Cara Ampuh Memperbaiki Mesin Cuci Bocor Beserta Penyebabnya

Mesin cuci bocor merupakan hal yang sering ditemui, terlebih pada mesin cuci yang umurnya sudah tua. Berikut kami akan memberikan informasi tentang cara memperbaiki mesin cuci bocor.

Saat akan digunakan untuk mencuci baju, pernahkah kalian lihat bahwa mesin cuci mengalami kebocoran?

Tabung yang sudah terisi pakaian dan air tiba-tiba airnya bocor, dan akhirnya air jadi membasahi lantai. Lantai jadi tergenang air dari tabung sehingga mesin cuci tidak bisa digunakan untuk mencuci pakaian.

Baik mesin cuci satu tabung atau dua tabung keduanya sama saja, bisa mengalami yang namanya kebocoran. Tetapi mereka memiliki perbedaan saluran pembuangan dimana mesin cuci satu tabung air bisa otomatis langsung dibuang dan dua tabung secara manual.

Apa yang menjadi penyebab mesin cuci bocor? Ada dua kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut, tetapi hanya satu komponen yang bermasalah yaitu saluran pembuangan mesin cuci.

Lalu bagaimana cara memperbaiki mesin cuci bocor? Baca lebih lanjut artikel ini.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Mesin cuci yang bocor terjadi karena disebabkan oleh kerusakan pada komponen. Berikut kami akan memberikan informasi cara memperbaiki mesin cuci bocor.

  1. Ganti Karet Saluran Pembuangan

Karet ini memiliki fungsi sebagai penahan air agar tidak keluar, namun jika selesai digunakan mencuci saat saklar pembuangan diputar atau dibuka maka  karet akan membuka mengeluarkan air.

Nah jika karet ini rusak tentu saja tidak akan ada yang menahan air sehingga akhirnya mesin cuci bocor. Tanda yang biasanya jika karet rusak adalah robek, bolong, dan longgar sehingga untuk mengatasinya perlu untuk diganti dengan karet yang baru.

Jika kalian mengalami hal tersebut, maka cara memperbaiki selang pembuangan mesin cuci yang bocor adalah dengan membeli karet saluran mesin cuci di toko yang menyediakan atau jika tidak bisa mengganti sendiri bisa mengundang teknisi ahli.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Air Mesin Cuci Tidak Keluar

  1. Terdapat Sumbatan pada Saluran Pembuangan

Apa yang terjadi jika jalan keluarnya air tersumbat? Tentu saja sirkulasi jalannya air akan terganggu akhirnya air menumpuk sehingga menyebabkan kebocoran.

Sama juga seperti saluran pembuangan mesin cuci, jika komponen ini tersumbat maka air tidak akan bisa keluar. Sangat menjengkelkan sekali bukan?

Apa yang menyebabkan penyumbatan tersebut? Saat kalian membuka bagian belakang mesin lalu menuju saluran pembuangan kalian bisa lihat di dalamnya tertinggal benda-benda kecil seperti koin, peniti, benang, kertas atau benda-benda lainnya.

Benda-benda diatas biasanya sering tertinggal di baju-baju yang akan dicuci dan lupa untuk mengambilnya.

Cara mengatasi mesin cuci bocor adalah dengan mengambil semua benda-benda yang menghambat jalannya air, setelah itu sirkulasi air pasti berjalan dengan lancar.

Penyebab Mesin Cuci Bocor

Selain yang kami sebutkan di atas, ternyata masih ada beberapa penyebab kenapa mesin cuci bocor.

  1. Karet Longgar

Salah satu penyebab mesin cuci bocor yaitu pegas yang terdapat pada karet saluran pembuangan mengalami kelonggaran atau patah atau berkarat sehingga tidak bisa menutup rapat saluran pembuangan dengan baik. Sehingga cara memperbaiki mesin cuci bocor adalah kalian perlu menggantinya dengan yang baru.

  1. Karet Robek

Bocor juga bisa disebebkan karena selang pembuangan air mengalami retak atau robek sehingga air yang melewati selang ada yang keluar menyebabkan bocor. Lalu cara memperbaiki mesin cuci bocor hanya satu yaitu kalian harus mengganti selang pembuangan air dengan yang baru.

Baca Juga: Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

  1. Gearbox Rusak

Ada satu komponen penting yang mengalami kerusakan sehingga menyebabkan bocor yaitu gearbox mesin cuci. Gearbox yang tidak kuat menahan air dari dalam tabung dapat menyebabkan air jatuh kebawah merembes dan bocor.

Terkadang pemasangan gearbox yang kurang tepat juga bisa menyebabkan hal ini. Maka dari itu perlu sekali memasang gearbox dengan benar dan pas.

Namun bisa juga disebabkan karena gearbox mengalami kerusakan karena faktor pemakaian yang terlalu sering sehingga menyebabkan gearbox rusak. Rusaknya gearbox biasanya sangat sulit diperbaiki supaya tetap bekerja seperti sebelumnya. Tetapi gearbox yang rusak harus diganti dengan yang baru.

Kebocoran mesin cuci jika dibiarkan bisa menyebabkan hal yang fatal. Tetesan air yang dihasilkan bisa juga merusak komponen mesin cuci yang lain. Maka dari itu jika mengalami kebocoran mesin cuci, segera lakukan cara memperbaiki mesin cuci bocor di atas.

Sebenarnya hanya dengan berbekal obeng, kalian para ibu-ibu sudah bisa memperbaiki sendiri tetapi terkadang karena banyak yang kurang memahami posisi komponen yang rusak sehingga lebih memilih untuk memanggil terknisi service yang profesional sehingga tidak membutuhkan waktu lama segera selesai.

Nah bagaimana pembahasan cara memperbaiki mesin cuci bocor kali ini? Cukup mudah untuk kalian pahami bukan? Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Jangan lupa bagikan di platform sosial media yang kalian punya. Tinggalkan komentar di kolom yang kami sediakan jika ada yang kurang dipahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA