8 Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

Anak sekolah atau pelajar ternyata dapat menabung dengan banyak juga. Dengan target per bulan 1 juta, ikuti beberapa tips dan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah berikut ini.

Menabung merupakan kebiasaan yang baik untuk anak-anak. Dengan diajarkan menabung sejak kecil diharapkan mereka bisa tahu betapa pentingnya menabung untuk masa depan.

Selain itu juga mengajarkan mereka supaya lebih bijak dalam menggunakan uang dan membelanjakan uang untuk hal-hal yang bermanfaat.

Terlebih masa pandemi seperti saat ini yang memaksa semua orang harus hemat dan bijak dalam membelanjakan uangnya. Maka dari itu sangat perlu mengajarkan menabung pada anak-anak yang masih sekolah.

Dengan menabung juga bisa mengajarkan mereka untuk tahu kondisi ekonomi keluarga. Baik berasal dari keluarga sederhana atau kaya, mengajarkan menabung adalah wajib. Supaya mereka memiliki motivasi untuk berjuang terlebih dahulu jika menginginkan sesuatu.

Untuk anak sekolah yang memulai menabung, kalian dapat menargetkan untuk menabung 1 juta dalam satu bulan.

Agar dapat mencapai target yang diinginkan tersebut, perhatikan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah atau pelajar berikut ini.

Tips dan Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

Untuk bisa menabung 1 juta per bulan bukanlah hal yang mudah. Banyak yang harus benar-benar dilakukan agar tujuan tersebut tercapai.

Yang paling penting adalah niat kesungguhan dan kedisiplinan yang harus dipupuk. Tidak boleh goyah dan putus asa. Dan coba cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah di bawah ini.

  1. Tentukan Tujuan Menabung

Dalam menabung pasti ada tujuan yang akan dicapai. Seperti ada keinginan untuk membeli sesuatu tetapi uangnya belum cukup maka satu-satunya jalan adalah dengan menabung dulu.

Kalian harus tahu harga barang yang kalian inginkan, kemudian buatlah target waktu menabung misal harga barangnya senilai 1 juta dan dalam bulan depan harus tercapai. Maka kalian harus menabung selama satu bulan dan target tabungan 1 juta, perhitungannya 1 juta : 30 hari = 33.333 dibulatkan menjadi 34.000 atau 35.000.

Jadi kalian seharinya atau setiap hari selama 30 hari harus menabung senilai 34.000 atau 35.000.

Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

  1. Buatlah Tabel Nominal Menabung

Menentukan nominal adalah salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Karena penentuan nominal ini berfungsi untuk menentukan frekuensi kalian menabung.

Untuk nominal uang yang ditabung kalian bisa menentukannya sesuai kemampuan kalian, jika setiap hari terlalu berat bisa dibuat satu minggu sekali, seminggu 3 atau 4 kali atau  5 kali terserah kalian.

Dan untuk nominalnya bisa kalian sesuaikan untuk ditabung. Misalkan perhitungannya seperti dibawah ini.

  • Jika seminggu sekali maka kalian setiap minggu harus menabung senilai 250.000
  • Jika seminggu empat kali maka setiap harinya harus menabung senilai 62.500

Untuk waktu yang berbeda maka nominal yang ditabung juga menyesuaikan.

Setelah kalian menemukan nominal uang yang harus ditabung serta lama waktu menabung. Kalian tinggal membuat tabel dan bisa kalian tempelkan di celengan atau tempat lainnya yang bisa kalian lihat setiap hari.

  1. Jangan terlalu Boros

Hidup boros juga dapat mengganggu proses kalian menerapkan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah atau pelajar ini.

Hidup boros adalah pantangan bagi mereka yang akan menabung, karena jika kalian terlalu boros dalam membelanjakan uang maka kalian tidak akan memiliki uang untuk ditabung.

Maka dari itu berhematlah, belanjakan uang dengan bijak dan jangan sembrono.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Pelajar atau Mahasiswa

  1. Membawa Bekal dari Rumah

Dengan membawa bekal dari rumah, diharapkan uang saku kalian bisa untuk keperluan lain yaitu menabung.

Selain itu kebersihan dan kesehatan makanan yang kalian konsumsi juga terjamin daripada beli di tempat makan.

Tidak salah juga mengajarkan anak untuk membawa bekal dari rumah, karena dengan ini mereka bisa menyisihkan uang saku untuk ditabungkan. Hal ini juga menjadi salah satu langkah penghematan.

 

  1. Naik Sepeda atau Bus Sekolah

Naik sepeda juga membuat badan menjadi sehat dan bugar maka dari itu kalian bisa mencoba untuk berhemat dengan naik sepeda. Selain bagus untuk kesehatan naik sepeda juga ramah untuk lingkungan karena tidak menimbulkan polusi.

Selain sepeda juga ada bus sekolah yang disediakan gratis oleh dinas pehubungan untuk meringankan biaya perjalanan ke sekolah bagi siswa yang jarak antara rumah dan sekolah cukup jauh. Sehingga mereka akan lebih aman dan tidak perlu membawa kendaraan pribadi.

Dengan kalian memanfaatkan fasilitas tersebut kalian juga berhemat uang untuk transportasi bisa juga kalian tabung. Kalau sekolah kalian dekat, kalian bisa jalan kaki atau naik sepeda dan jika jaraknya lumayan jauh kalian lebih baik naik bis sekolah saja.

  1. Mengurangi Jajan Makanan Ringan

Anak- anak memang sangat suka jajan makanan ringan karena makanan ringan camilan yang sering menemani mereka di saat belajar. Selain itu juga sudah menjadi hobbi atau mereka tidak terlalu suka makan nasi sehingga lebu suka jajan makanan ringan.

Harga makanan ringan saat ini juga lumayan sudah sangat jarang ditemui harga 500 atau 1000 yang banyak ditemui adalah harga 5000 atau 10.000. Dan jika dalam sehari bisa jajan 2 sampai 3 kali minimalnya maka lebih baik kalian mengurangi jajan makanan ringan. Uang untuk jajan bisa kalian gunakan untuk menabung saja. Mengurangi bukan berarti sama sekali tidak membeli tetapi dikurangi dalam segi jumlah menjadi 1 kali sehari, dan sisa uangnya ditabung.

Jajan makanan ringan yang kebanyakan instan serta mengandung pengawet juga tidak baik untuk kesehatan dan berkembangan otak bagi anak. Maka dari itu lebih baik ada batasan dan pengurangan jajan makanan ringan.

 Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

  1. Puasa Senin-Kamis

Puasa senin kamis juga salah satu solusi yang bisa membantu kalian dalam proses menabung, karena dengan berpuasa kalian tidak akan menggunakan uang saku kalian untuk membeli makanan.

Cara menabung untuk anak sekolah dengan puasa ini juga lebih efektif untuk membantu mengurangi berat badan yang berlebih dan juga bisa membantu kalian lebih semangat dalam belajar.

Dengan berpuasa juga kalian akan bersabar dan belajar agar kalian tidak terlalu boros dalam membelanjakan uang. Berpuasa juga mengajarkan kesederhanaan serta memupuk diri untuk lebih bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Cara menabung agar cepat banyak untuk anak sekolah yang paling kami rekomendasikan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Hal ini dilakukan agar target 1 juta per bulan mudah dicapai.

Beberapa anak sekolahan saat ini sudah banyak belajar bisnis online yang menguntungkan, selain mudah, juga jangkauan pasar yang sangat luas bisa digapai tanpa harus terjun ke lapangan langsung.

Banyak juga dari mereka menjadi reseller produk kencantikan, produk makanan dan juga produk fashion. Ketiga produk tersebut memiliki konsumen yang banyak dan akan terus berkembang.

Sehingga sangat cocok untuk dicoba untuk menambah penghasilan. Selain bisnis online juga bisa membuka jasa les privat terlebih masa pandemi seperti ini banyak siswa yang kesulitan dalam belajar karena tidak banyak penjelasan materi dari guru.

Bagi kalian yang sudah SMA bisa untuk mengajar les anak SD. Biaya les bisa kalian buat perhari atau mingguan atau bulanan, memang kalo di desa penghasilan tidak sebanyak di kota tetapi jika kalian tekun dan rajin maka siswa kalian akan bertambah dan menambah juga penghasilan kalian.

Jika kalian siswa SMK kalian juga bisa memanfaatkan skill kalian dengan ikut kerja magang, karena kerja magang juga dibayar jadi uangnya bisa kalian gunakan untuk menabung. Kalian juga bisa memanfaatkan loker kerja sampingan yang bershif sehingga tidak full bekerja dalam sehari.

Itulah cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang dapat kalian terapkan. Kami hanya dapat memberikan tips dan rekomendasi. Tentang keberhasilan tergantung bagaimana kalian melakukannya.

Dalam menabung juga diperlukan kesadaran dan kemampuan yang kita miliki. Kebanyakan anak-anak saat ini mendapatkan uang saku mulai dari 30.000, 40.000, 50.000 dan paling banyak dengan nominal ratusan ribu perhari itu karena mereka berasal dari keluarga kaya.

Jika kalian mendapatkan uang saku dibawah 30.000 itu akan sangat sulit sampai bisa menghasilkan 1 juta per bulan. Jadi kalian tidak harus memaksakan untuk mencapai target 1 juta per bulan.

Kalian bisa tetap menabung dan berapapun hasil yang kalian dapatkan tidak masalah yang terpenting kalian menjalankan kebiasaan ini secara konsisten.

Terlebih banyak anak sekolahan menggantungkan uang dari orangtua karena usia mereka yang masih muda tentu akan sangat sulit mendapatkan pekerjaan di luar rumah.

Jika kalian mendapatkan uang saku perhari 50.000 atau 100.000 maka kalian akan dengan mudah mencapai target 1 juta per bulan. Tanpa harus bekerja lebih keras uang saku tersebut sudah cukup banyak sisanya untuk ditabung (sudah dikurangi untuk uang saku sekolah).

Sampai disini pembahasan kali ini, itu tadi tips-tips yang cukup sederhana untuk menabung 1 juta per bulan. Sebenarnya juga bisa kalian terapkan untuk menabung dengan nominal target lainnya tinggal menyesuaikan saja.

Terima kasih sudah membaca cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah. Semoga bermanfaat, jangan lupa share juga ke teman-teman kalian. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di kolom yang sudah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA