Cara Kirim Barang Lewat Grab Express

Mengirim barang selain melalui ekspedisi seperi JNE, J&T dan SiCepat yang sudah besar kalian dapat mengirim barang melalui Grab. Kali ini saya akan membahas tuntas mengenai cara kirim barang lewat Grab.

Grab merupakan sebuah perusahaan teknologi mobile terbesar di Asia Tenggara yang menghubungkan jutaan pelanggan dengan jutaan mitra pengemudi, merchant dan juga bisnis. Kehadiran Grab seperti menjadi angin segar bagi sebagian masyarakat. Mereka bisa menggunakan layanan Grab untuk berbagai keperluan, mulai dari pengantaran orang, makanan, hingga barang hanya melalui sebuah aplikasi.

Apalagi dimasa pandemi seperti saat ini dimana sedang diberlakukan PPKM dan ruang gerak menjadi sangat terbatas, kehadiran Grab sangatlah membantu. Kita bisa memesan makanan, kebutuhan rumah tangga, dan keperluan lain melalui Grab. Tinggal tunggu di rumah, barang sudah datang.

Pada artikel kali ini kami akan membahas salah satu layanan Grab yaitu tentang cara mengirim barang lewat Grab. Layanan pengiriman barang ini disebut dengan GrabExpress.

Layanan lain yang bisa digunakan di aplikasi Grab diantaranya:

  1. Transportasi yaitu layanan untuk pengantaran atau penjemputan orang menggunakan motor, mobil, taksi, hingga penyewaan mobil.
  2. GrabFood yaitu layanan pembelian makanan.
  3. GrabMart yaitu layanan belanja online, seperti belanja bahan makanan segar, kebutuhan sehari-hari, hingga keperluan mandi.
  4. Payment yaitu layanan untuk pembayaran belanja, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dll.
  5. GrabKios bisa membantu kita mendapatkan berbagai produk dan layanan yang dibutuhkan, seperti kirim uang ke bank manapun, isi saldo mitra pengemudi, beli pulsa dan paket data, bayar tagihan, asuransi proteksi, daftar mitra pengemudi dan beli emas.

Apa Itu GrabExpress

Grab Express adalah layanan pengantaran barang secara kilat, pasti dan aman yang bisa dipesan melalui aplikasi Grab. GrabExpress dapat digunakan setiap hari selama 24 jam tergantung ketersediaan kurir yang ada di lokasi sekitar.

Jasa Grab antar barang kilat ini dapat melayani pengiriman barang-barang kecil dan dokumen. Mereka tidak melayani pengiriman barang pecah belah yang tidak dikemas dengan baik dan aman. Makanan dan minuman yang membutuhkan pendingin atau penanganan khusus, minuman beralkohol, obat-obatan, perhiasan, dan barang lain yang dilarang dalam Undang-Undang yang berlaku di Indonesia juga tidak dapat diterima. 

GrabExpress sudah beroperasi di JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi), Makassar, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, Balikpapan, Lampung, Palembang, Bali, Yogyakarta, Manado, Pontianak, Padang, Banjarmasin, Pekanbaru, Batam, Mataram, Jambi, Palu, Aceh, Bengkulu, Pangkal Pinang, Kendari, Ambon, Jayapura, dan Tanjung Pandan.

3 Layanan GrabExpress

GrabExpress tidak membatasi minimum paket yang bisa dikirim, tetapi memberikan batasan maksimum sesuai dengan jenis layanann. Jadi kalian bisa memesan GrabExpress untuk mengirim barang.

Ada 3 jenis layanan pada GrabExpress yaitu:

  1. GrabExpress Instant Bike

Pengiriman ini khusus untuk barang atau paket kecil dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dan berat maksimal 15 kg.  Pengiriman bisa sampai dengan cepat maksimal 3 jam saja. Tarifnya tergantung berat dan jarak, namun juga lebih mahal 2x lipat dibandingkan dengan Same Day Bike.

  1. GrabExpress Same Day Bike

Estimasi waktu pengirimannya yaitu 6 jam hingga satu hari.  Layanan ini mengirimkan paket dengan dimensi dan berat sama seperti layanan Instant Bike yaitu 50 x 50 x 50 cm dan berat maksimal 15 kg, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. GrabExpress Instant Car

Adalah pengiriman barang menggunakan mobil. Barang yang bisa dikirim merupakan barang besar dengan maksimal ukuran 100 x 100 x 80 cm dan berat maksimal 150 kg. Tidak perlu waktu lama untuk pengiriman ini, karena layanan ini termasuk pengiriman cepat yang langsung sampai.

14 Langkah Kirim Barang Lewat GrabExpress

Setelah tahu layanan yang tersedia pada GrabExpress, selanjutnya kita perlu tahu cara pesan grab express ini supaya tidak bingung sehingga tidak terjadi kesalahan.

Berikut cara kirim barang lewat Grab Express:

  1. Download aplikasi Grab di Apps Store. Aplikasi Grab wajib diinstal di HP kalian kalau ingin menggunakan layanan GrabExpress. Aplikasi ini bisa didownload di Apps Store atau Play Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Grab yang sudah didownload tersebut.
  3. Silahkan log in jika sudah memiliki akun atau klik Daftar jika belum pernah memiliki akun.
  4. Jika sudah, pada halaman depan aplikasi Grab, pilih Express .
  5. Masukkan lokasi penjemputan barang dan lokasi tujuan pengiriman barang.
  6. Pilih jenis layanan yang akan digunakan. Ada dua pilihan yaitu Instan dan Same Day.
  7. Pilih Armada yang akan digunakan, Bike (sepeda motor) untuk barang kecil dan Car (mobil) untuk barang besar.
  8. Klik Selanjutnya kemudian Masukkan data detail penerima.
  9. Klik Pengantaran dan Masukkan Data Pengirim. Pastikan mengisi data pengirim dengan data yang benar dan lengkap.
  10. Kemudian masukkan data penerima seperti nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Kalian juga bisa menambahkan catatan untuk pengemudi.
  11. Pilih jenis barang yang akan dikirim. Supaya lebih aman, kalian juga bisa memberikan proteksi, tentunya dengan biaya tambahan. Ada 3 jenis proteksi yang bisa dipilih yaitu Basic, Standard, dan Premium.
  12. Setelah semua terisi dengan benar, klik Selanjutnya. Pada halaman selanjutnya ini pilih cara pembayaran yaitu bisa melalui OVO, Tunai dibayar pengirim, dan Tunai Dibayar Penerima. Masukkan juga kode promo (jika ada)
  13. Setelah itu klik Pesan Pengantaran. Tinggal tunggu di rumah kurir akan menjemput barangmu.
  14. Pada saat barang dikirim kita bisa melacaknya menggunakan fitur Share My Ride.

Itulah cara mengirim barang via GrabExpress. Sangat mudah, bukan? Tinggal klik-klik, tunggu di rumah saja, barang dijemput dan akan diantarkan dengan aman. Setalah barang kalian diambil si Grab kalian juga harus tracking kalian bisa membaca cara cek resi grab express same day dan instant

Jika kalian pengguna aplikasi Grab wajib banget tau cara menghapus riwayat history Grab

5 Tips Kirim Barang Lewat Grab

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum melakukan pengiriman barang melalui Grab, yaitu:

  1. Siapkan barang sebelum kurir datang

Supaya kurir tidak perlu berlama-lama menunggu paketmu, siapkan dulu barang yang akan dikirim. Jadi saat kurir datang langsung diserahkan saja.

  1. Jika pembayaran tunai, siapkan uang sebelum kurir datang

Selain barang yang harus disiapkan, uang juga wajib disiapkan jika pembayaran dilakukan secara COD atau tunai supaya tidak kerepotan mencari-cari uang saya kurir sudah datang. Sebaiknya siapkan uang pas agar kurir tidak perlu memberikan uang kembali.

  1. Packing barang berlapis

Pastikan mengemas barang dengan aman, baik, dan rapi. Jika perlu kemas barang secara berlapis dan untuk barang mudah pecah ada baiknya dikemas dengan kayu supaya lebih aman.

  1. Berikan asuransi

Asuransi ini penting untuk menjamin barangmu sampai di tempat tujuan dengan aman. Terutama untuk barang pecah belah sangat disarankan untuk menambahkan asuransi.

  1. Tempelkan stiker peringatan

Untuk menambah keamanan lagi, bisa ditambahkan stiker peringatan atau lakban fragile. Dengan begitu, kurir akan lebih berhati-hati dalam mengirim barangmu.

Tarif Grab Express

Buat kalian yang ingin mengirim barang lewat grab atau memesan GrabExpress mungkin bertanya-tanya megenai harga. Jadi jika kalian menggunakan layanan GrabExpress melalui aplikasi GrabTaxi, tarif yang akan kalian keluarkan kurang lebih Rp2.500 per km (minimum Rp15.000) ketika off-peak hour dan Rp3.000 per km (minimum Rp25.000) ketika peak hour.

Sebelum mengakhiri pembahasan ini mungkin kalian juga tertarik dengan paket internet yang dikeluarkan Telkomsel khusu untuk Grab. Kalian bisa cari tau tentang paket Grab Telkomsel 15 GB 75 Ribu.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan tentang cara kirim barang lewat Grab beserta tips yang bisa dilakukan supaya barang bisa sampai di tempat tujuan dengan aman. Semoga informasi yang dapat saya bagikan ini bermanfaat buat panduak menggunakan Grab Express.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA