada 120 hari maka 500 hari : 120 hari= 4,16 kali atau dibulatkan saja menjadi 5 kali.

Atau lebih enaknya satu hari kalian menabung 10000 (5 kali x 2000) selama 4 bulan tanpa ada jeda waktu istirahat.

Jika terlalu berat kalian bisa menambahkan jangka waktu menabungnya sesuai kemampuan kalian, memang akan bertambah lama tetapi asalkan kalian sabar pasti akan berhasil.

 

  1. Langsung Ditabung jika di Dompet ada nominal 2000

Selain dari uang kembalian, jika di dompet kalian ada terselip uang 2000 berapa lembar jumlahnya harus langsung kalian tabungkan.

Cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP ini terbukti efektif karena kalian tidak akan terasa bahwa kalian sudah mengumpulkan banyak uang 2000 an.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Pelajar atau Mahasiswa

Dalam hal menabung terlepas berapapun nominalnya yang terpenting niat, konsistensi, sabar dan disiplin harus kalian lakukan. Karena jika tanpa keempat hal tersebut menabung akan lebih sering gagal dan tidak akan memenuhi target serta jangka waktu yang kalian tentukan. Maka dari itu tanamkan keempatnya sebelum memulai menabung.

Itu tadi tips dan cara menabung uang jajan 2000 untuk membeli HP yang bisa kalian coba, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian ya.

Jika ada yang kurang dipahami tinggalkan saja komentar di kolom yang telah kami sediakan, jangan lupa share juga. Terima kasih

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA