Cara Memperbaiki Kipas Angin Sendiri Agar Lebih Hemat

Kipas angin yang mati total atau tidak dapat berputar merupakan sebuah kerusakan yang biasa dialami. Tapi tenang saja, berikut ini kami akan memberikan informasi cara memperbaiki kipas angin.

Kipas angin biasa dipakai untuk mengurangi panas atau mengeringkan keringat dari tubuh setelah aktivitas dibawah sinar matahari.

Kipas merupakan alat eletronik yang keberadaannya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Memang bagi orang yang beberapa orang akan lebih memilih untuk menggunakan AC, tetapi bagi yang ingin lebih hemat dalam konsumsi listrik akan lebih memilih kipas angin.

Saya pernah mempunyai pengalaman kipas angin rusak padahal baru dibeli beberapa hari, lalu apa yang menyebabkan kipas angin tersebut rusak?

Penyebab kipas angin rusak terjadi karena beberapa hal berikut ini :

  • Sambungan kabel kipas angin putus.
  • Dinamo atau motor listrik kipas angin rusak.
  • Komponen bos dan rotor kipas angin rusak.
  • Kapasitor kipas angin rusak.
  • Saklar tekan pada kipas angin rusak.
  • Gigi gear box sudah aus atau bisa juga berkarat.

Penyebab diatas yang membuat kipas akhirnya mati total, tidak bisa berputar, hanya berdengung saja atau berputar disertai suara dengung, baling-baling kipas berputar pelan dan lain sebagainya.

Akibat kerusakan tersebut terkadang membuat jengkel, terlebih lagi belum bisa memperbaiki sendiri hingga akhirnya memilih untuk beli yang baru lagi.

Tetapi kalian seharusnya jangan terburu-buru untuk membeli yang baru, karena kerusakan tersebut sebenarnya bisa untuk kalian perbaiki sendiri kecuali masalah yang nonteknis.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Kira-kira apa penyebab dari mati totalnya kipas angin kalian? Hal ini bisa disebabkan karena kabel bermasalah, mesin motor rusak atau tombol speed yang bermasalah. Jika hal ini terjadi maka kalian perlu untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Cara memperbaiki kipas angin mati total adalah dengan periksa kabel power, tombol speed, sampai mesin motor pada kipas angin. Cek dengan benar-benar teliti kemungkinan disebabkan salah satu hal diatas. Jika kabel kipas angin yang bermasalah atau putus maka kalian perlu menggantinya dengan yang baru.

Untuk kerusakan mesin motor tentu saja kalian harus mengganti juga dengan yang baru, agar kipas bisa bekerja seperti biasanya.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Penyebab dari tidak berputarnya baling-baling kipas dan hanya muncul suara dengung disebabkan karena ada masalah terhadap bhusing atau bearing. Jadi cara memperbaiki kipas angin tidak berputar adalah dengan mengganti bhusing atau bearing.

Bhusing atau bearing sendiri sebagai tempat as pada kipas, kerusakannya bisa disebabkan karena sudah aus atau akibat getaran yang keras.

Tanda-tanda yang bisa dilihat akibat kerusakannya adalah warna pada bearing hitam seperti habis terbakar.

Kerusakan pada bearing ini tidak bisa diperbaiki melainkan harus diganti dengan yang baru. Kalian bisa membelinya di toko yang menjual komponen ini harganya sekitar Rp.15.000.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti bushing atau bearing baru pada kipas :

  1. Buka semua penutup atau cover pada kipas.
  2. Pada bagian belakang kipas, lepas semua bautnya letaknya di dekat kumparan.
  3. Keluarkan terlebih dahulu bushing atau bearing kipas yang rusak lalu ganti dengan yang baru.
  4. Selesai diganti pasang kembali baut yang sebelumnya kalian lepas beserta baling-baling kipas.
  5. Coba tes dengan nyalakan kipas dahulu.
  6. Jika sudah pas maka kalian pasang kembali semua komponen yang kalian lepas.

Cukup mudah bukan? Kalian hanya memerlukan obeng untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Kipas Tidak Berputar dan Tidak Ada Suara Dengung

Jika kipas tidak berputar dan tidak ada suara dengung bisa dipastikan bagian sekring (fuse) pada kipas mengalami kerusakan atau putus.

Sistem kerja sekring ini sebagai pelindung dari panas berlebihan agar kumparan pada kipas tidak terbakar atau bisa disebut memiliki fungsi sebagai pengaman dalam peralatan listrik.

Sekring sendiri akan memutuskan diri jika panas yang dihasilkan kumparan terlalu berlebihan. Untuk memastikan atau mengecek kerusakan sekring kalian bisa menggunakan alat multitester.

Cara Memperbaiki Baling-baling Kipas Angin Berputar Pelan

Penyebab kipas berputar pelan atau sulit berputar bisa disebabkan karena pada bagian as kipas mengalami macet atau seret karena debu bisa juga karena kotoran lain seperti rambut. Jadi cara memperbaiki kipas angin berputar pelan dengan membersihkan bagian as kipas.

Jika bukan karena as yang seret atau macet, bisa juga dikarenakan bagian as dan bearing mengalami kelonggaran sehinngga jadi goyang jadi kalian perlu menatanya kembali agar kembali normal.

Penyebab terakhir jika dua hal diatas sudah kalian perbaiki, maka kalian harus melakukan penggantian pada kapasitor kipas angin.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Menoleh (Kanan dan Kiri)

Kipas biasanya memang diatur untuk bisa menoleh atau bertengok ke kanan dan kiri. Tetapi biasanya jika baut pengunci antara roda gigi dan dinamo longgar. Untuk kipas yang menggunakan dinamo sendiri untuk penggerak kanan kiri bisa jadi dinamonya yang bermasalah.

Agar bisa menoleh ke kanan dan kiri dengan normal kembali, maka cara perbaiki kipas angin adalah kalian bisa mengatur baut pengunci antara roda gigi dan dinamo ke posisi yang pas. Dan untuk yang menggunakan dinamo sendiri kalian bisa memperbaiki dinamo tersebut atau menggantinya dengn yang baru.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tombol Speednya Mati

Terkadang ketika kalian akan mengganti speed kipas pada waktu menekan tombolnya ternya speed kipas tetap dan tidak berubah. Penyebab hal ini terjadi bisa jadi karena kerusakan pada dinamo kipas.

Jadi cara benerin kipas angin pada kasus ini adalah kalian harus memeriksanya terlebih dahulu lalu diperbaiki dinamonya.

Kerusakan Nonteknis Pada Kipas Angin

Kerusakan nonteknis ini meliputi baling-baling kipas patah, leher kipas patah, penutup kipas bengkok dan lainnya. Kerusakan tersebut tentu tidak bisa diperbaiki, kalian hanya bisa menggantinya dengan spare part kipas lain yang sudah rusak atau busa mendapatkannya dari barang bekas yang dijual di pasar loak.

Tidak masalah memakai barang bekas selama kondisinya masih bagus dan baik sehingga bisa dipasangkan ke kipas kalian. Yang perlu kalian ingat lagi pilih juga spare part yang setipe dengan kipas kalian

Jika kalian menemui beberapa kerusakan diatas, maka kalian tinggal mencoba cara memperbaiki kipas angin di atas untuk memperbaikinya.

Sampai disini pembahasan kali ini tentang cara membetulkan kipas angin, semoga bisa membantu. Jangan lupa share ke teman kalian, tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang tersedia jika ada yang kurang kalian pahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA