20 Ide Usaha atau Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Banyak yang mengira seorang pelajar tidak bisa menghasilkan uang sendiri, siapa bilang tidak bisa? Tentunya saat ini terdapat usaha atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa.

Meskipun sedang bersekolah mereka tetap bisa dengan mencari uang. Hitung-hitung untuk melatih diri memasuki dunia kerja dan belajar hidup mandiri.

Apakah bisa seorang pelajar atau mahasiswa memulai bisnisnya sendiri? Tentu saja bisa, sekarang sudah banyak kerja sampingan atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar atau mahasiswa.

Saat ini semua sudah dilakukan serba online, dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju. Bisnis online juga sangat diminati karena tidak memerlukan modal yang banyak.

Mengapa Harus Bisnis Online?

Ada beberapa alasan mengapa pelajar harus memilih bisnis online diantaranya sebagai berikut:

  • Tidak terlalu membutuhkan banyak modal atau modal kecil bahkan tanpa modal.
  • Bisa dilakukan dimana saja atau fleksibel.
  • Dijamin mendapatkan keuntungan.
  • Tidak terikat waktu atau bebas.

Itulah beberapa alasan yang bisa dijadikan mengapa kalian harus mencoba bisnis online ini. Selain itu kalian juga memerlukan beberapa hal yang bisa mendukung bisnis online kalian berjalan lancar, yaitu:

  • Kemauan serta niat yang sungguh-sungguh.
  • Koneksi dan jaringan internet ini wajib kalian miliki karena bisnis online tidak bisa berjalan tanpa koneksi internet. Kalian bisa memakai paket data ataupun wifi.
  • Smartphone yang mendukung atau menggunakan laptop atau PC juga bisa.

Mudahnya bisnis online adalah kalian bisa melakukan semua pekerjaan di rumah, tanpa harus pergi kemana-mana.

Bagi kalian yang bingung, berikut akan kami berikan rekomendasi beberapa usaha atau bisnis online tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa.

Macam – Macam Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar dan Mahasiswa

Ada beberapa rekomendasi bisnis online tanpa modal untuk pelajar pada tingkat SMP, SMA, maupun kuliah. Kalian bisa memilih sesuai dengan yang kalian mau atau sesuai kemampuan yang kalian miliki. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kalian pilih:

  1. Reseller

Reseller adalah menjual barang orang lain. Jadi kalian harus memiliki stok barang yang akan jualkan dan media untuk menjualnya bisa melalui sosial media yang kalian miliki.

Tetapi sebelum menyetok barang, kalian harus memantau perkembagan konsumen kalian karena jika kalian menyetok terlalu banyak dan tidak langsung habis, bisa rugi jika barang tersebut mudah basi.

Dengan menjadi reseller, kalian bisa menyesuaikan harga barang yang kalian jual, bisa menyesuaikan dengan harga pasar atau bahkan bisa lebih tinggi.

Kalian akan mendapat keuntungan dari penjualan barang tersebut. Besar kecilnya pendapatan tergantung pada jumlah barang yang terjual dan harga barang yang kalian jual.

  1. Dropshipper

Salah satu bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang cocok adalah sebagai Dropshipper. Dropshipper hampir sama dengan reseller yaitu menjualkan produk orang lain tetapi bedanya kalian tidak perlu menyetok barang, tetapi kalian menjualnya memakai nama kalian sendiri.

Kalian harus pandai dalam memilih supllier yang akan mengurusi pemesanan serta pengantaran. Kalian hanya perlu menjualkan barang dan menerima bayaran.

Baca Juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

  1. Penulis

Bagi kalian yang memiliki hobi menulis baik itu cerpen, novel atau cerita apapun kalian bisa mendaptkan uang dengan tulisan yang kalian hasilkan. Saat ini banyak website online yang menawarkan jasa penulis. Dimana kalian bisa menulis kapanpun dan dimanapun tanpa terikat waktu.

Kalian biasanya bisa menulis sesuai apa yang kalian mau atau sesuai apa yang diminta oleh klien kalian. Semakin banyak tulisan yang kalian hasilkan maka kalian akan mendaptkan nilai jual yang tinggi tetapi tentu dengan kualitas informasi yang kalian tulis juga.

  1. Jasa Desain Grafis

Membuka jasa desain grafis juga merupakan bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang sangat cocok. Akan tetapi bidang desain grafis ini harus mempuyai skill di bidang tersebut.

Desain grafis adalah sisi modern desain yang menggunakan komputer dimana lebih praktis dan tidak banyak bahan yang diperlukan. Bagi kalian yang memiliki keahlian menggambar yang baik bisa banget buka jasa desain grafis online.

Selain itu tidak semua orang bisa , jasa desain juga memerlukan ketlatenan dan kesabaran. Semakin bagus dan unik desain yang kalian hasilkan maka bisa semakin mahal harga jualnya.

Untuk harga desain, kaian bisa menetukan sendiri sesuai dengan tingkat kesulitan permintaan klien.

Bagi kalian mahasiswa desain grafis sangat kami rekomendasikan memanfaatkan keahlian kalian ini untuk mendapatkan uang dan tentunya juga menambah kemampuan kalian agar lebih berkembang.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Pelajar atau Mahasiswa

  1. Fotografi

Kalian memiliki kamera yang bagus tetapi tidak kalian gunakan dengan baik? Pakai saja untuk Fotografi. Fotografi dapat menjadi kerja sampingan untuk pelajar tanpa modal. Mungkin tanpa modal yang kami maksud apabila sebelumnya kalian sudah mempunyai kamera.

Saat ini banyak sekali penyedia jasa fotografi untuk segala jenis acara. Saat ini setiap detail momen juga banyak diabadikan melalui foto.

Bagi kalian yang mempunyai hobi atau passion di bidang fotografi, manfaatkan dengan baik peluang ini. Kalian juga bisa menawarkan paket harga hemat dengan berbagai macam tema.

Jika kalian juga hobi memfoto acak atau memfoto momen-momen penting kalian bisa menjual hasil jepretan kalian di aplikasi seperti Shutterstock, Pixaby dan masih banyak lagi. Kalian akan menerima bayaran dengan mata uang dolar.

 

  1. Jasa Penerjemah atau Translator

Kalian menguasai bahasa asing? Inggris, Jerman, Arab dan masih banyak lagi bahasa yang banyak belum dikuasai rakyat indonesia.

Bagi kalian yang memiliki background bahasa asing boleh banget membukan jasa penerjemah bahasa. Karena bisnis online tanpa modal untuk pelajar dengan menjadi translator ini sangat jarang dan peluang kalian akan besar.

Tentunya hal tersebut dilakukan apabila kalian sudah menguasai Bahasa asing. Saat ini sudah banyak perusahaan yang bekerja sama dengan asing tentunya diperlukan penerjemah pada saat diadakan perkumpulan.

Selain itu, penerjemah juga sangat dibutuhkan ketika membaca dokumen atau jurnal yang kebanyakan menggunakan bahasa inggris. Karena meskipun ada google translate tidak sepenuhnya terjemahan google itu benar.

  1. Admin Marketing Media Sosial

Saat ini banyak yang menawarkan atau menjual produk melalui media sosial. Sehingga diperlukan admin untuk menjalankannya.

Kalian yang pandai membaca perkembangan trend, pandai membuat caption, bisa berinteraksi dengan followers serta menaikkan jumlah followers maka bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini sangat cocok untuk kalian.

Pekerjaan ini juga bersifat fulltime maupun freelance. Sehingga kalian bisa menyesuaikan diri. Jika kalian bisa meningkatkan brand awareness serta jumlah pengujung di situs sosial media, tentu kalian akan menerima bayaran yang cukup tinggi.

 Baca Juga: Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta Dalam 1 Bulan Untuk Pelajar

  1. Jasa Pembuatan Website Online

Kamu yang mengambil jurusan kuliah jurusan informatika tentu diajari mata kuliah pemrograman. Jika kalian mempunyai kemmapuan mendesai website, kalian bisa mendapatkan uang dengan membuka jasa online membuat website.

Dalam membuatnya diperlukan coding-coding khusus agar website yang ditampilkan bagus. Membuat website memang membutuhkan waktu lama jadi wajar jika kalian mematok harga yang tidak murah.

Bisnis online untuk pelajar tanpa modal ini sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa informatika, karena saat ini untuk membuat sebuah website sangatlah mudah dengan bantuan template dan CMS seperti wordpress atau yang lainnya.

  1. Jasa Pengetikan Online

Pengetikan online ini biasanya berkaitan dengan beberapa berkas atau file yang memang klien tidak sanggup mengerjakan sendiri. Kalian hanya perlu memiliki keahlian mengetik dengan ketelitian yang tinggi.

Bisnis online untuk pelajar smp tanpa modal ini terlihat cukup mudah dan bisa dikerjakan kapanpun tergantung deadline waktu yang diminta oleh klien. Bayaran yang kalian terima biasanya disesuaikan dengan banyaknya kata yang diketik.

  1. Jasa Jual Barang Bekas Layak Pakai

Jika kalian memiliki kemampuan marketing yang bagus, bisa kalian coba untuk membuka jasa jual barang bekas layak pakai. Biasanya banyak orang yang lebih memilih untuk membuang daripada menjual barang bekas yang dimiliki.

Padahal jika barang bekas tersebut masih layak pakai kalian bisa menjualnnya di situs online atau platform toko online saat ini seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dll.

Meskipun kalian menjual barang bekas atau second jika kualitasnya masih layak pakai, tentu masih banyak yang akan berminat untuk membelinya.

Dengan setengah harga atau beberapa persen dari harga pada awal beli, tidak akan menyebabkan kalian rugi. Karena memang barang bekas tidak bisa dijual dengan harga yang mahal.

  1. Jasa Editing Video

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya adalah membuka jasa editing video. Mengedit video diperlukan keahlian dalam menentukan efek, durasi, dan lain sebagainya.

Editing video juga membutuhkan waktu, tetapi jika kalian sudah profesional dalam mengedit video tentunya harga bayar jasa tidak murah.

Aplikasi editing video juga sudah banyak tersedia di toko aplikasi dan gratis tidak berbayar. Kalian juga bisa membuat sampel video berbagai macam tema yang bisa kalian tawarkan kepada masyarakat untuk menawarkan jasa kalian.

  1. Jual Pulsa dan Bayar Listrik Online

Menurut kami, bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan membuka usaha jual beli pulsa atau listrik.

Jual pulsa online di shopee bisa menjadi bisnis online untuk pelajar smp tanpa modal yang menguntungkan, dengan modal yang sedikit kalian bisa mendapatkan keuntungan 1000-1500 setiap transaksi jual beli pulsa.

Begitu juga dengan jasa bayar listrik online, jika kalian memiliki aplikasi platform seperti Tokopedia, Shoope, LinkAja, Dana dan lain sebagainya. Dengan biaya admin transaksi yang lebih murah dan tidak perlu keluar rumah.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

  1. Jasa Survey Online

Saat ini banyak sekali yang menawarkan jasa survey online, dengan majunya teknologi saat ini jadi memudahkan bagi mereka yang membutuhkan jasa survey.

Saat ini untuk melakukan penelitian dan survey tidak perlu melakukan door to door. Dengan membagikan link akan sangat mudah untuk mencari responden.

Ada juga banyak website juga yang menyediakan jasa survey online, tetapi sebelum itu kalian harus memeriksa apakah survey tersebut bisa diakses oleh orang umum.

Biasanya kalian akan menerima bayaran pada setelah selesai melakukan survey online.

 

  1. Jasa Menulis Konten

Dalam mengupload video atau gambar di paltform sosial media pasti diperlukan yang namanya caption sesuai konten. Dalam menulis caption tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan konten apa yang diupload.

Kalian yang memiliki keahlian dalam merangkai kata-kata, ide bisnis menulis konten adalah pekerjaan yang cocok untuk kalian. Kerja online tanpa modal untuk pelajar ini sangat kami rekomendasikan bagi pelajar wanita.

  1. Jasa Kursus Online

Usaha atau bisnis untuk pelajar tanpa modal yang cukup menjanjikan saat ini adalah membuka kursus online. Kursus online bisa menjadi solusi di masa pandemi saat ini dimana tidak memungkinkan diadakan kumpulan.

Bagi kalian yang memiliki keahlian mengajar, kalian bisa memanfaatkan untuk membuka kursus online.

Terlebih dahulu kalian harus menentukan target pasar kalian apakah untuk umum atau pelajar. Dan juga media untuk melakukan kursus online kalian juga harus menentukan bisa melalui zoom, google meet atau media lainnya.

Hanya dengan bermodal koneksi internet serta keahlian yang kalian miliki sudah bisa untuk melakukan bisnis online tanpa modal ini.

  1. Jasa Titip (Jastip)

Jastip atau jasa titip juga bisa menjadi bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang menguntungkan, dimana kalian bisa membantu klien untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Atau misal klien yang tidak memiliki waktu untuk membeli barang yang diinginkan, kalian bisa menawarkan jasa titip.

Kalian bisa membuka jastip mulai dari produk kosmetik, pakaian, bahkan makanan dimana feenya tergantung dari kalian sendiri. Jika kalian melakukannya dengan tekun maka kalian bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

  1. Jasa Entry Data

Jasa entry data atau memasukkan data saat ini cukup banyak dibutuhkan, yang membutuhkanpun juga beragam tidak hanya perusahaan besar tetapi beberapa juga ada untuk keperluan pribadi.

Entry data yang dilakukan pun beragam mulai mengetik, merekam hingga transkrip tergantung dari permintaan klien.

Untuk bisa menawarkan jasa entry data kalian perlu menguasai teknik pengetikan dan ketelitian serta juga keahlian komputer yang baik. Bisnis untuk pelajar tanpa modal ini dapat kalian gunakan sebagai uang tambahan.

  1. Blogger

Menjadi blogger juga bisa untuk mencari penghasilan tambahan. Dalam dunia blogger kalian biasanya menemukan berbagai macam jenis konten. Bahkan konten receh atau sederhana bisa kalian masukkan kedalam blog.

Yang terpenting bahasa yang kalian gunakan di blog mudah dipahami serta singkat padat jelas. Pendapatan kalian didapatkan dari iklan yang tampil di blog kalian. Tarif iklan yang tampil di blog juga bermacam-macam. Jika pengunjung blog kalian juga banyak maka blog kalian akan berada di urutan pertama di aitus pencarian.

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini sudah banyak dilakukan oleh pelajar di tingkat SMP, SMA maupun mahasiswa.

  1. Jasa Service Kendaraan

Bagi kalian yang mengambil sekolah kejuruan atau diploma, pasti praktek kalian lebih banyak daripada materi. Jika kalian menguasai cara pembenahan sebuah mesin kendaraan, kalian bisa membuka jasa service.

Bisnis tanpa modal untuk pelajar dengan membuka jasa service ini sangat banyak dibutuhkan saat ini, karena tidak semua orang bisa dalam memperbaiki mesin kendaraan. Fee yang kalian terima juga tergantung dari seberapa berat kerusakan mesin kendaraan.

 

  1. Selebgram atau Influencer

Saat ini pekerjaan ini sangat banyak diminati, dengan bantuan follower atau pengikut media sosial kalian bisa membuka jasa endorse.

Jasa endorse juga cukup menguntungkan, semakin banyak pengikut media sosial kalian maka fee yang diterima bisa semakin banyak.

Intinnya bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini adalah memanfaatkan skill yang kalian punyai untuk mendapatkan uang tambahan. Manfaatkanlah hobby dan skill yang kalian miliki dan cari peluangnya hingga kalian mampu mendapatkan uang dari bisnis kalian tersebut.

Sangat banyak sekali bisnis online tanpa modal untuk pelajar atau mahasiswa. Hanya dengan bermodal koneksi internet dan kemauan, kalian bisa memperoleh keuntungan.

Di atas hanya beberapa rekomendasi dan masih banyak bisnis online lain yang bisa kalian coba. Yang terpenting kalian memilih mana bisnis online yang sesuai dengan keahlian kalian.

Saat melakukan bisnis online, awal-awal kalian tidak akan langsung menerima banyak fee. Maka dari itu jangan mudah menyerah tetap konsisten dalam menjalankan bisnis online yang kalian jalani.

Sampai di sini pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian. Jika ada yang kurang kalian pahami silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share ke teman-teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA