10 Cara Memulai Bisnis Fashion dengan Baju Desain Sendiri atau Brand Sendiri

Memulai bisnis fashion sendiri atau mengembangkan brand sendiri susah gampang dan perlu banyak rintangan. Agar berhasil, tak ada salahnya kalian membaca cara memulai bisnis baju desain sendiri berikut ini.

Bisnis fashion merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dan target pasar yang jelas. Bisnis fashion tidak akan pernah redup tetapi akan tetap stabil seiring berjalannya waktu. Hal tersebut dibuktikan dengan muncul banyaknya bisnis clothingan.

Baju atau kaos merupakan kebutuhan pokok primer yang tidak bisa ditinggalkan. Bisnis baju saat ini juga sangat populer, bahkan banyak anak muda yang menyelami bidang ini.

Tetapi pernahkan kalian berfikir untuk memiliki bisnis baju desain sendiri dan brand yang kalian bangun sendiri. Lalu bagaimana memulai bisnis fashion dengan brand sendiri?

Membangun barand sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus kalian pelajari terlebih dahulu, karena yang namanya bisnis jika tidak dipersiapkan secara matang dan maksimal bisa saja kegagalan menghampiri kalian.

Kelihatannya memang seperti sangat mudah dijalani, maka dari itu sebelum kalian terjun langsung untuk memulai bisnis dengan brand kalian sendiri, pelajari terlebih dahulu cara memulai bisnis baju atau kaos desain sendiri atau brand sendiri.

Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri

Bisnis itu sifatnya berlanjut, jadi tidak bisa dilakukan asal-asalan atau sembarangan. Perlu penanganan yang tepat agar bisnis berjalan dengan lancar dan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin akan terjadi.

Apa saja yang perlu dipelajari terlebih dahulu, simak cara membuat brand baju sendiri di bawah ini.

  1. Riset Produk dan Pasar Terlebih Dahulu

Langkah awal cara memulai bisnis baju desain sendiri yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan adalah meriset produk terlebih dahulu.

Baju itu saja jenisnya sangat banyak sekali, untuk bisnis kalian bisa menentukan produk baju apa yang akan kalian jual. Karena lebih aman jika kalian tahu produk baju yang sedang trend dan bisa diterima di pasaran.

Sehingga diperlukan data dan informasi sesuai dengan keadaan lapangan. Berikut metode riset produk yang bisa kalian coba.

  • Survey melalui Konsumen

Yang namanya bisnis tentu tidak bisa jauh dengan konsumen. Survey konsumen bisa membantu kalian produk apa yang sedang trend.

Konsumen bisa menjadi koresponden pada survey online kalian. Cukup dengan buat kuesioner online yang membahasa trend baju saat ini dan bisa kalian sebarkan melalui platform sosial media.

Mengapa kami menyarankan survey secara online? karena lebih praktis, aman, mudah dan tidak perlu memakai kertas.

  • Survey Mengamati Trend Pasar

Dengan terjun langsung di lapangan kalian juga bisa membuat riset produk. Kalian bisa melakukannya dengan berkunjung di tempat-tempat yang produknya sangat booming sekali.

Kalian juga bisa menyimpulkan mana sekiranya baju yang akan laku keras jika kalian menjualnya.

  • Survey melalui Google Trend

Google Trend bisa membantu kalian dalam menentukan produk apa yang akan laku dijual.

Kalian hanya perlu memasukkan nama produk di Google Trend, kemudian akan dimunculkan hasil survey google produk mana yang paling laku keras saat ini atau beberapa bulan sebelumnya.

Produk tersebut biasanya akan google tampilkan di laman paling atas dan jumlah prosentasenya.

  • Survey Sosial Media

Kalian juga bisa memanfaatkan adanya sosial media untuk melakukan riset produk, dengan menggunakan tagar # kalian akan tahu produk apa yang saat ini sedang tren di pasaran.

  1. Riset dan Tentukan Target Pasar Produk

Setelah meriset produk, maka cara memulai bisnis baju desain sendiri selanjutnya adalah menentukan target pasar dari produk baju yang akan kalian jual.

Hal ini juga sangatlah penting karena dengan memiliki target pasar yang jelas tentu akan membantu keberlangsungan lakunya produk yang kalian jual.

Coba untuk menentukan targer pasar, lakukan cara versi saya berikut ini.

  • Asumsi

Dengan asumsi yang kalian miliki kalian bisa membuat penentuan produk apa yang akan kalian jual. Misal baju trend ala korea, maka kalian harus menentukan target pasar apa remaja putri, penggemar korea, ibu-ibu, atau wanita karir.

Kalian bisa membuat kesimpulan mana target pasar yang sangat strategis yang memungkinkan produk kalian tetap ada yang membeli.

  • Komunikasi Konsumen

Konsumen adalah target yang jelas dan tidak perlu untuk mencari lagi, tetapi kalian tetap perlu melakukan komunikasi.

Kalian bisa menanyakan produk mana yang sedang mereka inginkan, style yang bagaimana atau juga warna yang mereka sukai.

  • Buyer Persona

Dengan buyer persona kalian sudah memiliki gambaran target pasar dengan melakukan riset dan mencari informasi terlebih dahulu.

Sehingga gambaran target akan jelas dan tentu bisa membantu kalian dalam mengembangkan produk kalian.

  1. Amati Kompetitor Produk

Kompetitor merupakan salah satu hal yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis. Dengan bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan produk dari kompetitor kalian bisa menciptakan produk yang unik dan berbeda dari kompetitor.

Cara memulai bisnis baju desain sendiri dengan menganalisis kompetitor ini bukanlah cara yang ilegal. Melainkan ini menciptakan persaingan yang sehat antar brand.

Bahkan dengan adanya kompetitor juga digunakan sebagai tolak ukur menentukan harga produk yang akan dijual. Keberadaan kompetitor dibedakan menjadi 3 macam berikut ini :

  • Kompetitor Utama

Kompetitor utama menjual produk sama dan target yang sama dengan bisnis fashion kalian. Misalkan kalian dan kompetitor sama-sama menjual baju gamis wanita dengan target pasar ibu-ibu muda atau wanita dewasa.

  • Kompetitor Sekunder

Kompetitor sekunder menjual produk yang sama tetapi dengan target pasar yang berbeda. Misalkan kalian menjual celana pendek untuk wanita, kompetitor kalian menjual celana pendek untuk laki-laki.

  • Kompetitor Tersier

Kompetitor Tersier menjual produk yang masih berhubungan dengan produk bisnis kalian. Tetapi untuk target pasar secara tidak langsung berkompetisi dengan target pasar kalian.

Setelah kalian mengetahui kompetitor bisnis kalian, maka kalian bisa menentukan strategi apa agar produk kalian tetap laku meskipun terdapat kompetitor.

Lakukan strategi sebaik mungkin sehingga review produk yang kalian jual mendapatkan respon positif dari pelanggan.

Baca Juga: Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha Terbaik

  1. Siapkan Rencana Bisnis

Salah satu cara memulai bisnis baju desain sendiri yang cukup penting adalah membuat rencana bisnis. Rencana bisnis adalah pedoman kalian dalam menjalankan bisnis.

Dalam merencakannnya jangan asal-asalan harus dengan benar-benar konkrit. Rencana bisnis dibuat setelah kalian selesai melakukan riset produk, riset target pasar dan riset kompetitor.

Beberapa rencana bisnis yang harus benar-benar kalian siapkan adalah sebagai berikut :

  • Ringkasan dari seluruh Rencana Bisnis.
  • Analisis Pasar yang telah kalian lakukan sebelumnya sehingga kalian memperoleh 3 informasi penting seperti pembagian pasar target bisnis, kompetitor bisnis, dan keunikan dari produk yang kalian jual.
  • Cerita Sejarah Brand Produk kalian, banyak brand-brand di dunia yang memiliki nilai history sehingga menjadikan kekuatan bisnis untuk produknya.
  • Tujuan dan Visi dari Brand yang kalian dirikan. Di dunia bisnis pasti ada tujuan dan visi mengaoa bisnis tersebut didirikan.
  • Produk yang akan kalian jual, dimana didalamnya terdapat detail produk, style produk, keunikan produk dan tentunya harga produk.
  • Strategi Pemasaran yang akan kalian gunakan untuk mengenalkan produk kalian sehingga bisa dikenal para target pasar kalian.
  • Analisis Keuangan bisnis didalamnya menyankut tentang berapa banyak modal yang dibutuhkan, biaya-biaya operasional bisnis,harga produk, dan keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis.

Setiap rencana bisnis yang ada, harus benar-benar kalian terapkan dalam menjalankan bisnis.

  1. Siapkan Anggaran Dana atau Modal Bisnis

Modal memiliki peran yang cukup penting dalam memulai bisnis, dengan adanya modal atau anggaran yang diperlukan bisnis kalian bisa dimulai.

Besar atau sedikit modal tidak menjadi masalah, yang terpenting dari cara memulai bisnis baju desain sendiri adalah kalian bisa mengelola modal dengan baik dan tepat.

Buatlah tabel sederhana yang detail sesuai dengan kebutuhan bisnis kalian. Buat tabel yang terstruktur dan mudah dipahami sehingga tidak akan membingungkan kalian. Di dalam table, masukkan macam-macam pengeluaran untuk bisnis kalian.

  1. Siapkan Produk

Setelah hal diatas sudah kalian lakukan, maka selanjutnya adalah menyiapkan produk yang akan dijual. Cara memproduksi baju sendiri dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan produsen baju.

Produk baju yang kalian buat harus memiliki perbedaan dan keunikan dengan kompetitor dalam segi apapun. Buatlah produk yang asli dengan pertimbangan dibawah ini:

  • Desain Baju

Desain baju yang unik dan berbeda dari yang lain tentu akan menarik konsumen, tetapi sebelum itu pastikan dengan meriset terlebih dahulu sehingga kalian mendapatkan pengetahuan tentang produk yang akan kalian jual.

Desain baju yang dipasaran memang hanya itu-itu saja, tetapi jika kalian memiliki desain sendiri itu bisa menjadi nilai tambah dari produk yang kalian ciptakan.

  • Style Baju

Setiap brand memiliki style yang berbeda-beda, dengan adanya style membuat pelanggan mudah membedakan produk kalian dengan kompetitor. Style sendiri bisa menjadi ciri khas sebuah produk.

Style sendiri bisa dibuat dengan berbagai macam inspirasi yang ada di sekitar desainer.

  • Warna Khas Baju

Warna juga bisa menjadikan ciri khas selain dari desain dan style. Banyak brand yang sudah memantenkan ciri khas warna produknya, tetapi setiap tahun selalu ada warna-warna menarik yang menjadi ciri khas tahun tersebut.

Sehingga banyak yang menggunakan warna sesuai trend tahun atau bahkan juga menyesuaikan dengan warna trend musim atau cuaca suatu negara.

  • Produsen Baju

Dalam memproduksi baju, tentu kalian harus memilih produsen yang bisa membantu menjalankan bisnis kalian. Tidak harus produsen yang profesional sekali, cari yang biasa tetapi bahan produknya tetap berkualitas dan kalian ajak kerjasama. Kalian hanya perlu menambahkan label brand kalian di produk baju yang telah mereka buat.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

  1. Desain Logo Brand

Dalam dunia bisnis, logo brand sangat diperlukan sekali. Bahkan logo brand saja bisa sangat mahal sekali.

Sudah banyak pebisnis yang mempatenkan logo brandnya supaya tidak ada plagiasi logo. Karena logo brand menggambarkan citra dari konsep bisnis yang dijalani.

Cara memulai bisnis baju desain sendiri yang pertama kali harus kalian lakukan adalah membuat logo untuk memperkenalkan brand yang kalian buat.

Logo brand sendiri dalam membuatnya tidak bisa dianggap sepele, dengan logo brand juga produk yang dijual akan mudah dikenal dikalangan target pasar.

Buatlah desain logo yang menggambarkan bisnis kalian buat dengan desain dan kombinasi warna sederhana serta menarik.

  1. Buatkan Website Atau Sosial Media Khusus Produk

Ini merupakan cara memulai bisnis baju desain sendiri tingkat lanjut. Kalian dapat mengabaikan ini jika pemasaran kalian bukan melalui website atau sosial media. Akan tetapi untuk menunjang penjualan, website dan sosial media perlu dibuat mengingat saat ini banyak aktivitas jual beli online.

Website dibuat digunakan untuk memperkenalkan produk yang akan dijual. Selain itu, website juga bisa diperkenalkan melalui sosial media. Hampir seluruh pengguna smartphone akan memilih melihat produk yang akan dibelinya melalui sosial media atau website.

Karena hal itu tentu mempermudahkan para pelanggan tanpa harus keluar rumah. Di dalam website atau sosial media biasanya menampilkan katalog produk, lauching produk terbaru, informasi profil dan informasi kontak bisnis.

  1. Perkenalkan Produk

Sebelum diperkenalkan, lakukan pemotretan produk terlebih dahulu. Lakukan pemotretan dengan angel yang menarik sehingga bisa membuat pelanggan tertarik dengan produk kalian.

Setelah website atau sosial media selesai dipersiapkan maka produk bisa kalian perkenalkan tetapi tetap pakai strategi marketing yang membuat penasaran.

Seperti tuliskan Coming Soon di caption, dan beberapa penawaran menarik bagi para pembeli pertama.

Cara memulai bisnis baju desain sendiri ini terbukti efektif karena dengan foto yang menarik maka akan menarik juga minat pelanggan terhadap produk kalian.

Kalian bisa menambahkan beberapa penawaran seperti harga spesial, bonus, gratis ongkos kirim, voucher dan jika bisnis sudah berjalan cukup lama kalian bisa memberikan penawaran giveaway kepada pelanggan setia.

  1. Iklankan Produk di Platform Online maupun Offline

Memasarkan produk harus dilakukan secara berkala baik secara online maupun offline. Dengan ini diharapkan target pasar sesuai, jangkauan pelanggang bertambah luas dan tentunya meningkatkan penjualan.

Untuk iklan secara offline kalian bisa melakukan melalui pelanggan, mengikuti bazar atau event-event tertentu.

Sedangkan secara online cobalah 3 marketing tools populer yang bisa kalian coba untuk mempromosikan bisnis kalian seperti Google Ads, Instagram Ads dan Facebook Ads. Ketiganya sama-sama sangat populer dengam jumlah pengguna hampir di seluruh pelosok dunia.

Atau juga bisa memasang iklan di blog-blog yang memiliki banyak pengunjung. Kalian dapat menghubungi admin website melalui halaman kontak.

Sampai disini pembahasan cara memulai bisnis baju desain sendiri kali ini. itu tadi hal-hal yang harus kalian persiapkan sebelum memulai bisnis baju desain sendiri. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Jangan lupa bagikan kepada teman-teman kalian. Tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan apabila terdapat pertanyaan pada artikel cara memulai bisnis fashion dengan brand sendiri. Terima kasih sudah berkunjung.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA