18 Tips dan Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Hidup hemat adalah salah satu kebiasaan yang cukup baik. Salah satu manfaatnya adalah dapat menabung. Berikut ini cara hidup hemat agar bisa menabung.

Sadarkah kalian terkadang gaji yang kalian terima cepat habis? Padahal kalian tidak boros dalam membelanjakan uang kalian.

Tahukah kamu jika bisa jadi hal tersebut dipicu kebiasaan sepele, dan tanpa sadar kalian melakukannya berulang-ulang.

Terlebih saat ini banyak sekali platform toko online yang dengan mudah diakses. Berbelanja online, pesan makanan online, beli tiket transportasi online semuanya serba online yang menjadikan semuanya serba mudah.

Terkadang karena adanya aplikasi-aplikasi online tersebut uang digunakan terus menerus tanpa sadar tiba-tiba habis saja.

Karena berlebihan dalam membelanjakan uang dan tidak terbiasa menabung bisa berakibat fatal. Bahkan saat ini masih banyak orang yang kesulitan dalam menghemat uangnya.

Karena terlalu menuruti gaya hidup yang konsumtif sehingga kesulitan dalam menyisihkan uangnya untuk ditabung. Maka dari itu diperlukan untuk mengubah pola hidup konsumtif dan boros menjadi lebih hemat supaya bisa menabung.

Bagi kalian yang membutuhkan tips atau cara hidup hemat agar bisa menabung, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Kami akan memberikan beberapa tips yang dapat kalian lakukan sesuai dengan kemampuan kalian sendiri. Kami tidak menuntut kalian untuk melakukan semuanya, akan tetapi kalian dapat mengambil beberapa yang mungkin cocok bagi kalian.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara berhemat agar bisa menabung:

  1. Tentukan Pengeluaran Wajib

Menentukan jumlah nominal uang untuk pengeluaran wajib itu merupakan cara hidup hemat agar bisa menabung yang harus kalian lakukan karena sifatnya mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Pengeluaran ini biasanya jumlahnya hampir sama setiap bulannya dan tentunya konsisten. Maka dari itu harus ditentukan jumlahnya sebelum dibelanjakan.

Hal ini memudahkan juga dalam membelanjakan uang karena pasti akan dibelikan untuk apa. Pengeluaran wajib biasanya berupa kebutuhan pokok sehari-hari dan jika tidak terpenuhi bisa menganggu berjalannya aktivitas sehari-hari.

  1. Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Cara hidup hemat agar bisa menabung dapat dilakukan dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Pencatatan ini juga memudahkan kalian dalam mengevaluasi baik tidaknya dalam pengelolaan keuangan kalian.

Dengan mencatat setiap pemasukan yang diterima dan juga pengeluaran yang dilakukan, kalian bisa tahu apakah termasuk hemat atau boros. Jika pemasukan ada sisa untuk ditabungkan berarti kalian bisa dikatakan berhemat namun jika pengeluaran lebih banyak maka kalian termasuk boros.

Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta Dalam Setahun

  1. Pisahkan Keuangan untuk Menabung dan Sehari-hari

Sedikit atau banyak, memisahkan keuangan untuk ditabung dan sehari-hari itu perlu. Terkadang jika keuangan tersebut tercampur menjadi satu, maka kalian tidak akan berhasil dalam menabung justru uang yang seharusnya ditabung digunakan juga untuk sehari-hari.

Maka dari itu sangat disarankan untuk dipisahkan antara uang untuk kebutuhan sehari-hari dan uang untuk ditabungkan.

  1. Hindari Pola Hidup Konsumtif dan Boros

Pola hidup konsumtif cenderung menjadikan hidup boros. Ketika ada keinginan akan sesuatu pasti akan berusaha untuk membelinya padahal belum tentu akan digunakan.

Hal itu bertentangan dengan cara hidup hemat agar bisa menabung ini. Maka dari itu ketika ada keinginanan lebih baik pikirkanlah secara matang apakah benar-benar kalian butuhkan. Jika tidak kalian hanya akan buang-buang uang saja.

Menghindari pola hidup konsumtif memang tidaklah mudah, harus bekerja dengan keras, bertahap serta konsisten. Ubah sedikit demi sedikit terlebih dahulu jangan memaksakan lansung semuanya diubah. Yang terpenting tanamkan kesungguhan niat untuk berubah menjalani pola hidup hemat.

  1. Bijak dalam Membelanjakan Uang

Menghabiskan uang lebih mudah daripada mencari, istilah tersebut biasa sering kita dengar. Mencari uang rasanya seperti berat sekali, bahkan kadang lupa makan lupa waktu lupa istirahat dan lain sebagainya tetapi dalam menghabiskannya bisa dalam hitungan jam, hari atau mingguan.

Maka dari itu sangat diperlukan tips atau cara menyisihkan uang agar bisa menabung. Jangan terlalu sering membeli sesuatu yang kalian inginkan tetapi belilah yang benar-benar kalian butuhkan.

Berpikirlah dengan matang ketika akan membelanjakan uang kalian dan jangan sembrono.

 

  1. Memasak Makanan Sendiri

Memasak sendiri adalah salah satu langkah cara menabung hemat, karena biasanya makanan yang dijual saat ini harganya satu porsi bisa dipakai untuk membeli lauk untuk satu hari.

Dan dengan memasak sendiri makanan yang dimasak lebih sehat dan higenis. Maka dari itu lebih baik memasak makanan sendiri daripada beli di warung.

  1. Membawa Bekal dari Rumah

Jika kalian sudah memasak makanan sendiri di rumah, maka lebih baik membawa bekal makanan dari rumah juga. Bawa minuman dari rumah juga supaya lebih hemat tentunya.

Serta mengurangi jumlah pengeluaran juga dan memastikan tidak buang-buang makanan. Karena biasanya ketika sudah memasak di rumah dan tidak membawa bekal, akhirnya membeli makanan di luar sehingga pas pulang kerja jadi malas makan masakan di rumah.

Baca Juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

  1. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Cara hidup hemat agar bisa menabung selanjutnya adalah dengan bijak saat menggunakan kartu kredit. Menggunakan kartu kredit sebenarnya tidak ada yang melarang, tetapi ketika akan menggunakan kartu kredit pikirkanlah dahulu apakah keuangan kalian mencukupi atau tidak.

Karena biasanya banyak orang terdorong melakukan gaya hidup konsumtif dan boros dengan adanya kartu kredit. Terlebih lagi jika membayar tagihan bulanan tidak tepat waktu bisa menjadi bomerang bagi kalian sendiri.

Maka dari itu bijaklah dalam menggunakannya, gunakan saja ketika memang sangat diperlukan.

  1. Batasi Uang di Dalam Dompet

Saat ini pembayaran transaksi apapun bisa menggunakan dompet digital sehingga bisa lebih mudah. Tetapi masih banyak juga yang lebih suka menggunakan uang tunai karena memang sudah terbiasa seperti itu.

Kalian dapat menerapkan cara hidup hemat agar bisa menabung dengan membawa uang di dompet tidak terlalu berlebihan, bawalah uang seperlunya dan secukupnya saja. Karena berlebihan juga bisa mengganggu keamanan kalian.

  1. Hidup Sederhana dan Minimalis

Hidup sederhana dan minimalis juga menjadi langkah cara hidup hemat agar bisa menabung. Masih banyak ditemui orang yang gaya hidupnya tidak menyesuaikan dengan kondisi keuangannya. Sehingga akhirnya memaksa mereka berhutang kesana-sini agar gaya hidupnya terpenuhi.

Kalian yang ingin berhemat maka beralihlah hidup sederhana sesuai dengan kondisi keuangan kalian. Yang terpenting meskipun hidup sederhana dan minimalis kesehatan kalian tetap utama.

Hemat juga dalam menggunakan listrik, air, membeli sesuatu seperlunya berdasarkan kebutuhan.

  1. Kurangi Jajan dan Berpergian

Saat berpergian pasti sering kali ingin beli jajan di pinggir jalan. Meskipun harganya tidak mahal tetapi jika kalian sering melakukannya bisa-bisa uang kalian bisa habis tanpa disadari.

Tidak masalah kalian jajan dan berpergian tetapi jangan terlalu sering, cukup seperlunya saja. Lebih baik kurangi sehingga pengeluaran tidak bertambah dan uangnya bisa kalian tabungkan.

  1. Sisihkan Uang untuk Ditabung Awal Bulan

Biasanya menabung dilakukan di akhir bulan, maka lebih baik ganti dengan awal bulan saja. Dengan menyisihkan di awal bulan, uang tidak akan digunakan untuk keperluan lainnya sehingga menjadi aman.

Letakkan uang di dompet khusus atau langsung dimasukkan di dalam tabungan supaya tidak akan tercampur dengan keuangan lainnya. cara berhemat dan menabung ini terbukti efektif bagi Sebagian orang.

  1. Manfaatkan Diskon, Cuci Gudang dan Promo

Saat berbelanja agar lebih hemat maka manfaatkan adanya diskon, cuci gudang dan promo. Dengan itu kalian bisa berhemat dua kali lipat karena dengan diskon harga barang sedikit lebih murah.

Dengan cuci gudang kalian bisa mendapatkan barang dengan jumlah lebih banyak serta harganya lebih murah dan promo kalian ketika membeli sesuatu bisa dapat 2 dengan harga 1 barang bahkan beli 2 barang berbeda atau sama dapat bonus barang lainnya.

Kalian bisa mendapatkan itu semua biasanya di supermarket, toko-toko besar atau toko merchant. Dan barangnya biasanya ada sedikit kecacatan pada kemasannya tetapi isinya tetap bagus.

Diskon, cuci gudang dan promo diadakan dihari-hari tertentu saja bisa setiap bulan, setiap berapa bulan sekali atau setiap mendekati momen hari besar. Maka ketika hari-hari tertentu tersebut tiba segera manfaatkan dengan baik.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank BRI

  1. Membeli Barang yang Berkualitas

Cara hidup hemat agar bisa menabung salah satunya adalah dengan membeli barang kualitas terbaik. Memang biasanya harganya mahal tetapi daya tahannya bisa bertahan lebih lama daripada yang kualitasnya biasa.

Barang berkualitas juga bisa dipakai berulang kali dalam kurun waktu yang lama. Sehingga bisa mengurangi pengeluaran, yang terpenting dalam memakainya jangan sembrono, harus hati-hati dan merawatnya dengan baik supaya lebih awet.

  1. Manfaatkan Transportasi Umum

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi tentu tenang, tetapi bagi yang tidak pasti bingung harus memakai kendaraan apa. Padahal saat ini sudah banyak tersedia transportasi umum dengan harga terjangkau satu kali jalan.

Memang sedikit membutuhkan waktu lebih lama daripada memakai kendaraan pribadi, tetapi yang terpenting aman dan nyaman dalam perjalanannya. Dengan kendaraan umum juga kalian tidak perlu membayar tol dan parkir sehingga bisa lebih hemat.

cara hidup hemat agar bisa menabung dengan menggunakan transportasi umum ini akan terasa jika kalian menggunakan transportasi umum secara terus menerus setiap hari.

  1. Menjaga Kesehatan dengan baik

Saat sakit tentu pengeluaran akan bertambah untuk membeli obat dan berobat. Memang sakit tidak ada yang tahu tetapi jika kalian bisa menjaga diri dengan baik, tentu bisa tetap sehat dan menghindari sakit.

Konsumsi makanan bergizi, minuman menyehatkan serta buah agar kebutuhan nutrisi terpenuhi. Jangan jajan sembarangan dan kurangi makanan cepat saji adalah salah satu cara hidup hemat agar bisa menabung.

 

  1. Menghindari Godaan dan Memilih Circle Pertemanan

Godaan orang jaman sekarang sangat banyak sekali, jika tidak bisa menghindarinya bisa berakibat fatal. Juga dalam memilih teman jangan sembarangan, pilihlah mereka yang seprinsip dengan kalian. Karena lingkungan pertemanan juga mempengaruhi gaya hidup kalian.

Kalian juga akan mudah terbawa arus pertemanan jika tidak benar-benar bisa membatasi diri kalian. Maka dari itu tetaplah teguh dengan prinsip yang kalian miliki dan jangan mudah terpengaruh.

  1. Tidak Terlalu Mengikuti Trend

Ketinggalan trend terkadang dijadikan bahan ejekan, tetapi lebih baik hidup apa adanya jika mengikuti trend membuat kalian menghabiskan uang lebih banyak. Karena yang namanya trend selalu ada yang terbaru setiap tahunnya bahkan bulan.

Dan jika keuangan kalian tidak mencukupi jangan memaksakan diri mengikuti trend, karena tidak semua trend baik. Hidup apa adanya lebih baik dan sesuai dengan kondisi keuangan kalian.

Itulah cara hidup hemat agar bisa menabung yang dapat kami berikan. Kalian dapat memilih beberapa dari banyaknya tips yang kami berikan di atas.

Jika ingin tercapai maka kalian harus disiplin dan konsisten dalam menjalankannya, tanamkan niat dengan sunguh-sungguh sehingga dalam menjalankannya dengan santai dan nyaman.

Semoga cara hidup hemat semoga bermanfaat di atas bisa membantu kalian agar bisa menabung. Jangan lupa share ke teman-teman kalian dan jika ada yang kurang kalian pahami tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA