Cara Daftar dan Mengaktifkan OVO PayLater Terbaru

OVO PayLater merupakan salah satu fitur OVO yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Untuk mengaktifkan OVO PayLater, berikut cara daftar OVO PayLater.

Saat ini sudah banyak tersedia dompet digital yang lebih praktis daripada menggunakan kartu kredit. Dompet digital bisa diakses dengan menggunakan smartphone saja kemudian scan barcode atau QR sudah bisa melakukan transaksi pembayaran.

Salah satu dompet digital yang saat ini banyak peminatnya adalah OVO. Sebenarnya masih ada beberapa dompet digital lainnya, tapi kali ini kita akan membahas tentang dompet digital OVO.

OVO PayLater merupakan aplikasi dompet digital yang memberikan layanan cicilan tanpa kartu kredit. OVO PayLater juga dapat digunakan untuk melakukan pembelian barang di Tokopedia, Merchant dan gerai yang bekerjasama dengan OVO.

Akan tetapi OVO PayLater ini masih belum bisa diakses oleh semua pengguna, karena OVO PayLater masih berlaku di daerah tertentu di Indonesia. Mungkin untuk masa percobaan dahulu jika berhasil mungkin pihak OVO akan mengembangkan OVO PayLater untuk bisa diakses semua pengguna di Indonesia.

Untuk daerah yang bisa mengaktifkan OVO PayLater adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, Medan, Makasar, Malang, Surakarta, Semarang.

Bagi kalian yang berada di daerah yang dapat mengaktifkan OVO PayLater tersebut, kalian perlu mendaftar OVO PayLater ini. Apabila tidak mengetahui caranya, berikut cara daftar OVO PayLater.

Persyaratan Daftar OVO PayLater

Setiap akan mendaftar menggunakan aplikasi, kalian pasti akan diminta beberapa persyaratan untuk memenuhi data pendaftaran, tidak terkecuali OVO PayLater.

Ada beberapa data yang harus kalian penuhi agar bisa aktivasi OVO PayLater. OVO PayLater menjadi bagian dari dompet digital OVO. Untuk cara daftar OVO PayLater, berikut persyaratan yang harus dipenuhi.

  1. Siapkan Data/File yang diperlukan

Data-data yang dibutuhkan untuk mengaktifkan OVO PayLater adalah sebagai berikut:

  • Foto diri sendiri.
  • Foto KTP yang jelas menggunakan kamera smartphone kalian.
  • Foto selfie memegang KTP yang jelas menggunakan kamera smartphone kalian.
  • KTP berdomisili di daerah yang sudah bergabung dengan OVO PayLater.

Data yang paling dibutuhkan yaitu hanya KTP. Untuk foto akan diambil secara langsung melalui kamera di aplikasi OVO untuk membantu proses upgrade ke OVO Premier.

  1. Upgrade ke OVO Premier

Syarat yang tidak boleh dilewatkan adalah upgrade terlebih dahulu OVO ke OVO Premier, kalian bisa mengupgradenya melalui aplikasi OVO sendiri.

Apabila OVO kalian belum terupgrade ke premier, maka akan terdapat notifikasi untuk melakukan upgrade ke OVO Premier.

Lakukan upgrade OVO Premier dan tunggu hingga pihak OVO memverifikasi identias kalian. Proses upgrade ini biasanya memakan waktu hingga 24 jam.

Setelah memenuhi dua persyaratan di atas, kalian dapat menerapkan cara mendaftar OVO PayLater berikut ini.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Saldo OVO Gratis

Cara Daftar OVO PayLater

Setelah menyiapkan beberapa persyaratan, maka kalian bisa memproses untuk mendaftar kemudian mengaktivasi OVO PayLater.

Berikut langkah-langkah cara mengaktifkan OVO PayLater:

  1. Buka aplikasi OVO di smartphone kalian, lalu pilih menu Aktifkan OVO PayLater.
  2. Pilih Aktifkan Sekarang
  3. Tunggu hingga pihak OVO mengirimkan kode verifikasi pada nomor ponsel OVO kalian.
  4. Masukkan kode yang telah didapatkan.
  5. Silahkan ambil foto selfie dengan memegang KTP. Kemudian upload.
  6. Setelah itu lanjutkan dengan mengisi data sesuai KTP kalian seperti nama, alamat, pekerjaan, dan kontak yang aktif.

Cara Daftar OVO PayLater

  1. Centang syarat dan ketentuan OVO PayLater
  2. Silahkan tunggu dalam waktu 1×24 jam untuk aktivasi OVO PayLater.

Cara daftar OVO PayLater telah selesai setelah kalian mendapatkan notifikasi bahwa OVO PayLater sudah aktif, berarti kalian sudah bisa menggunakan OVO PayLater tersebut.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun OVO

Syarat dan Ketentuan OVO PayLater

Setiap aplikasi memiliki ketentuan yang harus dipatuhi dan dimengerti oleh penggunanya. Sebisa mungkin kalian sebagai pengguna harus mematuhi ketentuan tersebut agar tetap nyaman dalam menggunakan aplikasi. Berikut beberapa syarat dan ketentuan OVO PayLater:

  1. Biaya Layanan OVO PayLater

Setiap pinjaman pasti ada bunga yang harus dibayar setiap bulannya, tetapi berbeda dengan OVO PayLater yang tidak menerapkan bunga bulanan seperti kartu kredit.

OVO PayLater hanya mengenakan beban layanan transaksi pembelian apapun yang menggunakn OVO PayLater sebesar 5% dari total nilai transaksi.

Tetapi pembayaran beban layanan juga bisa berubah-ubah tergantung dari performa kalian dalam membayar tagihan.

  1. Tenor Waktu Pembayaran Tagihan

Dalam membayar tagihan OVO PayLater, ada beberapa tenor waktu untuk mencicil bayar tagihan. Beberapa tenor waktu pembayaran tagihan disesuaikan dengan nilai transaksi. Ada tenor waktu 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan.

  1. Denda atau Revolving Interest

Jika kalian tidak membayar penuh tagihan pinjaman sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Maka pihak OVO akan memberikan denda sebesar 0,1% perhari dari tagihan tertunggak yang tidak dibayar secara penuh sampai batas waktu yang ditentukan yang nantinya akan ditambahkam ke tagihan bulan berikutnya.

Perhitungannya seperti ini misal sisa tagihan sebesar Rp. 100.000 dan belum terbayar sampai batas waktu yang ditentukan maka kalian akan membayar denda senilai Rp.100 perharinya (presentase 0,1% dari Rp.100.000).

  1. Tanggal Pembayaran Tagihan

Kalian akan mendapatkan notifikasi tagihan pembayaran setiap bulannya pada tanggal 27 dan harus melakukan transaksi pembayaran paling lambat tanggal 1 di bulan berikutnya.

  1. Metode Pembayaran OVO PayLater

Kalian akan diberikan dua pilihan untuk membayar tagihan OVO PayLater, yaitu kalian membayar tagihan secara penuh sesuai dengan tagihan yang tertera pada halaman utama OVO PayLater.

Atau membayar tagihan setengah (50%) terlebih dahulu dari jumlah tagihan yang tertera pada halaman utama OVO.

Itulah syarat dan ketentuan dari OVO PayLater. Sebelum melakukan cara aktifkan OVO PayLater, alangkah baiknya kalian memahami syarat dan ketentuan tersebut.

Kegunaan dan Fitur yang Ditawarkan OVO PayLater

OVO PayLater ada karena memang disediakan untuk mempermudah transaksi pembayaran dengan mencicil. Jadi bagi kalian yang tidak mempunyai uang yang cukup, kalian bisa memakai OVO PayLater untuk membayar pembelian barang.

Akan tetapi khusus di merchant yang bekerjasama dengan OVO PayLater. Berikut fitur-fitur yang ditawarkan di OVO PayLater:

  1. Beli kapan aja, bayar akhir bulan.
  2. Beli sekarang, bayar nanti.
  3. Beli dicicil tanpa kartu kredit.
  4. Pengecekan pemakaian transaksi OVO PayLater dapat dicek di halaman OVO PayLater.
  5. Pembayaran pemakaian dari OVO PayLater dapat dilakukan di Indomaret, Transfer ATM, Virtual Account dan beberapa metode lainnya.
  6. Jika terjadi pembatalan transaksi oleh penjual, maka nominal transaksi pembelian barang akan dikembalikan langsung di Kredit Limit kalian.
  7. Jika barang yang dipesan sudah disetujui penjual tetapi barang belum sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Maka kalian bisa mengajukan klaim Kredit Limit melalui Pusat Resolusi. Kredit Limit kalian akan otomatis bertambah jika proses klaim sudah disetujui oleh penjual dan proses resolusi selesai.
  8. Jika barang yang kalian pesan tidak sesuai, kurang, cacat (rusak), ada kendala dalam pengiriman dan kendala harga barang. Maka kalian bisa mengajukan klaim Kredit Limit melalui Pusat Resolusi. Kredit Limit kalian akan otomatis bertambah jika proses klaim sudah disetujui oleh penjual dan proses resolusi selesai.

Baca Juga: Cara Convert Pulsa Ke OVO

OVO PayLater Tokopedia

Fitur OVO PayLater juga bisa pakai di Merchant Online Tokopedia, cara mengaktifkan OVO PayLater di Tokopedia sama dengan di aplikasi OVO. Langkah-langkahnya juga sama persis hanya saja dilakukan di aplikasi Tokopedia.

Proses pengajuan dilakukan selama 1×24 jam dan jika sudah disetujui maka kalian akan mendapat Kredit Limit pertama senilai Rp.500.000 yang bisa kalian gunakan untuk berbelanja di Tokopedia.

Layanan yang diberikan OVO PayLater di Tokopedia juga sangat menarik yaitu proses cepat, fitur menarik dan bunga yang bersaing. Tetapi layanan ini masih tersedia di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya dengan syarat usia pemakaian aplikasi minimal selama 6 bulan.

Pembekuan OVO PayLater

Bagi kalian yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakan OVO PayLater seperti tidak membayar tagihan berdasarkan waktu yang ditentukan sampai jatuh waktu tempo. Maka pihak OVO akan melakukan pembekuan Kredit Limit kalian dan OVO PayLater tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Selain itu jika ada penyalahgunaan pemakain akun OVO PayLater oleh orang lain, maka kalian wajib untuk segera melaporkan ke pihak OVO sejak pemakaian transaksi sampai maksimum 30 hari.

Pihak OVO juga akan melakukan tindakan hukum lainnya sesuai dengan perjajian dan pihak OVO juga tidak menanggung semua kerugian yang dialami akibat penyalahgunaan akun OVO PayLater. Semua transaksi yang terjadi di OVO PayLater menjadi tanggung jawab pemilik akun.

Sampai disini pembahasan kali ini tentang penjelasan OVO PayLater dan cara daftar OVO PayLater. Cukup banyak sekali hal-hal yang harus kalian ketahui tentang OVO PayLater. Semoga artikel ini bisa membantu kalian mengenal mengenai OVO PayLater.

Jangan lupa share jika artikel ini membantu. Apabila ada yang kurang kalian pahami, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA