Cara Bayar Lazada Pakai Dana Termudah 2022

Bagi yang belanja di aplikasi Lazada dan ingin melakukan pembayaran melalui dompet elektronik Dana tetapi masih bingung bagaimana caranya, yuk simak artikel ini sampai habis. Disini akan dibahas cara bayar Lazada pakai Dana secara lengkap.

Sudah bukan menjadi hal baru lagi belanja cukup dari rumah dan anti ribet. Salah satu tempat belanja online yang banyak penggunanya yaitu aplikasi Lazada. Dengan satu aplikasi saja sudah lengkap sekali mau belanja apa saja tersedia mulai dari barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan anak, hingga pulsa dan voucher-voucher lain.

Kalian juga tidak perlu bingung lagi memikirkan cara bayarnya. Dulu pembayaran belanja online hanya bisa dilakukan melalui bank. Tapi saat ini sudah banyak sekali cara pembayaran yang bisa dipilih, termasuk melalui dompet digital, salah satu jenisnya yaitu Dana.

Keuntungan Belanja di Lazada

Ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika belanja di e-commerce, diantaranya:

  1. Hemat waktu

Kalian tidak perlu menghabiskan waktu untuk keluar rumah, apalagi di masa pandemi seperti saat ini cukup beresiko untuk keluar rumah dan bertemu banyak orang. Cukup dengan handphone, bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan rumah, bisa sambil mengurus anak, kalian bisa beli apapun dan tinggal tunggu barang diantar ke rumah.

  1. Hemat biaya

Dengan tidak keluar rumah, kalian bisa menekan biaya transportasi. Kalau datang ke toko secara langsung sudah pasti membutuhkan biaya lebih untuk membeli bahan bakar kendaraan dan bayar parkir.

  1. Hemat tenaga

Kalian tidak perlu capek-capek menghabiskan tenaga untuk keliling toko, minimarket atau supermarket untuk mencari barang kebutuhan kalian. Semua sudah tersedia dalam genggaman saja.

  1. Harga lebih murah

Biasanya bisa memfilter barang mulai dari harga termurah hingga termahal jika belanja di e-commerce. Fitur ini bisa kalian manfaatkan untuk mencari barang dengan harga murah dan berkualitas. Lihat saja review orang di toko tersebut jika ingin tahu kualitas barang yang dijual disebuah toko.

  1. Barang lebih lengkap

Biasanya tidak setiap toko offline menjual semua jenis barang. Kelebihan belanja di e-commerce yaitu bisa memilih berbagai jenis barang dan dicheckout sekaligus tanpa ada biaya tambahan. Tidak hanya dari daerah terdekat. Kalian bisa mencari barang impian dari kota-kota di seluruh Indonesia

  1. Gratis biaya kirim

Fitur gratis biaya kirim ini biasanya akan berlaku jika belanja sama dengan atau di atas minimal order. Meskipun terbatas biaya kirim yang digratiskan, namun fitur ini sangat berguna.

  1. Banyak diskon dan voucher

Ini lah yang seringkali ditunggu-tunggu. Apalagi di tanggal kembar seperti 1.1, 2.2, 3.3 dst biasanya akan ada banyak sekali diskon dan voucher yang bertebaran, mulai dari diskon harga hingga voucher gratis ongkir tanpa minimal order.

Cara Bayar Lazada Pakai Dana

Dana merupakan transaksi uang elektronik yang menjadi salah satu metode bayar di Lazada. Ada beberapa hal terkait Dana dan Lazada yang perlu kalian ketahui sebelum bertransaksi

  1. Memiliki akun Dana

Wajib dan tidak bisa ditawar lagi. Kalian harus memiliki akun Dana jika ingin membayar Lazada pakai Dana. Kalau belum punya akun Dana segeralah registrasi.

Cara daftar akun Dana sangat mudah. Kalian tinggal download aplikasi Dana di PlayStore atau AppStore dan daftar dengan nomor HP aktif. Usahakan nomor HP yang didaftarkan di Dana sama dengan yang terdaftar di Lazada untuk mempermudah transaksi.

  1. Menghubungkan Dana dengan Lazada.

Sudah jelas wajib dilakukan. Kalau tidak saling terhubung, bagaimana caranya transaksi. Kalian wajib banget jika ingin melakukkan pembayaran lazada menggunakan dana harus menghubungkan akun dana kalian ke aplikasi Lazada, supaya prosesnya bisa berjalan lancara dan kalian tidak bingung lagi kedepannya.

  1. Ada koneksi internet

Entah itu dari paket data kalian atau dari WiFi, harus terkoneksi dengan internet. Namanya saja belanja online, jadi harus tersambung dengan internet dong.

  1. Saldo mencukupi

Jika saldo tidak mencukupi, maka pembayaran pakai Dana tidak akan bisa dipilih. Kalian harus top up dulu sebelum bertransaksi.

  1. Ada batas maksimal transaksi

Bayar Lazada pakai Dana hanya dibatasi Rp. 2.000.000 saja. Jadi kalau kalian ingin membeli barang yang harganya di atas Rp. 2.000.000 gunakan metode pembayaran selain Dana.

  1. Maksimal nilai top up

Berbeda dengan batas maksimal transaksi, batas maksimal top up akun dana ada 2 jenis berdasarkan keanggotaan, yaitu akun non premium dan premium. Akun non premium hanya bisa top up paling banyak Rp. 2.000.000 saja. Sedangkan akun premium bisa top up hingga Rp. 10.000.000.

Mengaktifkan Dana di Lazada

Untuk membayar Lazada menggunakan dompet digital Dana kalian harus menyambungkan dulu Dana dengan Lazada. Ingat, kalian harus punya akun Dana. Ada ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan Dana di Lazada.

Cara pertama yaitu langsung mengaktifkan Dana atau menghubungkan Dana dengan Lazada saat checkout dan cara kedua adalah mengaktifkan Dana dulu sebelum masuk halaman checkout.

Cara 1: Dana Diaktifkan Saat Checkout

Kalian bisa mengaktifkan atau menghubungkan Dana dengan Lazada secara langsung pada saat sudah masuk halaman checkout dan saat memilih metode pembayaran. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Lazada
  2. Log in ke akun kalian
  3. Cari barang yang kalian akan beli dengan cara mengetik pada kolom pencarian. Kalau sudah ketemu barang yang kalian cari langsung klik Beli Sekarang dan akan masuk ke halaman Checkout
  4. Pada halaman Checkout ini silahkan cek nama dan alamat penerima. Pastikan semua data benar. Pilih juga Jenis Pengirimannya
  5. Selanjutnya pilih metode pembayaran. Langsung saja Pilih DANA (aktivasi & bayar) dan masukkan nomor HP yang terdaftar di Dana. Kalian akan menerima SMS berisi Kode OTP
  6. Masukkan kode OTP ke kolom kode OTP dan klik Verifikasi
  7. Kemudian masukkan PIN Dana
  8. Setelah itu pada halaman Pilih Metode Pembayaran klik Metode Pembayaran Lainnya dan pilih Dana
  9. Setelah semua dirasa sudah benar, langsung klik Konfirmasi Pesanan
  10. Transaksi sudah selesai. Tunggu hingga proses pembayaran berhasil dan belanjaanmu masuk di halaman Pengemasan. Tinggal tunggu barang dikirim sampai rumah.

Catatan: Nomor 4, 5, dan 6 hanya dilakukan saat pertama kali bayar Lazada pakai Dana. Untuk pembelian selanjutnya bisa langsung pilih Dana sebagai metode pembayarannya dan juga tidak perlu memasukkan PIN Dana, Saldo Dana akan otomatis terpotong.

Cara 2: Aktifkan atau Sambungkan Dana dengan Lazada dulu

Cara kedua ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama. Yang membedakan hanya pengaktifan atau penyambungan Dana dengan Lazada dilakukan terlebih dulu sebelum cari barang dan masuk ke halaman Checkout. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Lazada, langsung terbuka halaman Beranda
  2. Pastikan sudah log in ke akun Lazada kalian
  3. Kemudian klik Ikon Dompet di pojok kanan atas
  4. Lalu klik Aktifkan
  5. Selanjutnya masukkan nomor HP yang terdaftar di Dana. Kalian akan menerima SMS yang berisi kode OTP
  6. Masukkan kode OTP ke kolom kode OTP
  7. Masukkan PIN Dana
  8. Tunggu hingga proses pengaktifan Dana berhasil dan kalian bisa bayar Lazada pakai Dana
  9. Selanjutnya silahkan belanja seperti biasa dan pilih Dana sebagai metode pembayarannya di halaman Checkout.

Namun sebelum checkout kalian wajib tau cara mendapatkan gratis ongkir di Lazada supaya pembayarn kalian bisa berkurang.

Cara Membayar Lazada Pakai Dana

Setelah tahu cara mengaktifkan atau menyambungkan Dana dengan Lazada, selanjutnya langsung saja belanja di Lazada dan bayar pakai Dana dengan langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Lazada
  2. Log in ke akun Lazada kalian
  3. Cari barang yang akan dibeli
  4. Kalau sudah ketemu klik Beli Sekarang. Tapi kalau ingin beli barang lain dalam satu transaksi di satu toko, klik Tambah Ke Troli
  5. Kembali ke Beranda, klik ikon Troli yang ada di bar bagian bawah
  6. Centang atau pilih barang yang akan kalian beli dan klik Checkout
  7. Periksa kembali semua data. Pastikan nama, alamat penerima dan nomor HP sudah benar
  8. Pilih Dana sebagai metode pembayaran. Jika tidak muncul, klik Lihat semua Metode dan pilih Dana
  9. Setelah semua dipastikan benar, langsung klik Buat Pesanan
  10. Tunggu hingga proses berhasil dan belanjaanmu masuk di bagian Pengemasan
  11. Silahkan tunggu dengan tenang barang akan dikirim sampai ke rumah.

Kalian bisa melihat transaksi yang sudah berhasil di aplikasi Dana juga, caranya buka Aplikasi Dana dan lihat Riwayat di bagian bawah. Disitu tertera riwayat transaksi yang sudah kalian lakukan.

Jika tidak bisa bayar Lazada pakai Dana padahal harga barang masih dibawah saldo Dana, itu kemungkinan barangmu sedang ada diskon dan harga sebelum diskon masih diatas sisa saldo mu. Untuk itu harus top up saldo Dana dulu supaya bisa bayar pakai Dana.

Keuntungan Bayar Lazada Pakai Dana

  1. Tanpa Biaya

Tenang aja, kalian tidak akan dikenai biaya admin sama sekali saat bayar pakai Dana.

  1. Praktis

Mudah dan praktis. Cukup taruh uang di dompet digital sudah bisa bayar belanjaan dengan mudah dimana pun dan kapanpun tanpa harus repot bawa uang cash.

  1. Bisa refund otomatis

Jika pesanan dibatalkan atau gagal, uang akan langsung kembali tanpa harus repot mengurus secara manual.

  1. Cashback

Tentu saja banyak cashback yang akan didapatkan. Apalagi kalau sudah berlangganan akan banyak reward-reward pastinya.

Metode pembayaran Lazada menggunakan dana ini cukup mudah dilakukkan. Dengan menggunakan dana kalian dapat terbantu saat melakukkan pembayaran di Lazada. Kalian tidak perlu keluar rumah dan membayar di Indomaret atau Alfamart.

Baca Juga: 4 Cara Kredit di Lazada

Demikianlah cara bayar Lazada pakai Dana. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam bertransaksi belanja kalian di aplikasi Lazada.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA