Cara Kredit HP di Shopee Lewat Alfamart dan Indomaret

Shopee merupakan salah satu e-commerce raksasa yang ada di Indonesia. Berbagai fitur disediakan dalam aplikasi ini, mulai jual beli barang hingga dompet digital juga sudah tersedia dalam satu aplikasi saja. Dompet digital milik Shopee disebut dengan Shopeepay. Untuk kali ini saya akan membahas tentang cara kredit hp lewat shopee bayar di alfamart dan indomaret.

Tidak hanya itu, Shopee juga menyediakan sistem pembayaran kredit melalui Shopee tanpa kartu kredit dan tanpa harus berpindah aplikasi yang disebut dengan SPayLater. Cara pembayarannya pun mudah dan banyak pilihannya, bisa melalui transfer bank, Alfamart, dan Indomaret.

Kredit di Shopee yang pembayarannya melalui Alfamart dan Indomaret sekarang sangat mungkin bisa di lakukkan. Tidak perlu memiliki kartu kredit sudah bisa membeli barang impian dengan cicilan. Barang bisa dikredit salah satunya yaitu HP atau Smartphone. Jadi secara khusus yang akan dibahas yaitu cara kredit HP lewat Shopee bayar di Alfamart dan Indomaret.

Jenis Kredit Di Shopee

Shopee memberikan pelayanan berupa kredit. Ada dua macam kredit yang ditawarkan oleh Shopee yaitu:

  • Kredit Barang

Pengguna bisa membeli barang dengan cara kredit. Namun tidak semua barang bisa dibeli secara kredit. Hanya barang tertentu saja yang bisa dibeli melalui cicilan, seperti barang elektronik misalnya televisi dan HP.

Jika ingin membayarnya bulan depan, pengguna bisa memilih cara pembayaran Buy Now Pay Later atau Beli Sekarang Bayar Nanti. Dan jika ingin mencicil juga bisa yaitu cicilan 3x, 6x, atau 12x.

  • Pinjaman Uang

Pinjaman uang ini murni berupa dana tunai yang diberikan sebagai kredit. Lebih tepatnya yaitu pinjaman online. Pinjaman dana ini disebut dengan SPinjam. Tidak banyak persyaratan yang diminta Shopee jika ingin mengajukan pinjaman ini layaknya pinjaman offline.

Tentu saja ada lebih dan kurangnya. Cara pinjamnya mudah, namun bunga yang harus dibayar juga mungkin cukup besar jika dibandingkan dengan pinjaman koperasi atau bank.

Cara Kredit HP Di Shopee Lewat Alfamart dan Indomaret

Ingin beli HP tapi tidak bisa bayar cash. Kredit di toko offline terlalu banyak persyaratan. Beli saja HP dengan cara  kredit di Shopee. Kredit dapat dengan mudah dilakukan meskipun tidak memiliki kartu kredit ataupun akun kredit online. Cukup satu aplikasi saja, yaitu Shopee.

Membeli HP dengan cara cicilan di Shopee tanpa kartu kredit yaitu dengan menggunakan SPayLater. Jika SPayLater belum aktif, cara pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan SPayLater. Mengaktifkan SPayLater tidak serta merta tanpa persyaratan.

Berikut ini persyaratan untuk bisa mendapatkan layanan SPayLater:

  • Harus terdaftar dan terverifikasi

Pastikan sudah memiliki akun Shopee dan lakukan verifikasi. Biasanya verifikasi ini cukup dengan memfoto KTP dan selfie bersama KTP.

  • Akun berusia minimal 3 bulan

Untuk akun baru akan lebih sulit atau bahkan belum bisa mendapatkan layanan SPayLater ini.

  • Sering digunakan bertransaksi

Semakin banyak transaksi, Shopee akan memberikan reward-reward yang lebih banyak juga, salah satunya layanan SPayLater.

  • Sudah update aplikasi ke versi terbaru

Aplikasi yang belum diupdate bisa saja tidak support dengan fitur terbaru. Jadi pastikan aplikasi sudah merupakan versi terbaru.

Setelah akun memenuhi persyaratan untuk mendapatkan layanan SPayLater, akan muncul menu SPayLater untuk diaktivasi. Namun saat ini SPayLater hanya dapat diaktifkan oleh pengguna terpilih saja yang akan langsung mendapatkan notifikasi dari Shopee.

Jika dirasa sudah memenuhi semua persyaratan tetapi belum bisa diaktivasi, bisa dicoba untuk menghubungi SPayLater melalui email, pusat bantuan di Aplikasi, atau call center Shopee.

Jika masih bingung, berikut cara mengaktifkan SPayLater:

Cara Mengaktifkan SPayLater

  1. Log in ke akun Shopee.
  2. Klik tab Saya di pojok kanan bawah, kemudian cari dan klik SPayLater.
  3. Klik Aktifkan Sekarang
  4. Kode OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor HP yang sudah terdaftar di Shopee. Masukkan kode OTP tersebut dan jangan pernah memberikannya kepada siapapun.
  5. Kemudian klik Lanjut
  6. Selanjutnya, unggah foto KTP. Ketentuan mengunggah foto KTP:
  • Gunakan kamera belakang dan posisikan KTP pada frame yang tersedia lalu ambil foto
  • Selanjutnya masukkan nama dan NIK, kemudian klik Konfirmasi
  • Satu KTP hanya dapat digunakan untuk satu akun SPayLater
  1. Masukkan informasi tambahan, lalu klik Konfirmasi.
  2. Selanjutnya Verifikasi Wajah Klik Mulai Verifikasi Arahkan wajah ke frame yang tersedia.
  3. Jika berhasil akan mendapatkan notifikasi SPayLater Anda sedang diproses. Apabila disetujui akan mendapatkan notifikasi lagi bahwa telah berhasil mengaktifkan SPayLater. SPayLater akan diproses hingga 2x24jam.
  4. Setelah diaktivasi dapat memilih tanggal jatuh tempo yaitu tanggal 5 atau 25 setiap bulannya.

Cicilan dengan SPayLater dapat dilakukan 1x, 3x, 6x, dan 12x pada tanggal jatuh tempo setiap bulannya yaitu tanggal 5 atau 25, tergantung pengaturan awal yang dipilih. Cicilan 1x berarti beli sekarang dibayar bulan depannya disebut dengan Buy Now Pay Later atau Beli Sekarang Bayar Nanti.

Suku bunga yang harus dibayarkan pengguna untuk kredit dengan SPayLater ini yaitu sebesar 2,95%. Selain itu biaya penanganan akan dikenakan 1% setiap transaksi.

Cara Kredit HP Di Shopee dengan SPayLater Bayar di Alfamart dan Indomaret

Setelah tahu tentang SPayLater dan cara mengaktifkannya, sekarang mari kita bahas tentang cara kredit HP menggunakan SPayLater. Berikut langkah-langkah kredit hp di shopee:

  1. Pastikan sudah log in ke akun Shopee yang sudah diaktifkan SPayLater-nya.
  2. Ketik merk dan tipe HP yang ingin dikredit di kolom pencarian.
  3. Atau bisa langsung pilih menu Semua di halaman beranda Shopee, kemudian pilih Handphone & Aksesoris
  4. Lanjut pilih kategori Handphone.
  5. Setelah ketemu HP yang dicari, klik Beli Sekarang.
  6. Periksa nama dan alamat apakah sudah benar. Jika belum ada, masukkan nama dan alamat penerima dengan lengkap dan benar.
  7. Centang Proteksi supaya HP aman dan selamat sampai tujuan. Tentunya dengan biaya tambahan
  8. Masukkan voucher toko (jika ada). Pengiriman juga bisa dipilih , apakah Hemat, Reguler, Instant, atau next day. Ini menyesuaikan tergantung toko. Beda toko bisa beda juga opsi pengiriman yang tersedia.
  9. Tulis pesan di kolom Tinggalkan Pesan jika ada pesan khusus untuk seller /penjual
  10. Masukkan Voucher Shopee jika ada, misalnya Voucher Gratis Ongkir atau Voucher Diskon lainnya.
  11. Kemudian, pilih metode pembayaran SPayLater. Silahkan pilih sesuai yang diinginkan, cicilan 1x (Beli Sekarang Bayar Nanti), 3x, 6x atau 12x. Jumlah tagihan yang perlu dibayar setiap bulannya sudah tertera. Setelah mencentang metode pembayaran yang dipilih, klik Konfirmasi
  12. Teliti sekali lagi untuk memastikan data sudah benar. Jika sudah, klik Buat Pesanan
  13. Masukkan PIN ShopeePay dan klik Lanjutkan.
  14. Pesanan selesai. Tinggal tunggu barang sampai di rumah

Jika dana yang akan digunakan kalian bisa membaca tentang cara menaikkan limit shopee pinjam.

Cara Membayar Cicilan SPayLater Di Indomaret

Karena tema bahasan artikel kali ini tentang cara kredit hp lewat shopee bayar di alfamart dan Indomaret, sekarang mari kita lanjut bahas cara membayar SPayLater di Indomaret terlebih dulu. Pembayaran melalui dua minimarket ini ada sedikit perbedaan, jadi kami akan membahasnya sendiri-sendiri. Berikut langkah yang harus dilakukan:

  1. Pastikan sudah log in ke akun yang digunakan untuk kredit melalui SPayLater
  2. Klik Saya di pojok kanan bawah, lalu klik SPayLater
  3. Disitu akan tertera tagihan bulan ini. Klik Bayar Sekarang
  4. Dihalaman berikutnya muncul rincian tagihan. Lalu klik Bayar Sekarang
  5. Selanjutnya, pilih metode pembayaran Indomaret dan klik Konfirmasi
  6. Akan muncul halaman yang berisi kode pembayaran serta cara pembayaran di Indomaret. Simpan kode pembayaran tersebut
  7. Kemudian pergilah ke Indomaret terdekat. Langsung ke kasir dan katakan akan membayar SPayLater.
  8. Berikan ke kasir kode pembayaran yang sudah disimpan tadi dan bayar tagihannya. Keuntungannya, pembayaran di Indomaret tidak dikenakan biaya admin.
  9. Kasir akan memberikan struk pembayaran. Simpan struk pembayaran sebagai bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan.
  10. Pembayaran tagihan cicilan bulan tersebut selesai. Limit SPayLater akan segera dikembalikan. Jika dalam waktu lebih dari 1×24 jam limit belum dikembalikan segera hubungi customer service untuk minta bantuan mengembalikan limit. Apalagi jika tagihan masih tetap ada harus segera menghubungi customer service.

Cara Membayar Cicilan SPayLater Di Alfamart

Cara kredit hp lewat shopee bayar di alfamart ini sedikit berbeda dengan Indomaret. Setelah saya cek tanggal 31 Agustus 2021 kemarin ternyata tidak tersedia pembayaran SPayLater melalui Alfamart. Tapi tenang saja, kami akan memberikan cara yang mudah untuk tetap bisa membayar melalui Alfamart.

Sebelumnya, pastikan akun Shopee kalian sudah bisa menggunakan ShopeePay. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Log in ke akun Shopee yang memiiki tagihan akan dibayar
  2. Pada halaman beranda klik Isi Saldo ShopeePay.
  3. Pada halaman selanjutnya klik Isi Saldo. Lalu pilih Alfamart dan klik Konfirmasi
  4. Kemudian muncul halaman berisi nomor HP yang digunakan di akun Shopee serta prosedur pembayaran di Alfamart
  5. Selanjutnya pergilah ke Alfamart terdekat. Sampaikan ke kasir kalau ingin mengisi saldo ShopeePay.
  6. Berikan nomor HP yang tertaut di Shopee tadi beserta jumlah saldo yang akan diisikan ke ShopeePay. Jumlah yang bisa diisikan yaitu Rp. 10.000, Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 300.000, Rp. 400.000, dan Rp. 500.000. Isilah saldo dengan jumlah terdekat sesuai tagihan yang akan dibayar. Lebih boleh, tapi tidak bisa jika kurang. Misalnya jumlah tagihan Rp. 235.000. Kalian bisa isi saldo ShopeePay minimal Rp.240.000 atau lebih mudahnya Rp. 250.000. Lebih dari Rp. 250.000 juga bisa.
  7. Tunggu saldo masuk ke ShopeePay.

Setelah saldo masuk, selanjutnya bayarkan cicilan tagihan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Klik Saya di pojok kanan bawah, lalu klik SPayLater
  2. Disitu akan tertera tagihan bulan ini. Klik Bayar Sekarang
  3. Dihalaman berikutnya muncul rincian tagihan. Lalu klik Bayar Sekarang
  4. Selanjutnya, pilih metode pembayaran ShopeePay dan klik Konfirmasi
  5. Lalu muncul halaman verifikasi yaitu memasukkan password ShopeePay atau mungkin sidik jari.
  6. Selesai. Pembayaran cicilan bulan tersebut lunas. Saldo ShopeePay akan terpotong dan limit SPayLater akan dikembalikan.
  7. Pembayaran bulan selanjutnya dapat dilakukan dengan cara yang sama

Ketentuan Pembayaran SPayLater

Pihak Shopee sudah pasti memiliki aturan tersendiri terkait pembayaran SPayLater. Ketentuan ini wajib diketahui dan dipahami juga oleh para pengguna supaya tidak terjadi kesalahpahaman. Berikut poin-poin yang harus dipahami terkait SPayLater:

  1. Rincian tagihan muncul setiap tanggal 25 dan harus dibayar maksimal tanggal 5 bulan selanjutnya. Atau muncul tanggal 1 dan tanggal 15 sesuai aturan yang benar. Jika lewat tanggal jatuh tempo tersebut akan dikenai denda.
  2. Rincian tagihan yang muncul dan perlu dibayarkan yaitu transaksi selesai yang dilakukan mulai tanggal 25 bulan lalu hingga 24 bulan ini.
  3. SPayLater merupakan fasilitas pinjaman Shopee yang telah disediakan lembaga penyelenggara yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Resiko Jika Terlambat Atau Tidak Membayar Tagihan SPayLater

Setiap perbuatan pasti ada konsekuensinya. Sama halnya dengan SPayLater ini. Kita dimudahkan, tentu saja pasti ada akibat jika melanggar. Resiko yang akan diterima pengguna jika tidak mengikuti aturan Shopee yang berlaku:

  1. Jika terlambat akan dikenakan biaya 5% dari jumlah tagihan
  2. Semakin tidak dibayar, maka tagihan semakin membengkak menjadi banyak karena adanya denda tersebut
  3. Tidak diaktifkan layanan SPayLater lagi oleh Shopee
  4. Akses di aplikasi akan dibatasi
  5. Voucher Shopee akan dibatasi
  6. Mempengaruhi peringkat kredit SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang menyulitkan saat akan berhutang dengan bank atau perusahaan keuangan lainnya,
  7. Penagihan lapangan.

Demikianlah artikel tentang cara kredit HP lewat Shopee bayar di Alfamart dan Indomaret. Sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun karena tidak memerlukan kartu khusus.

Melakukkan kredit di shopee kemudian bayar di alfarmart atau indomart tidak bisa untuk saat ini. Namun kalian juga bisa mengaktifkan SPayLater untuk membayar hp yang ingin kalian beli. Nanti setiap bulan kalian ada tagihan yang harus kalian bayar, nah kalian bisa membayarnya di alfarmat maupun di indomart.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA