5 Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Yang Sudah Dibayar

LACI USANG – Kalian pasti setiap bulannya harus membayar tagihan listrik bukan. Namun banyak orang yang lalai atas pembayaranyang dilakukkan tersebut. Berikut ini cara cek tagihan listrik bulan laly yang sudah dibayar.

Pembayaran Baik listrik prabayar atau pascabayar tentu saja akan diberikan struk sebagai bukti pembelian token atau pembayaran tagihan. Bagi beberapa orang tidak semua terbiasa menyimpan struk tersebut, jadi biasanya langsung dibuang. Nah padahal dengan struk tersebut kita bisa melihat perbedaan tagihan bulan-bulan sebelumnya hingga bulan saat ini apakah mengalami kenaikan atau tidak.

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, kalian masih bisa cek tagihan kalian bahkan bisa sampai beberapa bulan yang lalu. Caranya juga cukup praktis, sesuai dengan perkembangan zaman saat ini yang serba online. Kalian bisa memilih untuk menggunakan cara yang mana bisa pakai aplikasi, website atau lainnya.

Dengan mengetahui tagihan listrik bulan lalu, kalian bisa membuat perbandingan atau evaluasi mengapa ada perbedaan tagihan bahkan bisa juga ada pembekakan tagihan. Sehingga kalian juga bisa menemukan solusi dengan mengurangi pemakaian beberapa alat elektronik yang terlalu berlebihan.

Cek tagihan ini berlaku baik listrik pascabayar maupun prabayar ya, semua bisa kalian cek dengan menggunakan cara-cara berikut ini.

5 Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Yang Sudah Dibayar

Ada 5 cara mudah yang bisa kalian coba untuk cek berapa tagihan listrik kalian bulan lalu yang sudah dibayar. Tanpa harus memikirkan kapan waktu dan dimana tempatnya, kalian bisa fleksibel untuk cek dengan rekomendasi cara-cara dibawah ini.

  1. Pakai Aplikasi PLN Mobile

Baru-baru ini PLN juga meluncurkan aplikasi khusus versinya demi memudahkan para pelanggannya untuk sekedar cek atau perlu mengetahui informasi seputar PLN. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore jadi kalian hanya perlu mengunduhnya jika akan menggunakan PLN Mobile, ukuran aplikasinya juga tidak terlalu besar.

Setelah mengunduh kalian buat akun terlebih dahulu dan mendaftar memakai nomor telephone aktif ataupun email. Berikutnya masukkan ID Pelanggan kalian dan untuk cek tagihan listrik bulan lalu ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka aplikasi PLN Mobile kalian berikutnya Login ke akun kalian.
  • Pada halaman utama pilih menu Informasi lalu tab menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Setelah masuk ke menu tersebut kalian masukkan ID Pelanggan di kolom yang tersedia lalu klik Periksa atau
  • Akan ditampilkan status tagihan listrik kalian beserta nominalnya.

Itu tadi cara cek tagihan listrik pakai aplikasi PLN Mobile, sangat mudah dan cepat. Dalam beberapa detik saja kalian bisa melihat kembali tagihan bulan lalu yang sudah kalian bayar.

  1. Melalui Website pln.co.id

Selain aplikasi PLN Mobile kalian juga bisa menggunakan website yang disediakan oleh PLN juga. Jika kalian terlalu malas mengunduh aplikasi PLN Mobile, pln.co.id bisa jadi solusinya. Menu yang ada di website PLN tidak berbeda jauh dengan yang ada di aplikasi jadi cara menggunakannya hampir sama.

Kalian perlu menyiapkan email, nomor telephone aktif dan ID Pelanggan untuk daftar akun melalui website. Berikut ini langkah-langkah yang harus kalian ikuti :

  • Buka laman https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik melalui browser baik di smartphone atau pc kalian.
  • Kalian akan tampilkan form untuk login bagi yang sudah membuat akun atau mendaftar terlebih dahulu jika belum memiliki akun. Karena belum memiliki akun kalian klik
  • Isi dengan benar semua kolom yang terlampir, jika sudah selesai klik
  • Pihak PLN akan mengirimkan kode verifikasi melalui email yang sudah terdaftar.
  • Masukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan.
  • Masuk atau Login dengan email dan password yang sudah kalian daftarkan tadi.
  • Kalian akan masuk ke dalam sistem dan akan ditampilkan semua rincian tagihan kalian.

Ada dua macam tagihan yang bisa kalian tampilkan ya untuk website tagohan bulan tertentu atau bulan saat ini yang akan kalian bayarkan. Jadi jika kalian memilih untuk cek tagihan bulan lalu atau bulan-bulan lainnya.

  1. Hubungi Call Center PLN 123

Kalian juga bisa mengecek tagihan bulan lalu kalian dengan menghubungi call center PLN di nomor 123. Informasi mengenai tagihan listrik bulan lalu bisa kalian tanyakan secara detail melalui CS PLN. Tetapi kalian harus menyiapkan saldo pulsa yang cukup agar sambungan telephone tidak putus.

Caranya kalian hanya perlu kode area tempat tinggal kalian lalu masukkan nomor PLN. Contoh seperti berikut kode area + 123 menjadi (0274)123 lalu klik panggil. Setelah terhubung dengan CS kalian bisa langsung mengatakan maksud kalian untuk cek tagihan bulan lalu. CS akan menjawab pertanyaan kalian dan kalian sambil menelephone cacat berapa tagihan tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Listrik Jeglek

  1. SMS PLN di Nomor 8123

Jika tidak ingin mengeluarkan pulsa yang banyak bisa kalian pilih cara ini. Kalian hanya perlu membayar tarif senilai Rp.500 saja sekali kirim pesan. Iya kalian hanya perlu kirim pesan di nomor 8123 dengan format berikut : Ketik Rek (spasi) ID Pelanggan kirim ke 8123 .

Tunggu hingga kalian mendapatkan pesan balasan dari PLN. Jika sudah mendapatkan balasan pesan kalian buka pesan tersebut yang terdapat informasi tagihan listrik kalian.

  1. Datang Langsung ke Kantor PLN

Cara terakhir ini tentu informasi yang akan kalian dapatkan akan sangat detail, tapi hanya berlaku bagi kalian yang tidak tahu cara diatas jadi ini menjadi langkah terkahir. Tetapi bagi pelanggan yang merasa kesulitan dan sedang sangat membutuhkan informasi tentu saja CS kantor PLN akan dengan senang hati membantu.

Tetapi kalian datamg ke kantor PLN pada jam waktu kerja ya, jangan ketika pas hari libur.

Dari kelima cara diatas dia diantaranya bisa kalian akses secara online jadi bisa kapanpun dan dimanapun bisa kalian lakukan cek tagihan listrik bulan lalu.

Sampai disini pembahasan cara cek tagohan listrik bulan lalu yang sudah dibayar semoga bisa membantu kalian. Jika ada pertanyaan, tinggalkan komentar di kolom yang sudah kami sediakan. Jangan lupa share dan terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA