Cara Mudah Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Ternyata ada kipas angin yang dapat dipakai tanpa kapasitor. Lalu bagaimana cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor?

Kipas angin kapasitor biasanya kipas kecil atau yang biasa digunakan tukang sate dan juga yang duduk di atas meja itu termasuk kipas tanpa kapasitor. Ukurannya yang kecil dan praktis menjadikannya banyak dipilih dan dipakai.

Tapi kebanyakan yang dimiliki rumah tangga saat ini adalah kipas angin dengan komponen lengkap termasuk kapasitor.

Meskipun kipas ukuran kecil tidak menggunakan kapasitor kinerjanya tetap baik karena sudah diatur sehingga bisa berfungsi dengan normal.

Namun jika saat terjadi kerusakan, kipas angin tanpa kapasitor termasuk mudah diperbaiki karena bentuknya yang sederhana. Bahkan kalian bisa memperbaikinya sendiri dirumah dengan cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor pada artikel ini.

Sistem kerja mesin motor dinamonya yang tanpa menggunakan kapasitor bisa disebut juga motor shaded pole yaitu hanya terdiri satu gulungan saja dan tanpa saklar starter sehingga harganya lebih ekonomis atau murah.

Namun perlu kalian ketahui karena harga ekonomis tersebut, ada kekurangan pada kipas angin tanpa kapasitor adalah torsi awal kecil sehingga hanya cocok digunakan pada ukuran dinamo yang kecil.

Cara Kerja Motor Dinamo Tanpa Kapasitor

Bagaimana cara kerjanya motor listrik jika tanpa kapasitor pada putaran awal?

Untuk membantu putaran awal pada lilitan pelengkap atau shaded pole. Pada shaded pole ini fluk magnet akan meningkat terus pada saat diberi arus listrik tetapi ditunda oleh arus induksi pada perisai tembaga.

Seiring arus mengalir pada kumparan utama, bagian unshaded pole akan mengakibatkan mangnet memutar rotor. Akhirnya baling-baling kipas berputar dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Itu tadi cara kerja kipas angin tanpa kapasitor, terlihat seperti tidak mungkin karena memang kipas ukuran besar bisa berfungsi jika ada komponen kapasitor.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Lalu bagaimana jika kipas angin tanpa kapasitor tersebut mengalami kerusakan? Seperti yang saya katakan sebelumnya, cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor sangat mudah.

Kalian hanya perlu memeriksa atau cek pada dinamo bagian gulangan utamanya dan thermofuse saja. Jika kerusakan terjadi pada thermofuse lakukan penggantian thermofuse yang baru, pastikan tidak ada kabel yang terlilit dan tutup kembali bagian penutup thermofuse.

Pastikan juga bagian bearing yang terkait dengan rotor masih bisa berputar dengan lancar dan sempurna. Berikan pelumas jika terlalu kering suapaya putarannya tidak seret.

Jika sudah melakukan pengecekan dan perbaikan diatas tetapi kipas masih tidak bisa berfungsi kemungkinan ada kerusakan pada kabel, lakukan pengecekan menggunakan AVO meter atau multimeter untuk memastikan terjadinya kerusakan.

Ganti kabel dengan yang baru jika terdekteksi adanya kerusakan pada kabel.

Nah itu tadi cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor yang rusak, cukup mudah dan banyak yang berhasil. Jika tidak bisa memperbaiki sendiri lebih baik dibawa ke jasa service saja.

Sampai disini pembahasan kita kali ini tentang cara memperbaiki kipas angin tanpa kapasitor, semoga bisa membantu kalian.

Jangan lupa bagikan juga ya, jika ada yang ditanyakan tinggalkan komentar di kolom yang tersedia. Terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA