Cara Cek NPWP Atas Nama Siapa

Pada postingan kali ini kita akan memberikan informasi seputar NPWP tepatnya di cara cek NPWP atas nama siapa. Jika kalian penasaran NPW terdaftar atas nama siapa berikut cara mengeceknya.

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Pada dasarnya semua orang pribadi dan badan usaha yang sudah memenuhi ketentuan, seperti, orang Pribadi yang mempunyai usaha atau pekerjaan bebas, wajib daftar NPWP 1 bulan sejak usaha atau pekerjaan bebasnya di jalankan. Namun seringkali orang-orang lupa dengan nomor NPWPnya, dan pada artikel ini kami akan membahas tentang cara cek NPMW atas nama siapa.

Di jaman sekarang kita dipermudah dalam segala hal, seperti cara cek NPWP atas nama siapa bisa dilakukan secara online, jadi kita bisa melakukannya dengan santai di rumah tanpa harus ke kantor pajak langsung. Penasaran kan gimana aja sih cara cek NPWP melalui hp, yuk baca terus artikel ini sampai akhir ya, lalu kalian akan menemukan jawabannya disini.

NPWP Itu Apa?

Pasal 1 Nomor 6 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, menjelaskan NPWP adalah identitas atau tanda pengenal bagi warga wajib pajak yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Wajib Pajak merupakan orang pribadi atau badan.

NPWP sendiri terdiri dari 15 digit angka. Pada sebuah nomor NPWP, sembilan digit pertama adalah kode unik dari identitas WP. Kode inilah yang dimiliki setiap orang agar tidak tertukar dengan yang lainnya. Tiga digit selanjutnya merupakan kode dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang menerbitkan NPWP tersebut. Dan  tiga digit terakhir menjelaskan status wajib pajak.

NPWP dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. NPWP Pribadi, yang diberikan kepada setiap orang yang punya penghasilan di Indonesia.
  2. NPWP Badan, diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia.

Cara Cek NPWP Online

Ada beberapa cara cek NPWP online ini, yaitu bisa dengan melalui website, email, dan  aplikasi. Berikut adalah tutorial serta pernjelasannya:

Baca Juga: Cara Cek NSP Telkomsel

Cek NPWP Menggunakan Website

Tutorial yang pertama ini adalah dengan menggunakan website resmi dari pajak. Berikut adalah caranya:

  1. Pastikan koneksi internet kalian sudah tersambung dengan baik
  2. Buka website http://ereg.pajak.go.id/
  3. Isilah nomor NPWP dengan teliiti dan benar, kemudian tunggu beberapa saat sampai hasilnya keluar
  4. Jika identitas tidak muncul, kemungkinan NPWP kalian belum aktif atau sudah tidak aktif lagi. Untuk mengatasinya kalian bisa langsung mendatangi kantor pajak untuk menanyakan perihal tersebut.

Cek NPWP Menggunakan Aplikasi

Selain website, pajak juga menciptakan aplikasi khusus untuk mempermudah kita dalam pengecekan nomor NPWP. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan melalui PlayStore maupun AppStore.

  1. Unduh aplikasi DJP
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian tulis nomor NPWP dengan teliti dan benar
  3. Buka dashboard yang ada di dalam halaman web, kemudian tunggu beberapa saat sampai hasilnya keluar
  4. Jika identitas tidak muncul, kemungkinan NPWP kalian belum aktif atau sudah tidak aktif lagi. Untuk mengatasinya kalian bisa langsung mendatangi kantor pajak untuk menanyakan perihal tersebut.

Cek NPWP Menggunakan E-mail

Terakhir, kalian bisa menggunakan E-mail untuk cek nomor NPWP, untuk caranya pun juga tidak kalah mudah dengan tutorial sebelumnya.

  1. Cari informasi terkait alamat email kantor pajak tempat NPWP Anda didaftarkan.
  2. Siapkan scan KTP untuk dicantumkan di E-mail
  3. Siapkan lampiran data-data pajak yang masih disimpan, seperti surat-surat dari kantor pajak.
  4. Tulis keperluan dan alasan kalian untuk cek NPWP di body email.
  5. Kirim semua dokumen ke alamat email yang dituju dan tunggu balasan dari kantor pajak terkait.

Kalian juga bisa mengirimkan alamat E-mail pada [email protected]

Cara Cek NPWP Offline

Jika ada yang kurang suka dengan cara Online, tidak perlu khawatir karena kalian juga bisa melakukannya dengan cara Offline, yaitu dengan mendatangi langsung kantor pajak terdekat yang sesuai domisili KTP kalian. Untuk persyaratannya kalian bisa membawa KTP kemudian serahkan kepada petugas pajak dan ikuti arahan-arahan yang diberikan.

Itu saja yang dapat kami berikan mengenai cara cek NPWP atas nama siapa, semoga membantu dan jangan lupa share artikel ini ya. Untuk mendapatkan informasi menarik lainya kalian wajib banget mampir ke blog kami. Sampai jumpaa..

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA