Cara Baca Buku Di Google Book Gratis

Kali ini saya akan membahas tentang aplikasi yang jarang dipakai banyak orang yaitu Google Book. Bagaimana cara baca buku di Google Book gratis? Mari kita bahas lebih lanjut tentang Goole Book.

Siapa yang tidak mengenal Google. Tapi tahukah kamu kalau Google memiliki segudang aplikasi yang sangat bermanfaat.  Nah salah satunya ini yang mungkin jarang kalian tahu adalah Google Book atau Google Buku.

Google book merupakan aplikasi pencarian buku dan menyediakan atau menyajikan bacaan secara online. Google book menyediakan berbagai macam variasi jenis genre buku. Mulai dari novel, ebook dan yang lainnya.

Layanan pencarian ini nantinya juga akan menampilkan nama pengarang, jumlah halaman buku, tahun terbit buku, dan juga bisa melakukan pembelian. Cuplikan buku yang dicari juga akan ditampilkan meskipun dibatasi.

Buku yang ada di Google book ada yang disediakan secara gratis dan juga berbayar.

Setelah kalian tahu apa itu google book, kalian tentu penasaran bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Bisa digunakan apa saja sih Google Book ini?

Cara Baca Buku Di Google Book Gratis

Siapapun pasti tahu jika buku disediakan untuk dibaca, tetapi sebelum ada layanan buku online seperti Google Book orang-orang membaca buku secara manual dan agak tidak praktis berbeda dengan buku online yang tersedia di Google Book buku seperti di dalam genggaman tangan.

Berikut cara membaca buku gratis di Google Play Books:

  1. Kalian bisa kunjungi alamat website Google Book http://play.google.com/books atau juga bisa mengunduhnya di toko aplikasi Playstore dan Appstore.
  2. Setelah kalian mengunjungi atau mengunduhnya kalian bisa mencari buku yang kalian inginkan dengan menggunakan judul buku, penulis buku, ISBN atau kata kunci di bagian Search Bar.
  3. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih rinci pilih opsi Advanced Search.
  4. Jika sudah menemukan buku yang kalian inginkan, kalian hanya perlu mengklik buku yang sudah muncul lalu membacanya.

Buku tersebut hanya bisa dibaca ketika dalam mode online, tetapi kalian juga bisa membaca buku yang disediakan secara gratis. Berikut langkah-langkah untuk membaca buku di google book:

  1. Pastikan kalian sudah menginstal Google Book di smartphone kalian.
  2. Buka Google Books.
  3. Pada Menu Shop silahkan pilih lagi Menu Top Free (untuk memilih buku yang disediakan secara gratis). Pilih salah satu saja buku yang disediakan secara gratis.
  4. Jika sudah menemukan buku yang diinginkan pilih Add to Library.
  5. Buku akan di download tunggu sampai proses selesai.
  6. Buka Library pada tampilan menu utama.
  7. Tab buku yang sudah di download sebelumnya, dan Selamat membaca.

Meskipun buku online gratis yang tersedia tidak sebanyak buku yang berbayar tetapi buku tersebut tetap maenarik untuk dibaca.

Google Books sendiri selain untuk dibaca, ada 3 fungsi lain yang bisa juga untuk kalian manfaatkan. Berikut ini beberapa fungsi lain tersebut.

Baca Juga: Cara Backup Contact Android

Cara Mendownload Buku di Google Book

Jika kalian ingin menikmati membaca buku secara bebas tanpa harus online, maka kalian bisa mengunduh buku yang kalian inginkan tersebut. Buku tersebut nantinya bisa kalian baca di lain waktu.

Untuk mengunduhnya kalian bisa melakukannya melalui website atau langsung aplikasi yang sudah kalian download sebelumnya. Jangan lupa juga kalian sudah masuk atau Login ke dalam akun Google Books kalian.  

Berikut cara download buku di google books:

  1. Masuk pada menu Library di Sidebar.
  2. Jika library kosong maka kalian harus membeli buku terlebih dahulu, namun jika keberatan untuk membeli kalian bisa mengunduh buku yang tersedia secara gratis.
  3. Jika sudah menemukan buku yang akan di unduh, klik tiga titik vertikal kanan bawah kemudian pilih opsi download.
  4. Format buku yang disediakan ada dua yaitu PDF dan EPUB.
  5. Pilih salah satu format mana yang nyaman untuk kalian.

Untuk yang mengunduh buku melalui website buku yang di unduh akan dalam bentuk format ACSM tetapi tenang kalian bisa kok mengubahnya ke format PDF atau EPUB.

Cara Menerjemahkan Buku di Google Books

Karena google bersifat global atau internasional pasti banyak menyediakan buku dengan menggunakan bahasa asing terutama dalam bahasa inggris, dan memang tidak sedikit buku yang berbahasa asing tetapi memiliki isi yang menarik.

Tetapi tidak semua orang bisa membaca buku dengan bahasa yang berbeda, kebanyakan nyaman membaca buku dengan bahasa yang sama di dengar sehari-hari.

Jika kalian menemukan buku berbahasa asing menarik, kalian bisa menerjemahkannya ke bahasa lain dan berikut langkah-langkahnya :

  1. Pilih buku yang ingin kalian terjemahkan.
  2. Sorot bagian teks pada buku yang ingin kalian terjemahkan.
  3. Setelah itu akan muncul menu pop up dan silahkan pilih opsi terjemahan dengan simbol Google Translate.
  4. Terjemahan teks akan ditampilkan pada bagian bawah buku.

Note: kalian hanya bisa menggunakan fitur terjemahan pada buku yang dibaca mode Flowing Text.

Cara Mengutip Buku di Google Books

Fungsi terakhir yang bisa kalian manfaatkan pada Google Books adalah mengutip, biasanya kutipan buku diperlukan untuk di tambahkan ke dalam daftar pustaka.

Dengan menggunakan Google Books kalian bisa mendapatkan detail informasi buku dengan cara berikut :

  1. Cari buku yang telah kalian kutip sebelumnyan.
  2. Klik menu dan pilih opsi About Books.
  3. Scroll ke bagian bawah sampai bagian Additional Information.

Sangat mudah sekali bukan? Dengan adanya Google Books diharapkan tingkat membaca buku kalian semakin meningkat. Membaca selain bagus untuk pengetahuan juga terkandung nilai kehidupan yang bisa diterapkan dalam kehidipan sehari-hari kalian.

Sampai disin pembahasan kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa membaca, jika ada yang kalian kurang pahami tinggalkan saja pertanyaam di kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA