Cara Membuat QR Code Offline Gratis Untuk Akses Informasi

Cara membuat QR Code offline dan online sangat berguna bagi mereka yang sedang menjalankan bisnis, Fungsinya yang bisa digunakan untuk apa saja bisa menjadi solusi memudahkan akses informasi.

QR Code saat ini banyak digunakan oleh perusahaan emoney sebagai metode pembayaran non-tunai di minimarket, cafe hingga restoran. Seperti DANA, OVO, Gopay, Shopeepay hingga Qris.id semuanya menggunakan Qrcode. Bukan itu saja, Whatsapp juga menggunakannya untuk login ke web.whatsapp dan juga menambahkan nomor baru dan masih banyak lagi perusahaan yang memanfaatkan kecanggihan Qr Code ini.

Dikalangan pelaku usaha kecil atau micro juga bisa memanfaatkan fitur dari Qr Code ini untuk penjualan produknya atau untuk akses informasi produk. Dengan aplikasi barcode scanner, cukup dengan scan barcode/qrcodenya saja, kamu nanti akan diarahkan ke link khusus seperti informasi produk ataupun kontak.

Nah, dibawaha ini laciusang.com sudah merangkum semua informasi dan berbagi tips dan panduan bagaimana cara membuat qr code offline dan Online dengan mudah.

Cara Membuat QR Code

cara membuat qr code

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat qr code secara offline dan online, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu fungsi dasar manfaat dari Qr Code.

Fungsi dan Manfaat Qr Code :

  • Sebagai media transaksi non-tunai – Qr code ini digunakan perusahaan ewallet sebagai media transaksi non-tunai.
  • Sebagai pelabelan harga produk – ketika discan code ini, maka informasi yang didapatkan itu biasanya berupa harga dan spesifikasi produk untuk proses penjualan
  • Sebagai informasi umum – mengakses link website, instagram, link kontak, absensi karyawan hingga parkir banyak yang sudah menggunakan Qr Code.

Cara Membuat QR Code Secara Offline

cara buat qr code unik secara offline

Untuk membuat Qr Code secara offline, kamu bisa menggunakan aplikasi yang mudah kamu temukan di google playstore untuk android atau di appstore untuk perangkat iOS.

Yang dimaksud secara offline itu adalah ketika proses pembuatan barcode atau qr codenya tidak butuh akses internet, hanya lokal atau diperangkat saja. Nah, aplikasi yang bisa kamu coba instal adalah QRmaker.

Untuk lebih jelasnya, simak panduan langkah-langkah cara membuat Qr Code offline menggunakan aplikasi QR Code Generator :

  • Unduh aplikasi Generator Kode QR [ Download Disini ]
  • Buka aplikasinya dan langsung ada pilihan, “Buat QR Code”
  • Beberapa pilihan yang bisa dibuat adalah Teks, Website, Kontak, Wifi, Telepon, SMS, Instagram dan Whatsapp
  • Pilih salah satu apa yang ingin kamu buat QR Codenya
  • Contohnya link website, ketikkan www.laciusang.com dan klik tombol “buat” yang ada di pojok kanan atas
  • Nah, disni kamu bisa langsung menyimpan QR code dengan tampilan standar
  • Untuk mempercantik, pilih template, warna, mode dan lainnya
  • Setelah itu klik tombol “Simpan” yang ada di pojok kanan atas
  • File gambar barcode atau QR Code akan secara otomatis tersimpan di galeri HP Kamu

Seperti itulah panduan cara membuat QR Code offlinenya menggunakan aplikasi tambahan yang bisa digunakan meski HP Androidmu tidak terhubung ke internet.

error: This content is protected by DMCA