Cara Mudah Belanja dan Bayar Pakai Dana di Alfamart

Apabila kalian belanja di Alfamart dan tidak membawa uang cash, maka kalian dapat membayar menggunakan Dana. Untuk cara bayar pakai Dana di Alfamart dapat dilihat pada artikel berikut.

Semakin berkembangnya teknologi saat ini bahkan uang pun tersedia dalam bentuk elektronik yang lebih simple dan praktis tanpa harus bawa dompet karena bisa diakses dengan HP.

Uang elektronik saat ini diakses dengan dompet digital dalam bentuk aplikasi dimana daftarnya hanya membutuhkan nomor telephone aktif.

Dana merupakan salah satu dompet digital dengan pengguna yang cukup banyak di Indonesia dan juga sudah menjalin kerja sama dengan banyak merchant di seluruh Indonesia.

Salah satu merchant yang bisa menggunakan transaksi dengan pembayaran pakai Dana adalah Alfamart. Karena keduanya sudah bekerjasama dengan pembayaran sistem QRIS yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan ASPI.

Lalu bagaimana cara bayar pakai Dana di Alfamart dengan mudah? Berikut ini penjelasannya.

Syarat Bayar Pakai Dana di Alfamart

Setiap kali akan melakukan transaksi tentu ada beberapa syarat yang harus kalian perhatikan agar transaksi pembayaran tidak mengalami kendala. Apa saja syarat belanja pakai Dana di Alfamart?

  1. Sudah memiliki Akun Dana

Akun Dana bisa kalian unduh di Play Store atau App Store dan tidak terlalu membutuhkan space memori yang terlalu banyak. Jika sudah kalian unduh, lanjutkan pendaftaran dengan menggunakan nomor telepon aktif.

  1. Akun Dana Sudah Terupgrade ke Premium

Saat ini versi Premium dari Dana memberikan banyak fitur yang bisa kalian nikmati. Untuk bisa mengupgradeke akun Premium kalian perlu verifikasi dengan menggunakan foto KTP dan foto selfi memegang KTP.

Proses verifikasi ke Premium membutuhkan waktu 1×24 jam dan tidak terlalu lama.

  1. Saldo Mencukupi untuk Transaksi Pembayaran

Saat kalian akan membayar pastikan jumlah saldo kalian mencukupi, karena jika saldo kurang proses pembayaran kalian akan gagal.

  1. Koneksi Internet Lancar

Cara bayar pakai Dana di Alfamart membutuhkan koneksi internet. Transaksi semakin cepat jika koneksi internet juga tidak mengalami gangguan baik akun Dana kalian maupun pihak Alfamart.

Syarat-syarat di atas tentu sangat mudah untuk kalian lakukan karena bukan termasuk syarat yang sulit.

Baca Juga: Cara Tarik Saldo DANA

Kententuan dan Larangan Bayar Pakai Dana di Alfamart

Kententuan yang berlaku dalam menggunakan Dana untuk Bayar di Alfamart adalah jika membayar menggunakan QRIS maka akan dikenakan biaya layanan tertentu.

Namun jika sesama Dana tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun dan juga larangan untuk pembelian barang tertentu seperti rokok dan produk susu formula bayi.

Jadi sebelum membeli bisa ditanyakan kepada kasir terlebih dahulu apakah produk tersebut termasuk dalam larangan yang tidak bisa dibayar pakai Dana atau tidak.

Cara Bayar Pakai Dana di Alfamart

Selanjutnya adalah bagaimana cara membayar pakai Dana belanjaan kalian di Alfamart. Cara bayar pakai Dana di Alfamart juga tidak beda jauh ketika kalian membayar pakai dompet digital lainnya.

  1. Kunjungi Alfamart terdekat dan beli atau belanja barang yang kalian perlukan. Ingat tanyakan dahulu apakah produk yang akan kalian beli masuk larangan bayar pakai Dana atau tidak.
  2. Setelah mendapatkan barang yang kalian mau, tinggal menuju ke kasir untuk proses pembayaran. Sambil menunggu barang dicek total nominal yang harus dibayar, kalian buka aplikasi Dana kalian.
  3. Beritahukan kepada kasir akan metode pembayaran yang kalian gunakan menggunakan Dana. Lalu kasir akan meminta kalian untuk scan kode QR yang disediakan pihak Alfamart.
  4. Pilih menu Scan pada aplikasi Dana dan lakukan pindai pada kode QR yang disediakan.
  5. Setelah terpindai masukkan nominal total pembayaran.
  6. Tab Bayar dan transaksi pembayaran kalian selesai.
  7. Jangan lupa untuk meminta struk sebagai bukti pembayaran.

Mudah sekali bukan cara bayar pakai Dana di Alfamart ini? Tentu saja tidak perlu ribet sekali scan beres dan tidak memakan waktu yang lama.

Ingat juga cara belanja di Alfamart pakai Dana itu Aman jadi tidak perlu takut ya untuk transaksi menggunakan Dana karena sudah diawasi oleh OJK.

 Baca Juga: Cara Kredit HP di Shopee Lewat Alfamart

Keuntungan jika Bayar Pakai Dana di Alfamart

Karena sifatnya yang nontunai, selain memberikan kemudahan transaksi yang mudah dan praktis. Kalian juga tetap bisa mendapatkan keuntungan lain jika menggunakan Dana untuk pembayaran di Alfamart.

  1. Banyak Promo dan Cashback

Kalian pasti sering melihat promo yang ditawarkan dari Dana jika menggunakan untuk transaksi pembayaran. Promo menarik yang sering kali bisa kalian dapatkan potongan harga atau diskon dari barang yang kalian beli.

Cashback saldo Dana juga bisa kalian dapatkan dan juga beberapa produk tambahan yang diberikan Alfamart secara gratis.

  1. Tanpa Biaya Tambahan

Yang menjadikan Dana menjadi aplikasi pilihan adalah tidak ada biaya tambahan apapun. Saldo yang terpotong adalah senilai dengan total harga barang yang kalian beli.

  1. Transaksi Cepat

Pembayaran dengan menggunakan Dana tidak membutuhkan waktu yang lama hanya dalam beberapa detik transaksi pembayaran kalian langsung beres.

Tidak perlu mengambil uang tunai dan menunggu kembalian dari kasir. Sekali scan bardcode pembayaran belanjaan kalian selesai.

Saat kalian mendapatkan gangguan saat menggunakan untuk pembayaran transaksi kalian bisa mengirimkan aduan kalian dengan mengirim pesan Whatsapp di nomor 08111500445 dan via email di alamat [email protected] juga bisa menghubungi Customer service di nomor aktif 08041500445.

Sampai di sini pembahasan kita kali ini tentang cara bayar pakai Dana di Alfamart. Semoga bisa membantu kalian.

Jangan lupa share. jika ada pertanyaan tinggalkan saja komentar di kolom yang telah kami sediakan. Terima Kasih sudah membaca.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA