Cara Blokir Nomor Telkomsel Yang Mengganggu dan Hilang

Cara blokir nomor Telkomsel mungkin akan menjadi salah satu tutorial yang akan kalian cari jika menemukan nomor yang mengganggu. Bukan rahasia lagi jika provider Telkomsel menjadi salah satu provider yang banyak disukai oleh banyak masyarakat.

Selain jaringannya yang cepat, Telkomsel sudah memiliki jaringan bahkan sampai ke pelosok desa sekalipun, berbeda dengan provider lain yang sebagian besar masih tersedia di kota – kota saja.

Meskipun banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh provider Telkomsel, tidak jarang juga ada beberapa oknum tertentu yang sering menghubungi orang lainse hingga orang tersebut akan merasa terganggu. Oleh karena itu, kalian bisa mengatasinya dengan memblokir nomor tersebut sehingga sudah tidak bisa menghubungi kalian lagi.

Karena banyaknya pengguna, provider Telkomsel selalu memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan setianya, seperti cara blokir nomor Telkomsel ini. Mereka bahkan menciptakan fitur berupa SMS Pro (Layanan blokir nomor Telkomsel).

Jika mungkin mendapati gangguan akan nomor lain yang mengganggu nomor Telkomsel kita, maka pihak Telkomsel pun akan tetap setia hadir untuk kita, seperti dengan adanya fitur SMS Pro tersebut.

Cara Blokir Nomor Telkomsel

Seperti yang sudah tertulis, cara blokir nomor Telkomsel bisa dilakukan dengan menggunakan fitur SMS Pro yang disediakan Telkomsel. Bagi kalian yang belum tahu apa itu SMS Pro, yaitu salah satu layanan dari Telkomsel yang berfungsi memaksimalkan fitur SMS.

Beberapa fungsi dan kegunaan SMS Pro yaitu untuk membalas pesan secara otomatis, salin dan kirim SMS yang diterima ke nomor lain, alihkan SMS yang diterima ke nomor lain, buat daftar blacklist (blokir nomor Telkomsel), dan bisa untuk membuat daftar whitelist yang diinginkan.

Fungsi SMS Pro Telkomsel

Salah satu fitur Telkomsel ini memiliki beberapa fungsi yang bisa digunakan, antara lain seperti:

  • Auto reply SMS yang masuk

Fitur yang memungkinkan pesan SMS yang masuk ke nomor kalian akan otomatis dibalas dengan jawaban yang sudah kalian sediakan sebelumnya.

  • Auto Divert SMS ke nomor lain

Fitur ini berfungsi untuk langsung mengalihkan (forwarding) SMS yang diterima ke nomor lain. Jadi pesan langsung diteruskan kenomor lain, tanpa masuk ke nomor penerima SMS.

  • Auto Copy SMS yang diterima ke nomor lain

Hampir sama dengan fitur sebelumnya yaitu mengalihkan SMS ke nomor lain, yang membedakan adalah pesan SMS yang diterima tidak langsung dialihkan, melainkan di copy terlebih dahulu di nomor penerima, sebelum dialihkan ke nomor lain.

  • Blacklist SMS

Dengan fitur ini, kalian bisa memblokir nomor agar tidak bisa mengirim pesan SMS ke nomor kalian.

  • Whitelist SMS

kebalikan dari fitur sebelumnya, bahwa dengan fitur ini maka memungkinkan sahabat untuk hanya menerima SMS dari nomor-nomor yang sudah sahabat tentukan.

Bagi pengguna Telkomsel yang saat ini sedang terganggu dengan nomor orang asing atau yang lainnya, maka kalian bisa mencoba layanan tersebut.

Cara Aktivasi SMS Pro Telkomsel

Sebelum menggunakan layanan SMS Pro, kalian terlebih dahulu harus melakukan aktivasi. Cara mengaktifkan fitur dan layanan SMS Pro ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Buka menu telepon pada ponsel kalian
  2. Hubungi atau ketik *500*22#
  3. Kemudian selanjutnya tekan Call atau Panggil
  4. Selesai

Cara Blokir Nomor Telkomsel Menggunakan Kode Dial Up

Tahapan pertama yang dilakukan ketika akan memblokir sebuah nomor adalah dengan menggunakan kode dial up dari Telkomsel. Berikut adalah tutorialnya:

  1. Buka menu telepon pada ponsel kalian
  2. Hubungi atau ketik *500*22#
  3. Kemudian selanjutnya tekan Call atau Panggil
  4. Pada halaman selanjutnya, pilih menu Blacklist atau pilih nomor 4 lalu tekan Send atau Kirim
  5. Kemudian, di pilihan selanjutnya silahkan pilih menu Aktifkan atau pilih nomor 1
  6. Tahapan selanjutnya silahkan tambahkan nomor yang akan kalian blacklist
  7. Untuk memasukan nomor mana saja yang ingin diblokir, kita harus mengirim SMS ke nomor 2255 dengan format sebagai berikut “Ketik SMS BTAM <nomor1,nomor2,dst>

Contoh:

  • BTAM 08122222222, 08133333333, 08144444
  • Lalu kirim SMS tersebut ke nomor 2255

Cara Blokir Nomor Telkomsel Menggunakan TrueCaller

Kali ini tidak lagi menggunakan kode dial up, melainkan menggunakan aplikasi tambahan dari Telkomsel. Jadi, kalian harus mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial ini:

  1. Nyalakan data atau aktifkan wifi kalian
  2. Buka aplikasi Google Play Store ataupun App Store
  3. Pada papan pencarian, ketik nama TrueCaller
  4. Atau kalian bisa klik link beriikut : Play Store, App Store
  5. Setelah selesai mengunduh, silahkan melakukan Login terlebih dahulu. Kalian juga bisa mendaftar dengan menggunakan Gmail atau Facebook
  6. Selanjutnya kalian tinggal memilih nomor mana saja yang akan di blokir
  7. Tekan dan tahan pada salah satu kontak yang hendak diblokir hingga muncul menu pilihan
  8. Setelah muncul, maka klik Block
  9. Jika ingin melakukan blokir nomor telkomsel lebih dari satu tinggal ulang terus langkah ini.

Cara Blokir Nomor Telkomsel Menggunakan Mr.Number

Masih menggunakan aplikasi tambahan, kali ini kita bisa memblokir nomor dengan aplikasi Mr Number. Bagaimana cara blokir nomor Telkomsel menggunakan Mr Number?

  1. Nyalakan data atau aktifkan wifi kalian
  2. Buka aplikasi Google Play Store ataupun App Store
  3. Pada papan pencarian, ketik nama Number
  4. Atau kalian bisa klik link beriikut:  Play Store, App Store
  5. Setelah selesai mengunduh, silahkan buka aplikasinya dan tekan Go Started
  6. Kemudian akan muncul semua daftar nomor yang ada di ponsel kalian. lalu tekan salah satu nomor yang akan diblokir
  7. Tekan ikon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas
  8. Dan pada halaman selanjutnya silahkan pilih menu Block atau tekan nomor 1

Cara Blokir Nomor Telkomsel Tanpa Menggunakan Aplikasi

Setelah dua tutorial di atas menggunakan aplikasi, untuk tutorial terakhir ini kita tidak perlu mengunduh aplikasi, karena kita bisa menggunakan metode lain. berikut adalah cara blokir nomor Telkomsel tanpa menggunakan aplikasi:

  1. Buka menu Kontak pada smartphone kalian
  2. Cari nama kontak yang akan kalian blokir
  3. Tekan dan tahan sampai muncul beberapa opsi
  4. Selanjutny pilih opsi Add to Blacklis.
  5. Dan yang terakhir silahkan tekan Ok

Cara Blokir Nomor Telkomsel Yang Hilang

Mungkin diantara kalian ada yang mengalami masalah seperti kartu nomor Telkomsel hilang. Jika nomor milik kalian hilang salah satu cara blokir nomor Telkomsel yang hilang bisa langsung datang ke Grapari terdekat.

Ataupun kalian bisa menghubungi nomor call center Telkomsel yaitu 188. Jika kalian masih belum tau 188 kalian bisa membaca lebih lanjut tentang 188 nomor apa.

Sebelum datang langsung ke Grapari kalian bisa menyiapkan berbagai dokumen yang mungkin di perlukan seperti E-KTP dan juga KK.

Itulah beberapa langkan cara blacklist nomor Telkomsel. Pada tutorial tersebut terdapat beberapa pilihan, yaitu seperti menggunakan dial up, aplikasi tambahan, dan juga tanpa menggunakan aplikasi. mungkin bagi kalian yang tidak suka ribet, akan lebih memilih cara paling terakhir, karena cara tersebut yang paling simple dibandingkan lainnya. meskipun begitu tutorial yang lain juga tidak kalah mudahnya. Jadi silahkan saja pilih mana yang menurut kalian mudah untuk dipakai.

Terimakasih sudah mampir pada blog kami, jangan lupa share artikel ini untuk berbagi informasi pada yang lain. Tinggalkan komentar apabila ada yang kurang jelas atau yang lainnya.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA