Cara Melacak Kartu ATM Yang Hilang, Solusi Agar Uang Tidak Hilang

Kartu ATM kalian hilang? Jangan panik dulu, karena kalian dapat mengatasinya agar uang kalian tidak hilang. Cara melacak kartu ATM yang hilang yang dapat kalian coba tepatnya solusi kartu ATM yang hilang agar uang tidak hilang.

Kartu ATM baik debit atau krdit saat ini hampir semua nasabah perbankan memilikinya. Selain mempermudah dalam penarikan tunai atau transfer atau transaksi perbankan lainnya, kartu ATM juga lebih simple dan ringan daripada membawa uang tunai. Mau transaksi apapun tinggal bayar pakai kartu ATM dan tentu saja tidak bingung jika bayar nominal kecil.

Karena sering digunakan untuk transaksi, kartu ATM tentu saja selelu setia di dalam dompet. Tidak akan dikeluarkan kecuali ada transaksi. Namun terkadang pemilik kartu ATM ada yang ceroboh, sehingga akhirnya ada yang hilang karena jatuh atau lupa ditaruh dimana atau bisa juga kecopetan.

Hal tersebut pastinya membuat panik terlebih jika di dalamnya terdapat nominal saldo yang cukup banyak. Sedikit atau banyak isi saldo di dalam kartu ATM tetap saja berharga bagi pemiliknya. Jadi jika hilang ada yang berusaha untuk mencarinya.

Jika kartu ATM kalian hilang boleh saja panik tetapi kalian tidak boleh diam saja, harus segera mencari dengan dilacak. Melacak kartu ATM bisa dilakukan dengan beberapa cara, tetapi ini berbeda jauh dengan melacak smartphone hilang ya.

Meskipun terkadang ada orang baik yang akan mengembalikan kartu ATM yang hilang, kalian tetap harus melacak kartu ATM tersebut. Kalau di temukan orang yang tidak bertanggung jawab, dan terjadi transaksi menggunakan kartu ATM kalian itu menjadi tanggung jawab kalian sendiri nantinya.

Kartu ATM memang langsung terblokir jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, dan tidak akan bisa digunakan untuk transaksi kecuali dibuka blokirnya. Sorry out of topic, kalian bisa mencoba cara-cara berikut ini untuk mengatasi kartu ATM kalian yang hilang.

Baca Juga: Cara Menganti Kartu ATM BCA Hilang, Rusak

6 Cara Cepat Lacak Kartu ATM Yang Hilang

Tetap tenang terlebih dahulu, agar uang kalian di kartu ATM tetap aman kalian bisa mencoba beberapa solusi berikut:

cara melacak kartu atm yang hilang

  1. Periksa Mobile Banking dan Blokir Kartu ATM

Jika kalian memiliki akun mobile banking, maka kalian periksa dahulu untuk melacak dari daftar transaksi yang kalian lakukan. Karena di mobile banking akan terdapat informasi detail dari semua transaksi yang kalian lakukan. Sehingga kalian bisa tahu kartu ATM kalian pakai dimana dan untuk apa terakhir kali.

Jika terdapat transaksi yang tidak kalian kenal kalian harus cepat-cepat memblokir kartu melalui fitur yang ada pada M banking kalian. Ini digunakan agar tidak bisa melakukkan transaksi lagi.

  1. Hubungi Call Center Bank

Jika dengan periksa mobile banking masih belum yakin kalian bisa langsung menghubungi call center bank penerbit kartu ATM kalian. Biasanya nomor call center tertera di buku tabungan rekening atau kalian bisa juga mencari di website resmi bank penerbit atau mencari di internet.

Hubungi call center pada jam kerja dan jika sudah terhubung dengan costumer service katakan keperluan kalian yaitu bahwa kalian telah kehilangan kartu ATM dan demi keamanan meminta untuk kartu ATM tersebut di blokir. Sebutkan berapa nomor rekening dan identitas kalian untuk proses pemblokiran kartu ATM.

Berikut  nomor call center beberapa bank : BCA: 1500888, BRI: 1500017, BNI:1500046, Mandiri: 14000.

Beberapa costumer service perbankan mungkin banyak yang sibuk dan tidak bisa langsung merespon panggilan kalian. Jika hal tersebut terjadi, kalian bisa beralih untuk menghubungi via sosial media seperti twitter atau instagram.

  1. Transfer Saldo ke Rekening Lain

Untuk berjaga-jaga jika kalian memiliki beberapa rekening berbeda maka kalian bisa mentranfer semua sisa saldo di kartu ATM yang hilang ke rekening kalian yang lain. Gunakan mobile banking untuk mentransfer sisa saldo tersebut atau dengan buku rekening kalian transfer melalui bank langsung.

Jadi sebisa mungkin kalian ingat sisa saldo di kartu ATM tersebut, jangan lupa sisakan saldo mengendap. Jika waktu tidak memungkinkan lebih baik hubungi call center untuk pemblokiran kartu ATM kalian yang hilang.

  1. Batalkan Semua Transaksi Pembayaran Otomatis

Kalian memiliki tagihan yang pembayarannya langsung memotong saldo kartu ATM kalian, maka batalkan terlebih dahulu sementara. Agar kalian bisa tahu dengan mudah berapa sisa saldo di kartu ATM kalian yang hilang.

Pembayaran otomatis nanti bisa kalian aktifkan lagi jika kalian menemukan kartu ATM kalian yang hilang atau membuat kartu ATM baru.

  1. Kunjungi Kantor Bank

Jika lokasi bank penerbit kartu ATM kalian dekat, kalian bisa juga langsung menuju ke kantor bank. Dengan membawa dokumen seperti kartu identitas dan buku rekening. Lalu ambil nomor antrian ke CS.

Jelaskan kepada CS bahwa kalian kehilangan kartu ATM dan berkenan untuk memblokirnya. Kalian sertakan juga buku rekening dan kartu identitas untuk diperiksa CS mengenai kartu ATM kalian yang hilang.

  1. Minta Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Terakhir kalian laporkan kehilangan kartu ATM kalian ke kantor polisi, nantinya surat kehilangan tersebut bisa kalian pakai untuk melacak kartu ATM kalian yang hilang. Saat membuat surat kehilangan jangan lupa bawa buku rekening dan kartu identitas. Pihak kepolisian akan menanyakan kronologi kehilangan kartu ATM tersebut sedetail mungkin ke kalian.

Surat kehilangan dari kantor kepolisian nanti bisa kalian gunakan untuk membuat kartu ATM yang baru di bank penerbit sebagai dokumen pelengkap. Jadi kalian bisa membawa surat tersebut ke bank penerbit lalu buatlah kartu ATM baru.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang bagaimana cara melacak kartu ATM yang hilang, semoga bermanfaat dan membantu. Jika ada yang kalian tanyakan, tulis komentar di kolom yang sudah tersedia. Terima kasih dan Jangan lupa share.

Cara Mengetahui 16 Digit Kartu ATM Yang Hilang

Mungkin informasi berikut ini juga dapat membantu kalian yaitu cara mengetahui nomor kartu ATM yang hilang.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui No Kartu ATM BCA 16 Digit

  1. Cek Email

Biasanya saat pendaftaran nasabah khusunya dalam pendaftaran m banking kita harus menyertakan email. Cek email kalian cari email dari bank yang kalian daftar.

  1. Buka M Banking

Semua informasi yang ada pada kartu kalian tertera pada m banking. Kalian dapat menemukan 16 digit kartu ATM kalian yang hilang.

Sebenarnya untuk melacak kartu ATM yang hilang itu tidak bisa, namun kalian bisa menanggulangi resiko yang ada karena pada kartu terdapat nomor kartu yang dapat digunakan bertransaksi.

Kalian bisa menggunakan cara-cara diatas agar uang yang ada pada rekening kalian tidak hilang, tidak digunakan oleh orang yang menemukan kartu ATM kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA