11 Tips Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Agar mesin cuci awet dan tahan lama, maka secara berkala kalian harus membersihkannya. Berikut kami akan memberikan penjelasan tentang cara membersihkan mesin cuci 2 tabung.

Yang namanya barang elektronik jika masa pakai sudah lama tentu akan rawan kotor terlebih lagi jika sering dipakai.

Menjaga kebersihan barang elektronik sangatlah penting, membersihkan secara rutin juga bisa membuat nyaman ketika dipakai.

Mesin cuci sebagai alat yang sangat membantu dalam pekerjaan rumah tangga juga perlu dijaga kebersihannya. Mesin cuci yang kebersihannya tidak dijaga bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan kuman yang tidak bagus untuk kesehatan.

Mesin cuci sendiri memiliki dua jenis tabung, satu tabung dan dua tabung. Keduanya memiliki fungsi yang sama, untuk perawatan dan menjaga kebersihannya tentu tidak akan beda jauh.

Ketika akan membersihkannya perlu untuk diketahui bahwa mempelajari karakteristik mesin cuci supaya lebih mudah dalam membersihkan dan merawatnya. Semakin baik dalam menjaga kebersihannya akan menjaga kinerja mesin cuci tetap baik dan awet.

Lalu bagaimana cara membersihkan mesin cuci 2 tabung? Berikut mari kita bahas bersama cara membersihkan mesin cuci 2 tabung.

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

Kami akan memberikan sedikit tips agar membersihkan mesin cuci efektif dengan hasil yang masimal. Berikut ini cara membersihkan mesin cuci 2 tabung.

  1. Bersihkan Langsung Sisa-Sisa Detergen Sehabis Mencuci

Saat selesai mencuci baju wajib untuk membersihkan sisa-sisa detergen bekas cucian baik yang tercecer di bagian luar mesin cuci ataupun di bagian dalam. Sisa-sisa detergen yang tertinggal bisa menjadi kerak dan menyebabkan karat di bagian komponen tertentu.

Maka dari itu selalu langsung bersihkan ketika selesai mencuci supaya tidak lupa dan akhirnya dibiarkan. Untuk bagian luar mesin cuci bisa kalian bersihkan dengan dilap bagian dalam mesin cuci dengan membilasnya pakai air hingga bersih.

  1. Menggunakan Pemutih

Untuk bagian dalam, cara membersihkan mesin cuci 2 tabung dapat dilakukan dengan menggunakan pemutih ketika bagian dalam sedikit berubah warna karena noda.

Caranya dengan memakai air hangat yang dimasukkan di dalam tabung (jumlah airnya secukupnya) lalu tambahkan pemutih setelah itu jalankan mesin secara perlahan supaya air hangat dan pemutih tercampur secara merata.

Biarkan beberapa saat sampai noda kuning yang menempel rontok atau luruh. Setelah itu bilas sampai bersih dengan menggunakan air biasa. Jangan lupa lap bagian dalam mesin cuci sampai kering supaya tidak lembab. Kalian bisa menggunakan pemutih seperti bayclin, sitrun atau pemutih lainnya.

Baca Juga: Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak atau Berisik

  1. Menggunakan Soda Kue dan Cuka

Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung dengan baking soda juga cukup efektif. Caranya hampir sama yaitu dengan menggunakan air hangat secukupnya lalu campur dengan soda kue dan cuka, larutkan sampai bena-benar merata.

Diamkan selama beberapa saat kurang lebih 30 menit. Sisa-sisa bekas detergen yang telah menumpuk dan mengendap akan terangkat.

Lalu bilas menggunakan air bersih sampai benar-benar bersih kemudian lap tabung menggunakan kain kering supaya tidak lembab.

  1. Selesai Pakaian Dicuci Segera Ambil Untuk Dikeringkan

Jika pakaian telah selesai dicuci segera angkat dari mesin, memang biasanya pakaian yang dicuci menggunakan mesin cuci keadaannya akan sedikit basah.

Pakaian yang sedikit basah dan lembab bisa memicu tumbuhnya jamur dan akhirnya bau pakaian tidak sedap meskipun sudah diberikan pewangi pakaian.

Maka dari itu jangan biarkan pakaian terlalu lama di mesin cuci untuk menghindari tumbuhnya jamur penyebab bau pada pakaian.

  1. Buka Sedikit Pintu Penutup Mesin Cuci Setelah Selesai Mencuci

Setelah pakaian selesai dicuci langsung buka pintu mesin cuci sedikit saja jangan terlalu lebar, untuk menghambat tabung menjadi lembab dan memicu jamur tumbuh berkembang biak.

Membuka sedikit pintu mesin cuci dilakukan agar air di dalam tabung menguap keluar dan mengering.

Baca Juga: Mesin Cuci Berdengung Tidak Mau Berputar

  1. Bersihkan Laci Bagian Deterjen dan Pelembut

Saat memasukkan detergen atau pelembut pada laci mesin cuci terkadang bisa tercecer dan tidak masuk secara sempurna karena terburu-buru. Akibatnya laci tersebut menjadi gampang kotor.

Laci bagian detergen dan pelembut memang bisa dibongkar pasang sehingga akan lebih mudah dalam membersihkannya. Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung cukup dengan melepasnya lalu rendam di dalam air hangat dan diamkan beberapa saat sampai noda sabun dan pelembut bersih.

Jika noda terlalu menempel dan berkerak maka kaliam bisa menambahkan karbol sebagai campuran air hangat supaya noda cepat luruh.

Gosok juga dengan menggunakan sikat gigi bekas supaya noda di bagian sudut tertentu dapat dibersihkan dengan sempurna.

  1. Bersihkan Filter atau Penyaring Mesin Cuci

Penyaring atau filter pada mesin cuci juga sangat perlu dibersihkan. Karena komponen ini juga sangat rawan kotor dan bisa menjadi sarang kuman penyakit.

Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung cukup mudah yaitu lepas filter lalu bilas di bawah air mengalir pakai sabun untuk membersihkannya sambil di gosokkan dengan sikat gigi bekas supaya kotoran hilang.

Selesai disabun bilas sampai benar-benar bersih dibawah air mengalir, lalu jemuar sampai benar-benar kering supaya kuman dan jamur tidak ada kesempatan untuk tumbuh. Setelah itu bisa kalian pasang kembali di tempat seharusnya.

  1. Bersihkan Bagian Ventilasi Pengering

Pada bagian pengering terkadang benang-benang pada pakaian rawan tersangkut dan bisa menutupi lubang keluarnya air. Maka dari itu perlu diperhatikan agar benang-benang yang menghalangi ventilasi pengering segera dibersihkan supaya air dari pakaian saat proses pengeringan bisa turun dengan sempurna.

Selain itu jangan lupa buka penutup pada pengering sedikit saja supaya sirkulasi udara lancar dan cepat kering.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Air Mesin Cuci Tidak Keluar

  1. Bersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Untuk cara membersihkan mesin cuci 2 tabung pada bagian luar mesin cuci, cukup dengan dilap saja memakai air jika kurang bersih bisa dibersihkan dengan air yang dicampur sabun.

Lakukan setiap kali selesai mencuci supaya noda pada bagian luar mesin cuci tidak menumpuk dan menjadi kerak.

  1. Beli Sabun Khusus Pembersih Mesin Cuci

Ada beberapa merk sabun pembersih atau konsentrat khusus untuk membersihkan mesin cuci. Harganya sangat beragam mulai dari 50.000 sampai 100.000 dengan besar botol yang bervariasi. Dengan menggunakan sabun khusus maka membersihkan mesin vuci menjadi lebih nyaman dan praktis.

  1. Lakukan Pembersihan Skala Besar Pada Mesin Cuci Secara Berkala

Untuk pembersihan skala besar bisa kalian lakukan sekali dalam sebulan, bersihkan semua komponen pada mesin cuci supaya lebih terawat. Hal ini dilakukan sekali membersihkanesin cuci seluruh komponen ikut dibersihkan jadi tidak perlu membersihkan satu-satu komponen mesin cuci.

Ada komponen tertentu yang biasa ditumbuhi lumut karena kondisinya yang lembab, jadi sangat perlu untuk dibersihkan supaya tidak terlalu kotor nantinya. Jangan lupa bersihkan juga komponen yang lain.

Setiap kali kalian membersihkan mesin cuci, jangan lupa untuk mengecek semua bagian bahkan bagian yang jarang dilihat. Bersihkan semuanya sampai tidak bisa ditumbuhi jamur atau bakteri bisa berkembangbiak.

Selain cara bersihkan mesin cuci 2 tabung di atas, kalian juga perlu merawatnya supaya kinerja mesin cuci tetap optimal.

Sampai disini pembahasan kali ini tentang cara membersihkan mesin cuci 2 tabung, semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Jangan lupa share di platform sosial media yang kalian miliki. Tinggalkan komentar jika ada yang kurang kalian pahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA