5 Cara Mudah Memperbaiki Air Mesin Cuci Tidak Keluar

Pada saat menggunakan mesin cuci, apakah kalian mengalami air mesin cuci tidak keluar? Berikut akan kami memberikan informasi tentang cara mengatasi atau memperbaiki air mesin cuci tidak keluar.

Air mesin cuci tidak keluar terjadi mungkin karena ada sumbatan atau hambatan pada tempat jalannya air sehingga tidak bisa mengalir keluar dari saluran pembuangan mesin.

Tentu saja hal ini bisa membuat jengkel bahkan akan mengganti mesin cuci dengan yang baru. Padahal masalah ini bisa diperbaiki atau diatasi sendiri lo.

Jangan terlalu terburu-buru untuk mengganti dengan yang baru, jika masih baik dan bagus untuk digunakan lebih baik diperbaiki saja.

Cara Mengatasi Air Mesin Cuci Tidak Keluar

Lalu bagaimana cara memperbaiki air mesin cuci tidak keluar? Tenang berikut beberapa solusi yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Periksa Melalui Buku Paduan Penyelesaian Masalah

Jika ada tanda-tanda kerusakan pada mesin cuci kalian bisa memeriksanya melalui buku panduan penyelesaian masalah.

Untuk kode kerusakan mesin yang tidak dapat mengering adalah F9EI, di dalam buku ini akan diidentifikasikan masalah yang terjadi dan apa yang harus dilakukan jika masalah tersebut terjadi.

  1. Periksa Komponen Mesin Cuci

Dalam satu mesin cuci terdapat bayak komponen yang mendukung kinerjanya. Ada beberapa kasus mesin cuci tidak bisa bekerja jika pintu mesin cuci tidak tertutup dengan benar. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu pintu tertutup dengam benar dan rapat baik top load maupun front load.

Setelah itu nyalakan air secara perlahan lalu lakukan pengamatan apakah air mengalir atau tidak. Jika air tidak mengalir maka lakukan hal-hal berikut ini :

  • Buka kran air secara penuh dan perlahan karena jika hanya membuka setengah tentu bisa menjadi penghambat masuknya air ke dalam tabung mesin cuci. Periska juga apa kemungkinan air mati dari pusatnya.
  • Untuk bisa melihat selang inset dibelakang mesin cuci, geser mesin cuci terlebih dahulu. Lihat apakah selang tertekut atau terjepit diantara mesin dan dinding. Jika iya maka itu yang menyebabkan air terhambat masuk ke tabung mesin cuci.
  • Cek filter pada selang inset yang terletak di belakang mesin. Lepas selang inset berikut dengan filternya, lakukan dengan hati-hati. Bersihkan dengan rendam di dalam mangkok yang berisi air lalu hilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Jika filter sudah terlihat bersih maka bisa kalian pasang kembali ke tempat semula.
  • Jika kalian sudah melakukan semua hal diatas, sudah bisa dipastikan air bisa mengalir dengan baik.

Cara memperbaiki air mesin cuci tidak keluar dengan mengecek komponen ini merupakan cara yang sangat kami rekomendasikan.

  1. Periksa Saluran Pembuangan Mesin Cuci

Selanjutnya permasalahan air mesin cuci tidak keluar juga bisa disebabkan saluran pembuangan mesin cuci yang bermasalah.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal tersebut terjadi diantaranya filter yang terletak pada tabung mesin cuci tersumbat kotoran. Jika filter ini tetap dibiarkan kotor maka bisa rusak dan mengganggu kinerja mesin cuci.

Untuk mengatasi hal tersebut ambil saja filter di dalam tabung kemudian bersihkan semua kotoran yang menempel.

Selanjutnya penyebab terjadinya air pembuangan mesin cuci tidak bisa keluar adalah adanya koin atau benda kecil seperti peniti menyumbat saluran pembuangan dan roda pemutar mesin.

Untuk mengatasi hal tersebut selalu lakukan pemeriksaan menyeluruh pada tabung mesin cuci namun jika selesai membersihkan tabung jangan lupa juga bersihkan sekalian roda pemutar mesin. Ambil semua koin atau benda lainnya yang terselip.

  1. Ganti Klep atau Per Penutup Saluran Air yang Usang

Jika klep atau per penutup saluran air sudah usang sehingga keelastisannya sudah berkurang maka harus diganti dengan yang baru supaya tidak mengganggu kinerja mesin cuci.

Masalah mengganti klep atau per penutup mesin cuci serahkan saja apada teknisi ahli sehingga tidak membutuhkan banyak waktu.

  1. Bersihkan Pompa Mesin Cuci

Selanjutnya jika pompa yang bermasalah bisa jadi disebabkan juga karena adanya sumbatan pada pompa. Pompa terletak di bagian belakang mesin cuci jadi untuk membersihkannya harus menggeser mesin cuci sampai terlihat bagian belakang.

Buka bagian pegangan pompa dengan memutar pegangan berbentuk oval terbuat dari plastik berlawanan dengan arah jarum jam. Tekan pada bagian penutup karena sangat rapat sekali, setelah itu siapkan ember dan handuk untuk menampung air dari dalam pompa. Di dalam pompa kemungkinan kalian akan menemukan koin,serabut kain atau serabut benang.

Bersihkan semua kotoran, bersihkan juga filter pada pompa. Selesai dibersihkan kalian bisa memasangnya kembali.

Untuk permasalahan air mesin cuci tidak keluar yang sekiranya bisa diperbaiki sendiri lebih baik diperbaiki sendiri saja, namun jika sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki sendiri karena beresiko lebih baik jika mengundang teknisi ahli.

Tapi ada hal yang perlu kalian perhatikan sebelum melakukan perbaikan mesin cuci karena air tidak keluar yaitu:

  • Cabut colokan pada semua peralatan elektronik yang berdekatan dengan mesin cuci. Karena akan terlalu beresiko jika terkena air dari proses pembersihan.
  • Jika ragu untuk memperbaiki sendiri karena takut membuat mesin jadi lebih rusak, maka serahkan saja pada teknisi ahli.
  • Saat akan membersihkan siapkan juga peralatan yang dibutuhkan untuk membantu proses pembersihan seperti ember dan handuk untuk menampung air.
  • Lakukan pembersihan di ruangan yang luas dan terbuka supaya jika ada kotoran yang terselip bisa terlihat jelas.
  • Selalu lakukan pemeriksaan pada selang pembuangan air

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang air mesin cuci tidak keluar, semoga bisa membantu mengatasi masalah kalian.

Jangan lupa bagikan ke teman kalian jika bermanfaat, jika ada yang kurang kalian pahami tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA